Forum Sains Indonesia

Ilmu Terapan => Kesehatan => Topik dimulai oleh: Icha pada Juli 26, 2011, 02:18:29 AM

Judul: Putri malu
Ditulis oleh: Icha pada Juli 26, 2011, 02:18:29 AM
Putri Malu yang mempunyai nama latin Mimosa pudica l dan mempunyai nama cina Han xiu cao ternyata mempunyai manfaat yg berguna untuk kesehatan manusia.Hampir seluruh bagian tanaman ini bisa digunakan,seperti daun akar dan lainnya.tanaman ini  mengandung zat Mimosin.

Berdasarkan sifat kimiawi dan efek farmakologisnya rasa manis dari putri malu berefek astringensia (pengelat yaitu
dapat mengerutkan selaput lendir usus sehingga mengurangi pengeluaran cairan
diare dan disentri),sedativa(penenang yg bersifat transquilizer,yaitu penenang yg bersifat menekan  ssp),expectoransia (peluruh dahak), obat batuk (antitusive), penurun panas (antipiretic), anti radang (anti-inflammatory),peluruh air seni (diuretic).


Selain itu putri malu juga mempunyai khasiat,yaitu sebagai :
1. Susah tidur (insomnia)
2. Radang saluran nafas (bronchitis)
3. Panas yg tinggi pada anak-anak
4. Herpes (radang kulit karena virus)
5. Cacingan  (ascariasis)
6. Rheumatik

Cara pakai:
a. Pemakaian luar
Untuk luka, radang kulit bernanah (piodermi) ,dan herpes:Tanaman segar dilumatkan, ditempelkan pada ditempat yang sakit.

b. Pemakaian dalam
1. Insomnia : Daun putri malu sebanyak 30-60 gr di rebus,lalu diminum.
2. Chronic Bronchitis : akar putri malu 30 gr,dan air sebanyak 600 cc, direbus dengan api kecil hingga menjadi 200 cc,dibagi untuk 2x minum
3. Batuk dengan dahak banyak : akar putri malu 10-15 gr direbus
4. Ascariasis : putri malu 15-30 gr direbus
5. Rheumatik : 15 gr akar putri malu direndam dalam arak putih sebanyak 500 cc selama 2 minggu

Kontra indikasi : wanita hamil

sumber:Tanaman berkhasiat obat di Indonesia (Prof.Dr.H.M. Hembing Wijaya Kusuma, Ph. D), Tjay dan Raharja 2002, Obat-obat penting (Drs. Tan Hoan Tjay dan Drs. Kirana Rahardja)
Judul: Re: Putri malu
Ditulis oleh: syx pada Juli 26, 2011, 04:36:54 AM
pemakaian dalam bisa untuk insomnia? bertolak belakang banget dengan pemakaian luar yang punya efek terapi paling utama sebagai penghilang kantuk...  ;D
Judul: Re: Putri malu
Ditulis oleh: Icha pada Juli 26, 2011, 06:45:37 AM
pemakaian luar yg mana ya mas?  :-\
ups maaf mas ketinggalan satu dan ralat  ;D,ternyata putri malu berkhasiat sebagai sedatif-(menurut di buku,hanya sedativ sendiri) ,dan juga berkhasiat sebagai tranquilizer yg disebut juga sebagai ataraktika/anxiolitika yg merupakan anti cemas,selain berdaya anxiolitis transqulizer juga dapat menekan ssp  dengan khasiat sedatif hipnotisnya,insomnia ada 3 yaitu insomnia awal,menengah dan terlambat,nah kerja dari transqulizer ini berada pada urutan insomnia awal karena insomnia awal disebabkan oleh emosi,kecemasan,ketegangan dan depresi  :)
Judul: Re: Putri malu
Ditulis oleh: syx pada Juli 26, 2011, 07:08:54 AM
pemakaian luar bisa untuk penghilang kantuk. beneran! coba aja ambil aja setangkai (pilih tangkainya karena banyak durinya), terus sabetin ke orang yang ngantuk... pasti akan ilang ngantuknya, bahkan bisa muncul reaksi impulsif dan emosional. beda banget kan dengan pemakaian dalemnya.
Judul: Re: Putri malu
Ditulis oleh: Takagi Fujimaru pada Juli 26, 2011, 08:47:53 AM
pemakaian luar bisa untuk penghilang kantuk. beneran! coba aja ambil aja setangkai (pilih tangkainya karena banyak durinya), terus sabetin ke orang yang ngantuk... pasti akan ilang ngantuknya, bahkan bisa muncul reaksi impulsif dan emosional. beda banget kan dengan pemakaian dalemnya.
ini serius apa bercanda? Ngilangin ngantuknya karena kesakitan apa gimana?

