Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Januari 22, 2022, 12:53:50 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 15
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 14
Total: 14

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Mineral Water VS Pure Water  (Dibaca 42512 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: Mineral Water VS Pure Water
« Jawab #15 pada: Desember 23, 2008, 05:29:41 AM »
dah digabung nih sama topiknya, sekarang jadi nyambung kan.

@m_yusuf1708
dijelasin lagi dong di sini alasannya. Kenapa dua-duanya layak dikonsumsi?

Offline b0cah

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 38
  • IQ: 3
  • Gender: Pria
  • Kreatif Edukatif Interaktif
Re: Mineral Water VS Pure Water
« Jawab #16 pada: Desember 23, 2008, 08:04:13 AM »
semua air yang ada di alam ini sebenarnya adalah air yang bermineral
air yang murni hanya ada di atas langit sana, atau air hasil sedtilasi
« Edit Terakhir: Januari 21, 2011, 02:18:03 PM oleh reborn »
Kreatif Edukatif Interaktif
http://bocah.info

Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Re: Mineral Water VS Pure Water
« Jawab #17 pada: Desember 23, 2008, 10:13:09 AM »
semua air yang ada di alam ini sebenarnya adalah air yang bermineral
air yang murni hanya ada di atas langit sana, atau air hasil sedtilasi
Embun itu hasil destilasi alami kan?
« Edit Terakhir: Januari 21, 2011, 02:18:16 PM oleh reborn »
"The pen is mightier than the sword"

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Mineral Water VS Pure Water
« Jawab #18 pada: Desember 24, 2008, 05:53:31 AM »
air di langit sih emang masi murni, tapi begitu turun jadi ujan air tersebut terkontaminasi apa debu dan gas di atmosfer. ada yang pernah kumpulin air ac?

Offline manusiarender

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 59
  • IQ: 7
  • Gender: Pria
  • seperti biasa, sedang mencoba menguasai dunia
Re: Mineral Water VS Pure Water
« Jawab #19 pada: Mei 14, 2009, 02:19:50 PM »
Nah... geram kan kalo lihat banyak produsen & distributor yang mengatasnamakan sains cuman demi produknya laris terjual? ^_^ So do i! Kasihan dong masyarakat kita, jangan sampe ditipu mentah-mentah gara-gara gak ngerti (sama kayak saya kali...!!! ^_^). Kalau memang belum terbukti keabsahannya (dalam penelitian) gak boleh dong pihak manapun memanfaatkan sebuah statement buat mengklaim produknya lebih baik dari yang lain, apalagi mengatasnamakan penemuan ilmiah, Sainstifik. Emang enaknya sih jadi orang yang masa bodo, mau air mineral kek, mau air murni kek, emang gue pikirin. Tapi kalau semua orang berpikir seperti itu, lalu buat apa ada forum sains seperti ini...!!! he..he..he...!

SETUJU. But, sebelum dibahas lebih jauh, kita nunggu komentar dari yang lain yach! ^_^ Ayo member yang lainnya mana nih pendapatnya?


bentul!!!
dulu juga pernah ada sales dateng kerumah demontrasi air (kayak gambar pertama)
herannya : arus listrik ga bisa lewat air tsb... dan kata salesnya.. ITU TANDA AIR SEHAT.. gmana nih?
will.i.believe.the.sun

Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Re: Mineral Water VS Pure Water
« Jawab #20 pada: Mei 14, 2009, 11:08:46 PM »
ITU TANDA AIR SEHAT.. gmana nih?
apa alasannya dia bilang ini air sehat?

Offline Muztank

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 410
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • biotek...^^
Re: Mineral Water VS Pure Water
« Jawab #21 pada: Mei 15, 2009, 04:22:38 AM »
mungkin maksudnya karna ga ada kandungan logam nya dalam air tsb..
makanya tidak bisa mengalirkan listrik..

Offline Idad

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 823
  • IQ: 66
  • Gender: Pria
  • ZyuProject
    • Math is Fun, Math is Games, Math is Logic, and Math is Easy!!!
Re: Mineral Water VS Pure Water
« Jawab #22 pada: Desember 30, 2009, 09:26:50 PM »
dulu juga pernah ada sales dateng kerumah demontrasi air (kayak gambar pertama)
herannya : arus listrik ga bisa lewat air tsb... dan kata salesnya.. ITU TANDA AIR SEHAT.. gmana nih?
Kalau saya masih skeptis.
Karena tanda air sehat bukan hanya diukur dari bisa atau tidaknya arus listrik melewati air itu. Kalau dibilang bahwa air yang tak dapat menghantarkan arus listrik itu bebas dari logam bisa dikatakan benar.

Tetapi kalau air sehat itu bebas dari logam (unsur kimia logam) itu saya rasa definisinya belum cukup. Menurut saya, air sehat itu merupakan air yang kandungannya tidak membahayakan kita dan isinya dibutuhkan oleh kita. Tubuh kita juga memerlukan ion-ion logam dan non-logam untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Untuk pembuktian arus listrik yang tidak bis melewati air yang diujikan sales kita harus kritis sedikit. Apakah arus listriknya cukup untuk melewati air? Bagaimana pula dengan sensivitas alat pengujinya? Kalau sekedar membuktikannya dengan menggunakan Lampu yang menyala itu tidak bisa karena itu hanya diukur secara kualitatif. Sedangkan dlam konteks ilmiah data itu (bahkan yang kualitatif sekalipun) harus ada patokan kualitatifnya dalam bentuk angka agar dapat diolah dan diambil kesimpulan.

