Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 03, 2020, 01:40:51 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26686
  • Latest: mkrxxi
Stats
  • Total Tulisan: 139608
  • Total Topik: 10377
  • Online Today: 47
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 31
Total: 31

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Minum air es bikin gemuk? @[email protected]  (Dibaca 24181 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Bernando

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 710
  • IQ: 7
  • Gender: Pria
  • sustainable learning...
Re: Minum air es bikin gemuk? @[email protected]
« Jawab #45 pada: Juni 18, 2010, 02:49:34 AM »
lemak kan nantinya akan dipecah di saluran cerna menjadi gliserol dan asam lemak sebelum diserap? trus dibentuk menjadi bentuk lainnya....jadi di bagian mana mengendapnya lemak sapi dibandingkan lemak ikan? ??? ???
ini kutipan dari artikel yang saya post...mungkin ada kaitannya...;D

MINUM AIR DINGIN

Hal terakhir ini yang banyak tidak disadari oleh masyarakat adalah minum air dingin. Suhu dingin akibat es yang berkondesasi dengan air dapat membekukan makanan, terutama yang mengandung minyak (lemak akan terbekukan). Hingga pada akhirnya lemak itu bisa tertimbun dalam usus dan mengakibatkan penyempitan saluran-saluran pencernaan dan berujung pada kegemukan.

mungkin kata kuncinya penyempitan saluran pencernaan....kira2 itu gmana prosesnya ya?
Be the sustainable learner, because life is learning...

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Minum air es bikin gemuk? @[email protected]
« Jawab #46 pada: Juni 18, 2010, 03:25:17 AM »
Penyempitan saluran pencernaan jadi kegemukan?
Gak ada hubungannya tuh kayaknya.
OOT OOT OOT..!!!

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Minum air es bikin gemuk? @[email protected]
« Jawab #47 pada: Juni 18, 2010, 05:48:43 AM »
penyempitan saluran cerna bikin gendut? kalo kita logika dengan penyempitan, istilahnya penumpukan lemak dalam saluran cerna sehingga menurunkan efisiensi penyerapan sari makanan bukannya justru akan membuat orang makin kurus?

btw, emang beneran bisa terjadi penempelan bahan makanan di dalam usus seperti ini?

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
Re: Minum air es bikin gemuk? @[email protected]
« Jawab #48 pada: Juni 18, 2010, 07:51:01 AM »
iya tuh, saya juga sependapat....
Best Regards,


Astrawinata G

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Minum air es bikin gemuk? @[email protected]
« Jawab #49 pada: Juni 18, 2010, 09:24:22 AM »
Penyempitan oleh apa nih?
Bekuan lemak?
Kok jadi aneh gini?

Pertama, lemak pada hewan berbeda apa beda juga 'titik beku'nya?

Kedua, membeku menjadi menyempit? Oke dia menyumbat disitu jadinya? Jadinya kolik donk.. Obstruksi saluran cerna..?

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Minum air es bikin gemuk? @[email protected]
« Jawab #50 pada: Juni 18, 2010, 10:20:37 PM »
Pertama, lemak pada hewan berbeda apa beda juga 'titik beku'nya?
tergantung komposisinya... semakin panjang rantai C asam lemak maka dalan suhu ruang akan semakin padat. kalo yang pendek dan dalam suhu ruang berupa cairan biasanya disebut minyak.

Offline Bernando

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 710
  • IQ: 7
  • Gender: Pria
  • sustainable learning...
Re: Minum air es bikin gemuk? @[email protected]
« Jawab #51 pada: Juni 19, 2010, 05:00:55 AM »
saya sih rada bingung juga dengan pernyataan penyempitan saluran2 pencernaan...makanya saya tanya bagaimana prosesnya?;D

Offline sita_imas

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 7
  • IQ: 2
Re: Minum air es bikin gemuk? @[email protected]
« Jawab #52 pada: Juni 23, 2010, 06:40:45 AM »
"Banyak hal seputar pola makan yang ternyata gosip belaka. Bahwa minum air es bisa bikin gemuk, misalnya.

Ternyata ini hanya mitos, karena mengonsumsi makanan dan minuman dingin malah bisa membuat tubuh membakar kalori lebih banyak.

Hanya saja, selisihnya tak banyak dibandingkan bila kita mengonsumsi air yang bersuhu ruangan.
"

Demikian menurut Madelyn Fernstrom, PhD, CNS, direktur dan pendiri UPMC Weight Management Center, Pittsburgh.


Hal ini juga ditegaskan oleh dr Johanes C. Chandrawinata, MND, SpGK. Ia menjelaskan, tubuh kita menganut sebuah hukum yang dinamakan hukum thermodinamika.

Artinya: Untuk menaikkan suhu 1 gram air menjadi 1 derajat Celcius, diperlukan 1 kalori.

Hukum ini sejalan dengan penelitian yang mengatakan, bila kita minum 6 gelas air es setiap hari, maka metabolisme akan meningkat.

Jumlah kalori yang terbakar bertambah 10, sehingga berat badan yang dapat kita hilangkan sekitar 0,5 kg dalam 1 tahun.

    Peningkatan metabolisme yang dihasilkan memang tidak begitu signifikan. Namun, tak ada salahnya bila kita minum air es, sejauh tidak mengandung kalori tambahan, misalnya dari gula. Ini akan mengoptimalkan proses pembakaran kalori dalam tubuh.

ooh jadi gt ,, brti bner kan minum es ga bikin gemuk ..

tpi pernah gan ada info ktanya kl ibu hamil minum es ,itu pngaruh ke bayi.. ktanya bayinya bisa besar .. q jadi bingung deh sma ibu2.. ''  ???????  "  jdi bner ga tuh gan info ini??

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
Re: Minum air es bikin gemuk? @[email protected]
« Jawab #53 pada: Juni 23, 2010, 09:52:43 AM »
Iyaps...InsyaAllah bener kok infonya...googling aja, banyak kok artikelnya... ^^
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

Offline sita_imas

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 7
  • IQ: 2
Re: Minum air es bikin gemuk? @[email protected]
« Jawab #54 pada: September 20, 2010, 06:29:06 AM »
Iyaps...InsyaAllah bener kok infonya...googling aja, banyak kok artikelnya... ^^

Ok ok Lahhh  .. nnt tak google dehhh :)

Offline jalu_naradi

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 0
Re: Minum air es bikin gemuk? @[email protected]
« Jawab #55 pada: September 21, 2010, 12:43:08 AM »
hmm..baru denger ada mitos minum es bikin gemuk :D
tp nuhun pisan infonya

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
2 Jawaban
8016 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 25, 2014, 11:35:28 AM
oleh MuhammadRyan
14 Jawaban
7174 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 02, 2009, 10:11:29 PM
oleh syx
9 Jawaban
8723 Dilihat
Tulisan terakhir September 18, 2020, 03:31:36 AM
oleh siskahermawan
0 Jawaban
3168 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 06, 2011, 09:39:55 AM
oleh brainbrain
4 Jawaban
10710 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 31, 2016, 01:02:36 AM
oleh infinycal