Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Agustus 14, 2022, 06:37:37 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 39
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 29
Total: 29

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Sinar Laser

Dimulai oleh CahLugu, Agustus 23, 2010, 10:25:04 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

CahLugu

Mo tanya nih... ;D..
Ini pertanyaan anakku sih..^_^ ketahuan deh dah gak perawan  :kribo:
kenapa sih sinar laser nya pak dokter bisa menghancurkan batu ginjal, tapi kenapa kulit dan daging yang dilewati sinar gak ikiut bolong ya ???
mamanya jurusan bahasa, jadi gak nyambung...
tolong yach.. ^-^

Huriah M Putra

#1
Saya berusaha mencari sumber referensi tentang bagaimana cara laser bekerja dalam batu ginjal (atau lebih tepatnya batu kandung kemih, karena kebanyakan kasus di kandung kemih, tapi gak ketemu. T.,T
Yang pertama harus dicamkan adalah: Laser tidak seperti senjata super canggih di film2 yang bisa menembus apa saja
Laser adalah sinar yang difokuskan ke satu titik. Nah.. Sinar adalah energi, dan menghasilkan panas. (CMIIW)
Naah..
Setahu saya (dan semoga tidak salah), laser ini digunakan untuk membedah.
Jadi memotong jaringan dengan laser.
Jaringan yang dipotong, karena panas, akan langsung menggumpal (protein terkena panas akan menggumpal).
Demikian halnya dengan pembuluh darah.
Jadi, daerah yang dipotong tidak akan banyak berdarah.
Dan batu ginjal bisa dikeluarkan dengan langsung.
Manfaatnya: Lebih sedikit perdarahan selama operasi, angka keberhasilan lebih tinggi, lama opname di rumah sakit lebih singkat, dan lebih sedikit komplikasi.

Di link di bawah ini, terdapat video pembedahan dengan menggunakan laser pada anjing.
Well, hanya ini yang bisa kucari.
Link ini lebih membahas mengenai bladder stone, tapi videonya memang ada di dalam. Jadi silakan dicari baik2.
[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

Demikian batas pengetahuan saya.
Ada yang mau menambahkan atau mengoreksi?
[move]OOT OOT OOT..!!![/move]

Logan

Setahu saya, laser dalam dunia kesehatan khususnya kedokteran memang paling sering digunakan untuk tindakan operasi pembedahan karena lebih menguntungkan dari operasi pembedahan biasa (luka bedah lebih pendek dan lebih cepat sembuh, kemungkinan terjadi infeksi lebih kecil, dll).

Kutip dari: CahLugu pada Agustus 23, 2010, 10:25:04 PM
kenapa sih sinar laser nya pak dokter bisa menghancurkan batu ginjal, tapi kenapa kulit dan daging yang dilewati sinar gak ikiut bolong ya ???

Mungkin ini ada kesalahpahaman, sinar lasernya untuk tindakan operasi membedah area perut bawah (tempat organ-organ uro-genital) untuk mengangkat struktur batu kandung kemih (jadi lasernya untuk membedah, bukan untuk menghancurkan batu ginjal).

cmiiw..

syx

mungkin sama salah kaprahnya dengan sunat laser... laser bukan sebagai pemotong, tapi lebih untuk membantu menutup luka sehingga mengurangi pendarahan dan mempercepat kesembuhan.

Alilanthoq

nah terus bedanya dengan sinar laser yang pake perang itu gimana, ato bisa ndak sinar laser yang pake membedah atau menghancurkan batu ginjal itu jadi senjata..?

neoarm23

Kutip dari: Alilanthoq pada September 15, 2010, 09:41:06 PM
nah terus bedanya dengan sinar laser yang pake perang itu gimana, ato bisa ndak sinar laser yang pake membedah atau menghancurkan batu ginjal itu jadi senjata..?
baca dulu
[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

kalau saya rasa, jelas bisa... karena kekuatannya itu sendiri. Jadi inget pedang laser di film starwars.. ;)

Alilanthoq

neoarm23: nggak kejawab tuh, yang gue tangkep dari artikel itu, bahwa laser telah digunakan secara meluas, dalam bermacam-macam aplikasi modern, termasuk dalam bidang optik, elektronik, optoelektronik, teknologi informasi, sains, kedokteran, industri, dan militer. Secara umum, laser dianggap suatu pencapaian teknologi yang paling berpengaruh dalam abad ke-20.
kesimpulan (dari artikel): berarti beda dong Laser yang digunakan oleh Meliter dengan Kedokteran, nah yang membedakannya itu apa..?

Huriah M Putra

Kutip dari: Alilanthoq pada September 15, 2010, 09:41:06 PM
nah terus bedanya dengan sinar laser yang pake perang itu gimana, ato bisa ndak sinar laser yang pake membedah atau menghancurkan batu ginjal itu jadi senjata..?
Laser apa yang dipakai untuk perang selain laser untuk membidik?
Pengetahuan wa minim banget dalam hal perang2 kecuali game2 perang.
Kalo yang di game2 tuh kayak metal slug contoh klasiknya..
Tuh gambaran laser yang salah, mungkin ya..
Laser di kedokteran tuh berguna karna menghasilkan panas yang terfokus.
Kalau untuk perang, granat atau bazooka akan lebih efektif daripada memanaskan tank pake laser sampe orang2 di dalamnya terpanggang.
[move]OOT OOT OOT..!!![/move]

neoarm23

Kutip dari: Alilanthoq pada September 15, 2010, 10:55:32 PM
neoarm23: nggak kejawab tuh, yang gue tangkep dari artikel itu, bahwa laser telah digunakan secara meluas, dalam bermacam-macam aplikasi modern, termasuk dalam bidang optik, elektronik, optoelektronik, teknologi informasi, sains, kedokteran, industri, dan militer. Secara umum, laser dianggap suatu pencapaian teknologi yang paling berpengaruh dalam abad ke-20.
kesimpulan (dari artikel): berarti beda dong Laser yang digunakan oleh Meliter dengan Kedokteran, nah yang membedakannya itu apa..?
beda frekuensinya mungkin :o
ane juga minim pengetahuan di optik nih :(

Logan

Aku sependapat ma Huriah..
Setahuku di jaman perang (bahkan era perang modern sekarang) laser dalam perang hanya difungsikan sebagai alat bantu bidik, alat bantu penglihatan, dan fungsi optik lainnya. Kalau laser yang ada di game2 atau film2 tu kayaknya di dunia nyata gak ada, mungkin yang lebih mendekati adalah senjata berpeluru plasma yang mampu melelehkan apapun yang dilewatinya. cmiiw... :)

syx

laser digunakan untuk pemotongan logam lho... kalo logam aja terpotong apalagi tubuh manusia.