Forum Sains Indonesia

Ilmu Terapan => Kesehatan => Topik dimulai oleh: Huriah M Putra pada Mei 23, 2010, 03:57:10 PM

Judul: Naik berat badan
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Mei 23, 2010, 03:57:10 PM
Kita uda tau cara turunkan berat badan buat yang obes..
Nah, sekarang gimana cara naikkan berat badan untuk yang kurang gizi? Atau berat badan kurang.

Sekedar info:
Pengukuran dilakukan dengan metode BMI.
Rumusnya:

BMI = BB/(TB)^2

BB: Berat badan dalam kg
TB: Tinggi badan dalam meter

Seseorang Asia normalnya yaitu 18,5-22,9 kg/m^2
Kalo dibawah 18,5 disebut berat badan kurang, kalo diatas 23 disebut overweight.
Judul: Re: Naik berat badan
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Mei 23, 2010, 04:46:16 PM
iye iye.. betul betul betul betul...
gimana gimana..?

ada temen aku tuh... kurang gizi.. kasian deh..
gimana gemukin ya..?
dia byk makan...
tapi ga gemuk2....
sering juga malas makan sih...
tapi skali makan bisa byk bgt loo
Judul: Re: Naik berat badan
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Mei 23, 2010, 06:47:18 PM
Hahahahahaha...
Tul tul..
Temennya sisca.
Sampe sering kekenyangan, sampe ngeluh2..
Tapi tetep gak gemuk juga.
Judul: Re: Naik berat badan
Ditulis oleh: Astrawinata G pada Mei 24, 2010, 12:40:37 AM
makannya banyak? dia cacingan ga? aktivitasnya tinggi ga? input banyak kalo output banyak ya  tetep ga ada penimbunan kan?
Judul: Re: Naik berat badan
Ditulis oleh: truf777 pada Mei 24, 2010, 01:15:03 AM
cara cepat yah makan banyak terus langsung tidur
Judul: Re: Naik berat badan
Ditulis oleh: Astrawinata G pada Mei 24, 2010, 02:22:08 AM
betul bwtul, makan banyak dan tidur siang 2 jam, lanjut tidur malam 8 jam, dlaam 2 bulan lihat tinggal berapa baju dan celana yang masih bisa muat :P :P
Judul: Re: Naik berat badan
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Mei 24, 2010, 02:59:34 AM
Makan banyak..
Cacingan kurang tau. Mungkin aja..
Aktivitas jelas gak tinggi.. Cuman duduk2 doank.

Emank kayaknya makan dan tidur aja kan?
Suspek cacingan juga nih..

Apa emank ada orang yang secara genetik tidak bisa menyimpan banyak cadangan lemak?
Jadinya makan sebanyak apapun tetep kurus..
Judul: Re: Naik berat badan
Ditulis oleh: truf777 pada Mei 24, 2010, 03:40:30 AM
masalahnya duduk duduk doang kan gk berarti tidak butuh energi banyak
kalau duduk duduk doang tapi kerjain soal soal matematika atau belajar ?
soalnya di buku apa itu lupa , penulisnya bilang kalau berpikir memerlukan banyak energi
Judul: Re: Naik berat badan
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Mei 24, 2010, 04:01:16 AM
hahahhaa~
betul beutl betul....
setuju sama truff777...
dia lagi seneng2ne MTK loo...
mana mau persiapan buat olim lagi...
uda itu.. mau persiapan buat semesteran lagi..
gitu katanya..
Judul: Re: Naik berat badan
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Mei 24, 2010, 04:06:22 AM
Sebanyak apa kalori yang terbuang hanya dengan berpikir?
Kayaknya lebih banyak kalo banyak gerak..
Mungkin aja dia cacingan.
Judul: Re: Naik berat badan
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Mei 24, 2010, 04:14:33 AM
gimana ciri2 orang cacingan emangnya..?

dia tuh kalo hari liburan tidur nya pagi bgt...
bangunnya siang banget...
jadi sehari makan cuma 2 kali deh...
tapi kalo hari2 biasa tuh kuat makan lo..
apalagi ga makan sayur dia...
makan daging mulu...
ckckkckckc~
Judul: Re: Naik berat badan
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Mei 24, 2010, 04:24:14 AM
Ya gitu lo...
Makan gak gemuk2.. Padahal uda makan banyak.
Bisa gatal2 di daerah anus (tergantung cacing apa)
Bisa berak darah (tergantung cacing apa lagi)
Tapi secara umum, makan gak gemuk2..
Boleh diperiksa fesesnya tuh untuk liat ada telur cacing atau gak.
hohoho~
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.
Judul: Re: Naik berat badan
Ditulis oleh: Astrawinata G pada Mei 24, 2010, 04:29:07 AM
secara genetik memang ada orang yang cepat memetabolisme makanan dan diubah menjadi energi. bukan tidak bisa disimpan, tapi metabolisme mereka cepat. Itu yang pernah saya dengar dari dosen gizi (atau penyakit dalam ya lupa :()

