Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Oktober 18, 2021, 02:31:14 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 135
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 27
Total: 27

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Kenapa Harus Nasi?  (Dibaca 11258 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline topazo

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 542
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Topazo Kenni von Ashraldia Nessia
    • (belum ada isinya)
Kenapa Harus Nasi?
« pada: Desember 30, 2010, 08:00:16 PM »
Sebetulnya saya bingung mau posting ini di thread Biologi atau Kesehatan... Boss Moderator tolong dipindahin kalau memang tidak sesuai thread...

Sudah menjadi pendapat umum di Indonesia, bahwa yang namanya makan (berat), harus makan nasi... Kalau saja kita disuguhin roti, pasta, atau yang lainnya... Meskipun nutrisi dan kalorinya sama persis dengan sepiring nasi, kenapa kadang kita masih "lapar" dan masih harus makan nasi lagi?
Apakah itu hanya sugesti dari otak karena kebiasaan? atau apakah ada suatu zat di dalam nasi yang menyebabkan "kepuasan" dalam perut?

Boss2, tolong dibantuin donk... Kali aja diskusi ini bisa membantu pemerintah dalam hal ketahanan pangan... Beras udah tambah mahal, belum lagi kita udah berniat impor beras lagi dan lagi... Padahal Indonesia punya sumber karbohidrat yang lain, bahkan ada yang lebih bagus dari beras... Tapi, menurut saya... Program ketahanan pangan kita gak akan berhasil kalau makan kita tetap "harus nasi"...
« Edit Terakhir: Desember 30, 2010, 08:04:46 PM oleh topazo »
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Kenapa Harus Nasi?
« Jawab #1 pada: Desember 30, 2010, 11:06:11 PM »
ini masalah budaya aja. orang dulu bisa kalo blom makan nasi itu artinya artinya blom makan. pola makan yang sama akhirnya juga menyebabkan orang biasa mengkombinasikan pola makan karbo lauk karbo. liat aja ada makanan nasi campur yang pake mi sebagai lauknya.
orang yang berpikiran lebih modern sepertinya sudah tidak menganut pola seperti itu. mereka cukup makan mi saja, roti saja, tanpa kombinasi dengan nasi setelahnya.
sebenarnya banyak pola makan minum yang menjadi budaya turun temurun dalam masyarakat kita dan itu menjadi faktor resiko penyakit.

Offline topazo

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 542
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Topazo Kenni von Ashraldia Nessia
    • (belum ada isinya)
Re: Kenapa Harus Nasi?
« Jawab #2 pada: Desember 30, 2010, 11:39:53 PM »
Berarti cuman masalah budaya aja kan, bukan masalah zat dalam nasi?
Soalnya banyak banget temen saya, yang sudah makan roti, pizza, atau bubur sumsum yang saya pikir nutrisi n kalorinya udah cukup... Tapi mereka nyari nasi lagi karena belum kenyang...
Apakah nasi mempunyai karbohidrat khusus sehingga menimbulkan efek kenyang?

Kalau Glicemic Index, Calorie Index, nutritional index kan kita udah punya... Tapi apa kita punya "Kenyang Index"? Soalnya, dari pengalaman, orang2 makan nasi lagi karena gak kenyang... Dan orang Indonesia prinsipnya yang penting kenyang, bukan yang penting bernutrisi...
« Edit Terakhir: Desember 30, 2010, 11:47:44 PM oleh topazo »

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Kenapa Harus Nasi?
« Jawab #3 pada: Desember 31, 2010, 02:11:46 AM »
Coba dikasih makan pizza 1 loyang besar dimakan sendirian.
Masih cari nasi gak tuh?
haha..
Saya gak gitu tuh.
Makan apa aja yang penting 'kenyang'.
OOT OOT OOT..!!!

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Kenapa Harus Nasi?
« Jawab #4 pada: Desember 31, 2010, 05:41:18 AM »
Coba dikasih makan pizza 1 loyang besar dimakan sendirian.
Masih cari nasi gak tuh?

sepertinya setelah 'istirahat' sebentar dan perut dirasa sudah bisa menampung makanan lagi orang-orang gini bakal cari nasi. ingat, bagi mereka makanan selain nasi cuma dianggap camilan. mereka baru merasa makan kalo sudah makan nasi. sisi psikologis menonjol banget di sini.

rasa kenyang apakah sama dengan rasa perut penuh? kalo lapar kan muncul jika kadar gula darah menurun. gimana dengan rasa kenyang? apa sebaliknya?

