Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Oktober 19, 2021, 08:59:53 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 77
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 30
Total: 30

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Pengobatan Tradisional  (Dibaca 18683 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline rafek

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 379
  • IQ: 10
  • Gender: Pria
  • favor the freethinkers !
Pengobatan Tradisional
« pada: April 26, 2012, 05:25:03 AM »
Saya penasaran mengenai beberapa pengobatan tradisional alternatif yg sering dijumpai di Indonesia. Di bawah ini saya akan paparkan singkat beberapa contohnya.

Cupping/Bekam/Hijama
Bekam adalah teknik pengobatan alternatif dengan cara mengeluarkan "darah kotor" lewat luka kecil yg dibuat pada kulit, lalu menempatkan rubber cup pada permukaan kulit. "Darah kotor" akan keluar karena perbedaan tekanan dan mengisi rubber cup. Beberapa artikel yg saya baca mengkategorikan bekam sebagai bentuk phlebotomy.
Terdapat beberapa varian dari teknik cupping, diantaranya fire cupping.

Gua Sha/Kerokan
Pengobatan alternatif ini umumnya bertujuan untuk "mengeluarkan angin" dari tubuh. Teknik kerokan yg umum digunakan adalah menggosokkan koin logam  pada punggung penderita masuk angin hingga timbul garis memar kemerahan akibat kerokan.

Reflexology
Reflexology atau pijat refleksi adalah pengobatan alternatif dengan cara memberikan tekanan pada bagian tubuh tertentu, umumnya pada tangan atau kaki. Pengobatan alternatif ini berdasar pada pemetaan seluruh anggota tubuh pada area refleksi. Sebagai contoh, untuk mengobati penyakit pada organ tertentu, maka bagian kaki atau tangan yg berupa pemetaan dari organ tersebut akan dipijat, dsb.


Ketiga pengobatan alternatif diatas sangat populer, bahkan khusus untuk reflexology, terdapat beberapa produk sandal kesehatan berdasarkan konsep refleksi yg mengklaim telah melewati riset tertentu.

Saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan mengenai pengobatan alternatif diatas.
Pertama, apakah ketiga pengobatan alternatif tersebut benar benar telah teruji efek penyembuhannya? Atau hanya efek placebo belaka?

Kedua, jika dari ketiga teknik pengobatan alternatif diatas ada yg telah memenuhi standar medis dan bukan berupa pseudomedicine, bagaimana mekanismenya?

There is impossible to escape the reality, except weaving together all of your imagination to make an alternate reality, and expand your own horizon. But people may call you a madman.

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re:Pengobatan Tradisional
« Jawab #1 pada: April 26, 2012, 11:16:45 AM »
akupunktur ga masuk ya? XD
Akupunktur termasuk salah satu pengobatan alternatif yang banyak dikatakan terbukti bermanfaat untuk kesehatan.
Dan bahkan sepertinya uda ada spesialis untuk akupunktur ini lo di dunia kedokteran.
~ You are what you eat ~

Offline rafek

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 379
  • IQ: 10
  • Gender: Pria
  • favor the freethinkers !
Re:Pengobatan Tradisional
« Jawab #2 pada: April 27, 2012, 01:23:09 AM »
Saya lupa akupuntur. Apa akupuntur terbukti efektif untuk mengobati penyakit tertentu?
Bagaimana cara kerjanya?

Mengenai pengobatan alternatif yg telah saya sebutkan sebelumnya, apa ketiganya tidak termasuk pseudomedicine?

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re:Pengobatan Tradisional
« Jawab #3 pada: April 27, 2012, 01:44:38 AM »
Hmm..
Akupunktur ini lebih ke pengobatan penyakit symptomatis kalo menurut saya.
KEmaren2 saya pernah ikut dokter akupunktur waktu lagi praktek, dan yang ditanya keluhannya apa. Ntar emang setelah ditusuk keluhannya ga ada, tapi penyakit utama kan masi nempel di sana.. Gitu..
Kalo kayak keseleo gitu, bisa la begitu ditusuk langsung sembuh, atau beberapa hari makin ga sakit makin ga sakit.
Kalo cara kerjanya saya kurang gitu mengerti sih..
Mungkin ada om om senior yang lebih tau. :D

Kalau yang lainnya saya ga gitu paham dan ga gitu sering denger juga. hahaha..

Offline rafek

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 379
  • IQ: 10
  • Gender: Pria
  • favor the freethinkers !
Re:Pengobatan Tradisional
« Jawab #4 pada: April 27, 2012, 02:03:51 AM »
Jadi maksudnya akupuntur hanya berefek pada penyakit ringan tertentu?

