Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Januari 21, 2022, 05:25:24 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 45
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 21
Total: 21

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: saraf....  (Dibaca 10866 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Muztank

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 410
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • biotek...^^
saraf....
« pada: Maret 25, 2009, 04:10:44 AM »
sebenarnya zat apa sih yang terkandung dalam obat analgesik yang ber efek di saraf  kita?
saraf kita koq bisa pusing detailnya bagaimana juga yah...
gue bingung..ada yg bisa bantu kan?

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: saraf....
« Jawab #1 pada: Maret 25, 2009, 07:27:07 AM »
ada dua kelompok besar obat analgesik, yaitu opiat dan non-steroid anti-inflammatory drugs (NSAID). kita pake yang umum aja dan sering kita pakai, yaitu NSAID.
prinsip kerja secara umum adalah penghambatan pembentukan (istilah kerennya: biosintesis) prostaglandin, tersangka utama penyebab panas dan nyeri, termasuk sakit kepala. bahan ini biasanya nongol pas ada kerusakan pada sel akibat trauma ato ulah mikroorganisme patogen. ini skema pembentukannya:



nah, yang biasa dihambat kerjanya adalah enzim siklooksigenase.

kalo pusing beda lagi. ini gangguan keseimbangan. kalo sakit kepala (headache) itu nyut-nyutan, kalo pusing (vertigo) itu tempat berpijak kita terasa muter, bahkan sampe mual dan muntah. penanganannya jelas beda, ga isa dengan obat analgesik.

Offline Muztank

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 410
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • biotek...^^
Re: saraf....
« Jawab #2 pada: Maret 26, 2009, 05:58:24 AM »
aduh, aku agak bingung syx..
opiat sendiri itu kayak apa n yg nsaid itu apa?
yg headache saraf apa yang tergangu sampe bisa krasa nyut2an?
yg vertigo juga apa yang membuatnya?

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: saraf....
« Jawab #3 pada: Maret 26, 2009, 08:13:58 AM »

pertanyaannya banyak banget... bertubi-tubi gitu.
analgesik opioid ato opiat adalah kelompok obat yang memiliki sifa seperti opium ato morfin. obat ini tergolong analgesik yang sangat kuat, tapi jeleknya bisa nyebabin adiksi. yang tergolong kelompok ini antara lain: obat yang berasal dari opium-morfin, senyawa semisintetik morfin, dan senyawa sintetik yang berefek seperti morfin.
NSAID ato obat antiradang nonsteroid adalah kelompok obat yang beragam bentuknya secara kimia tapi punya efek terapi (dan efek samping) yang hampir sama. prototipnya adalah aspirin, makanya kadang disebut juga obat mirip aspirin (aspirin-like drugs). klasifikasinya bisa liat di sini.

untuk headache dan vertigo mungkin bisa dicoba baca dulu di medicinenet aja. ini linknya:
http://www.medicinenet.com/headache/article.htm
http://www.medicinenet.com/vertigo/article.htm

Offline Muztank

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 410
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • biotek...^^
Re: saraf....
« Jawab #4 pada: Maret 27, 2009, 02:25:36 AM »
haha  ;D ;D ;D ;D
abis rada bingung gue..
tapi da lumayan ngerti koq skrg cuman yang reaksi kimia yang di atas itu ga ngerti aku..
asam esterfied itu apa?dsb..
aku cuman ngerti itu ada reaksi ma oksigennya
wkwkwk..
oksidasi gitu..jlasin lagiii

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: saraf....
« Jawab #5 pada: Maret 27, 2009, 10:25:01 PM »
mending anda baca dulu tentang reaksi esterifikasi di mata pelajaran kimia...

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: saraf....
« Jawab #6 pada: Maret 28, 2009, 01:58:12 AM »
...esterifikasi ja kayak gini; reaksi pengesteran (esterifikasi) - utamanya reaksi antara alkohol dengan asam karboksilat untuk membuat ester.....

.....Reaksi esterifikasi berlangsung lambat dan dapat balik (reversibel). Persamaan untuk reaksi antara sebuah asam RCOOH dengan sebuah alkohol R’OH (dimana R dan R’ bisa sama atau berbeda) adalah sebagai berikut:


....yah, aspirin dulu biasa digunakan sebagai obat sakitkepala, dizamannya Poirot yang kalo sakit kepala langsung cari aspirin, dan sekarang punya dampak seperti Drugs kalo overdosis ya....?
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: saraf....
« Jawab #7 pada: Maret 28, 2009, 05:58:42 AM »
....yah, aspirin dulu biasa digunakan sebagai obat sakitkepala, dizamannya Poirot yang kalo sakit kepala langsung cari aspirin, dan sekarang punya dampak seperti Drugs kalo overdosis ya....?
ga... tapi yang lebih banyak diperhatikan adalah efek sampingnya terhadap saluran cerna, yaitu rentan banget menyebabkan pendarahan lambung. obat aspirin dan aspirin-like juga dihindari pemakaiannya pada penyakit yang rentan menimbulkan pendarahan seperti demam berdarah karena bisa memperparah pendarahan. aspirin juga ga boleh dipake menjelang operasi karena mengganggu proses pembekuan darah hingga berakibat pendarahan berat. tapi efek samping ini yang digunakan dalam indikasi lain untuk aspirin, yaitu 'pengencer darah'. dosisnya lebih kecil ketimbang dosis analgesiknya.

Offline Muztank

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 410
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • biotek...^^
Re: saraf....
« Jawab #8 pada: Maret 29, 2009, 09:00:00 AM »
tq nandaz buat infonya..
ngerti de skrg..
penjelasan syx yg trakir gue agak bingung.. ???

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: saraf....
« Jawab #9 pada: Maret 30, 2009, 10:52:26 PM »
yg mana? pengencer darah? gini... aspirin sebagai analgesik diketahui memberikan efek samping memperlama proses pembekuan darah. karena sifat ini maka sekarang aspirin bukan cuma dipake sebagai analgesik, tapi juga sebagai obat pengencer darah untuk mencegah penyumbatan pembuluh darah yang mengakibatkan stroke dan penyakit jantung koroner. contoh sediaannya adalah thromboaspilet. just info aja...

Offline Muztank

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 410
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • biotek...^^
Re: saraf....
« Jawab #10 pada: Maret 31, 2009, 06:44:25 AM »
oalahh..
ngerti2  ;D

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
6075 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 25, 2009, 11:00:40 AM
oleh Alicha
4 Jawaban
4773 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 30, 2010, 04:20:44 AM
oleh Huriah M Putra
21 Jawaban
14240 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 14, 2011, 11:09:49 AM
oleh Farabi
0 Jawaban
1488 Dilihat
Tulisan terakhir April 11, 2012, 06:12:00 AM
oleh teddy
5 Jawaban
3896 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 22, 2012, 04:42:34 AM
oleh exile_rstd