Kalo yg buat insomnia itu maksudnya gampang bikin tidur? #lagibutuh... Kalo udah lewat jam tidur selalu aja susah tidur... ;(
Judul: Re: Putri malu
Ditulis oleh: isaactaruma23 pada Juli 26, 2011, 09:32:44 AM
haha bisa yak kalo insomnia mah gausa susah" minum putri malu.. nonton drama aja ampe mewek terus abis mewek pasti ngantuk :)
Judul: Re: Putri malu
Ditulis oleh: Takagi Fujimaru pada Juli 26, 2011, 10:33:18 AM
haha bisa yak kalo insomnia mah gausa susah" minum putri malu.. nonton drama aja ampe mewek terus abis mewek pasti ngantuk :)
Masalahnya butuh waktu lama tuh. Keburu pagi...
Judul: Re: Putri malu
Ditulis oleh: Icha pada Juli 26, 2011, 12:01:44 PM
pemakaian luar bisa untuk penghilang kantuk. beneran! coba aja ambil aja setangkai (pilih tangkainya karena banyak durinya), terus sabetin ke orang yang ngantuk... pasti akan ilang ngantuknya, bahkan bisa muncul reaksi impulsif dan emosional. beda banget kan dengan pemakaian dalemnya.
hahaha,bener juga tuh mas,baru sadar saya :)
Judul: Re: Putri malu
Ditulis oleh: Icha pada Juli 26, 2011, 12:05:01 PM
ini serius apa bercanda? Ngilangin ngantuknya karena kesakitan apa gimana?

Kalo yg buat insomnia itu maksudnya gampang bikin tidur? #lagibutuh... Kalo udah lewat jam tidur selalu aja susah tidur... ;(

iya buat yg gampang bikin tidur,emang takagi udah berapa lama insomnianya?kalo untuk efeknya agak lama soalnya dia herbal :)
Judul: Re: Putri malu
Ditulis oleh: syx pada Juli 26, 2011, 10:16:33 PM
ini serius apa bercanda? Ngilangin ngantuknya karena kesakitan apa gimana?
serius bisa... cobain aja ke temenmu yang ngantuk. tapi resiko tanggung sendiri lho ya... terkait reaksi impulsif dan emosional yang bisa terjadi. ;D


btw, putri malu termasuk tumbuhan unik karena kemampuan bergerak cepatnya. kalo ga salah kecepatannya lebih tinggi ketimbang dionaea dan utricularia.
Judul: Re: Putri malu
Ditulis oleh: Takagi Fujimaru pada Juli 26, 2011, 11:54:21 PM
serius bisa... cobain aja ke temenmu yang ngantuk. tapi resiko tanggung sendiri lho ya... terkait reaksi impulsif dan emosional yang bisa terjadi. ;D
Terkait rasa sakit apa ada kandungan tertentu di durinya nih? #bener2gatau
Judul: Re: Putri malu
Ditulis oleh: Balya pada Juli 27, 2011, 12:15:30 AM
ini serius apa bercanda? Ngilangin ngantuknya karena kesakitan apa gimana?

Kalo yg buat insomnia itu maksudnya gampang bikin tidur? #lagibutuh... Kalo udah lewat jam tidur selalu aja susah tidur... ;(
Kebalik dong kita, saya malah tidur mulu kalau lagi asyik2 browsing, atau sambil baca...
emang insomnia itu ga enak ya?
Judul: Re: Putri malu
Ditulis oleh: Takagi Fujimaru pada Juli 27, 2011, 12:18:52 AM
Kebalik dong kita, saya malah tidur mulu kalau lagi asyik2 browsing, atau sambil baca...
emang insomnia itu ga enak ya?
Wah, kalo di depan laptop ga bakal tidur .__.
Bukan ga enak sih, cuman ga seneng aja. Coba, besok kuliah/ ujian tapi ga bisa tidur sampe malem. Kalo bangunnya telat gimana? ::)
Judul: Re: Putri malu
Ditulis oleh: Icha pada Juli 27, 2011, 12:20:43 AM
Terkait rasa sakit apa ada kandungan tertentu di durinya nih? #bener2gatau