Btw, ketiga pengobatan alternatif yg saya sebutkan sebelumnya sebenarnya lebih sering dijumpai pada masyarakat. Ketiganya bukan hal yg asing. Atau anda merasa aneh dengan istilahnya? Dibawah ini saya sertakan gambarnya dari internet.

Bekam
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.


Kerokan
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.


Pijat refleksi



Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3.282
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
Re:Pengobatan Tradisional
« Jawab #5 pada: April 27, 2012, 02:12:02 AM »
Bukannya tidak percaya tapi saya kurang percaya dengan pengobatan tradisional biarpun mungkin kebetulan sembuh.
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re:Pengobatan Tradisional
« Jawab #6 pada: April 27, 2012, 02:13:31 AM »
Oh..
Tau..
Tapi ga gitu sering denger di dunia kedokteran maksud saya. :D
Ga kayak akupunktur yang uda terkenal di dunia kedokteran..
Bekam lucu ya.. kayak tentakel.. XDDD

Offline rafek

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 379
  • IQ: 10
  • Gender: Pria
  • favor the freethinkers !
Re:Pengobatan Tradisional
« Jawab #7 pada: April 27, 2012, 02:31:03 AM »
Saya juga masih skeptis soal efektifitas pengobatan tradisional, karena saya tidak mengerti mekanismenya. Entah itu hanya efek placebo atau bukan, yg jelas saya amat sering menemukan bentuk pengobatan tradisional ini dalam masyarakat, maka dari itu saya penasaran soal cara kerja pengobatan alternatif.

Beberapa artikel yg saya baca mengatakan bahwa bekam termasuk dalam bentuk phlebotomy. Apa itu phlebotomy?

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re:Pengobatan Tradisional
« Jawab #8 pada: April 27, 2012, 08:56:09 AM »
ah, gambar pijat refleksi yang bagus banget...
saya ada keluhan di satu titik di telapak kaki kiri, tepat di tengah. kadang terasa seperti kesetrum pada titik itu. hasil konsultasi dengan ahli akupuntur di malang dan akupresur di surabaya disimpulkan masalah di ginjal. pas dng gambar itu. makanya disuruh minum air yang cukup.
si ahli akupresur ini hebat. suatu ketika datang orang yang tremor, tangannya ga isa diem. si ahli akupresur bilang saraf di 'sini' bermasalah (sambil menekan satu titik di tubuh dng ujung jarinya) dan tremornya pun mandeg. tapi beliau cuma nunjukin posisi saraf yang ga beres aja. begitu dilepas tekanan jarinya, tremor si pasien kumat lagi.
mama saya juga ada pengalaman menarik dengan si ahli akupresur ini. setelah menekan beberapa titik, si ahli bilang mama saya ga ada kantung empedu... emang bener mama saya uda ga ada kantung empedu karena dibuang setelah kena batu di situ.
kakak saya bermasalah dengan geraknya dan dibawa ke ahli akupresur ini. setelah tekan sana sini si akupresur bilang ada masalah rongga di otak kecil. saya anggap diagnosa yang aneh. tapi pas di bawa ke dua dokter spesialis saraf senior, keduanya berkesimpulan sama: cerebral atrophy!

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re:Pengobatan Tradisional
« Jawab #9 pada: April 27, 2012, 09:00:11 AM »
Beberapa artikel yg saya baca mengatakan bahwa bekam termasuk dalam bentuk phlebotomy. Apa itu phlebotomy?
pemecahan pembuluh darah vena... tuh kan sampe keluar darahnya. kerokan sepertinya juga termasuk.

'pengobatan' tradisional yang paling edan adalah trepanation. teknik ini melakukan pelubangan tengkorak.



bisa baca-baca di http://www.trepanationguide.com/

Offline asik tuh

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 17
  • IQ: -3
Re:Pengobatan Tradisional
« Jawab #10 pada: April 27, 2012, 10:40:57 AM »
anda betulll saya setuju,,,
pembuluh darah bisa pecah,,,paling beresiko yang udah pada tua tuh,apalagi yang punya potensi penyakit jantung,,,wah bakal siap2 bikin lubang buat istrahat tuh,,,
hahahahahaha

Offline rafek

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 379
  • IQ: 10
  • Gender: Pria
  • favor the freethinkers !
Re:Pengobatan Tradisional
« Jawab #11 pada: April 27, 2012, 11:48:22 AM »
Jadi kerokan dan bekam memang berefek pada kesehatan? Saya masih belum mengerti.

Mengenai pijat refleksi, jadi pada telapak tangan dan kaki memang terdapat pemetaan saraf yg terhubung pada organ tertentu? Apa pernah ada pengujian mengenai hal ini? Mengenai mekanismenya, bagaimana menentukan sebesar apa tekanan yg diberikan pada titik refleksi dan kaitannya dengan organ yg bermasalah? Saya masih kurang paham.
Lalu soal akupuntur, bagaimana mekanismenya?

