Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 04, 2021, 07:55:35 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 38
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 16
Total: 16

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Naik berat badan  (Dibaca 19584 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Naik berat badan
« pada: Mei 23, 2010, 03:57:10 PM »
Kita uda tau cara turunkan berat badan buat yang obes..
Nah, sekarang gimana cara naikkan berat badan untuk yang kurang gizi? Atau berat badan kurang.

Sekedar info:
Pengukuran dilakukan dengan metode BMI.
Rumusnya:

BMI = BB/(TB)^2

BB: Berat badan dalam kg
TB: Tinggi badan dalam meter

Seseorang Asia normalnya yaitu 18,5-22,9 kg/m^2
Kalo dibawah 18,5 disebut berat badan kurang, kalo diatas 23 disebut overweight.
OOT OOT OOT..!!!

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Naik berat badan
« Jawab #1 pada: Mei 23, 2010, 04:46:16 PM »
iye iye.. betul betul betul betul...
gimana gimana..?

ada temen aku tuh... kurang gizi.. kasian deh..
gimana gemukin ya..?
dia byk makan...
tapi ga gemuk2....
sering juga malas makan sih...
tapi skali makan bisa byk bgt loo
~ You are what you eat ~

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Naik berat badan
« Jawab #2 pada: Mei 23, 2010, 06:47:18 PM »
Hahahahahaha...
Tul tul..
Temennya sisca.
Sampe sering kekenyangan, sampe ngeluh2..
Tapi tetep gak gemuk juga.

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
Re: Naik berat badan
« Jawab #3 pada: Mei 24, 2010, 12:40:37 AM »
makannya banyak? dia cacingan ga? aktivitasnya tinggi ga? input banyak kalo output banyak ya  tetep ga ada penimbunan kan?
Best Regards,


Astrawinata G

Offline truf777

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 228
  • IQ: 32
  • Jadi dokter gigi susah yah ?
Re: Naik berat badan
« Jawab #4 pada: Mei 24, 2010, 01:15:03 AM »
cara cepat yah makan banyak terus langsung tidur
"I've always wondered if there was a god. And now I know there is --
and it's me." -homer simpson-

Faith means not wanting to know what is true. – Friedrich Nietzsche

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
Re: Naik berat badan
« Jawab #5 pada: Mei 24, 2010, 02:22:08 AM »
betul bwtul, makan banyak dan tidur siang 2 jam, lanjut tidur malam 8 jam, dlaam 2 bulan lihat tinggal berapa baju dan celana yang masih bisa muat :P :P

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Naik berat badan
« Jawab #6 pada: Mei 24, 2010, 02:59:34 AM »
Makan banyak..
Cacingan kurang tau. Mungkin aja..
Aktivitas jelas gak tinggi.. Cuman duduk2 doank.

Emank kayaknya makan dan tidur aja kan?
Suspek cacingan juga nih..

Apa emank ada orang yang secara genetik tidak bisa menyimpan banyak cadangan lemak?
Jadinya makan sebanyak apapun tetep kurus..

Offline truf777

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 228
  • IQ: 32
  • Jadi dokter gigi susah yah ?
Re: Naik berat badan
« Jawab #7 pada: Mei 24, 2010, 03:40:30 AM »
masalahnya duduk duduk doang kan gk berarti tidak butuh energi banyak
kalau duduk duduk doang tapi kerjain soal soal matematika atau belajar ?
soalnya di buku apa itu lupa , penulisnya bilang kalau berpikir memerlukan banyak energi

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Naik berat badan
« Jawab #8 pada: Mei 24, 2010, 04:01:16 AM »
hahahhaa~
betul beutl betul....
setuju sama truff777...
dia lagi seneng2ne MTK loo...
mana mau persiapan buat olim lagi...
uda itu.. mau persiapan buat semesteran lagi..
gitu katanya..

