Forum Sains Indonesia

Ilmu Terapan => Kesehatan => Topik dimulai oleh: alf pada Juli 20, 2009, 06:45:54 AM

Judul: kesehatan mata
Ditulis oleh: alf pada Juli 20, 2009, 06:45:54 AM
benarkah membaca sambil tidur dapat merusak kesehatan mata atau membuat mata menjadi min (miopi) ????
Judul: Re: kesehatan mata
Ditulis oleh: nandaz pada Juli 20, 2009, 10:20:44 AM
tentu sajakan, membaca sambil tidur membuat jarak benda yang dibaca dengan mata sangat dekat jaraknya kurang dari 25 cm dapat membuat mata berakomodasi max dan cepat lelah serta juga membuat pertumbuhan bola mata yang terlalu panjang atau lengkungan kornea terlalu cekung maka menhasilkan rabun jauh...
Judul: Re: kesehatan mata
Ditulis oleh: alf pada Juli 21, 2009, 06:11:20 AM
thanks banget atas jawabannya....
Judul: Re: kesehatan mata
Ditulis oleh: alf pada Juli 21, 2009, 06:27:07 AM
apakah dalam semua kasus selalu seperti itu??
Judul: Re: kesehatan mata
Ditulis oleh: syx pada Juli 22, 2009, 07:41:51 AM
gimana bisa membaca sambil tidur bisa merusak mata? kalo kita merem kan ga bisa baca... emang alf tidurnya dengan mata terbuka seperti gandalf?
Judul: pnyakit mata
Ditulis oleh: Mars pada Juli 28, 2009, 11:07:16 PM
q bingung nih, sebenarnya yang bikin mata kita cepet rusak t penyebannya apa j ??  ::) ::)
Judul: Re: pnyakit mata
Ditulis oleh: jam pada Juli 29, 2009, 06:38:27 AM
trkna debu/mtaaa kna lidi
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.
Judul: Re: pnyakit mata
Ditulis oleh: ZeroFour pada Juli 29, 2009, 12:53:08 PM
klo kucek2 mata gmn.....?
mata minus kok nambah  truz y, g brkrang...?
Judul: Re: kesehatan mata
Ditulis oleh: najwa pada Agustus 03, 2009, 02:11:14 AM
Salam buat semua forumer. Saya dari Malaysia. Sedang dapatkan makluman tentang penyakit mata. Dan mencari penawarnya.

Ada penawar untuk mata rabun dan lain2 jenis rabun di Indonesia? Ada petua2nya? Kita kongsi ye!! ;D
Judul: Re: kesehatan mata
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Agustus 03, 2009, 05:07:55 AM
makan wortel utk mencegah,,,,
tapi aku denger2 ada daun yang bisa utk mengurangi rabun lo...

tar aku tanya dulu...
Judul: Re: kesehatan mata
Ditulis oleh: nandaz pada Agustus 05, 2009, 05:59:49 AM
...umumnya sih makan makanan yang mengandung vitamin A ... dan interospeksi  diri kembali untuk tidak membaca dalam jarak yang deket, tetapi menurut ku itu untuk yang belum kronik.
 gantian aku yang nanya bolehkan untuk thread "kesehatan mata", kenapa ya saat muda seseorang lebih dulu menderita miopi, ketimbang hipermetrofi....dan kenapa kelanjutan miopi jadi hipermetrofi, bagaimana bisa?
Judul: Re: kesehatan mata
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Agustus 05, 2009, 11:00:37 AM
mngkin krna wkt muda kita byk bca,, jdi jrak pndng pun jadi dekat2 aja,,,
klo uda tua uda jrng bca,,, cma liat2 aja,,,, ;P hhe

tpi yg pxti klo liat uang pxti nampak jelas,,,, entah knpa gtu,,,, ???
wkwkwkwkwkwkwk,.,.,
Judul: Re: pnyakit mata
Ditulis oleh: Mars pada Agustus 05, 2009, 01:30:15 PM
ok, thanx...
tapi, mksud q mata yang bisa menyebabkan mata jadi minus. knapa ??
Judul: Re: pnyakit mata
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Agustus 05, 2009, 01:34:12 PM
knra mata kita t'lalu cembung,,,

coba pperhatikan org2 yg minus,,,,
pxti matanya agak kyk melotot gitu,,,,
Judul: Re: kesehatan mata
Ditulis oleh: Mars pada Agustus 05, 2009, 01:39:48 PM
Salam buat semua forumer. Saya dari Malaysia. Sedang dapatkan makluman tentang penyakit mata. Dan mencari penawarnya.