,gini loo mas takagi,kalo anda kena duri atau benda2 yg tajam pasti anda akan bereaksi,entah itu kesakitan,mukul orang yg ngejahilin anda pakai benda tajam,kaget+kesakitan,atau marah,yg lagi tidur pun bisa langsung bangun karena rasa sakit yg anda rasakan *sorry ya kalo penjelasannya kurang lengkap :)
Judul: Re: Putri malu
Ditulis oleh: Icha pada Juli 27, 2011, 12:25:06 AM
emang udah berapa lama mas insomnia?saya aja yg kalo tidur telat+bangunnya juga telat efeknya ga enak bgt, :P :(
kemaren teman saya ada yg udah mulai gejala insomnia,terus dia konsul ke dokter katanya abis konsul udah mulai enakan,udah mulai bisa tidur gitu,kalo udah lama coba konsul deh mas :)
Judul: Re: Putri malu
Ditulis oleh: Takagi Fujimaru pada Juli 27, 2011, 12:30:25 AM
,gini loo mas takagi,kalo anda kena duri atau benda2 yg tajam pasti anda akan bereaksi,entah itu kesakitan,mukul orang yg ngejahilin anda pakai benda tajam,kaget+kesakitan,atau marah,yg lagi tidur pun bisa langsung bangun karena rasa sakit yg anda rasakan *sorry ya kalo penjelasannya kurang lengkap :)
Jari ga harus putri malu donk? ::)

emang udah berapa lama mas insomnia?saya aja yg kalo tidur telat+bangunnya juga telat efeknya ga enak bgt, :P :(
kemaren teman saya ada yg udah mulai gejala insomnia,terus dia konsul ke dokter katanya abis konsul udah mulai enakan,udah mulai bisa tidur gitu,kalo udah lama coba konsul deh mas :)
Ngga lama sih. Pokoknya kalo lewat jam tidur, udah susah tidurnya. Apa mungkin tempat yg ga nyaman bikin susah tidur ya?
Tips: Jangan minum air dingin sebelum tidur.
Judul: Re: Putri malu
Ditulis oleh: Icha pada Juli 27, 2011, 12:54:29 AM
wah,kayaknya insomnia punya anda diimulai dari kebiasaan ya?bisa gitu mas soalnya saya pernah gitu,tidur di atas jam 10 mlm,pas tidur jam 9 ato jam 10 mlah susah,padahal udh ngersa capek,akhirnya saya paksain juga tidur mau ga mau walaupun ga enak(dengan berbagai cara).itu juga bisa,tempat juga mempengaruhi,kalo menurut seseorang tempat yg dia tidurin tu ga cocok buat istirahat/suasananya juga ga mendukung buat dia tidur,maka dia bakalan susah tidur.
Judul: Re: Putri malu
Ditulis oleh: Takagi Fujimaru pada Juli 27, 2011, 01:15:32 AM
wah,kayaknya insomnia punya anda diimulai dari kebiasaan ya?bisa gitu mas soalnya saya pernah gitu,tidur di atas jam 10 mlm,pas tidur jam 9 ato jam 10 mlah susah,padahal udh ngersa capek,akhirnya saya paksain juga tidur mau ga mau walaupun ga enak(dengan berbagai cara).itu juga bisa,tempat juga mempengaruhi,kalo menurut seseorang tempat yg dia tidurin tu ga cocok buat istirahat/suasananya juga ga mendukung buat dia tidur,maka dia bakalan susah tidur.
Kalo semalem, mata udah ga bisa melek, tapi otak masih seger. Sama, akhirnya dipaksain tidur walopun tidurnya pasti lama... Biasanya bisa 30-60menit baru bisa tidur..~.~
Judul: Re: Putri malu
Ditulis oleh: syx pada Juli 27, 2011, 02:48:20 AM
selama ga ngantuk ya biarin aja... toh ada yang ga bisa tidur bertahun-tahun. malah bisa dimanfaatin, misalnya kerjaan sampingan sebagai satpam shift malam-pagi.
Judul: Re: Putri malu
Ditulis oleh: Balya pada Juli 27, 2011, 04:16:49 AM
Kalo semalem, mata udah ga bisa melek, tapi otak masih seger. Sama, akhirnya dipaksain tidur walopun tidurnya pasti lama... Biasanya bisa 30-60menit baru bisa tidur..~.~
yang begini nih yang saya cari...
:)