Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juli 03, 2022, 01:03:22 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 75
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 53
Total: 53

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Kenapa Harus Nasi?

Dimulai oleh topazo, Desember 30, 2010, 05:00:16 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

topazo

Kutip dari: Herwitz pada Januari 04, 2011, 07:50:53 AM
Menurut Tuhan KBBI, kenyang itu sudah puas makan.. :)
Berarti kalau perut penuh banget (minum soda 1 liter) tapi gak puas, masih dianggap belum kenyang yah...
Berarti ini betul2 masalah psikologis...
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

Astrawinata G

lapar dan kenyang dipengaruhi berbagai faktor, kadar glukosa, distensi lambung, hormon, dll....kalo ga salah dulu pernah baca pada percobaan pada tikus yang dimodifikasi, kehilangan reseptor endocannabinoid di otak juga menyebabkan hilangnya rasa lapar, si tikus bisa makan terus dan akhirnya ukurannya sebesar kucing :D
Best Regards,


Astrawinata G

topazo

Reseptor endocannabinoid itu apa yah boss...
Kutip dari: Astrawinata G pada Januari 07, 2011, 11:04:14 PM
kehilangan reseptor endocannabinoid di otak juga menyebabkan hilangnya rasa lapar, si tikus bisa makan terus dan akhirnya ukurannya sebesar kucing :D
hilangnya rasa kenyang mungkin yah...
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

Huriah M Putra

Cannabinoid..
Reseptor ganja.
[move]OOT OOT OOT..!!![/move]

Astrawinata G

@topaz: iya, maksudnya rasa kenyang yang hilang :D

@Prof Hur: iya, mirip ganja :)
Best Regards,


Astrawinata G

topazo

Udah ada gak, sejenis obat yang menekan Reseptor endocannabinoid itu, jadi dengan makan itu kita bisa diet... makan roti sedikit pun, trus makan obat itu, jadi gak perlu makan apapun lagi sudah cukup...
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

Astrawinata G

harusnya ada :) saya tidak gitu ngerti tentang yang ini, tapi setahu saya ada obatnya :D mungkin prof lain bisa bantu? ???
Best Regards,


Astrawinata G

syx

bisa pake serat. dulu di ostrali ada sediaan tablet glucomannan. bahan ini kalo kena air bisa mengembang beberapa kali bobot awal sehingga perut terasa penuh. tapi karena ada laporan ADR yaitu produk nyangkut di kerongkongan sehingga terjadi penyumbatan akhirnya ditarik. sekarang banyak sediaan serat yang beredar, contohnya v****a.
kalo overeating ... perlu cari-cari dulu gimana cara treatmentnya. tapi sepertinya lebih ke arah psikologi ya?

Astrawinata G

tergantung juga Om, kalo emang kagak ada kelainan organik, kita terapi psikis nya, itu menurut saya :)
Best Regards,


Astrawinata G