Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Mei 22, 2022, 09:35:29 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26747
  • Latest: loutlos
Stats
  • Total Tulisan: 139629
  • Total Topik: 10386
  • Online Today: 51
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 42
Total: 42

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Masuk Angin itu Apa?  (Dibaca 40223 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline uzik-sama

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 112
  • IQ: 16
Masuk Angin itu Apa?
« pada: Agustus 23, 2008, 01:06:48 PM »
orang2 sih bilangnya masuk angin A.K.A ada angin yang masuk ke tubuh kita.
gejala2nya antara laen:

o kedinginan
o kembung
o pegal-pegal otot dan sendi
o buang gas terus menerus
o batuk-pilek

Kerap kali mereka memakai jaket yang tebal saat berkendara motor dengan tujuan, supaya "enggak masuk angin"..mereka mungkin beranggapan bahwa "angin" tersebut dapat masuk lewat pori-pori tubuh kita, dan dengan mekanisme "entah bagaimana" dapat menimbulkan keluhan-keluhan tidak enak seperti yang telah disebutkan di atas.
Sebenarnya di Istilah Kedokteran, TIDAK ADA istilah "masuk angin", dan berbagai keluhan yang disebutkan diatas memang dapat ditimbulkan oleh Cuaca Dingin (mungkin aja banyak anginnya) namun tidak seperti yang telah dipikirkan oleh banyak orang awam...(masuk angin..).

Cuaca yang dingin dapat menimbulkan mekanisme "vasoconstricion" dimana terjadi Penyempitan pembuluh darah kita, hal ini mekanisme untuk menghambat pengeluaran kalor berlebihan dari tubuh, sehingga tidak terjadi Hipotermi. Nah..Vasokonstriksi (penyempitan) pembuluh darah ini dapat mengakibatkan peredaran darah di tubuh kita kurang lancar, sehingga hasil metabolisme, dan Asam laktat terakumulasi pada otot-otot kita..akibatnya pegal-pegal dan seluruh tubuh kita tidak enak...

Selain itu, Cuaca yang dingin juga mengakibatkan "perlambatan dari gerak peristaltik saluran cerna kita", sehingga gas yang ada di saluran cerna kita tertampung sehingga dapat menjadi kembung...perut terasa penuh...ditambah lagi mungkin aja terjadi yang namanya "Aerophagi" (Makan angin)..nah ini mungkin yang sering kita alami bila kita berkendaraan motor, atau naik Roller Coaster, tapi sambil buka mulut (Mangap), akibatnya banyak angin yang tertelan oleh kita, sehingga kita kenyang dengan angin (Kembung-red). He..He...
Parahnya lagi, Cuaca yang dingin, dapat mengakibatkan rambut-rambut sel di saluran pernafasan kita lambat untuk bergerak..padahal fungsi pergerakan tersebut adalah untuk mengeluarkan lendir dan bakteri serta virus. Akibat dari gangguan fungsi rambut-rambut di saluran nafas ini, kita akan mudah terkena infeksi saluran nafas atas, seperti: batuk, pilek, dll..

Nah, obat-obat, jamu-jamu dan sebangsanya hanya berfungsi mengeluarkan udara dalam saluran pencernaan (jadi sering buang gas), dan menghangatkan badan karena banyak mengandung jahe, dll..(that's Oke...).
Tapi, kalo jamu-jamu buat pegel-pegel..lebih baik jangan deh..karena banyak yang mengandung Steroid dan Obat penghilang sakit non steroid (NSAID), yang dapat mengakibatkan banyak komplikasi lain, seperti: Sakit lambung, bahkan sampai lambungnya jebol (bocor)..Hati-hati..

