Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Oktober 05, 2022, 05:31:30 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,637
  • Total Topik: 10,394
  • Online today: 26
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 33
Total: 33

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

[ASK] Obat Herbal

Dimulai oleh exile_rstd, April 26, 2012, 08:45:07 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

exile_rstd

para forsaers saya mau tanya banyak dong soal obat herbal..
1. menurut Anda apakah obat herbal (tradisional) lebih baik daripada obat kimiawi yang diproses melalui teknologi?
(kalau iya mengapa, kalau ga mengapa. harus dgn alasan yang jelas ya)
2. lalu apakah obat herbal tidak memiliki efek samping seperti obat kimiawi? 'kan kita selalu temukan dibagian keterangan obat kimiawi bisa menyebabkan pusing, mual, dan muntah-muntah
3. terakhir, apa dampak positif dan negatif penggunaan dari obat herbal dan obat kimiawi?

monggo commentnya.
i adore your intelligence

exile_rstd

kok ga ada yang jawab ya..
i adore your intelligence

flintlockwood

obat tradisional belum tentu lebih baik dari obat modern. menurut saya lebih baik obat modern karna sudah teruji secara klinis.

obat modern karna sudah diuji jadi diketahui apa saja indikasinya dan juga efek sampingnya. berbeda dengan obat tradisional yang mungkin dasarnya adalah kepercayaan turun temurun. jelas belum terbukti dan belum teruji. karna belum teruji itulah tidak diketahui efek sampingnya.
dan tidak diketahui efek sampingnya belum tentu tidak ada efek sampingnya.


exile_rstd

benarkah belum teruji?
belum teruji untuk semua atau sebagian?
setahu saya ada beberapa obat herbal yang sudah mendapatkan pengakuan dari FDA (Federation Food and Drug Administraion) sebagai GRAS salah satunya, yaitu bawang putih, gingseng, dan jeruk
i adore your intelligence

syx

obat herbal bisa terbagi menjadi 3 kelompok utama. pernah dibahas di topik lain di subforum ini.
sediaan obat herbal yang sudah diuji klinis adalah fitofarmaka.

beberapa obat modern diturunkan dari obat herbal, misalnya obat antikanker vinkristin dan vinblastin, obat diabetes metformin, obat malaria turunan arthemisin, dll. komposisi obat herbal sangat kompleks dan kadang tidak bisa berdiri sendiri untuk memberikan efek. contoh yang paling nyata adalah antara teh dan kopi. meski teh memiliki kandungan kafein lebih tinggi, tapi efek kafein kurang terasa bila dibandingkan kopi.

mhyworld

Kutip dari: syx pada April 30, 2012, 07:30:09 AM
obat herbal bisa terbagi menjadi 3 kelompok utama. pernah dibahas di topik lain di subforum ini.
sediaan obat herbal yang sudah diuji klinis adalah fitofarmaka.

beberapa obat modern diturunkan dari obat herbal, misalnya obat antikanker vinkristin dan vinblastin, obat diabetes metformin, obat malaria turunan arthemisin, dll. komposisi obat herbal sangat kompleks dan kadang tidak bisa berdiri sendiri untuk memberikan efek. contoh yang paling nyata adalah antara teh dan kopi. meski teh memiliki kandungan kafein lebih tinggi, tapi efek kafein kurang terasa bila dibandingkan kopi.
Apa yg membuat efek kafein dalam kopi lebih terasa dibandingkan  teh?
Darimana kita tahu bahwa efek itu ditimbulkan oleh kafein, bukan zat lain dalam kopi?
once we have eternity, everything else can wait

danzJr

obat herbal tentu memiliki efek samping tergantung dari jenis tumbuhan yang kita pakai, cuma untuk kesehatan lever atau hati lebih di anjurkan menggunakan obat herbal karena mudah di netralisir hati daripada obat kimiawi,
tapi sering mengkonsumsi obat herbal dapat membuat bola mata menjadi kuning dan lever menjadi bekerja kurang maksimal..
jadi lebih baik kita menjaga kondisi tubuh daripada menggunakan obat
[move]sesuatu itu dimulai dari mimpi, diusahakan dan menjadi kenyataan[/move]

syx

Kutip dari: mhyworld pada April 30, 2012, 09:55:44 AM
Apa yg membuat efek kafein dalam kopi lebih terasa dibandingkan  teh?
Darimana kita tahu bahwa efek itu ditimbulkan oleh kafein, bukan zat lain dalam kopi?
bahan herbal kan terdiri dari multikomponen. ada komponen yang bisa memberikan efek sinergis, potensiasi, ato bahkan meniadakan efek komponen yang lain.
tau dari mana? ya udah terbukti dari isolatnya yang bernama kafein itu. sudah dipake buat obat juga kan? jadi efeknya udah ketauan seperti itu.

Kutip dari: danzJr pada April 30, 2012, 10:39:35 AM
obat herbal tentu memiliki efek samping tergantung dari jenis tumbuhan yang kita pakai, cuma untuk kesehatan lever atau hati lebih di anjurkan menggunakan obat herbal karena mudah di netralisir hati daripada obat kimiawi,
tapi sering mengkonsumsi obat herbal dapat membuat bola mata menjadi kuning dan lever menjadi bekerja kurang maksimal..
jadi lebih baik kita menjaga kondisi tubuh daripada menggunakan obat
kalo ada gangguan hepar, minum obat apa pun musti ati-ati. yang biasa kena imbasnya juga adalah ginjal.

riandono

herbal sama bahayanya dengan obat kimia kalo nggak bener pakainya. Ganja itu herbal, opium itu herbal..
So, be wise. Tanyakan kepada apoteker anda sebelum memilih obat herbal..