Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 02, 2020, 10:35:58 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139608
  • Total Topik: 10377
  • Online Today: 61
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 33
Total: 33

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Minum air es bikin gemuk? @[email protected]  (Dibaca 24179 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
Re: Minum air es bikin gemuk? @[email protected]
« Jawab #30 pada: Juni 15, 2010, 07:02:43 AM »
Hm, aku pernah baca2, nemu statemen gini,

"Dalam sehari, sebaiknya minimal tidur 7 jam. Kurang tidur selama 3 hari berturut2 akan menurunkan sistem imun menjadi 60%."

Hmmm... mungkin begadangnya? Tapi kalau dipikir2, suhu dingin bukannya memperlambat berkembangnya MH ya? Kok bisa malah sakit ya? hmmmmm
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
Re: Minum air es bikin gemuk? @[email protected]
« Jawab #31 pada: Juni 15, 2010, 07:27:45 AM »
kita kan makhluk berdarah panas Mas Taka :)
Best Regards,


Astrawinata G

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
Re: Minum air es bikin gemuk? @[email protected]
« Jawab #32 pada: Juni 15, 2010, 07:52:10 AM »
Oh, jadi kalau MH berdarah dingin, dengan kata lain suhu tubuhnya dipengaruhi suhu lingkungan, tak berpengaruh dengan suhu? Bukankah dalam reaksi kimia, suhu itu katalis? Dengan kata lain, semakin tinggi suhu, reaksi berjalan semakin cepat? Hmmm...atau karena adanya faktor 'suhu optimal'?

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
Re: Minum air es bikin gemuk? @[email protected]
« Jawab #33 pada: Juni 15, 2010, 11:24:41 AM »
yak, suhu optimal :) suhu bukan katalis seingat saya. enzim baru disebut katalis, dan kerjanya dipengaruhi oleh suhu....suhu yang rendah akan memperlambat gerakan molekul dan karena itu memperlambat reaksi. dengan naiknya suhu, gerakan molekul semakin cepat sehingga reaksi semakin cepat, sampai pada suatu titik dimana suhu yang terlalu tinggi mempercepat gerakan molekul sehingga enzim terurai dan rusak secara irreversibel :)

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
Re: Minum air es bikin gemuk? @[email protected]
« Jawab #34 pada: Juni 16, 2010, 12:21:51 AM »
Wah, saya bilangnya dalam reaksi kimia mas astra..;D

Hm, jadi gitu...sip sip...
^^

Offline Bernando

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 710
  • IQ: 7
  • Gender: Pria
  • sustainable learning...
Re: Minum air es bikin gemuk? @[email protected]
« Jawab #35 pada: Juni 16, 2010, 02:28:30 AM »
peradangannya seperti apa Mas? jadi susah menelan?
tenggorokan terasa sakit...kalo susah nelannya gak selalu...kadang aja...kata dokter sih radang tenggorokan...;D
Be the sustainable learner, because life is learning...

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: Minum air es bikin gemuk? @[email protected]
« Jawab #36 pada: Juni 17, 2010, 01:26:54 AM »
peradangannya seperti apa Mas? jadi susah menelan?
tenggorokan terasa sakit...kalo susah nelannya gak selalu...kadang aja...kata dokter sih radang tenggorokan...;D
..sore throat? itu bukannya peradangan dari gejala demam?

o ya, bang astra, kalo pas cuaca dingin ngekonsumsi air es juga bisa bikin demam...? kok bisa es bikin demam?
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
Re: Minum air es bikin gemuk? @[email protected]
« Jawab #37 pada: Juni 17, 2010, 01:57:06 AM »
wah,, saya kok nggak ya? ??? mungkin ini memang subjektif sekali dan tergantung pada imun seseorang :)

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Minum air es bikin gemuk? @[email protected]
« Jawab #38 pada: Juni 17, 2010, 02:30:00 AM »
cuaca dingin minum es? kasian banget tubuhnya... kedinginan luar dalam. kalo gini mungkin bisa cepet bikin langsing karena tubuh musti berupaya menghangatkan tubuh  dengan usaha yang lebih besar. bisa jadi dilakukan pembakaran cadangan lemak. ;D

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Minum air es bikin gemuk? @[email protected]
« Jawab #39 pada: Juni 17, 2010, 02:56:51 AM »
Saya meskipun panas ataupun bersalju selalu minum air es, dan juga gak pernah sakit. (dan juga gak langsung :'()
OOT OOT OOT..!!!