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Kenapa Harus Nasi?
« Jawab #5 pada: Desember 31, 2010, 07:16:46 AM »
Rasa kenyang dirangsang oleh distensi lambung.
Jadi perut kembung oleh gas juga terasa kenyang, makanya gak selera makan lagi.

Offline topazo

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 542
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Topazo Kenni von Ashraldia Nessia
    • (belum ada isinya)
Re: Kenapa Harus Nasi?
« Jawab #6 pada: Desember 31, 2010, 08:10:41 PM »
Berarti kebanyakan permasalahannya di psikologis yah...

Ngomong2, kenyang gas sama kenyang makanan beda loh... Kadang2 kalau kenyang gas bisa lapar juga soalnya...

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Kenapa Harus Nasi?
« Jawab #7 pada: Januari 01, 2011, 01:46:53 AM »
Ngomong2, kenyang gas sama kenyang makanan beda loh... Kadang2 kalau kenyang gas bisa lapar juga soalnya...
Setelah gasnya berkurang tentu saja.
Selama masih ada gasnya, bakal sangat susah makan karna hilang selera makan.

Offline topazo

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 542
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Topazo Kenni von Ashraldia Nessia
    • (belum ada isinya)
Re: Kenapa Harus Nasi?
« Jawab #8 pada: Januari 01, 2011, 04:21:29 AM »
Eh, kayaknya saya baru nemu "index kenyang" deh... Namanya Satiety Index...

Tapi ngomong2 percobaan ini udah pernah diadaptasi dengan makanan2 khas Indonesia belum yah...

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Kenapa Harus Nasi?
« Jawab #9 pada: Januari 04, 2011, 03:23:56 AM »
Ngomong2, kenyang gas sama kenyang makanan beda loh... Kadang2 kalau kenyang gas bisa lapar juga soalnya...
Setelah gasnya berkurang tentu saja.
Selama masih ada gasnya, bakal sangat susah makan karna hilang selera makan.
lapar kan karena penurunan kadar gula dalam darah...

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Kenapa Harus Nasi?
« Jawab #10 pada: Januari 04, 2011, 11:16:56 AM »
Ngomong2, kenyang gas sama kenyang makanan beda loh... Kadang2 kalau kenyang gas bisa lapar juga soalnya...
Setelah gasnya berkurang tentu saja.
Selama masih ada gasnya, bakal sangat susah makan karna hilang selera makan.
lapar kan karena penurunan kadar gula dalam darah...
Tapi kenyang karna distensi lambung..

Offline topazo

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 542
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Topazo Kenni von Ashraldia Nessia
    • (belum ada isinya)
Re: Kenapa Harus Nasi?
« Jawab #11 pada: Januari 04, 2011, 07:42:29 PM »
Nah, kalau lambung kita penuh tapi selera makan kita masih besar dan mendesak, apakah itu bisa dinamakan kenyang...
Terus, kalau perut "menggerutu" tapi selera makan sama sekali gak ada, apakah itu juga kenyang?

Defenisi kenyang sendiri apa sebetulnya yah...

Offline Herwitz

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 55
  • IQ: 0
  • Gender: Pria
Re: Kenapa Harus Nasi?
« Jawab #12 pada: Januari 04, 2011, 10:50:53 PM »
Menurut Tuhan KBBI, kenyang itu sudah puas makan.. :)

Offline riandono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 622
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
Re: Kenapa Harus Nasi?
« Jawab #13 pada: Januari 05, 2011, 01:34:13 AM »
tuhan kbbi itu apa mas?

Offline Herwitz

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 55
  • IQ: 0
  • Gender: Pria
Re: Kenapa Harus Nasi?
« Jawab #14 pada: Januari 05, 2011, 07:05:48 AM »
Kamus Besar Bahasa Indonesia... ^_^"

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
6 Jawaban
11011 Dilihat
Tulisan terakhir September 27, 2008, 04:25:58 AM
oleh superstring39
70 Jawaban
43640 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 08, 2010, 02:18:26 AM
oleh sayang
35 Jawaban
17369 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 20, 2011, 02:25:37 PM
oleh rafek
3 Jawaban
4223 Dilihat
Tulisan terakhir September 15, 2016, 02:41:56 AM
oleh Monox D. I-Fly
0 Jawaban
1628 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 10, 2015, 12:09:42 PM
oleh lazuardi100