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Naik berat badan
« Jawab #9 pada: Mei 24, 2010, 04:06:22 AM »
Sebanyak apa kalori yang terbuang hanya dengan berpikir?
Kayaknya lebih banyak kalo banyak gerak..
Mungkin aja dia cacingan.

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Naik berat badan
« Jawab #10 pada: Mei 24, 2010, 04:14:33 AM »
gimana ciri2 orang cacingan emangnya..?

dia tuh kalo hari liburan tidur nya pagi bgt...
bangunnya siang banget...
jadi sehari makan cuma 2 kali deh...
tapi kalo hari2 biasa tuh kuat makan lo..
apalagi ga makan sayur dia...
makan daging mulu...
ckckkckckc~

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Naik berat badan
« Jawab #11 pada: Mei 24, 2010, 04:24:14 AM »
Ya gitu lo...
Makan gak gemuk2.. Padahal uda makan banyak.
Bisa gatal2 di daerah anus (tergantung cacing apa)
Bisa berak darah (tergantung cacing apa lagi)
Tapi secara umum, makan gak gemuk2..
Boleh diperiksa fesesnya tuh untuk liat ada telur cacing atau gak.
hohoho~
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
Re: Naik berat badan
« Jawab #12 pada: Mei 24, 2010, 04:29:07 AM »
secara genetik memang ada orang yang cepat memetabolisme makanan dan diubah menjadi energi. bukan tidak bisa disimpan, tapi metabolisme mereka cepat. Itu yang pernah saya dengar dari dosen gizi (atau penyakit dalam ya lupa :()

berpikir jelas membutuhkan energi yang besar. Otak yang seberat 2% tubuh kita menggunakan 20% dari total energi kita. 1 gram otak juga membutuhkan energi 10x lipat dibandingkan 1 gram jaringan otot yang sedang istirahat. ada perhitungan menggunakan spirometri yang menganalisa komposisi udara yang dihembuskan manusia, dan setelah dihitung, kebutuhan energi manusia berkisar 100 joule tiap detik, atau 100 watt. tadi kan otak kita makai 20%, berarti 20 watt.

20 watt itu 20 joule per detik, bila dia terus berpikir, kebutuhan energi juga akan naik untuk otak. anggaplah jadi 30 watt. 1 kilokalori= 4184 Joule. berarti dalam 2 menit, otak yang sedang berpikir akan menghabiskan 1 kilokalori. jumlahya signifikan juga kan? :)


Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Naik berat badan
« Jawab #13 pada: Mei 24, 2010, 04:37:38 AM »
woow... mantap...
tuh tuh.. mungkin karna kebykan mikir kali ya..?
cacingan..? ga keknya dia... haahahaa~

padahal dulu dia waktu kecil gemuk lo.. gemuk gilak... perutne berlapis2 kyk lapis legit.. haha~
tapi waktu uda SMP uda turun sendiri.. kok bisa gitu ya..?
pengaruh hormon..? gak keknya..

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
Re: Naik berat badan
« Jawab #14 pada: Mei 24, 2010, 04:59:54 AM »
hormon? bisa saja :) pada usia SMP, hormon pertumbuhan, thyroid, testosteron akan naik jumlahnya untuk pertumbuhan tubuh. energi yang dibutuhkan juga meningkat, dan bisa jadi kurus :)

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
Naik sepeda kok bisa ga jatuh?

Dimulai oleh pinokio « 1 2 3 » Fisika

32 Jawaban
32211 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 11, 2009, 06:02:23 AM
oleh bukan siapa siapa
menggemukkan badan?

Dimulai oleh nash « 1 2 3 » Kesehatan

37 Jawaban
21924 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 22, 2009, 06:34:13 AM
oleh Kholil
7 Jawaban
5147 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 04, 2009, 08:05:54 PM
oleh skuler
21 Jawaban
10086 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 05, 2010, 05:01:51 AM
oleh sisca, chemistry
1 Jawaban
166539 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 06, 2015, 12:52:32 PM
oleh abdillahibnunasrullah