berpikir jelas membutuhkan energi yang besar. Otak yang seberat 2% tubuh kita menggunakan 20% dari total energi kita. 1 gram otak juga membutuhkan energi 10x lipat dibandingkan 1 gram jaringan otot yang sedang istirahat. ada perhitungan menggunakan spirometri yang menganalisa komposisi udara yang dihembuskan manusia, dan setelah dihitung, kebutuhan energi manusia berkisar 100 joule tiap detik, atau 100 watt. tadi kan otak kita makai 20%, berarti 20 watt.

20 watt itu 20 joule per detik, bila dia terus berpikir, kebutuhan energi juga akan naik untuk otak. anggaplah jadi 30 watt. 1 kilokalori= 4184 Joule. berarti dalam 2 menit, otak yang sedang berpikir akan menghabiskan 1 kilokalori. jumlahya signifikan juga kan? :)

Judul: Re: Naik berat badan
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Mei 24, 2010, 04:37:38 AM
woow... mantap...
tuh tuh.. mungkin karna kebykan mikir kali ya..?
cacingan..? ga keknya dia... haahahaa~

padahal dulu dia waktu kecil gemuk lo.. gemuk gilak... perutne berlapis2 kyk lapis legit.. haha~
tapi waktu uda SMP uda turun sendiri.. kok bisa gitu ya..?
pengaruh hormon..? gak keknya..
Judul: Re: Naik berat badan
Ditulis oleh: Astrawinata G pada Mei 24, 2010, 04:59:54 AM
hormon? bisa saja :) pada usia SMP, hormon pertumbuhan, thyroid, testosteron akan naik jumlahnya untuk pertumbuhan tubuh. energi yang dibutuhkan juga meningkat, dan bisa jadi kurus :)
Judul: Re: Naik berat badan
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Mei 24, 2010, 05:07:07 AM
oo.. erm..
oh.. jadi.. ada cara lain buat gemukin badanne temen sisca ga..?
cewek dia...
hohoho~
Judul: Re: Naik berat badan
Ditulis oleh: Astrawinata G pada Mei 24, 2010, 05:18:54 AM
cewek? lha kok malah kujawab testosteron :P estrogen deh, hehehe

cara gemukin badan? ya itu dia, perbanyak makan. tapi bukan cemilan yang ditambah. Meal yang ditambah, OK? :)
Judul: Re: Naik berat badan
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Mei 24, 2010, 05:33:15 AM
ooo.. meal...
byk makan.. sampe kekenyangan lo dia.. sering.. tapi ujung2nya tetep aja.. 45kg aja dia... T..T
kasian...
kata orang dia kurang gizi... ckckck~
Judul: Re: Naik berat badan
Ditulis oleh: Astrawinata G pada Mei 24, 2010, 05:48:15 AM
ngomong2, orangnya normal kan? ga gampang keringatan? trus, keluarganya ada yang kurus gitu juga? makanannya sehat ga? maksudnya, kalo kekenyangan makan kerupuk juga bakalan tetep kurus :P
Judul: Re: Naik berat badan
Ditulis oleh: truf777 pada Mei 24, 2010, 05:53:06 AM
wahahaha kenyang makan kerupuk berapa bungkus tuh
Judul: Re: Naik berat badan
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Mei 24, 2010, 06:10:45 AM
normal normal...
erm.. keringatan..
ga tuh.. kalo panas ya keringatan lo.. kalo ga ya ngak.. hohoho~
keluarga.. ga ada...
bosnya dua2 agak berisi sih.. ga kegemukan.. tapi ga kurus juga.. normal lah...
makan. makannya biasa sih solium.. udang,,, ayam, solium udang ayam...
ga makan sayur... cuma kadang2 aja makannya...
hahaa~

Judul: Re: Naik berat badan
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Mei 24, 2010, 06:42:31 AM
Ijinkan saya untuk ngakak disini..
Wakakakaakakakakkaa.......

Oke oke..
Puas.
Lanjut.

