Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juni 27, 2022, 10:30:50 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 85
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 78
Total: 78

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Kencing Manis / Diabetes

Dimulai oleh raisuien, Desember 15, 2009, 07:56:20 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Astrawinata G

Kutip dari: MonDay pada Januari 09, 2011, 11:43:54 PM
orang diabetes gmn tanda2nya gmn cara mengenalinya?
kenapa berbahaya jika terdapat gula di dalam darah?
dan satu lagi apa penyebabnya?

mengenalinya yang paling mudah ya melalui gejala klasik, gampang haus, gampang lapar, gampang kencing, gampang ngantuk, luka ga sembuh2, dan adanya gejala saraf yang aneh seperti sering kesemutan, merasa terbakar,, ditusuk, kedinginan, dll

gula yang tinggi  di darah disebabkan gula tidak bisa diambil oleh sel tubuh untuk diubah jadi energi. jadi sel tubuh lemas dan muncl gejala seperti di atas. kadar gula yang tinggi juga membuat sistem imun turun dan infeksi gampang terjadi, dan luka sulit sembuh.....

kenapa bisa diabetes, wah panjang juga penjelasannya...ada yang memang salah sistem imun kita yang menghancurkan sel penghasil insulin, ada juga yang karena reseptor insulinnya "jenuh" akibat ditempeli insulin terus.....
Best Regards,


Astrawinata G

syx

itu kan udah tahap parah, om astra... ada baiknya kalo kita rutin saban taon cek gula darah kita ke lab.

Astrawinata G

wah, yang tahap awal gimana ceritanya Om? :D

ada perlunya juga sih, tapi kalo tau uda ada intoleransi glukosa, apa yang bisa kita lakukan sebelum jadi DM?
Best Regards,


Astrawinata G

syx

bukannya musti udah harus mengendalikan nafsu makan?

Astrawinata G

saya sendiri kurang tahu :P hehehe.......

btw, kalo tidka salah orang DM lebih baik kurangi lemak daripada glukosa, CMIIW
Best Regards,


Astrawinata G

syx

kok bisa gitu ya? kalo berdasarkan Dr Dante ada 7 patogenesis untuk DM type 2: central counterregulation sensing, impaired insulin secretion, increased hepatic glucose production, increased lipolysis, renal glucose reabsorbtion, decreased glucose uptake, dan decreased incretin effect. nah kira-kira buat yang mana kita harus kurangi lemak?

riandono

ouuu menarik, gmn ya penjelasannya lebih baik mengendalikan lemak drpd glukosa?

Astrawinata G

katanya sih lemak lebih cepat dan hebat menimbulkan kejenuhan reseptor insulin, saya sendiri sudah lupa :(

btw incretin itu apa ya? ???
Best Regards,


Astrawinata G

faiqhr

makanan yg harus dihindari penderita DM itu glukosa yg berlebihan dan asam lemak jenuh. tapi asam lemak tidak jenuh malah dianjurkan utk banyak dikonsumsi. alasannya agak panjang sih, tapi saya coba jelasin deh,

klo kita makan asam lemak jenuh, lipoprotein yg terbentuk lebih banyak adalah LDL. LDL ini membawa kolesterol dari hati kembali ke jaringan, sehingga kolesterol di darah dan jaringan menumpuk. tapi klo mengkonsumsi asam lemak tak jenuh, lipoprotein yg terbentuk lebih banyak adalah HDL. kebalikan dari LDL, HDL ini membawa kolesterol dari jeringan ke hati untuk dipecah, sehingga diharapkan kolesterol dalam darah dan jaringan kembali normal.

mohon ahlinya mengecek kembali klo mungkin ada koreksi, :D

syx

incretin tu hormon, kalo ga salah pengeluarannya tergantung pada makanan, hingga merangsang pembentukan insulin... ntar cari dulu deh ato kalo ada yang nemu duluan.

Astrawinata G

Best Regards,


Astrawinata G