Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 08, 2021, 06:58:04 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 56
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 16
Total: 16

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Sehat dengan Kacang Hijau  (Dibaca 27632 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline r.a.n

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 312
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Tebak saya yang mana..????
Re: Sehat dengan Kacang Hijau
« Jawab #15 pada: Januari 23, 2010, 06:37:59 AM »
Lupa..pernah baca dimana...katanya sih diakibatkan daerah ekstrimitas itu suhunya lebih rendah..dari suhu inti tubuh..jadi..pembentukan...asam urat dipengaruhi oleh suhu...soalnya katanya di tubuh dalam bentuk kesetimbangan cuma kalo kebanyakan bisa berikatan dengan kalsium cuma karena masih dalam bentuk kesetimbangan...jadi....nggak masalah cuma kao udah di ekstrimitas..suhunya turun...jadi..nilai kesetimbangan berubah...jadi dia lebih...gampang membentuk kristal...
Tapi penjelasan ini tidak bisa dipertanggungjawabkan....nanti coba saya cari lagi deh kepustakaannya...seingat saya sih itu..
"stem..cell apa BTKV..aduh bingung..???"

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
Re: Sehat dengan Kacang Hijau
« Jawab #16 pada: Januari 23, 2010, 06:49:44 AM »
kebanyakan titik2nya dan tempatnya ga jelas Mas, jadi susah dicerna :(
Best Regards,


Astrawinata G

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Sehat dengan Kacang Hijau
« Jawab #17 pada: Januari 23, 2010, 07:27:53 AM »
titik dan tempat apa yang gak jelas?
Tempatnya jelas di sendi.. Di sendi2 kecil, di jari tangan dan kaki, paling sering lagi di jari jempol kaki (apa istilahnya? Sub-phalangs ya? Lupa...)
OOT OOT OOT..!!!

Offline r.a.n

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 312
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Tebak saya yang mana..????
Re: Sehat dengan Kacang Hijau
« Jawab #18 pada: Januari 23, 2010, 07:45:15 AM »
Di dalam tubuh, asam urat akan membentuk kristal dengan kalsium. Konsep pembentukannya menganut konsep kesetimbangan. Jadi yang banyak nanti akan mengeser kesetimbangan berlawanan dari reaksi. karena asam urat banyak maka kalsium asam urat juga jadi banyak. Spesifik di daerah jari dan tangan suhunya lebih dingin. Maka nilai kesetimbangannya juga berubah akibatnya krsital yang terbentuk sulit diurai lagi.

Jadi kesimpulannya akibat suhu ekstrimitas lebih rendah maka terjadi perubahan konstanta keseimbangan asam urat. akibatnya gampang membentuk kristal didaerah ekstrimitas. Yah kurang lebih begitu..tapi ini kayaknya dasar kepustakaannya masih harus diuji lagi..jadi butuh  penelusuran kepustakaan gitu deh.. ;D ;D
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Sehat dengan Kacang Hijau
« Jawab #19 pada: Januari 23, 2010, 08:01:03 AM »
Oya..? Kalau di ginjal, asam urat dan kalsium itu sendiri2 loh..

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Sehat dengan Kacang Hijau
« Jawab #20 pada: Januari 23, 2010, 10:22:54 AM »
maksudnya sendiri-sendiri? urolithiasis emang sebagian besar garam kalsium karena kelarutannya yang kecil. yang sering adalah kalsium oksalat yang biasanya oksalatnya berasal dari hasil metabolisme vitamin C dosis besar ato banyak makan makanan tertentu dengan kandungan oksalat tinggi (misal bayam).
asam urat punya kelarutan dalam air yang rendah, jadi tanpa membentuk garam kalsium pun sudah cukup untuk membentuk endapan. apalagi kalo tambah kalsium, pasti hasilnya lebih joss lagi endapan batunya.

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Sehat dengan Kacang Hijau
« Jawab #21 pada: Januari 23, 2010, 11:06:51 AM »
Ooo... Jadi karena kelarutan yang rendah di air.
Soalnya kan batu urat itu selalu sendirian, gak gabung sama kalsium. Kalo kalsium baru suka gabung sama pospat.
Jadi kalo di sendi ceritanya lain lagi lah ya..

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Sehat dengan Kacang Hijau
« Jawab #22 pada: Januari 23, 2010, 12:35:09 PM »
ei ei ei.,.. murid skolahan mao lewat sekalian tanya..
asam urat itu bentuknya seperti kristal ye..?

truz truz,, asam urat itu termasuk sejenis kapur2an.?

mengendapnya di tempat yg suhunya rendah/dingin ye..?

mengendapnya di saluran darah ato dimane sih..?
~ You are what you eat ~

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Sehat dengan Kacang Hijau
« Jawab #23 pada: Januari 23, 2010, 01:07:15 PM »
Asam urat bisa membentuk endapan kristal (cantik lo kalo nengok gambarnya..)
Asam urat situ sejenis asam (namanya juga asam urat)
Gak harus di suhu dingin juga sih.. Contohnya pada ginjal, kalo konsentrasi asam urat tinggi pada urin, maka dia tidak dapat larut semuanya dan membentuk kristal.
Di ginjal, saluran kemih, sendi...

