Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Maret 05, 2021, 01:23:25 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26699
  • Latest: Rion
Stats
  • Total Tulisan: 139621
  • Total Topik: 10384
  • Online Today: 41
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 39
Total: 39

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Pertumbuhan Tulang!!!??  (Dibaca 4647 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline MuhammadRyan

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 191
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
  • Go, Go, Onii-chan!
Pertumbuhan Tulang!!!??
« pada: Januari 25, 2014, 10:58:23 AM »
Apa benar gara gara mengonsumsi produk yg punya kadar kalsium tinggi bisa menyebabkan tonggos ato gingsul?
Sama, kenapa kok tonggos bisa menurun? faktor genetik...

Makacih...  ;D
"Saat gerah keterlaluan"
"MATAHARI ADA DUA!!!"
"Liat ABG Kumisan..."
"Asli gak tahan, pake ini itu gak mempaaaan!"

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re:Pertumbuhan Tulang!!!??
« Jawab #1 pada: Januari 25, 2014, 12:00:34 PM »
Judulnya pertumbuhan tulang tapi kok nanya soal gigi?
Gigi bukan tulang. Dua hal yang berbeda. Hayo, sekalian bahas apa perbedaan gigi dan tulang.

Wah, gak tau hubungan kalsium sama gingsul/tonggos. Kurang kalsium mungkin berpengaruh sama pertumbuhan gigi (dan tulang), tapi kalo over dosis kalsium nyebabin tonggos/gingsul... hmm... gak tau. Mungkin ngga.

Agak OOT. Hanya mo nambahin efek samping kalsium. Mengkonsumsi kalsium bisa jadi faktor resiko infark miokardial

Kutip
CONCLUSIONS:

Calcium supplements with or without vitamin D modestly increase the risk of cardiovascular events, especially myocardial infarction, a finding obscured in the WHI CaD Study by the widespread use of personal calcium supplements. A reassessment of the role of calcium supplements in osteoporosis management is warranted.

BMJ. 2011 Apr 19;342:d2040. doi: 10.1136/bmj.d2040
Calcium supplements with or without vitamin D and risk of cardiovascular events: reanalysis of the Women's Health Initiative limited access dataset and meta-analysis
Bolland MJ, Grey A, Avenell A, Gamble GD, Reid IR.
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3079822/

Offline MuhammadRyan

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 191
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
  • Go, Go, Onii-chan!
Re:Pertumbuhan Tulang!!!??
« Jawab #2 pada: Januari 26, 2014, 10:19:22 AM »
Wah, makasih ya brow...

Lalu, kalo gigi tdk termasuk tulang knp masih ditampilkan di skema susunan rangka bgn tengkorak (mungkin klo ompong keliatannya jelek amat ya).

Sekalian nambah ilmu mas brow hehe,:D perbedaan mendasar gigi dan tulang apa y? kyk nya hampir sama.

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re:Pertumbuhan Tulang!!!??
« Jawab #3 pada: April 23, 2014, 01:56:43 AM »
Lalu, kalo gigi tdk termasuk tulang knp masih ditampilkan di skema susunan rangka bgn tengkorak (mungkin klo ompong keliatannya jelek amat ya).

Nah, ini aku juga bingung. Makanya aku nganggap gigi itu juga tulang, soalnya dalam berbagai skema susunan kerangka hewan, benda keras non-tulang nggak ikut ditampilkan (Contoh: Tanduk, cula, dsb.), sedangkan gigi serta gading (yang sebenarnya juga termasuk gigi) masih ikut ditampilkan bersama tulang-tulang yang lainnya.
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

Offline Rizal_Ashari

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 13
  • IQ: 1
Re:Pertumbuhan Tulang!!!??
« Jawab #4 pada: April 29, 2014, 10:15:52 PM »
waaah menarik..beda tulang dan gigi

Menurut gw sih, selnya ada udah beda.
tulang : osteoblas; osteoklas
gigi : odontoblas

tulang juga mengalami remodelling, kalo gigi mana ada remodelling
terus yg bikin beda banget adalah tulang kalo patah bisa ngambung sendiri

kalo gigi patah, biar pasang pen, juga nggak bakal nyambung

Btw, thanks om reborn ternyata suplementasi kalsium bisa menigkatkan risiko terkena serangan jantung..

#udah lama nggak nimbrung#

Offline Nugraha Saputra

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 14
  • IQ: 1
  • ForSa!
Re:Pertumbuhan Tulang!!!??
« Jawab #5 pada: Mei 06, 2014, 09:32:13 AM »
Apa benar gara gara mengonsumsi produk yg punya kadar kalsium tinggi bisa menyebabkan tonggos ato gingsul?
Sama, kenapa kok tonggos bisa menurun? faktor genetik...

Makacih...  ;D

Sepertinya enggak, kalsium tidak mempengaruhi bentuk gigi.

Bisa saja kan waktu kecil karena makanan keras bisa merubah bentuk dan posisi gigi.

Nah, kalau penurunan sepertinya iya, soalnya sering lihat temen yang giginya tonggos pasti ibu/bapak nya juga gitu. :D *IMO

Offline MuhammadRyan

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 191
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
  • Go, Go, Onii-chan!
Re:Pertumbuhan Tulang!!!??
« Jawab #6 pada: Juni 03, 2015, 01:34:44 PM »
Sepertinya enggak, kalsium tidak mempengaruhi bentuk gigi.

Bisa saja kan waktu kecil karena makanan keras bisa merubah bentuk dan posisi gigi.

Nah, kalau penurunan sepertinya iya, soalnya sering lihat temen yang giginya tonggos pasti ibu/bapak nya juga gitu. :D *IMO

Loh mas... gigi bkannya juga tersusun atas kalsium karbonat.

Klo gak, ya sorry :(

Mtur nuwun

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
1 Jawaban
7662 Dilihat
Tulisan terakhir September 19, 2008, 07:00:19 AM
oleh syx
23 Jawaban
15079 Dilihat
Tulisan terakhir April 25, 2010, 12:35:29 AM
oleh Hendy wijaya, MD
1 Jawaban
10905 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 09, 2011, 03:01:39 PM
oleh 12
1 Jawaban
16020 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 27, 2020, 05:36:30 AM
oleh bimo dimas
1 Jawaban
11591 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 16, 2020, 01:30:40 AM
oleh The Houw Liong