Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juni 27, 2022, 10:46:22 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 85
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 84
Total: 84

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Kolam Renang dan Gangguan Kesehatan

Dimulai oleh syx, Maret 08, 2012, 04:23:59 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

syx

ada sebuat riset yang menghubungkan desinfektan kolam renang dengan masalah kesehatan. penelitian yang dilakukan oleh University of Illinois menunjukkan bahwa desinfektan yang biasa digunakan di kolam renah bisa menimbulkan efek samping seperti asma dan kanker kandung kemih. profesor genetika dari universitas tersebut, Michael Plewa, menyatakan bahwa efek negatif bisa terjadi jika bahan yang terbentuk dari proses disinfeksi bereaksi dengan senyawa organik dalam air kolam. senyawa organik tersebut bisa berasal dari daun yang membusuk, mikroba dan jasad binatang yang nyebur ke kolam, ato berupa keringat, rambut, partikel kulit, urin, kosmetik dan sunscreen yang dipake perenang. bahan-bahan tersebut umumnya kaya nitrogen sehingga bisa berkonstribusi membentuk senyawa hasil urai desinfektan bernitrogen. senyawa tersebut jika bercampur dengan desinfektan menjadi senyawa lain yang lebih toksik, yang dapat menyebabkan mutasi gen, birth defect, mempercepat proses penuaan, gangguan napas, dan paparan jangka panjang dapat menyebabkan kanker.
bagaimana pun desinfektan diperlukan di kolam renang, untuk mencegah banyak penyakit berbahaya yang bisa ditularkan dari satu orang ke orang lain. yang diperlukan di sini adalah pemilihan bahan dan proses desinfeksi yang aman. yang disebutkan paling aman dan paling baik adalah kombinasi UV dengan khlorin. penggunaan bahan mengandung bromin harus dihindari. Plewa merekomendasikan penghilangan senyawa organik sebelum disinfeksi saat air kolam di-recycle.
dari sisi perenang, untuk menurunkan genotoksisitas air kolam, sebaiknya sebelum nyebur mereka membilas badan dulu dan tidak pipis dalam kolam.

[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]


sisca, chemistry

oh? bisa sampe sebabkan penyakit gitu ya?
Baru tau.. Perlu baca mekanisme sampe kek gitu nih..
Tapi di Indo masi ga ada kasus sampe asma dan kanker kandung kemih karena sering berenang kan ya? hmm
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

syx


iput

maka dari itu saya nggak bisa berenang....
hehee....

syx

belajar lah... berenang itu kan termasuk prosedur dasar perlindungan diri. apalagi sekarang ada banjir di mana-mana.

Monox D. I-Fly

Kutip dari: syx pada Maret 14, 2012, 07:19:02 AM
ntah belom ada ato tidak tercatat...

atau sudah kejadian tp nggak ada yg tau kl penyebabnya adalah keseringan berenang,,,  ::)

Kutip dari: syx pada April 09, 2012, 08:08:46 AM
belajar lah... berenang itu kan termasuk prosedur dasar perlindungan diri. apalagi sekarang ada banjir di mana-mana.

Perasaan kalo' lg banjir, bisa berenang pun nggak begitu banyak bedanya deh...  ::)
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

exile_rstd

ng.. tapi tergantung sering atau tidaknya seseorang berenang 'kan..?
lebih baik punya kolam renang sendiri daripada kolam renang umum. sudah bercampur dengan berbagai macam subtansi.. :P
i adore your intelligence

iput

bkan masalah mau blajar apa nggak....
dr kecil sampe sekarang saya tu gk bisa berenang... mskipun udh latian berkali2.....
plg jg nyebur gaya batu.....

exile_rstd

Kutip dari: iput pada April 09, 2012, 08:48:31 PM
bkan masalah mau blajar apa nggak....
dr kecil sampe sekarang saya tu gk bisa berenang... mskipun udh latian berkali2.....
plg jg nyebur gaya batu.....
maka dari itu jangan bersugesti. sugesti sangat berpengaruh besar untuk kedepannya lho ::)
i adore your intelligence

syx

Kutip dari: Monox D. I-Fly pada April 09, 2012, 11:25:53 AM
Perasaan kalo' lg banjir, bisa berenang pun nggak begitu banyak bedanya deh...  ::)
stidaknya ga mati duluan... bukan cuma banjir, bisa juga kasus ada kapal tenggelam. kan kalo bisa berenang setidaknya masi bisa bertahan dan kemungkinan selamat lebih tinggi.
mustinya dengan kondisi seperti ini orang indonesia bisa merajai olahraga air, tidak cuma di perahu naga aja.

iput


Monox D. I-Fly

Kutip dari: syx pada April 11, 2012, 11:42:33 AM
stidaknya ga mati duluan... bukan cuma banjir, bisa juga kasus ada kapal tenggelam. kan kalo bisa berenang setidaknya masi bisa bertahan dan kemungkinan selamat lebih tinggi.
mustinya dengan kondisi seperti ini orang indonesia bisa merajai olahraga air, tidak cuma di perahu naga aja.

Sarcasm at its best.  ::)

Kutip dari: iput pada April 11, 2012, 08:16:25 PM
kok lama lama jd OOT iya.....  ;D ;D ;D

OK, BTT. Beberapa minggu yg lalu aq baca National Geographic yg edisi Februari kl gk salah, di situ disebutkan kl sebelum ditemukan bahwa minyak bumi banyak tdpt di Arab, profesi mereka dl kebanyakan adl mencari mutiara di pantai... & banyak dari mereka yg mati/mengalami cidera karena profesinya tsb: Ada yg disengat ubur2, nggak sengaja nginjak ikan batu beracun, digigit hiu, jadi tuli karena tekanan air, bahkan jadi buta karena banyaknya kadar garam yg masuk ke mata! Pertanyaannya adl, apa benar kadar air garam di laut dapat menyebabkan mata menjadi buta jika terlalu sering berenang di situ? Lalu bagaimana dg kolam yg mengandung kaporit? Yah, walaupun dl aq & temen2Q kl habis renang pas pelajaran olahraga emg matanya sering jadi merah sih...  :-\
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

iput

bukan cuma mengandung kaporit gan....
tapi juga menggunakan tawas.. biasanya untuk menjernihkan airnya dgn mengendapkan kotoran2 nya......

exile_rstd

sekalian dong mau tanya juga, kadar garam paling tinggi disuatu laut dan sumber mata air (kalau ada) itu berapa ya?
lalu apa akibatnya kalau sampai terminum air yang mengandung kandungan yg tinggi akan garam?
i adore your intelligence

syx

laut atau perairan dengan kadar garam paling tinggi di dunia adalah laut mati, yaitu 28-35% (sebagai perbandingan, air laut biasanya memiliki kadar garam 3-6%). densitas airnya menjadi tinggi, yaitu 1.24 kg/L, sehingga orang yang nyebur ke situ ga bakal tenggelam.



kalo kelamaan berendam di situ, secara teori sih bisa cepat dehidrasi.