Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 02, 2020, 10:29:31 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139608
  • Total Topik: 10377
  • Online Today: 61
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 37
Total: 37

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Minum air es bikin gemuk? @[email protected]  (Dibaca 24178 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
Minum air es bikin gemuk? @[email protected]
« pada: Juni 11, 2010, 09:45:35 AM »
"Banyak hal seputar pola makan yang ternyata gosip belaka. Bahwa minum air es bisa bikin gemuk, misalnya.

Ternyata ini hanya mitos, karena mengonsumsi makanan dan minuman dingin malah bisa membuat tubuh membakar kalori lebih banyak.

Hanya saja, selisihnya tak banyak dibandingkan bila kita mengonsumsi air yang bersuhu ruangan.
"

Demikian menurut Madelyn Fernstrom, PhD, CNS, direktur dan pendiri UPMC Weight Management Center, Pittsburgh.


Hal ini juga ditegaskan oleh dr Johanes C. Chandrawinata, MND, SpGK. Ia menjelaskan, tubuh kita menganut sebuah hukum yang dinamakan hukum thermodinamika.

Artinya: Untuk menaikkan suhu 1 gram air menjadi 1 derajat Celcius, diperlukan 1 kalori.

Hukum ini sejalan dengan penelitian yang mengatakan, bila kita minum 6 gelas air es setiap hari, maka metabolisme akan meningkat.

Jumlah kalori yang terbakar bertambah 10, sehingga berat badan yang dapat kita hilangkan sekitar 0,5 kg dalam 1 tahun.

    Peningkatan metabolisme yang dihasilkan memang tidak begitu signifikan. Namun, tak ada salahnya bila kita minum air es, sejauh tidak mengandung kalori tambahan, misalnya dari gula. Ini akan mengoptimalkan proses pembakaran kalori dalam tubuh.
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

Offline riandono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 622
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
Re: Minum air es bikin gemuk? @[email protected]
« Jawab #1 pada: Juni 11, 2010, 09:55:56 AM »
ide bagus..

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
Re: Minum air es bikin gemuk? @[email protected]
« Jawab #2 pada: Juni 11, 2010, 10:05:14 AM »
banyak yg salah kaprah nih... masa katanya minum air es bisa bkin gemuk? nah, ini uda q posting buktinya...jadi itu benar2 MITOS!

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Minum air es bikin gemuk? @[email protected]
« Jawab #3 pada: Juni 11, 2010, 11:45:53 AM »
Ada yang bilang minum air es gak bagus...
Lagi2 kata orang tua.
OOT OOT OOT..!!!

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
Re: Minum air es bikin gemuk? @[email protected]
« Jawab #4 pada: Juni 11, 2010, 12:54:29 PM »
ga bagus gmn om hur hur? critain dsini gih!

Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
Re: Minum air es bikin gemuk? @[email protected]
« Jawab #5 pada: Juni 11, 2010, 01:26:18 PM »
Ada yang bilang minum air es gak bagus...
Lagi2 kata orang tua.

Lha iyah kalau minum air esnya selalu minta ma tetangga :D

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
Re: Minum air es bikin gemuk? @[email protected]
« Jawab #6 pada: Juni 11, 2010, 02:30:33 PM »
tentu ga bagus donk....ingat kesejahteraan gigi Anda :)
Best Regards,


Astrawinata G

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Minum air es bikin gemuk? @[email protected]
« Jawab #7 pada: Juni 11, 2010, 05:20:22 PM »
Nah..
Inget kata kuncinya.
kata orang tua
Kapan sih kata orang tua yang jelas alasannya?

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
Re: Minum air es bikin gemuk? @[email protected]
« Jawab #8 pada: Juni 11, 2010, 09:25:59 PM »
@bung astra
Kalau uda terbiasa minum air es, ditambah lagi jarang minum air panas, mungkin ga apa2 kan?

@bung hur hur
hm... inget, jgn blg gitu...tar jadi orang tua juga loh! xixixi

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: Minum air es bikin gemuk? @[email protected]
« Jawab #9 pada: Juni 11, 2010, 11:44:48 PM »
ada minuman es yang bikin gemuk;  minum aja milkshake, parfait, topping sun-dae, dll(yang penting mengandung emulsi lemak)... bikin gemuk...yang jelas leazat, coy :P
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
Re: Minum air es bikin gemuk? @[email protected]
« Jawab #10 pada: Juni 12, 2010, 01:02:52 AM »
wogh...bung nandaz, liat judulnya dunkz... "air es", bukan minuman es! ckckck

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Minum air es bikin gemuk? @[email protected]
« Jawab #11 pada: Juni 12, 2010, 04:50:07 AM »
Mau jadi orang tua yang skeptis.. Menjelaskan sehingga jelas dan gak mistis2 gitu.

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
Re: Minum air es bikin gemuk? @[email protected]
« Jawab #12 pada: Juni 12, 2010, 04:53:01 AM »
@bung astra
Kalau uda terbiasa minum air es, ditambah lagi jarang minum air panas, mungkin ga apa2 kan?

@bung hur hur
hm... inget, jgn blg gitu...tar jadi orang tua juga loh! xixixi
@Takagi : boleh jadi penelitian juga tuh :) hahaha.....
@Hur: yah, setelah ikut kuliah, ternyata banyak "kata orang tua" yang memang memiliki dasar ilmiah :)
Mas Huri juga kayaknya kagak bakal jadi orang tua :P

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Minum air es bikin gemuk? @[email protected]
« Jawab #13 pada: Juni 12, 2010, 05:03:32 AM »
Well, seandainya jadi orang tua. hahahaha.....
Memang banyak..
Tapi tidak sedikit juga yang konyol, ngawur, dan bersalahan.

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
Re: Minum air es bikin gemuk? @[email protected]
« Jawab #14 pada: Juni 12, 2010, 05:33:28 AM »
makanya, jangan melihat 1 sisi aja........lihat secara keseluruhan...wajar toh perkataan seseorang ada salahnya....jangan terus diungkit dan dijekek2kan yang salah trus Mas :)

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
2 Jawaban
8015 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 25, 2014, 11:35:28 AM
oleh MuhammadRyan
14 Jawaban
7173 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 02, 2009, 10:11:29 PM
oleh syx
9 Jawaban
8641 Dilihat
Tulisan terakhir September 18, 2020, 03:31:36 AM
oleh siskahermawan
0 Jawaban
3168 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 06, 2011, 09:39:55 AM
oleh brainbrain
4 Jawaban
10709 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 31, 2016, 01:02:36 AM
oleh infinycal