Forum Sains Indonesia

Ilmu Terapan => Kesehatan => Topik dimulai oleh: MuhammadRyan pada Januari 25, 2014, 10:58:23 AM

Judul: Pertumbuhan Tulang!!!??
Ditulis oleh: MuhammadRyan pada Januari 25, 2014, 10:58:23 AM
Apa benar gara gara mengonsumsi produk yg punya kadar kalsium tinggi bisa menyebabkan tonggos ato gingsul?
Sama, kenapa kok tonggos bisa menurun? faktor genetik...

Makacih...  ;D
Judul: Re:Pertumbuhan Tulang!!!??
Ditulis oleh: reborn pada Januari 25, 2014, 12:00:34 PM
Judulnya pertumbuhan tulang tapi kok nanya soal gigi?
Gigi bukan tulang. Dua hal yang berbeda. Hayo, sekalian bahas apa perbedaan gigi dan tulang.

Wah, gak tau hubungan kalsium sama gingsul/tonggos. Kurang kalsium mungkin berpengaruh sama pertumbuhan gigi (dan tulang), tapi kalo over dosis kalsium nyebabin tonggos/gingsul... hmm... gak tau. Mungkin ngga.

Agak OOT. Hanya mo nambahin efek samping kalsium. Mengkonsumsi kalsium bisa jadi faktor resiko infark miokardial

Kutip
CONCLUSIONS:

Calcium supplements with or without vitamin D modestly increase the risk of cardiovascular events, especially myocardial infarction, a finding obscured in the WHI CaD Study by the widespread use of personal calcium supplements. A reassessment of the role of calcium supplements in osteoporosis management is warranted.

BMJ. 2011 Apr 19;342:d2040. doi: 10.1136/bmj.d2040
Calcium supplements with or without vitamin D and risk of cardiovascular events: reanalysis of the Women's Health Initiative limited access dataset and meta-analysis
Bolland MJ, Grey A, Avenell A, Gamble GD, Reid IR.
http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC3079822/
Judul: Re:Pertumbuhan Tulang!!!??
Ditulis oleh: MuhammadRyan pada Januari 26, 2014, 10:19:22 AM
Wah, makasih ya brow...

Lalu, kalo gigi tdk termasuk tulang knp masih ditampilkan di skema susunan rangka bgn tengkorak (mungkin klo ompong keliatannya jelek amat ya).

Sekalian nambah ilmu mas brow hehe,:D perbedaan mendasar gigi dan tulang apa y? kyk nya hampir sama.
Judul: Re:Pertumbuhan Tulang!!!??
Ditulis oleh: Monox D. I-Fly pada April 23, 2014, 01:56:43 AM
Lalu, kalo gigi tdk termasuk tulang knp masih ditampilkan di skema susunan rangka bgn tengkorak (mungkin klo ompong keliatannya jelek amat ya).

Nah, ini aku juga bingung. Makanya aku nganggap gigi itu juga tulang, soalnya dalam berbagai skema susunan kerangka hewan, benda keras non-tulang nggak ikut ditampilkan (Contoh: Tanduk, cula, dsb.), sedangkan gigi serta gading (yang sebenarnya juga termasuk gigi) masih ikut ditampilkan bersama tulang-tulang yang lainnya.
Judul: Re:Pertumbuhan Tulang!!!??
Ditulis oleh: Rizal_Ashari pada April 29, 2014, 10:15:52 PM
waaah menarik..beda tulang dan gigi

Menurut gw sih, selnya ada udah beda.
tulang : osteoblas; osteoklas
gigi : odontoblas

tulang juga mengalami remodelling, kalo gigi mana ada remodelling
terus yg bikin beda banget adalah tulang kalo patah bisa ngambung sendiri

kalo gigi patah, biar pasang pen, juga nggak bakal nyambung

Btw, thanks om reborn ternyata suplementasi kalsium bisa menigkatkan risiko terkena serangan jantung..

#udah lama nggak nimbrung#
Judul: Re:Pertumbuhan Tulang!!!??
Ditulis oleh: Nugraha Saputra pada Mei 06, 2014, 09:32:13 AM
Apa benar gara gara mengonsumsi produk yg punya kadar kalsium tinggi bisa menyebabkan tonggos ato gingsul?
Sama, kenapa kok tonggos bisa menurun? faktor genetik...

Makacih...  ;D

Sepertinya enggak, kalsium tidak mempengaruhi bentuk gigi.

Bisa saja kan waktu kecil karena makanan keras bisa merubah bentuk dan posisi gigi.

Nah, kalau penurunan sepertinya iya, soalnya sering lihat temen yang giginya tonggos pasti ibu/bapak nya juga gitu. :D *IMO
Judul: Re:Pertumbuhan Tulang!!!??
Ditulis oleh: MuhammadRyan pada Juni 03, 2015, 01:34:44 PM
Sepertinya enggak, kalsium tidak mempengaruhi bentuk gigi.

Bisa saja kan waktu kecil karena makanan keras bisa merubah bentuk dan posisi gigi.

Nah, kalau penurunan sepertinya iya, soalnya sering lihat temen yang giginya tonggos pasti ibu/bapak nya juga gitu. :D *IMO

Loh mas... gigi bkannya juga tersusun atas kalsium karbonat.

Klo gak, ya sorry :(

Mtur nuwun