Coba dulu makan obat cacing.
Beli di apotek.
Liat hasilnya..
Kita gak bisa bilang gak cacingan tanpa pemeriksaan jelas kan.
Judul: Re: Naik berat badan
Ditulis oleh: Astrawinata G pada Mei 24, 2010, 06:44:51 AM
ya sudah kalo begitu, makan obat cacing dulu, kalo ga gemuk juga, titip salam sama dia: Anda penyakitan? sehatkah? apakah merasa sakit? bila tidak, untuk apa ingin gemuk? Anda terobsesi dengan hidup sehat atau hidup gemuk? ;D

Judul: Re: Naik berat badan
Ditulis oleh: Astrawinata G pada Mei 24, 2010, 06:47:21 AM
perbanyak sayur juga buat mencegah kanker usus :P :P :P sayurnya jangan cuma 2 biji toge yang keambil (tanya Prof.Huri sejarahnya :D :D)
Judul: Re: Naik berat badan
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Mei 24, 2010, 07:09:07 AM
BMInya 18,0
Makanya di awal wa taruh nilai BMI.
Jadi dia perlu naikkan berat badan biar ideal.
Minum obat cacing sebulan sekali (ya?)

Dia sih bukannya gak makan sayur..
Cuman kayak wa..
Milih2..
Hanya makan ini itu ono unu uno..

Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.
Judul: Re: Naik berat badan
Ditulis oleh: Astrawinata G pada Mei 24, 2010, 07:48:14 AM
ooh, saya sih ga terlalu mendalami hubungan interrelationship antar pasien :) ya kemungkinan besar sih si sisca sendiri yang ngaku jadi kawannya dan cerita keluhannya. ini metode yang banyak dipakai dalam menyampaikan keluhan agar pasien lebih bebas mengungkapkan keluhan ;D

dasar berpikir si pasien ini adalah sisca:
1. huriah pada postingan ketiga langsung seolah2 tahu siapa dan apa yang dimaksud sisca
2. sisca dalam postingannya kelihatannya selalu menekankan "teman saya", padahal memang konteks kita masih dalam temannya, mungkin supaya menegaskan kembali berulang2
3. sisca tahu kulit perut teman wanitanya berlipat2 kayak lapis legit. kelihatannya jarang ada yang mau mempertontonkan perutnya seperti itu ke orang lain :P
4. sisca belakangan ini sering ngerjain soal MTK. sampe kadang2 huriah ikut bantu kerjain :P
5. postingan huriah sebelumnya dan spoilernya mengungkapkan semuanya :P

jadi kesimpulannya=sisca menyamar jadi temen sisca :P :P :P

(kayaknya salah deh =.=') tapi kelo betul, semoga tidak ada pihak yang tersinggung :( :( :(

oya, obat cacing diminum dosis tunggal minimal 6 bulan sekali :)
Judul: Re: Naik berat badan
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Mei 24, 2010, 10:06:39 AM
1. Saya emank tau.. Gak ada yang aneh dari situ. Kan uda kita bahas sebelumnya..
2. Tuh anak emank aneh.. Bahasanya susah dimengerti.
3. Cewek wajar donk mempertontonkan buat sesama cewek. Kita juga wajar kan?
4. Emank yang lain gak bisa ngerjain soal MTK?
5. Itu buat jebak kau, dan kayaknya efektif. hohoho....

Ooh...
Profilaksis tuh 6 bulan sekali.
Kalo untuk pengobatan?
Tapi kita ambil dosis profilaksis aja, 6 bulan deh kalo gitu..
Judul: Re: Naik berat badan
Ditulis oleh: Freora pada Mei 24, 2010, 10:51:46 AM
gimana kalo kasusku??

dari dulu aku emang udah kurus, cuma bisa naik 3 kilo dari dari 40 trus turn lagi dan naik lagi, yah bisa dibilang gak pernah 45

sejak mulai kerja di kantor 10 bulan yang lalu, saya menyadari perut saya kok makin besar, semua celana gak bisa muat lagi, trus berat badan juga gak naik dari 40 kg. Kalo cacingan sih udh minum obat cacing, tapi gak ada perkembangan. Belum pernah curhat ke dokter sih, karena ini kan sepele.
Judul: Re: Naik berat badan
Ditulis oleh: Astrawinata G pada Mei 24, 2010, 11:40:33 AM
hohoho, ternyata emang jebakan, sengaja menjebak pula (ntah dalih atau kagak :P)

yupe, tapi obat cacingnya diberikan sebulan sekali juga ga masalah toh :)

buat yang no.3, mungkin Mas Hur iya, tapi saya kayaknya tidak :P :P :P

buat Mbak Freora: coba saya ulangi, Mbak perutnya membesar sejak 10bulan yang lalu, tapi berat badannya tidak naik?
Judul: Re: Naik berat badan
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Mei 24, 2010, 12:43:34 PM
izinkan saya juga buat ngakak....
ahhahahhahaahhahahhahahahhahahahhahahhahahh... XDDDDDD
=))
wkwkwkwkwkkwkwkw~

blom puas sih.. tapi tar kepanjangan.. :))
hahhaa~
sip sip.. uda uda..