Offline Bernando

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 710
  • IQ: 7
  • Gender: Pria
  • sustainable learning...
Re: Minum air es bikin gemuk? @[email protected]
« Jawab #40 pada: Juni 17, 2010, 03:21:45 AM »
wah,, saya kok nggak ya? ??? mungkin ini memang subjektif sekali dan tergantung pada imun seseorang :)
nah saya suka statement ini....tergantung imun seseorang...;D
ada teman saya yang lebih gila lagi sama es...semua makanan nya harus dingin...bahkan ketika mau makan nasi pun makanan nya beda sendiri..mesti didinginin dulu di kulkas....wkwkwkwk...

teman saya itu gemuk...jadi teringat suatu artikel yang mengatakan kalo pas makan sambil minum es atau yang dingin2 maka lemak dari makanan akan beku di dalam perut dan akan menimbulkan timbunan lemak...refnya(duniapustaka.org - http://www.duniapustaka.org/2010/06/8-larangan-setelah-makan.html?utm_source=feedburner&utm_medium=email&utm_campaign=Feed%3A+Duniapustakaorg+%28DuniaPustaka.Org+|+Berita+Dan+Informasi+Online+Indonesia%29)
kira2 benar gak ya?
kira2

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Minum air es bikin gemuk? @[email protected]
« Jawab #41 pada: Juni 17, 2010, 03:48:39 AM »
nah itu juga yang mo saya tanyakan... kalo kita abis makan soto, terus iseng mangkok yang masi ada kuahnya kita kasi es batu maka akan terbentuk gumpalan-gumpalan lemak padat. dalam tubuh (lambung) gimana juga? apakah suhu tubuh mampu 'melebur' kembali lemak padat itu kembali ke cair?

tambahan lagi, ada satu teori menarik dari dr shinya bahwa kita sebaiknya makan daging dari hewan yang suhu tubuhnya lebih rendah dari kita, misalnya ikan. dengan asumsi, lemak yang ada dalam daging tersebut tidak akan memadat dalam suhu tubuh kita. beda dengan lemak dari hewan yang bersuhu tubuh lebih tinggi dari manusia, misalnya sapi dan ayam. lemak yang dalam tubuh mereka dalam bentuk cair ada kemungkinan mengendap dalam tubuh manusia yang lebih rendah.

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
Re: Minum air es bikin gemuk? @[email protected]
« Jawab #42 pada: Juni 17, 2010, 07:49:35 AM »
nah itu juga yang mo saya tanyakan... kalo kita abis makan soto, terus iseng mangkok yang masi ada kuahnya kita kasi es batu maka akan terbentuk gumpalan-gumpalan lemak padat. dalam tubuh (lambung) gimana juga? apakah suhu tubuh mampu 'melebur' kembali lemak padat itu kembali ke cair?
Hm, harusnya bisa. Kan suhu tubuh kita lebih tinggi dibanding suhu lemak yg 'dibekukan' itu?

tambahan lagi, ada satu teori menarik dari dr shinya bahwa kita sebaiknya makan daging dari hewan yang suhu tubuhnya lebih rendah dari kita, misalnya ikan. dengan asumsi, lemak yang ada dalam daging tersebut tidak akan memadat dalam suhu tubuh kita. beda dengan lemak dari hewan yang bersuhu tubuh lebih tinggi dari manusia, misalnya sapi dan ayam. lemak yang dalam tubuh mereka dalam bentuk cair ada kemungkinan mengendap dalam tubuh manusia yang lebih rendah.
Masuk akal juga sih, tapi bukannya suhu tubuh ikan itu ngikut lingkungannya karena berdarah dingin?

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
Re: Minum air es bikin gemuk? @[email protected]
« Jawab #43 pada: Juni 17, 2010, 01:04:28 PM »
lemak kan nantinya akan dipecah di saluran cerna menjadi gliserol dan asam lemak sebelum diserap? trus dibentuk menjadi bentuk lainnya....jadi di bagian mana mengendapnya lemak sapi dibandingkan lemak ikan? ??? ???

Offline Bernando

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 710
  • IQ: 7
  • Gender: Pria
  • sustainable learning...
Re: Minum air es bikin gemuk? @[email protected]
« Jawab #44 pada: Juni 18, 2010, 02:46:30 AM »
nah itu juga yang mo saya tanyakan... kalo kita abis makan soto, terus iseng mangkok yang masi ada kuahnya kita kasi es batu maka akan terbentuk gumpalan-gumpalan lemak padat. dalam tubuh (lambung) gimana juga? apakah suhu tubuh mampu 'melebur' kembali lemak padat itu kembali ke cair?
Hm, harusnya bisa. Kan suhu tubuh kita lebih tinggi dibanding suhu lemak yg 'dibekukan' itu?
iya tapi apakah suhu tubuh kita itu dapat mencairkan lemak yang menggumpal tersebut?
jadi teringat ketika di rumah ada sup kerbau yang dingin...setelah sup kerbau ini dingin (suhu kamar) ada gumpalan2 lemak di dalam sup itu...trus saya panaskan sup tersebut pada suhu 30-35 derajat (perkiraan saya) lemah terebut belum melebur...

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
2 Jawaban
8015 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 25, 2014, 11:35:28 AM
oleh MuhammadRyan
14 Jawaban
7173 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 02, 2009, 10:11:29 PM
oleh syx
9 Jawaban
8642 Dilihat
Tulisan terakhir September 18, 2020, 03:31:36 AM
oleh siskahermawan
0 Jawaban
3168 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 06, 2011, 09:39:55 AM
oleh brainbrain
4 Jawaban
10709 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 31, 2016, 01:02:36 AM
oleh infinycal