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re:Pengobatan Tradisional
« Jawab #12 pada: April 27, 2012, 10:36:53 PM »
saya mencari member yang bisa dikatakan banyak mengerti mengenai pengobatan alternatif ini... tapi blom ketemu. dulu sempat berdiskusi ramai ama huriah. mungkin ada yang masih ingat siapa nama akun beliau.

Offline rafek

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 379
  • IQ: 10
  • Gender: Pria
  • favor the freethinkers !
Re:Pengobatan Tradisional
« Jawab #13 pada: Mei 03, 2012, 08:16:48 AM »
Mengenai obat herbal, saya baca dari thread sebelah bahwa pengategoriannya dibagi menjadi tiga macam, yaitu jamu, obat herbal berstandar dan fitofarmaka berdasarkan hasil uji klinis. Namun bagaimana dengan obat tradisonal dari ekstrak hewan?
Misalnya empedu dan daging ular, biawak, cula badak, kelelawar, daging trenggiling, dll? Setahu saya, beberapa diantaranya telah diuji, seperti daging reptil yg mengandung anti histamin, sehingga berkhasiat mengurangi gatal gatal. Tapi obat dari ekstrak hewan lain saya belum tahu. Kalau tidak salah, cula badak, dan daging trenggiling kering termasuk dalam bahan untuk pengobatan tradisional Cina.

Yang ingin saya tanyakan adalah, apakah bahan tersebut telah melalui pengujian kandungan dan khasiatnya? Atau efek pengobatannya hanya berupa sugesti? Yang menjadi masalah adalah kebanyakan dari obat tersebut berasal dari spesies hewan yg dilindungi, seperti badak dan trenggiling, sehingga pemakaian ekstrak hewan tersebut sebagai obat secara tidak langsung menciptakan pasar gelap bagi perburuan hewan yg terancam punah.

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.503
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
Re:Pengobatan Tradisional
« Jawab #14 pada: Mei 03, 2012, 12:29:08 PM »
Mengenai obat herbal, saya baca dari thread sebelah bahwa pengategoriannya dibagi menjadi tiga macam, yaitu jamu, obat herbal berstandar dan fitofarmaka berdasarkan hasil uji klinis. Namun bagaimana dengan obat tradisonal dari ekstrak hewan?
Misalnya empedu dan daging ular, biawak, cula badak, kelelawar, daging trenggiling, dll? Setahu saya, beberapa diantaranya telah diuji, seperti daging reptil yg mengandung anti histamin, sehingga berkhasiat mengurangi gatal gatal. Tapi obat dari ekstrak hewan lain saya belum tahu. Kalau tidak salah, cula badak, dan daging trenggiling kering termasuk dalam bahan untuk pengobatan tradisional Cina.

Yang ingin saya tanyakan adalah, apakah bahan tersebut telah melalui pengujian kandungan dan khasiatnya? Atau efek pengobatannya hanya berupa sugesti? Yang menjadi masalah adalah kebanyakan dari obat tersebut berasal dari spesies hewan yg dilindungi, seperti badak dan trenggiling, sehingga pemakaian ekstrak hewan tersebut sebagai obat secara tidak langsung menciptakan pasar gelap bagi perburuan hewan yg terancam punah.

Kalau dilihat dari asal katanya, pengobatan herbal memang khusus untuk yang berasal dari tanaman.
Kutip
In general use, herbs (pronounced /ˈɜrbs/ by some U.S. speakers, or /ˈhɜrbs/ by other English speakers[1][2]) are any plants "with leaves, seeds, or flowers used for flavoring, food, medicine, or perfume" or parts of "such a plant as used in cooking".[3] (In botanical use, the term "herb" is employed differently, for any non-woody flowering plant, regardless of its flavor, scent or other properties, and thus includes only grass-like plants and forbs.)

once we have eternity, everything else can wait

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
Pengobatan Jerawat

Dimulai oleh peace1234 « 1 2 3 » Kesehatan

32 Jawaban
34851 Dilihat
Tulisan terakhir November 29, 2014, 05:14:33 AM
oleh wongjawa
6 Jawaban
5465 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 22, 2009, 05:35:16 AM
oleh Kholil
4 Jawaban
3700 Dilihat
Tulisan terakhir April 16, 2012, 10:08:24 PM
oleh syx
3 Jawaban
4458 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 26, 2014, 10:36:14 PM
oleh Monox D. I-Fly
0 Jawaban
3715 Dilihat
Tulisan terakhir November 21, 2016, 05:30:31 PM
oleh aviero