Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

September 29, 2021, 03:40:04 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139666
  • Total Topik: 10406
  • Online Today: 133
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 30
Total: 30

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: "Lemot" saat Hamil: Mitos atau Fakta?  (Dibaca 6765 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline raisuien

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.359
  • IQ: 334
  • Gender: Pria
"Lemot" saat Hamil: Mitos atau Fakta?
« pada: Februari 21, 2010, 09:25:09 PM »
AUDREY (28 tahun) akhir-akhir ini sering merasa linglung, kurang konsentrasi, sering lupa dan kerap tersandung saat berjalan. Malah beberapa kali ia lupa mengunci pintu rumah atau mematikan keran air di rumah. Padahal sebelum berbadan dua, Audrey tak pernah seperti itu. Ia bingung, mengapa sifat pelupa dan cerobohnya memburuk saat hamil?
 
Faktanya bukan hanya Audrey yang mengalami kondisi serupa. Keadaan ini dikenal sebagai Pregnancy Induced Clumsiness (PIC). Ternyata PIC inilah yang dalam keseharian kita dianggap sebagai lemot (lemah otak). Tak sedikit BuMil menjadi bahan senda gurau orang sekelilingnya. “Ya, maklum deh kalau rada lemot, biasalah ibu hamil, he...he...he.” Duh, bisakah ‘kelemotan’ ini dikurangi? Yuk, cari tahu!
 
Faktor penyebab
 
Pregnancy Induced Clumsiness (PIC) bukanlah mitos, melainkan sebuah fenomena yang nyata. Gejalanya berupa kecanggungan, berkurangnya kecekatan, sifat pelupa yang seluruhnya terjadi pada masa kehamilan.
 
Pada dasarnya, PIC merupakan kombinasi faktor fisik dan emosional. Adapun dua masalah fisik yang secara langsung memengaruhi kelincahan dan kecekatan BuMil, yaitu:
Pertama, jelas karena adanya perubahan ukuran dan mekanisme tubuh. Terjadinya lordosis (gangguan pada tulang belakang yang arahnya melengkung ke belakang dan mengakibatkan penderita terlihat bungkuk ke belakang) merupakan mekanisme alami pada tubuh.
Lordosis membantu BuMil ‘membawa’ perut besarnya tanpa harus terjatuh. Namun faktanya, menjaga keseimbangan tubuh bagi wanita yang tengah mengandung bukanlah hal mudah. Terutama ketika BuMil harus menaiki tangga, membawa beberapa barang atau berjalan di jalanan licin dan tidak rata.
Kedua, plasenta mengeluarkan hormon relaxin yang berfungsi menenangkan ligemen (jaringan ikat yang menghubungkan dan mengikat ruas-ruas tulang belakang) dalam tubuh mengakibatkan terjadinya lordosis.
Hormon ini pula yang melonggarkan persendian tangan, lengan, pergelangan kaki dan lutut. Pembengkakan dan peningkatan kadar air pada tangan dan jemari pun disinyalir dapat memengaruhi indra persepsi dan ingatan. Bahkan stres dalam kehamilan konon ditujukan untuk mengaktifkan suatu enzim dalam otak. Enzim inilah penyebab terganggunya memori jangka pendek dan proses pengambilan keputusan pada BuMil.
 
Stres memicu daya konsentrasi
 
Pada trimester ketiga, BuMil mengalami banyak perubahan fisik yang menimbulkan ketidaknyamanan dan beban psikis yang cukup besar. Memasuki minggu ke-33 kehamilan, BuMil mulai mengalami kesulitan bernafas karena gerakan bayi yang berada dibawah diafragma menekan paru-paru, sakit punggung, konstipasi, sulit tidur dan sebagainya. Keadaan ini mengakibatkan ketidaknyamanan yang akhirnya memicu timbulnya stres pada kehamilan. Selanjutnya stres dapat menyebabkan terjadinya ganggunya memori dan daya konsentrasi BuMil.
 
Baru-baru ini sebuah penelitian menyatakan adanya kealpaan fikiran pada wanita hamil, terutama memasuki trimester akhir. Penelitian dilakukan di Selandia Baru dan dibahas pada pertemuan ilmiah tahunan Royal Australian and New Zealand College of Obstetricians and Gynaecologist di Auckland.
 
Serangkaian tes dilakukan terhadap 60 wanita, sebanyak 30 wanita hamil pada trimester ketiga dan 30 wanita yang tidak hamil. Dibandingkan wanita non hamil, ternyata 30 wanita hamil berada pada level terburuk dalam pengukuran memori pendengaran.
 
Mereka memeroleh sepuluh poin lebih rendah dibandingkan wanita yang tidak hamil.
Studi tersebut menunjukkan bahwa wanita hamil memiliki fungsi memori yang lebih rendah dibanding wanita yang tidak hamil, terutama yang berhubungan dengan memori auditori. Hmm... sudah jelas dan bisa maklum sekarang Moms?
 
Kiat tanggulangi PIC
 
Penyebab fisik dan psikis yang memicu timbulnya PIC tak dapat dicegah, karena terjadi secara natural sebagai bentuk penyesuaian tubuh terhadap kehamilan. Namun untuk meminimalisir, kami sediakan contekan untuk Moms:
- Berjalanlah perlahan, jangan tergesa-gesa atau memaksakan diri untuk membawa banyak barang sekaligus.
- Buatlah jadwal kegiatan sehari-hari. Tujuannya supaya tidak ada hal yang terlewatkan dan BuMil lebih mudah mengatur aktivitas keseharian.
- Biasakan membawa notes dan langsung mencatat informasi penting bersifat verbal yang disampaikan pada Anda, agar tidak ada yang terlupakan.
- Jangan mengkhawatirkan hal-hal kecil yang membuat Moms stres. Cobalah untuk memfokuskan diri pada kesehatan Anda dan janin.
- Buatlah diri Anda bahagia dengan melakukan hal-hal yang disukai, lalu berusahalah menikmati kehamilan setiap detiknya.
- Kontrol perasaan Anda! Jangan pernah berfikir segala sesuatunya harus sempurna, terlebih menaruh harapan yang berlebihan terhadap bayi yang belum lahir.
- Tidak semua kecanggungan, sifat pelupa, kurang konsentrasi yang terjadi adalah gejala PIC. Apalagi jika diikuti dengan pusing atau keluhan fisik lainnya yang serius dan berkepanjangan. Bila hal ini terjadi, segera konsultasikan dengan dokter kandungan Anda!

http://lifestyle.okezone.com/read/2010/02/19/27/305370/27/lemot-saat-hamil-mitos-atau-fakta

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
21 Jawaban
18785 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 15, 2014, 05:11:25 AM
oleh Monox D. I-Fly
15 Jawaban
9555 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 30, 2009, 09:48:42 PM
oleh syx
0 Jawaban
5997 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 20, 2009, 11:31:49 AM
oleh heru.htl
32 Jawaban
194833 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 09, 2010, 03:20:24 PM
oleh ndy_88
11 Jawaban
43507 Dilihat
Tulisan terakhir April 03, 2016, 07:45:39 AM
oleh ytridyrevsielixetuls