Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Agustus 05, 2021, 05:15:24 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26721
  • Latest: joseqgq
Stats
  • Total Tulisan: 139661
  • Total Topik: 10401
  • Online Today: 299
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 59
Total: 59

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Posisi Kematian Mbah Maridjan  (Dibaca 14613 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
Posisi Kematian Mbah Maridjan
« pada: Oktober 29, 2010, 07:27:22 AM »
Halo rekan semua, saya mau bertanya mengenai posisi kematian Mbah Maridjan....

apakah mungkin Mbah sudha meninggal sebelum awan panas datang? sebab bila Mbah masih hidup pada saat itu, tentu panas yang luar biasa akan menyebabkan Mbah tidak nyaman dan membentuk posisi yang aneka ragam (seperti jenazah lain yang ditemukan).....

bagaimana menurut rekan sekalian? ???
Best Regards,


Astrawinata G

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Posisi Kematian Mbah Maridjan
« Jawab #1 pada: Oktober 29, 2010, 07:38:33 AM »
Istilah 'tidak nyaman' sepertinya kurang cocok.
Mungkin aja dia meringkuk karena panas yang luar biasa.
OOT OOT OOT..!!!

Offline beth

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 5
  • IQ: 2
Re: Posisi Kematian Mbah Maridjan
« Jawab #2 pada: Oktober 29, 2010, 10:41:34 AM »
mungkin saja,,,,
kurang masuk akal jg kalo org kepanasan sujud gt,,,

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
Re: Posisi Kematian Mbah Maridjan
« Jawab #3 pada: Oktober 29, 2010, 01:36:50 PM »
kalau kita kepanasan, harusnya kita malah gelisah kan? kalo udara siang hari panas dan gerah sekali, kita juga akan gelisah, bukannya meringkuk gitu....

Offline adisae

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 310
  • IQ: 8
Re: Posisi Kematian Mbah Maridjan
« Jawab #4 pada: Oktober 30, 2010, 02:57:55 AM »
waduw..suhunya sekitar 600 C lho..aku ga bisa bayangin manusia tahan berapa detik dalam suhu segitu..

lagian juga perlu dipertimbangkan juga..awan panasnya "direct hit" kemanusianya atau tertahan sebentar (karena berada dalam ruangan)

Offline beth

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 5
  • IQ: 2
Re: Posisi Kematian Mbah Maridjan
« Jawab #5 pada: Oktober 30, 2010, 05:37:28 AM »
apa mgkn dia meninggalnya gara2 keracunan asap pas sujud,,,
baru kena api merapinya

Offline adisae

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 310
  • IQ: 8
Re: Posisi Kematian Mbah Maridjan
« Jawab #6 pada: Oktober 30, 2010, 11:53:37 PM »
kalo penyebab pasti kematian s g tau y..n g bisa dispekulasi..

cm wedus gembelnya sendiri (awan panas/pyroclastic flow) tidak didahului asap beracun..
juga bukan merupakan api..
lebih tepat disebut guguran,
isinya material seperti abu, pasir, batu, gas
komposisinya macam2
bergerak karena grafitasi, biasanya mengikuti kontur, tapi kadang bisa juga melewati bukit, tergantung komposisi materialnya

suhunya berkisar 200-1000 C, lha yang di merapi sekitar 600 C
kecepatannya bisa sampai 700 km/jam, yag di merapi sekitar 400 km/jm (kalo g salah)

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Posisi Kematian Mbah Maridjan
« Jawab #7 pada: Oktober 31, 2010, 02:32:17 AM »
Dalam kondisi disambar awan panas dengan suhu kisaran 600 derajat, memang berapa lama manusia bisa tahan? Apalagi orang seusia Mbah maridjan? Jika Mbah sedang sholat, dan awan panas menjerjang, entah dia pingsan dulu atau tersambar hidup-hidup, bukannya gak ada kemungkinan dia gak branjak dari posisi semula...

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
Re: Posisi Kematian Mbah Maridjan
« Jawab #8 pada: Oktober 31, 2010, 08:31:39 AM »
mungkinkah disambar dengan panas tertentu bisa menyebabkan menusia mati kontan seketika itu juga? kalau keracunan gas, mungkinkah Mbah keracunan gas CO? (btw, di merapi ada gas CO ga sewaktu erupsi? ???) kalau iya, mungkin saja Mbah sembari sholat sembari menghirup gas CO dan merasa semakin ngantuk, akhirnya tertidur pas sujud dan disambar uap panas

Offline riandono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 622
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
Re: Posisi Kematian Mbah Maridjan
« Jawab #9 pada: Oktober 31, 2010, 09:30:01 AM »
mungkin emang dia stand by dengan posisi seperti itu

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Posisi Kematian Mbah Maridjan
« Jawab #10 pada: Oktober 31, 2010, 09:59:26 AM »
Ataukah si mbah sholat untuk menghentikan semburan merapi?
Kita butuh sukarelawan untuk membuktikan hipotesa.

Offline rawWARus

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 639
  • IQ: 108
  • Gender: Pria
Re: Posisi Kematian Mbah Maridjan
« Jawab #11 pada: Oktober 31, 2010, 02:49:01 PM »
lebih dimungkinkan klo posisi itu krn rasa kepasrahan, karena ketidak berdayaan sbg manusia biasa...
SeSuATu KarYa MaNusIa SerIng BeRaWaL dAri MimPI, MaKA eKSpresIkan MImpimU DenGAN Sains...
DaLAm HaL KeDUniAwiAn TAk AdA hAl yG tAk mUNgkin...

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Posisi Kematian Mbah Maridjan
« Jawab #12 pada: November 01, 2010, 10:17:12 PM »
rasanya kok ga cocok di forum kesehatan ya?

Offline adisae

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 310
  • IQ: 8
Re: Posisi Kematian Mbah Maridjan
« Jawab #13 pada: November 01, 2010, 10:56:56 PM »
@syx, Haha iya betul mod..pindah aja pa yah..tp kemana ???

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Posisi Kematian Mbah Maridjan
« Jawab #14 pada: November 02, 2010, 10:37:43 AM »
Gak ada forum kematian ya?
haha..

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
56 Jawaban
40478 Dilihat
Tulisan terakhir September 14, 2011, 05:14:05 AM
oleh danzJr
27 Jawaban
13807 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 28, 2010, 12:26:20 PM
oleh Hendy wijaya, MD
2 Jawaban
5515 Dilihat
Tulisan terakhir April 18, 2010, 11:01:14 AM
oleh kuin
61 Jawaban
64527 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 29, 2012, 01:42:28 PM
oleh nʇǝʌ∀
1 Jawaban
3342 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 26, 2014, 12:04:23 PM
oleh Farabi