Ada penawar untuk mata rabun dan lain2 jenis rabun di Indonesia? Ada petua2nya? Kita kongsi ye!! ;D

o y,, tmen k2 q pernah puntya penykt kaya gini. trus, dia sering pake buat ngehitamin mata itu..
lama2 minus di matanya jadi sembuh dan normal lagi. gman ??
Judul: Re: pnyakit mata
Ditulis oleh: Mars pada Agustus 05, 2009, 01:40:56 PM
ok... penyebanbnya nya seghingga bisa minus knapa ?
Judul: Re: pnyakit mata
Ditulis oleh: jam pada Agustus 06, 2009, 05:20:21 AM
belajarnya smbl tdr dan ditempat gelap
hehe
Judul: Re: kesehatan mata
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Agustus 06, 2009, 10:32:26 AM
maksudnya g'mana cieh mars....
Judul: Re: pnyakit mata
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Agustus 06, 2009, 10:46:45 AM
karena kita baca sambil tidur2an makanya otak kita gak stabil,,,
jadinya otak kitapun susah buat ngatur saraf mata kita,,,,
makanya mata kita bisa sebelah kanan lbh minus ato sebaliknya,,,,
ya begitula,,,
aq gag pinter menjelaskan,,,,
hhe,,, harap maklum aja la,,,
;P

susah dijelaskan,,, cuma aq ngerti aja,,, hhe,,,
Judul: Re: kesehatan mata
Ditulis oleh: alf pada Agustus 09, 2009, 10:26:12 PM
pada anak muda menderita miopi bukannya hipermetropi mungkin karena terjadinya hipermetropi itu ada hubungannya dengan penurunan kondisi mata. maka, ini lebih sering dialami orang2 yang sudah tua.
soal miopi bisa jadi hipermetropi, emang bisa ya???q baru denger nih...
Judul: Re: kesehatan mata
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Agustus 10, 2009, 10:52:51 AM
klo jdi hiper sich,,, gag tau..

tpi klo jd b'gabung hiper dan mio...
kan ada... biasanya org2 yg uda tua rangkap dech,,,
he...

daunnya gag tau namanya,,,
tpi katanya biasanya tumbuh di sekitar2 got,,,
Judul: Re: kesehatan mata
Ditulis oleh: nandaz pada Agustus 11, 2009, 12:53:31 PM
..jawaban pertanyaanku apa sih? ::)
Judul: Re: kesehatan mata
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Agustus 11, 2009, 12:55:52 PM
nnya apa emangnya,,
wkwkwkwk...
Judul: Re: kesehatan mata
Ditulis oleh: nandaz pada Agustus 11, 2009, 01:10:07 PM
Kutip
kenapa ya saat muda seseorang lebih dulu menderita miopi, ketimbang hipermetrofi....dan kenapa kelanjutan miopi jadi hipermetrofi, bagaimana bisa?
...sebelumnya aku cuman bilang tanggapan masing2 masih abstrak....
Judul: Re: kesehatan mata
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Agustus 11, 2009, 01:14:23 PM
ouwh,,,
dan kenapa kelanjutan miopi jadi hipermetrofi...

krna jarang klanjutannya miopi jd silindris...
wkwkwkwkwkkw...

gag tau jg...
gag gtu ngeh bio...
he..
Judul: Re: kesehatan mata
Ditulis oleh: Ginji pada Agustus 14, 2009, 02:28:01 PM
Kutip
kenapa ya saat muda seseorang lebih dulu menderita miopi, ketimbang hipermetrofi....dan kenapa kelanjutan miopi jadi hipermetrofi, bagaimana bisa?
...sebelumnya aku cuman bilang tanggapan masing2 masih abstrak....
waktu muda orang suka ngerusak matanya dengan nonton TV terlalu deket, main PS kelamaan deket lagi, baca buku dengan posisi salah + di tempat kurang sinar A.K.A bukunya kehalang buat dapet sinar, aand









keseringan buka forsa
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.

maksudnya ya orang keseringan di depan komputer bikin mata capek

coz I got it now  :'( :'(

trus kalo
 
jadi hipermetropi karna umumnya pada waktu mulai beranjak tua kemampuan akomodasi mata terus berkurang nah jadilah hipermetropi meskipun jarang ada yang kayak gini.
Umumnya waktu tua para manula menderita presbiopi meskipun tahun sebelumnya gak pernah miopi ato presbiopi.
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.