oh ya,, masak sih cacingan.??
gak keknya...
-.,-
jadi,, solusinya minum obat cacing..?
kalo ga cacingan minum obat cacing.. ga apa2 emangne..? hayo hayoo....
Judul: Re: Naik berat badan
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Mei 24, 2010, 01:33:09 PM
Hahahah...
Puas2in di tempat lain.

Kita gak bisa nentuin gitu aja cacingan atau kagak.
Mungkin aja emank cacingan.
Mungkin juga gak..
Untuk pastinya sih, bisa periksa feses.
Apa temen sisca mau diperiksa fesesnya?
Kayaknya gak mau..
Ya coba minum obat cacing lo.
Gak hapal dosisnya.
Coba baca di brosur atau sebulan sekali atau 6 bulan sekali.
Gak masalah tuh dimakan kalo gak cacingan.
Judul: Re: Naik berat badan
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Mei 24, 2010, 01:47:30 PM
ooo.. geto yo.. yoo~
ga mau keknya dia...
hoge hoge.. beli obat cacing dimana.?
yg gimana.?
enak ga ya itu..?
tar dimarahin pulak owe.. =.,=
Judul: Re: Naik berat badan
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Mei 24, 2010, 08:48:55 PM
Beli di apotek aja..
Kan banyak obat cacing bermerek.
Enak?
Namanya juga obat. Ya gitu2 lah..
Judul: Re: Naik berat badan
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Mei 25, 2010, 05:50:39 AM
ohh.. iyee.. tar deh..
kalo minum susu gimana.?
bisa ga,.?
Judul: Re: Naik berat badan
Ditulis oleh: Astrawinata G pada Mei 25, 2010, 09:40:31 AM
minum susu? nanti gizi yang masuk jadi +banyak, cacingnya +subur :P :P :P kalo obat cacing ya kayak pirantel pamoat (Combantrin), minum 500 mg sekali minum aja...

Judul: Re: Naik berat badan
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Mei 25, 2010, 11:01:35 AM
Makan aja obat cacing.
Kan gak susah2 amat..
Judul: Re: Naik berat badan
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Mei 25, 2010, 12:00:12 PM
oo... cuma itu jalan satu2nya..?
hari ini di koran analisa tempat kesehatan2 ada tulis,, ga bole makan obat cacing sembarangan.. hahaha~
Judul: Re: Naik berat badan
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Mei 25, 2010, 01:59:02 PM
Oya??
GAk baca.
Kenapa katanya?
Judul: Re: Naik berat badan
Ditulis oleh: syx pada Mei 26, 2010, 07:45:48 AM
^bisa didemo tim penyayang binatang...
Judul: Re: Naik berat badan
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Mei 26, 2010, 08:07:11 AM
Wah..
Ada betulnya juga ya.
Kalo gitu, mari kita ternak sebanyak2nya cacing di perut temen sisca.
Judul: Re: Naik berat badan
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Mei 26, 2010, 11:33:14 AM
eee.?
kenapa..?
kok ternak cacing sebyk2nya.?
ga mudeng.. T.,T
Judul: Re: Naik berat badan
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Mei 26, 2010, 12:20:44 PM
Tanya om syx..
Judul: Re: Naik berat badan
Ditulis oleh: Fhydha_099 pada Mei 26, 2010, 12:25:07 PM
Maksudnya, supanya sisca naek beratnya hehehehehe ......
Judul: Re: Naik berat badan
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Mei 26, 2010, 12:34:28 PM
saya yg naek beratnya.?
uda cukup berat.. becak pun gak bisa jalan.. :)) =))
Judul: Re: Naik berat badan
Ditulis oleh: Astrawinata G pada Mei 26, 2010, 01:32:20 PM
ternyata dulu orang pernah mencoba menjalani diet dengan sengaja memakan larva cacing :)
Judul: Re:Naik berat badan
Ditulis oleh: Monox D. I-Fly pada Desember 17, 2013, 01:35:02 AM
ternyata dulu orang pernah mencoba menjalani diet dengan sengaja memakan larva cacing :)

Wait, wut?  :o
Seriously...?
Ada link-nya nggak...?