Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 05, 2020, 06:57:59 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26686
  • Latest: mkrxxi
Stats
  • Total Tulisan: 139608
  • Total Topik: 10377
  • Online Today: 47
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 49
Total: 49

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: ​Makanan apa yang baik untuk penderita kanker payudara?  (Dibaca 707 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline modencancercanter

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 26
  • IQ: 25
  • ForSa!
​Makanan apa yang baik untuk penderita kanker payudara?
« pada: Juni 05, 2019, 06:34:50 AM »
​Makanan apa yang baik untuk penderita kanker payudara?

Payudara adalah bagian yang sangat penting bagi seorang wanita. Kanker payudara adalah jenis penyakit yang sangat serius dan telah mendapatkan banyak perhatian dari berbagai kaum, selain itu, merupakan salah satu jenis kanker yang paling banyak dibicarakan. Karena tingginya jumlah kasus kanker ini, di setiap negara di seluruh dunia terdapat kasus serupa. Untungnya, seiring dengan kemajuan teknologi, peluang kesembuhan kanker payudara pun kini lebih tinggi dibandingkan dulu. Kini, kanker payudara menjadi jenis kanker dengan peluang kesembuhan yang tinggi, serta salah satu kanker yang memiliki prognosis lebih baik. Prognosis kanker payudara tidak hanya terkait dengan hasil operasi, tetapi juga kebiasaan makan sehari-hari pasien kanker payudara. Pola makan yang tepat tidak hanya dapat memperbaiki kualitas tubuh pasien, tetapi juga mengukuhkan efektifitas pengobatan, serta mempercepat proses pemulihan. Lalu, makanan apa saja yang baik untuk penderita kanker payudara? Apa saja pantangannya?



I. Anjuran makanan penderita kanker payudara


1. Pasien pasca operasi yang mengalami mulut kering dan haus, disarankan banyak mengonsumsi air putih. Sekitar 1-2 hari pasca operasi, pasien diperbolehkan mengonsumsi makanan bertekstur cair, seperti susu, susu kacang, bubur, bubur teratai dsb.


2. Setelah benang dilepas dan pasien bisa turun dari tempat tidur, pastikan nutrisi terjaga, guna mendorong pemulihan tubuh. Pasien bisa mengonsumsi makanan berprotein tinggi yang mudah dicerna, seperti daging ayam, ikan dan udang, daging rendah lemak, tahu, pangsit rebus, wonton, kuah ayam atau ikan dsb.


3. Konsumsi makanan berprotein yang mudah dicerna seperti susu, telur, ikan, dan kedelai, dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sedangkan susu dan telur sendiri dapat memperbaiki gangguan protein pasca menjalani radioterapi.


4. Makanan bervitamin

Vitamin A dan C dapat mencegah perubahan sel menjadi ganas serta penyebarannya, serta meningkatkan stabilitas sel epitel. Vitamin C juga dapat mencegah gejala kerusakan umum akibat radiasi, serta meningkatkan jumlah sel darah putih. Vitamin E dapat meningkatkan pembelahan sel dan menunda penuaan sel. Vitamin B1 dapat meningkatkan nafsu makan pasien dan meringankan gejala akibat radiasi. Oleh karena itu, pasien dianjurkan untuk banyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin, seperti sayur, buah, minyak wijen, sereal, kacang-kacangan dsb.


5. Pada pasien yang menjalani kemoradioterapi, disarankan untuk mengonsumsi makanan dan minuman dingin, namun jika pasien merasa kedinginan, disarankan mengonsumsi makanan hangat.


        6. Mengonsumsi gula secukupnya, untuk menambah kalori. Radioterapi dosis tinggi dapat menghancurkan metabolisme gula dalam tubuh, glikogen berkurang secara drastis, asam laktat dalam darah meningkat, sehingga tidak dapat digunakan lagi; sedangkan fungsi insulin pun jadi tidak tercukupi. Jadi, pasien disarankan untuk banyak mengonsumsi makanan manis, seperti madu, nasi, mi, serta kentang untuk mencukupi kebutuhan kalori dalam tubuh.


        II. Apa saja pantangan penderita kanker payudara?


1. Dilarang merokok, minum alkohol, kopi, minuman bersoda

2. Dilarang mengonsumsi makanan yang merangsang dan pedas, seperti cabai, lada, jahe, kayu manis dsb.

3. Dilarang mengonsumsi makanan berlemak, berminyak, berjamur dan yang diasinkan.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
1857 Dilihat
Tulisan terakhir April 02, 2014, 12:50:30 PM
oleh liviapangdoko
0 Jawaban
415 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 24, 2019, 05:41:10 AM
oleh modencancercanter
0 Jawaban
441 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 26, 2019, 05:18:10 AM
oleh modencancercanter
0 Jawaban
7751 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 10, 2019, 07:07:39 AM
oleh modencancercanter
0 Jawaban
10658 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 19, 2019, 06:51:27 AM
oleh modencancercanter