Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Oktober 20, 2021, 05:03:20 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 64
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 29
Total: 29

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Kupas tuntas efek pra--menstruasi-pasca  (Dibaca 9631 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
Kupas tuntas efek pra--menstruasi-pasca
« pada: Juli 04, 2010, 10:35:33 AM »
Berhubung ada temen2q yang punya masalah unik tentang menstruasi, kita bahas aja efek2 sebelum-sesudah dan saat menstruasi.
Kalau saat menstruasi sepertinya sudah umum. Yang sebelum dan sesudahnya saja lah.
My friend(s) have been ever:

1. Pusing saat sebelum menstruasi. Biasanya terjadi saat H-1. Katanya, kalo matanya buat ngliat sesuatu bakalan pusing banget. (Setelah cari2, ada hubungannya dengan kadar Ca dalam tubuh)

Ada penjelasan?
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
Re: Kupas tuntas efek pra--menstruasi-pasca
« Jawab #1 pada: Juli 04, 2010, 11:00:30 AM »
kadar Ca tubuh? bisa dijelaskan? :o
Best Regards,


Astrawinata G

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
Re: Kupas tuntas efek pra--menstruasi-pasca
« Jawab #2 pada: Juli 04, 2010, 11:03:54 AM »
Kata dia (temenq) setelah cari2 materi tentang hormon, dijelaskan bahwa peningkatan estrogen dan progesteron menyebabkan kadar Ca dalam tubuh mningkat sehingga terjadilah pusing... Ada tanggapan?

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Kupas tuntas efek pra--menstruasi-pasca
« Jawab #3 pada: Juli 04, 2010, 03:45:10 PM »
pusing karna kurang darah..?
urrm...
~ You are what you eat ~

Offline Fhydha_099

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 150
  • IQ: 24
  • Gender: Wanita
  • Bubble Gummy ... :-D
    • Bubble Gummy Blog's
Re: Kupas tuntas efek pra--menstruasi-pasca
« Jawab #4 pada: Juli 04, 2010, 03:48:34 PM »
aduh nggak bisa jawab. aku belum masalahnya (kls 6 coy)

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
Re: Kupas tuntas efek pra--menstruasi-pasca
« Jawab #5 pada: Juli 04, 2010, 08:15:41 PM »
@sisca:
harusnya engga. Karena darahnya kan berasal dari peluruhan endometrium? Ga ada hubungannya dengan darah yg beredar di tubuh kan?

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Kupas tuntas efek pra--menstruasi-pasca
« Jawab #6 pada: Juli 05, 2010, 05:19:15 AM »
oh iya juga sih...
Mungkin perasaannya aja sih...
Seberene kan gak ada apa2 toh...
Ada yang sebelum, sesudah, sewaktu sama aja semua...
Biasa ajah... =="a

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
Re: Kupas tuntas efek pra--menstruasi-pasca
« Jawab #7 pada: Juli 05, 2010, 06:53:33 AM »
ee, ada yg beda noh... kadar hormon estrogen dan progesteronnya kan melimpah? paling engga ngefek tuh. klo ga salah, yg bkin jutek pas lagi dapet itu juga karena dua hormon itu... CMIIW

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Kupas tuntas efek pra--menstruasi-pasca
« Jawab #8 pada: Juli 05, 2010, 07:06:35 AM »
Oh ya..?
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.

Oh...
Jadi karena hormon itu toh...
Ok ok... :D

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.027
  • IQ: 38
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
Re:Kupas tuntas efek pra--menstruasi-pasca
« Jawab #9 pada: April 10, 2012, 06:26:29 AM »
semua gejala emosional itu karena hormon..
i adore your intelligence

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.027
  • IQ: 38
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
Re:Kupas tuntas efek pra--menstruasi-pasca
« Jawab #10 pada: April 10, 2012, 06:29:28 AM »
oia sekalian dong mau tanya..
mengapa saat usia (sekitar 11-14 tahun) waktu menstruasi lebih lama (plus pengeluaran darah yang banyak) dari pada menjelang usia 17 tahun keatas yang semakin lama semakin sedikit waktu dan darah yang dikeluarkan..?

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re:Kupas tuntas efek pra--menstruasi-pasca
« Jawab #11 pada: April 26, 2012, 04:08:01 AM »
oia sekalian dong mau tanya..
mengapa saat usia (sekitar 11-14 tahun) waktu menstruasi lebih lama (plus pengeluaran darah yang banyak) dari pada menjelang usia 17 tahun keatas yang semakin lama semakin sedikit waktu dan darah yang dikeluarkan..?
Ada kayak begitu ya..
hmm..
Mungkin itu karena faktor individu kali ya?
Ada yang stress.. Stress bisa membikin Menstruasi jadi lebih banyak ataupun malah ga menstruasi.
Atau masalah nutrisi kurang?
Kalau orang anorexia, kurang nutrisi banget tuh, bisa ga menstruasi juga..
Banyak faktor yang membikin perbedaan volume darah menstruasi yang keluar sih..

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.027
  • IQ: 38
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
Re:Kupas tuntas efek pra--menstruasi-pasca
« Jawab #12 pada: April 26, 2012, 09:01:32 AM »
hmm..? benarkah karena faktor individu saja? saya merasakan adanya perbedaan saat menstruasi di usia SMP dgn SMA.

tapi saya pernah satu atau dua kali saya ga menstruasi. itu kira2 kenapa ya?

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re:Kupas tuntas efek pra--menstruasi-pasca
« Jawab #13 pada: April 26, 2012, 10:56:50 AM »
Hmm. bener gaknya saya gak bisa pastikan.
Tapi kalau menurut saya sih itu emang lebih ke faktor individu.
Karena ga semua orang yang ngalamin seperti itu sepertinya.
Ada juga orang yang uda menstruasi pertama, sampe seterusnya tetep bagus siklusnya.. Ndak ada berenti2..

Mungkin pas lagi stres stresnya kali ya exile?
Atau mungkin, bisa jadi ada gangguan hormonal..
Atau masalah nutrisi..

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.027
  • IQ: 38
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
Re:Kupas tuntas efek pra--menstruasi-pasca
« Jawab #14 pada: April 27, 2012, 12:22:13 PM »
ng, mungkin aktivitas bisa mempengaruhi kali ya?
soalnya kalau ga salah, waktu saya ga menstruasi selama sebulan, saya itu berada di kondisi yang amat padat aktivitasnya (pelajaran tambahan, les, ngerjain PR ::))

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
3708 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 28, 2007, 08:27:17 AM
oleh peregrin
4 Jawaban
2733 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 01, 2009, 11:04:13 AM
oleh luth
0 Jawaban
1997 Dilihat
Tulisan terakhir April 16, 2014, 01:45:49 PM
oleh sanun117
8 Jawaban
12433 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 01, 2019, 07:57:44 AM
oleh Rizki Pramatika
0 Jawaban
851 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 21, 2017, 04:59:56 AM
oleh Fauzi27