Kalo kerokan boleh ga?? Jangan Deh..Karena kerokan sebenarnya untuk memecahkan kapiler-kapiler darah, sehingga terasa enak karena pembuluh darah kembali melebar..namun waw..badan kita rusak berat..dan taukah anda, kenapa orang yang kebiasaan dipijet dan dikerok kayaknya kecanduan? hal itu dikarenakan tubuh kita akan mengeluarkan zat "endorfin" Sejenis Morfin namun endogen (dihasilkan tubuh), sebagai mekanisme pertahanan terhadap rasa nyeri... kayak "pecandu" gitu deh.

sekedar nambah info aja. buat yang berusia lanjut, terutama kalo punya background diabetes (gula) atau hipertensi, mesti waspada. karena yang sering dikira masuk angin itu, ternyata sebenernya adalah gejala serangan jantung (MCI atau infark miokard). seringkali disebut juga sebagai "angin duduk" dan "hilang" setelah dikerok.

Offline ahmad fauzan

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 193
  • IQ: 9
  • Gender: Pria
  • jangan menghinaku lagi yak??
Re: masuk angin. antara mitos dan fakta
« Jawab #1 pada: Agustus 26, 2008, 12:27:47 PM »
wah informasi yang di butuhkan.
semua itu bisa asalkan kita terbiasa

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: masuk angin. antara mitos dan fakta
« Jawab #2 pada: Agustus 27, 2008, 12:04:23 AM »
masuk angin itu beda ya ama common cold ato influenza?

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: masuk angin. antara mitos dan fakta
« Jawab #3 pada: Agustus 27, 2008, 05:10:23 AM »
Selain masuk angin ada juga nama penyakit yang ngetrend tapi ga ada dalam istilah kedokteran : panas dalam.

Pernah baca yang ditulis uzik-sama, tapi yang gw masih ragu kebenarannya yang bagian ini nih :
Kutip
dan taukah anda, kenapa orang yang kebiasaan dipijet dan dikerok kayaknya kecanduan? hal itu dikarenakan tubuh kita akan mengeluarkan zat "endorfin" Sejenis Morfin namun endogen (dihasilkan tubuh), sebagai mekanisme pertahanan terhadap rasa nyeri... kayak "pecandu" gitu deh.

@syx
Beda, masuk angin bukan demam atau flu. Cukup jelas di postingannya si uzik tuh. Info yang beredar kan bahwa ada angin yang masuk trus misalnya dikerok bisa "ngeluarin angin" dari dalam tubuh kita. Kenyataannya semua gejala itu bukan disebabkan ada angin dalam pembuluh darah. Kebayang ga kalo ada udara di pembuluh darah? pasti terjadi emboli dan ngga lama bisa mati tuh orang.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: masuk angin. antara mitos dan fakta
« Jawab #4 pada: Agustus 27, 2008, 05:53:10 AM »
soalnya gejala mirip-mirip ama flu. pas kondisi tubuh jelek, terus demam (badan merasa kedinginan), bersin, pilek, plus kadang bonus batuk. cuma anginnya itu aja yg jadi masalah... bukannya angin dikeluarin lewat anus?

Offline uzik-sama

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 112
  • IQ: 16
Re: masuk angin. antara mitos dan fakta
« Jawab #5 pada: Agustus 27, 2008, 06:00:44 AM »
@reborn
aku tuh sebenernya copy dari forum tetangga dan ditambah2 yang aku inget aja. nah disini khan banyak yang berkompeten jadi bisa dijadiin bahan diskusi yang mungkin akan menarik.
aku juga dari dulu kalo masuk angin sering dikerokin sama oka-san, jadi ya takut2 gimana gitu sekarang.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: masuk angin. antara mitos dan fakta
« Jawab #6 pada: Agustus 27, 2008, 06:16:41 AM »
@syx
betul, istilah masuk angin itu yang kurang tepat karena kalo dari namanya seakan-akan angin penyebab gejala-gejala itu, padahal salah. Yang lebih ngaco lagi panas dalam (mudah2an ga ada produk panas dalam di perusahaan lu ya haha ;D). Kalo angin yg dikeluarin dari anus ya kentut itu namanya, keknya bukan angin ini biang keroknya. Paling2 bikin orang menjauh ;D

@uzik
maksud gw bukan baca di forum lain kok, tapi pernah baca atau denger2 gitu. Bagus nih topiknya.
Gw ga suka dikerok, sakit gitu apa enaknya. Kalo dipijit nahh itu baru mantep.
Eh, oka-san siapa?