Walaupun belum pernah lihat langsung, saya rasa alat penguji seperti yang dibilang Insan Sains sebelumnya patut dipergunakan dalam uji coba kandungan air karena alat itu sudah banyak digunakan.

Tapi ya kalau mau menolak sales jangan langsung di "cut", kasihan juga. Mereka kan juga cari kerja.
Visit My Site ! ! !
Download Soal Matematika SMA ZyuProject



Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Biobio
« Jawab #23 pada: Desember 30, 2009, 11:53:22 PM »
Pure water tidak mengandung ion bermuatan, makanya ga bisa menghantarkan listrik. Kita perlu mineral-mineral dari air juga, dan saya rasa pendapat bahwa pure water lebih sehat tidak memiliki dasar ilmiah ...

Offline joesn_r

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 10
  • IQ: 2
Re: Mineral Water VS Pure Water
« Jawab #24 pada: Desember 31, 2009, 02:02:39 AM »
Saya punya pengalaman menderita sakit batu ginjal, selain obat dokter saya disuruh dokter saya minum air yang dikocok dalam botol, yang saya rasakan memang baik sekali, logikanya... air yang dikocok itu terjadi proses aerasi yaitu meningkatnya kadar oxigen dalam air, dan proses ini dapat menetralisir zat2 yang tidak berguna, setelah saya praktekkan ternyata oke banget, sampai sekarang saya selalu minum air aerasi... murah meriah

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Mineral Water VS Pure Water
« Jawab #25 pada: Januari 04, 2010, 10:31:34 PM »
pengocokan yang bagaimana bisa meningkatkan kadar oksigen dalam air? kalo dalam gelas ato botol tertutup ya ga terlalu ngaruh, kecuali pake pengaliran oksigen ke dalam air tersebut.
btw, oksigen itu kan oksidan... apa pemasukan oksigen yang 'berlebihan' gitu ga malah berbahaya bagi tubuh?

Offline Idad

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 823
  • IQ: 66
  • Gender: Pria
  • ZyuProject
    • Math is Fun, Math is Games, Math is Logic, and Math is Easy!!!
Re: Mineral Water VS Pure Water
« Jawab #26 pada: Januari 05, 2010, 08:03:46 AM »
pengocokan yang bagaimana bisa meningkatkan kadar oksigen dalam air? kalo dalam gelas ato botol tertutup ya ga terlalu ngaruh, kecuali pake pengaliran oksigen ke dalam air tersebut.
btw, oksigen itu kan oksidan... apa pemasukan oksigen yang 'berlebihan' gitu ga malah berbahaya bagi tubuh?


Hm.., iya juga. jadi pingin saya tanyakan ke dosen..

Tapi seingat saya oksidan itu kan tidak harus oksigen. CO pun bukannya dapat menjadi oksidan dalam darah kita?

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Mineral Water VS Pure Water
« Jawab #27 pada: Januari 05, 2010, 09:56:24 PM »
CO bukan oksidan...

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Mineral Water VS Pure Water
« Jawab #28 pada: Januari 06, 2010, 03:02:37 AM »
Dikocok sampe ccemanapun tidak bisa membuat kadar oksigen dalam air menjadi berbahaya. Kadar oksigen yang berbahaya itu kalau mendekati 100%. CMIIW
Nih pada ribut2 soal pure water lebih baik, padahal banyak juga diiklankan minuman elektrolit baik untuk tubuh balblabla....
Sama seperti rekan2 yang lain, mineral itu dibutuhkan oleh tubuh jadi seharusnya gak masalah. Soal klaim kalo mineral di air gak bisa diserap, mungkin diperlukan penelitian lebih lanjut.
OOT OOT OOT..!!!

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Mineral Water VS Pure Water
« Jawab #29 pada: Januari 06, 2010, 04:16:00 AM »
saya emang sengaja membalik komentar kalo peningkatan kadar oksigen dalam air berpengaruh pada kesehatan... ;D
lagipula informasinya juga rada aneh: pengocokan bisa meningkatkan kadar oksigen dalam air. itu kan tergantung gas apa yang ada dalam wadah pengocokan. semuanya tergantung kesetimbangan.
mengenai minum elektrolit seperti sudah pernah ada topiknya: Minuman Isotonik
« Edit Terakhir: Januari 06, 2010, 04:21:50 AM oleh syx »

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
6239 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 12, 2007, 11:56:24 AM
oleh reborn
0 Jawaban
4666 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 04, 2007, 05:20:06 PM
oleh reborn
10 Jawaban
9608 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 24, 2011, 04:10:40 AM
oleh reysavana
0 Jawaban
2438 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 20, 2013, 12:43:31 PM
oleh elesca prakasa
1 Jawaban
2616 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 30, 2013, 08:13:05 PM
oleh Saefudin