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
Re: Sehat dengan Kacang Hijau
« Jawab #24 pada: Januari 23, 2010, 01:54:18 PM »
akhirnya tulisan Mas Ran bisa dibaca T.T

Offline r.a.n

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 312
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Tebak saya yang mana..????
Re: Sehat dengan Kacang Hijau
« Jawab #25 pada: Januari 23, 2010, 11:14:09 PM »
@ Astra
He..he makasih.. ;D

@ Huria & Mas Syx
Hmm..ternyata yang dibilang huria bener...memang asam urat di batu ginjal terdeposisi dalam bentuk asam urat...tidak dalam bentuk garam. Setelah liat-liat dibuku,  bener juga yang dibilang Mas Syx...kelarutan asam urat emang rendah..Kalo kata buku sih katanya semua mamalia kecuali manusia dan dalmation nggak punya enzim urikase yang dapat merubah asam urat menjadi allantoin yang larut di dalam air. Jadi kalo di urin dikeluarkan dalam bentuk asam urat atau dalam bentuk garam...Dan ternyata logamnya adalah natrium bukan kalsium..
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.
. sehingga agak sulit terbentuk kristal di urin. Biasanya kalo dalam bentuk kristal di urin biasanya ada unsur batu kalsium oksalatnya...

Buat info aja, dikepustakaan sih katanya cuma 5-10% dari total batu yang diderita oleh kebanyakan pasien. Asam urat memang sulit larut dalam urine dan gampang membentuk kristal yang ujung-ujungnya bisa jadi batu. Faktornya biasanya pH urine yang terlalu asam dibawah 6, volume urin yang jumlahnya sedikit (<2 liter/ hari) atau dehidrasi dan hiperurikosuria atau kadar asam urat yang tinggi

Untuk kristal asam urat yang murni, di foto polos abdomennya...itu nggak ada gambaran apa-apa..Jadi kalo nggak ada kontra indikasi biasanya kita lakukan Intravenous Pyeolgraphy (IVP) untuk melihat fungsi, anatomis serta level obstruksi pada saluran kemih...Nanti biasanya ada semacam penyempitan aliran kontras...biasa kita bilang filling defect..Dan kalo batunya kecil itu biasanya terjadi penyangatan..(enhancement)


Nah kalo udah ketahuan batunya sebesar apa dan menyumbat setinggi apa, baru kita bisa melakukan pemilihan terapi yang sesuai bisa dengan di"tembak" (ESWL) atau kita ektraksi per kutan tanpa operasi besar (PCNL)..atau kita "buka" ginjalnya untk angkat batunya sampai kita angkat ginjalnya ..(nefroktomi)...Tergantung,..besar batu, usia sampai ketahanan tubuh pasien...dan khusus di Indonesia adalah BIAYA...

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
Re: Sehat dengan Kacang Hijau
« Jawab #26 pada: Januari 24, 2010, 02:45:55 AM »
pernah dengar, yang menyebabkan terjadinya rasa sakit akibat gout itu adalah respon imun sendiri. ketika ada benda asing dalam sendi, akan terjadi respon imun dan makrofag mencoba memakan kristal tersebut. naun karena kristal itu keras, jadi sel makrofag yang pecah dan enzim2 proteolitiknya keluar. begitu kena ke sendi, ligamen dll akan terurai oleh enzim tersebut, sehingga timbul rasa sakit yang amat sangat, dan bisa jadi deformitas sendi :)

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Sehat dengan Kacang Hijau
« Jawab #27 pada: Januari 24, 2010, 05:05:03 AM »
Bisa juga dengan terapi hidrasi.. Minta pasien untuk minum banyak2, biar batunya keluar sendiri. Tapi itu kalo ukuran batunya kecil dan letaknya rendah.

Yak.. Emank gitu gout.

Offline r.a.n

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 312
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Tebak saya yang mana..????
Re: Sehat dengan Kacang Hijau
« Jawab #28 pada: Januari 24, 2010, 05:09:27 AM »
kalo ingin bicara nyeri...yah..yang dibilang bung Astra bener...tapi nyeri itu wajib ada komponen sarafnya...Seandainya dia menderita DM mungkin nyerinya tidak terlalu hebat...Yang jelas sih karena respon inflamasi di sekitar sendi...

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
Re: Sehat dengan Kacang Hijau
« Jawab #29 pada: Januari 24, 2010, 09:14:48 AM »
@huri: terapi hidrasi emang uda diakui ya gan?

@ran: mungkin pasien DM malah lebih gila lagi sakitnya, uda nyeri akibat gout, ditambah rasa terbakar, rasa ditusuk, rasa kesemutan, dll :)

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
Teh Hijau

Dimulai oleh syx « 1 2 3 » Kesehatan

36 Jawaban
47918 Dilihat
Tulisan terakhir September 07, 2011, 04:37:27 AM
oleh syx
11 Jawaban
7112 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 23, 2010, 09:25:08 PM
oleh Idad
2 Jawaban
6271 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 18, 2009, 12:57:26 AM
oleh phice
3 Jawaban
8034 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 09, 2018, 11:38:24 PM
oleh spirulinamanfaat
44 Jawaban
37356 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 17, 2016, 05:15:59 AM
oleh LisaNitaria97