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: masuk angin. antara mitos dan fakta
« Jawab #7 pada: Agustus 27, 2008, 06:39:26 AM »
ga ada... tapi itulah pengobatan tradisional. di buku resmi seperti farmakope china ada tuh dalam monografi obat tradisionalnya. contoh indikasinya gini:
to remove toxic heat, reduce heat in blood, cough caused by qi deficiency, to replenish the kidney yin, fever due to deficiency of yin, etc...
kaya di film silat aja.

Offline uzik-sama

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 112
  • IQ: 16
Re: masuk angin. antara mitos dan fakta
« Jawab #8 pada: Agustus 27, 2008, 06:46:33 AM »
@reborn
oka-san tuh mama dalam bahasa jepang, kebiasaan manggil gitu hehehehe.

@syx
weh beneran bisa dengan cara kayak filmnya jet-li gitu? wa jadi pingin belajar juga nih.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: masuk angin. antara mitos dan fakta
« Jawab #9 pada: Agustus 27, 2008, 06:57:35 AM »
wah, uzik jago bahasa jepang nih, bantuin izna dong tuh dia buka topik kemaren. Pengen belajar jepang katanya.

@syx
cina punya farmakope sendiri? Ini dipake sama siapa aja, diakui di mana tuh?

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: masuk angin. antara mitos dan fakta
« Jawab #10 pada: Agustus 27, 2008, 07:04:12 AM »
punya... ada dua buku, yang pertama berisi monografi tentang obat tradisional yang bahannya bisa dari tumbuhan, hewan, ato mineral alam. buku yg kedua sama dengan farmakope negara lain yg berisi obat sintesis.
sayangnya di indonesia ga kaya gitu. cuma niru usp, itu pun udah lebih dari 10 taon yg lalu. kalo farmakope indonesia juga menyertakan jamu jangan-jangan koin juga dimasukkan ke situ...

Offline uzik-sama

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 112
  • IQ: 16
Re: masuk angin. antara mitos dan fakta
« Jawab #11 pada: Agustus 28, 2008, 02:42:16 PM »
eh nanya donk
tadi aku ke tempat temen aku yang baru aja sakit, nah pas dy terapi sama om nya pake urut2 segala macem, punggung temen aku muncul benjolan. "nah ini ni anginnya", om temen aku bilang begitu. katan om temen aku tuh sumber penyakitnya disitu.
gimana ya itu?

Offline lem

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 100
  • IQ: 8
Re: masuk angin. antara mitos dan fakta
« Jawab #12 pada: September 02, 2008, 01:19:46 PM »
obat masuk angin paling mujarab.... keluar angin....  :kribo:
Dengan lem kita rekatkan persatuan dan kesatuan.....

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: masuk angin. antara mitos dan fakta
« Jawab #13 pada: September 02, 2008, 11:52:13 PM »
kentut? sendawa? ato keluarin napas kenceng-kenceng?

Offline lady_wulan05

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 13
  • IQ: 1
Re: masuk angin. antara mitos dan fakta
« Jawab #14 pada: November 20, 2008, 06:25:33 AM »
aku masih penasaran, apa benar kerokan bener bener berfungsi buat mengurangi keluhan masuk angin?
tanteku suka berceloteh kalo liat kerokan terus hasilnya merah.....wahh bener bener masuk angin
terus aku suka menimpali....lha iyalah merah lha wong digosok gitu kulitnya.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
18 Jawaban
12446 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 17, 2011, 12:06:22 PM
oleh mangkokooo
7 Jawaban
12511 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 22, 2011, 11:30:21 PM
oleh jopie
APA ITU WAKTU

Dimulai oleh satukosonk « 1 2 » Fisika

21 Jawaban
23012 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 14, 2012, 10:49:38 AM
oleh lustforscience
5 Jawaban
6462 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 25, 2014, 12:47:53 AM
oleh Monox D. I-Fly
8 Jawaban
7653 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 29, 2018, 09:39:37 AM
oleh Jim Heart