Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juli 07, 2022, 02:52:11 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 41
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 42
Total: 42

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Pertumbuhan Tulang!!!??

Dimulai oleh MuhammadRyan, Januari 24, 2014, 07:58:23 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

MuhammadRyan

Apa benar gara gara mengonsumsi produk yg punya kadar kalsium tinggi bisa menyebabkan tonggos ato gingsul?
Sama, kenapa kok tonggos bisa menurun? faktor genetik...

Makacih...  ;D
"Saat gerah keterlaluan"
"MATAHARI ADA DUA!!!"
"Liat ABG Kumisan..."
"Asli gak tahan, pake ini itu gak mempaaaan!"

reborn

Judulnya pertumbuhan tulang tapi kok nanya soal gigi?
Gigi bukan tulang. Dua hal yang berbeda. Hayo, sekalian bahas apa perbedaan gigi dan tulang.

Wah, gak tau hubungan kalsium sama gingsul/tonggos. Kurang kalsium mungkin berpengaruh sama pertumbuhan gigi (dan tulang), tapi kalo over dosis kalsium nyebabin tonggos/gingsul... hmm... gak tau. Mungkin ngga.

Agak OOT. Hanya mo nambahin efek samping kalsium. Mengkonsumsi kalsium bisa jadi faktor resiko infark miokardial

KutipCONCLUSIONS:

Calcium supplements with or without vitamin D modestly increase the risk of cardiovascular events, especially myocardial infarction, a finding obscured in the WHI CaD Study by the widespread use of personal calcium supplements. A reassessment of the role of calcium supplements in osteoporosis management is warranted.

BMJ. 2011 Apr 19;342:d2040. doi: 10.1136/bmj.d2040
Calcium supplements with or without vitamin D and risk of cardiovascular events: reanalysis of the Women's Health Initiative limited access dataset and meta-analysis
Bolland MJ, Grey A, Avenell A, Gamble GD, Reid IR.
[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

MuhammadRyan

Wah, makasih ya brow...

Lalu, kalo gigi tdk termasuk tulang knp masih ditampilkan di skema susunan rangka bgn tengkorak (mungkin klo ompong keliatannya jelek amat ya).

Sekalian nambah ilmu mas brow hehe,:D perbedaan mendasar gigi dan tulang apa y? kyk nya hampir sama.
"Saat gerah keterlaluan"
"MATAHARI ADA DUA!!!"
"Liat ABG Kumisan..."
"Asli gak tahan, pake ini itu gak mempaaaan!"

Monox D. I-Fly

Kutip dari: MuhammadRyan pada Januari 25, 2014, 07:19:22 PM
Lalu, kalo gigi tdk termasuk tulang knp masih ditampilkan di skema susunan rangka bgn tengkorak (mungkin klo ompong keliatannya jelek amat ya).

Nah, ini aku juga bingung. Makanya aku nganggap gigi itu juga tulang, soalnya dalam berbagai skema susunan kerangka hewan, benda keras non-tulang nggak ikut ditampilkan (Contoh: Tanduk, cula, dsb.), sedangkan gigi serta gading (yang sebenarnya juga termasuk gigi) masih ikut ditampilkan bersama tulang-tulang yang lainnya.
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

Rizal_Ashari

waaah menarik..beda tulang dan gigi

Menurut gw sih, selnya ada udah beda.
tulang : osteoblas; osteoklas
gigi : odontoblas

tulang juga mengalami remodelling, kalo gigi mana ada remodelling
terus yg bikin beda banget adalah tulang kalo patah bisa ngambung sendiri

kalo gigi patah, biar pasang pen, juga nggak bakal nyambung

Btw, thanks om reborn ternyata suplementasi kalsium bisa menigkatkan risiko terkena serangan jantung..

#udah lama nggak nimbrung#

Nugraha Saputra

Kutip dari: MuhammadRyan pada Januari 24, 2014, 07:58:23 PM
Apa benar gara gara mengonsumsi produk yg punya kadar kalsium tinggi bisa menyebabkan tonggos ato gingsul?
Sama, kenapa kok tonggos bisa menurun? faktor genetik...

Makacih...  ;D

Sepertinya enggak, kalsium tidak mempengaruhi bentuk gigi.

Bisa saja kan waktu kecil karena makanan keras bisa merubah bentuk dan posisi gigi.

Nah, kalau penurunan sepertinya iya, soalnya sering lihat temen yang giginya tonggos pasti ibu/bapak nya juga gitu. :D *IMO

MuhammadRyan

Kutip dari: Nugraha Saputra pada Mei 05, 2014, 06:32:13 PM
Sepertinya enggak, kalsium tidak mempengaruhi bentuk gigi.

Bisa saja kan waktu kecil karena makanan keras bisa merubah bentuk dan posisi gigi.

Nah, kalau penurunan sepertinya iya, soalnya sering lihat temen yang giginya tonggos pasti ibu/bapak nya juga gitu. :D *IMO

Loh mas... gigi bkannya juga tersusun atas kalsium karbonat.

Klo gak, ya sorry :(

Mtur nuwun
"Saat gerah keterlaluan"
"MATAHARI ADA DUA!!!"
"Liat ABG Kumisan..."
"Asli gak tahan, pake ini itu gak mempaaaan!"