Judul: Re:kesehatan mata
Ditulis oleh: Monox D. I-Fly pada Desember 17, 2011, 08:28:25 AM
Temen2, q mau tanya nih... AnakQ SMS aq, katanya mata kirinya kl liat sesuatu jadi item, tp cuma mata kiri aja, gk dua2nya... Buat nglirik aja gk bisa coz kayak ada yg narik2 matanya gt... Pandangannya di mata kiri jadi hitam... Tu kira2 kenapa ya? Aq baca2 di internet sih kemungkinan glaukoma & waktu q tanya gejala2nya ke dia jg pas... Tp aq masih belum yakin... Kira2 nyembuhinnya gimana ya? Coz q takut kl itu glaukoma beneran, kan bisa mengakibatkan kebutaan tuh... :'( + 1 IQ deh buat yg ngasih info valid...
Judul: Re:kesehatan mata
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Desember 17, 2011, 10:53:26 AM
Temen2, q mau tanya nih... AnakQ SMS aq, katanya mata kirinya kl liat sesuatu jadi item, tp cuma mata kiri aja, gk dua2nya... Buat nglirik aja gk bisa coz kayak ada yg narik2 matanya gt... Pandangannya di mata kiri jadi hitam... Tu kira2 kenapa ya? Aq baca2 di internet sih kemungkinan glaukoma & waktu q tanya gejala2nya ke dia jg pas... Tp aq masih belum yakin... Kira2 nyembuhinnya gimana ya? Coz q takut kl itu glaukoma beneran, kan bisa mengakibatkan kebutaan tuh... :'( + 1 IQ deh buat yg ngasih info valid...
Coba aja ke dokter mata.
Mungkin ada perdarahan dalam matanya jadi menutup cahaya yang masuk ke retina.
Karna trauma kena bola kali.
Biar dilakukan pemeriksaan mendalam oleh dokter matanya.
Judul: Re:kesehatan mata
Ditulis oleh: Monox D. I-Fly pada Desember 17, 2011, 10:19:12 PM
Karna trauma kena bola kali.
Biar dilakukan pemeriksaan mendalam oleh dokter matanya.

Sebelumnya matanya nggak pernah kenapa2 tuh...
Ini udah diperiksain sama omnya yg dokter spesialis mata... Katanya sih nggak jadi kena glaukoma, tp matanya jadi minus... Gejala glaukomanya udah mulai menghilang...
Judul: Re:kesehatan mata
Ditulis oleh: exile_rstd pada Desember 18, 2011, 02:25:11 AM
(http://rsmataaini.co.id/glaucoma.png)
ini mata dari penderita glaukoma. tapi ini yang sudah akut.

Glaukoma merupakan tekanan tinggi yang abnormal didalam mata akibat adanya timbunan cahaya. tekanan tersebut bisa merusak saraf retina atau seraf optik secara permanen.
Judul: Re:kesehatan mata
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Desember 18, 2011, 08:49:36 AM
exile_rstd tau maksud dari "akut"?
Judul: Re:kesehatan mata
Ditulis oleh: exile_rstd pada Desember 19, 2011, 07:18:22 AM
dimana ciri suatu penyakit menandakan sudah memburuk. apakah saya saya lagi, :-X
Judul: Re:kesehatan mata
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Desember 25, 2011, 10:04:06 AM
Itu anggapan masyarakat awam.
Akut itu sebenarnya perjalanan penyakit yang cepat dengan perburukan gejala yang cepat juga.
Sedangkan kronik itu ya yang lambat.
Memburuk sih sama2 memburuk cuman masalah waktu aja.