Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juni 30, 2022, 12:14:00 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 91
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 56
Total: 56

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Kencing Manis / Diabetes

Dimulai oleh raisuien, Desember 15, 2009, 07:56:20 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Idad


No

Saya sering denger kalo kesemutan itu bisa jadi gejala adanya diabetes. Apakah ini benar? kalo benar mekanismenya gmn?

thx
[move]belok KIRI jalan terus[/move]

Idad

Ya, itu betul. Beberapa waktu lalu dengar dari dosen lebih kurang maksudnya begini:

Pada pasien diabetes dengan kadar glukosa yang tinggi, akan terjadi mikorangiopati dan makroangiopati. Mikroangiopati adalah matinya pembuluhdarah-pembuluhdarah yang kecil (mikrovaskular), sedangkan makroangiopati merupakan matinya pembuluh darah yang besar.

Mikroangiopati dapat menyebabkan rusaknya sel saraf, sehingga akan terasa kesemutan. Sedangkan makroangiopati akan menyebabkan penyakit yang disebut dengan gangrene (sederhananya, gangrene itu merupakan busuknya kaki/jaringan yang sering kita lihat pada orang dengan diabetes)

Kalau tidak salah, mikroangiopati dan makroangiopati itu terjadi pada penderita yang sudah mengidap penyakti diabetes sejak lama.


Huriah M Putra

Kesemutan pada diabetes disebut neuropati.
Mekanismenya adalah karena masuknya sorbitol ke jaringan saraf.
Pembentukan sorbitol ini juga melalui %^&*))&&% pathway. (lupa nama pathwaynya)
Nah..
Sorbitol yang ada di saraf ini menarik air.
Sehingga terjadi edema pada saraf.
Edema inilah yang menyebabkan neuropati.
Paling gak inilah yang wa baca.

Neuropati bukan hanya kesemutan, rasa kebas juga bisa, rasa terbakar juga bisa, rasa ditusuk2 juga bisa.
Kalo angiopati, juga bisa bikin kesemutan.
[move]OOT OOT OOT..!!![/move]

riandono

kesemutan pada diabetes itu biasanya frekuensi dan intensitasnya gmn ya?

aku sering kalo kelamaan duduk bersila gt jadi kesemutan, jd takut

Huriah M Putra

Kutip dari: riandono pada Juni 12, 2010, 02:07:16 PM
aku sering kalo kelamaan duduk bersila gt jadi kesemutan, jd takut
Ini bukan karna diabetes..
Wajar nih.
Karna posisi duduk kita menghambat aliran darah ke ekstremitas, menjadikan dia kesemutan.
Kesemutan itu semacam tanda minta tolong dari sel yang menandakan kalau dia kekurangan pasokan darah.
[move]OOT OOT OOT..!!![/move]

riandono

amin amin amin... aman deh hehehe

cirinya kesemutan krn diabetes gmn? datang tiba2 gt ya? durasinya juga lama ya?

raisuien

Pada penderita diabetes, keluhan kesemutan tidak berdiri sendiri, hanya merupakan keluhan minor dan bukan keluhan utama dari penyakit diabetes. Meski begitu, tidak tertutup kemungkinan keluhan ini menjadi semacam pertanda. Tidak sedikit kasus ditemukan pasien diabetes diketahui dari gejala kesemutan semacam ini. Kesemutan di sini adalah akibat dari kerusakan pembuluh-pembuluh darah dan saraf. Akibatnya, darah yang mengalir di ujung-ujung saraf berkurang. Gejala yang dirasakan biasanya telapak kaki terasa tebal, kadang-kadang panas, dan kesemutan di ujung jari terus-menerus. Kemudian disertai rasa nyeri yang menikam, seperti ditusuk-tusuk di ujung telapak kaki, terutama pada malam hari.
Untuk membedakan kesemutan biasa dengan kesemutan penyakit diabetes dapat diketahui dari adanya keluhan lain. Keluhan lain itu seperti ingin kencing terus, sering merasa haus, berat badan turun, padahal banyak makan atau keluhan lain seperti gatal-gatal dan pandangan mata kabur. Terlebih, bila ada riwayat keluarga yang menderita diabetes, ada kemungkinan besar kesemutan itu dikarenakan penyakit diabetes.

Astrawinata G

juga untuk diabetes, biasanya akan ada simptom kardinalnya (mudah lapar, mudah haus, mudah ngantuk)
Best Regards,


Astrawinata G

Muhammad Farhan

1.) Penyakit ini tidak bisa disembuhkan? apa benar?

2.) Makanan dan minuman apa saja yang boleh dikonsumsi untuk penyakit diabetes? dan sebaliknya?

3.) Apakah hewan undur-undur dapat meringankan penyakit diabetes? Dan apakah hewan ini ada efek sampingnya tersendiri?

riandono

1. disembuhkan tidak bisa, tp dikontrol bisa.
2. tentu yg ga boleh adalah yg memperparah hiperglikemi, contohnya makanan yg manis2
3. nggak tau mas, ntar tak cariin infonya lagi ya?
saya menyarankan lebih baik tetap kontrol DM dengan obat dan modifikasi gaya hidup, itu telah terbukti

Huriah M Putra

#26
Nah ngomong2 soal diabetes..
Kemarin saya ada berjumpa dengan salah satu agen juice noni.
Uda tau apa tuh jus noni?
[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
Nah.. Mereka berani mengatakan pada saya bahwa, produk mereka telah dipatenkan karena dapat MENYEMBUHKAN diabetes.
Isinya sih buah mengkudu atau morinda citrifolia.
Selain diabetes, diklaim juga kalau bisa menyembuhkan penyakit jantung, stroke, kanker, asam urat.
Di situsnya sendiri ada pendapat2 pakar, yang mana tidak ada satupun yang menyinggung soal penyembuhan diabetes dan sebagainya.
Bagiku, terdengar seperti produk2 'alternatif' yang sangat2 ajaib dengan beribu2 efek2 yang waaahh..
Bagaimana pendapat teman2 disini?
[move]OOT OOT OOT..!!![/move]

riandono

Definisi mereka ttg sembuh DM apa ya?

Seperti itu loh, aktivitas mereka itu sangat membahayakan pasien kita yg ga semuanya mengerti. sangat disayangkan sekali.
Kalo dikatakan terbukti secara empiris, boleh lah, tp kalo dikatakan terbukti secara klinis, hanya produk fitofarmaka yg boleh.
Saya lihat di situsnya, produk tersebut blm terdaftar di POM ya?

MonDay

orang diabetes gmn tanda2nya gmn cara mengenalinya?
kenapa berbahaya jika terdapat gula di dalam darah?
dan satu lagi apa penyebabnya?

syx

Kutip dari: riandono pada Januari 09, 2011, 10:44:08 AM
2. tentu yg ga boleh adalah yg memperparah hiperglikemi, contohnya makanan yg manis2
makanan manis blom tentu memperparah hiperglikemi, dan makanan yang bisa memperparah hiperglikemi blom tentu manis.