Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 02, 2021, 06:51:21 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 30
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 23
Total: 23

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Penelitian Untuk Kesehatan Masyarakat  (Dibaca 4058 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.809
  • IQ: 11
Penelitian Untuk Kesehatan Masyarakat
« pada: November 21, 2011, 04:37:43 AM »
Soal penelitian untuk kesehatan masyarakat yang sudah cukup lama diberitakan :

Kutip

Pada tahun 1996 WHO mengumumkan sebuah proyek lima tahunan untuk mempelajari pengaruh medan listrik dan magnit terhadap kesehatan.   Keputusan untuk meluncurkan proyek bernilai 3,3 juta dollar AS dilakukan oleh para ahli dari 23 negara dalam pertemuan tertutup yang berlangsung di markas besar WHO,  30 - 31 Mei 1996.   Para pakar WHO mengungkapkan,  bahwa penelitian yang sudah ada sekarang tidak secara jelas menunjukkan ancaman kesehatan masyarakat dari peralatan elektronik yang dipakai.   Peralatan itu sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari,  seperti telepon seluler,  open microwave,  pengering rambut,  pencukur rambut elektronis,  pemotong rumput listrik,  sampai saluran udara listrik tegangan tinggi.

"   Gangguan kesehatan seperti kanker,  perubahan perilaku,  hilang ingatan,  penyakit Parkinson dan Alzheimer,  AIDS,  sindroma kematian bayi yang mendadak dan masih banyak yang lain,  termasuk meningkatnya angka bunuh diri dikesankan merupakan akibat dari pancaran gelombang elektromagnetik,  "  demikian pernyataan WHO.

Medan elektromagnetik dihasilkan oleh barang-barang yang biasa ditemui dan tumbuh sangat cepat dalam lingkungan yang berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari.   Akibat yang ditimbulkan cukup menggelisahkan meski masih spekulatif.   Namun WHO mengkritik penelitian sebelumnya sebagai " tidak terfokus "  dan tidak selalu independen.

 Proyek WHO ini akan menilai sejauh mana pengaruh terhadap kesehatan dan lingkungan oleh medan elektromagnetik,  baik statis maupun yang berubah dengan waktu.   Medan yang berubah-ubah mulai dari frekuensi nol ( listrik searah ) sampai 300 Giga Hz,  mendekati batas teratas gelombang radio.

Dr.  Wilfried Kreisel,  direktur eksekutif divisi kesehatan dan lingkungan WHO menjelaskan,  proyek ini tidak sekedar analisis ilmu pengetahuan.   Proyek ini juga bertujuan membantu pemerintah untuk menentukan kebijaksanaan kesehatan masyarakat mereka menghadapi perkembangan teknologi terbaru.

"   Medan elektromagnetik ada di sekitar kita,  kemanapun kita pergi,  tinggal dan tidur.   Ini merupakan persoalan yang tidak bisa kita hindarkan,  "  tambahnya.   ( Rtr/awe).


Menurut pendapat saya,  keputusan para ahli WHO di atas bagus sekali,  sayangnya proyek tersebut tidak berjalan karena tidak ada dukungan dana sejumlah yang diperlukan.   Akibatnya sampai sekarang kita masih bertanya-tanya,  apakah radiasi gelombang EM dari peralatan sehari-hari itu tidak ada pengaruhnya bagi kesehatan masyarakat ?

Ada pendapat atau ide-ide lain berkaitan dengan soal di atas ?

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.809
  • IQ: 11
Re:Penelitian Untuk Kesehatan Masyarakat
« Jawab #1 pada: Desember 24, 2011, 08:58:35 PM »
Radiasi elektromagnetik mengambil bentuk gelombang yang menyebar dalam udara kosong atau dalam materi. Radiasi EM memiliki komponen medan listrik dan magnetik yang berosilasi pada fase saling tegak lurus dan ke arah propagasi energi. Radiasi elektromagnetik diklasifikasikan ke dalam jenis menurut frekuensi gelombang, jenis ini termasuk (dalam rangka peningkatan frekuensi): gelombang radio, gelombang mikro, radiasi terahertz, radiasi inframerah, cahaya yang terlihat, radiasi ultraviolet, sinar-X dan sinar gamma. Dari jumlah tersebut, gelombang radio memiliki panjang gelombang terpanjang dan sinar gamma memiliki terpendek. Sebuah jendela kecil frekuensi, yang disebut spektrum yang dapat dilihat atau cahaya, yang dilihat dengan mata berbagai organisme, dengan variasi batas spektrum sempit ini. EM radiasi membawa energi dan momentum, yang dapat disampaikan ketika berinteraksi dengan materi ...........................

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
5 Jawaban
10624 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 01, 2015, 07:00:36 PM
oleh Online Shop Sepatu
3 Jawaban
5751 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 15, 2009, 10:31:15 AM
oleh r.a.n
51 Jawaban
53265 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 16, 2012, 12:51:56 PM
oleh ytridyrevsielixetuls
3 Jawaban
4236 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 01, 2012, 01:14:47 AM
oleh exile_rstd
4 Jawaban
11089 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 31, 2016, 01:02:36 AM
oleh infinycal