Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 06, 2021, 11:48:11 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 26
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 18
Total: 18

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: mind-wandering  (Dibaca 3448 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
mind-wandering
« pada: Maret 21, 2007, 02:23:56 AM »
Kirain gw doang, ternyata masalah semua orang mind-wandering ini  ;D Kita gak sadar ngelakuin ini. Kadang lagi ngerjain sesuatu tiba-tiba kepikiran hal lain. Lagi ngobrol tiba-tiba keinget, halah jemuran blom diangkat (buat yang ngekost  :P).

http://www.physorg.com/news93533412.html

Kutip
Michael Kane, a psychologist at the University of North Carolina at Greensboro, sampled the thoughts of students at eight random times a day for a week. He found that on average, they were not thinking about what they were doing 30 percent of the time. For some students it was between 80 and 90 percent of the time. Out of the 126 participants, only one denied any mind-wandering at the sampled moments.

Tuh kan bener, emang semuanya begini. Menurut Kane biasanya yang kita pikirin itu mental to-do lists, rencana ke depan, masalah2 pribadi, atau ada yg emang hobi merenung haha...

Tapi ada juga bahayanya ini, misalnya yang ini

Kutip
The result of that can be tragic. Kane noted the 2003 case of a college professor who drove to work in Irvine, Calif., one hot August day, parked and went to his office. Whatever was going through his mind, he'd lost track of the fact that his 10-month-old son was in the back seat. The boy died in the heat. In 2004, virtually the same thing happened in Santa Ana, Calif.

 :o Sampe segitunya yahh... gw juga ada beberapa pengalaman "pahit" karena ini sihh....


Jadi inget tentang biokinetics. Katanya ada beberapa hal yang karena udah sering kita lakuin, tanpa harus dipikir tanpa sadar kita lakuin. Misal kita mandi, tiap orang pasti punya langkah2 bersih2nya masing2  ;D atau pas sikat gigi, bangun tidur, nyetir mobil, malah jalan ke rumah, kampus, kantor, tempat2 yg udah biasa ini biasanya gak mikir lagi. Nah, dulu disaranin ubah sesekali hal2 yang nyangkut biokinetics ini, misal kalo makan biasanya gelas di kiri, pindahin ke kanan... mungkin lupa pas "keselek" tangan kiri langsung ambil gelas, taunya di kanan ;D atau coba2 jalan alternatif pas pulang ke rumah, dll...

Penelitiannya si Kane belum keluar sih.. tapi kayaknya dia mau jawab ini

Kutip
But there's even a more basic question, he said. Why is the brain wired to wander? What could possibly be good about that?









 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
Mysteries of Our Mind

Dimulai oleh krigjsman Pendidikan

1 Jawaban
6171 Dilihat
Tulisan terakhir September 10, 2016, 12:25:24 PM
oleh Monox D. I-Fly
1 Jawaban
6058 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 15, 2009, 11:01:57 AM
oleh Nabih
23 Jawaban
24910 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 24, 2014, 11:40:45 AM
oleh Bahalan
8 Jawaban
7067 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 02, 2008, 04:32:30 AM
oleh Vinchemz
4 Jawaban
4541 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 31, 2012, 09:47:03 PM
oleh The Houw Liong