Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

November 28, 2021, 01:18:40 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 38
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 11
Total: 11

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Sehat dengan Kacang Hijau  (Dibaca 27612 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Sehat dengan Kacang Hijau
« Jawab #30 pada: Januari 24, 2010, 10:18:54 AM »
Terapi hidrasi tuh karanganku sendiri, biar keren. Sebenarnya itu 'observasi' namanya.
Trus ada dibilang prof. Lelo soal makan NSAID, minum air banyak2, trus minum furosemide, habis itu loncat2 di tempat. Tapi itu cara dulu, sekarang gak dibuat lagi.
OOT OOT OOT..!!!

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
Re: Sehat dengan Kacang Hijau
« Jawab #31 pada: Januari 24, 2010, 10:26:49 AM »
hhehehe, emangnya gunanya loncat2 itu buat apa? :) trus observasi darimana gan?
Best Regards,


Astrawinata G

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Sehat dengan Kacang Hijau
« Jawab #32 pada: Januari 24, 2010, 10:51:31 AM »
Loncat2 katanya buat bantu batunya turun, biar gak sakit tuh fungsi NSAID, furosemide itu diuretik buat buang2 air agar batunya terdorong keluar, minum air banyak2 ya supaya gak dehidrasi aja..

Apanya observasi dari mana? Observasi tuh maksudnya gak diberikan perlakuan apa2, dipelototi aja. Jadi suruh pasiennya banyak minum, moga2 bisa keluar sendiri.

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
Re: Sehat dengan Kacang Hijau
« Jawab #33 pada: Januari 24, 2010, 01:28:44 PM »
oh ini masalahnya batu di ginjal ya? :P kirain gout di sendi punya bang....

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Sehat dengan Kacang Hijau
« Jawab #34 pada: Januari 25, 2010, 10:52:12 PM »
Jadi kalo di urin dikeluarkan dalam bentuk asam urat atau dalam bentuk garam...Dan ternyata logamnya adalah natrium bukan kalsium..
bentuk garam kelarutannya lebih tinggi dari bentuk asamnya... bahkan garam kalsium.
kalo ngeliat pKa asam urat ada 2, yaitu pKa1=5.4 dan pKa2=10.3... maka perlu suasana basa untuk membentuk asam urat menjadi bentuk terionkan untuk membentuk garam. urin ato cairan tubuh di bawah pH 5.4 bisa menyebabkan pengendapan asam urat jika kadarnya melampaui batas kelarutannya.

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
Re: Sehat dengan Kacang Hijau
« Jawab #35 pada: Januari 26, 2010, 04:27:02 AM »
jadi dengan demikian kita suruh makan bikarbonas aja biar cepat larut dan keluar ;D

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Sehat dengan Kacang Hijau
« Jawab #36 pada: Januari 26, 2010, 05:59:55 AM »
Bisa juga....
Dengan membasakan urin, maka asam urat akan banyak yang larut.
Tapi ada beberapa zat yang tidak larut pada keadaan basa, jadi harus dikontrol.

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
Re: Sehat dengan Kacang Hijau
« Jawab #37 pada: Januari 26, 2010, 06:15:57 AM »
tapi kalau darahnya terlalu basa, jadi alkalosis kan? bahaya juga :P manatau pasiennya semangat kali minumnya, biar cepat sembuh :P

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Sehat dengan Kacang Hijau
« Jawab #38 pada: Januari 26, 2010, 06:25:05 AM »
Bisa sampe sebasa apa sih cuman minum bikarbonas? Tanya ama om syx sang apoteker.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Sehat dengan Kacang Hijau
« Jawab #39 pada: Januari 26, 2010, 07:23:32 AM »
bicarbonate mana bisa membasakan urin? di plasma pastinya bakal diurai jadi CO2 dan air. pembentuk garamnya apa nih? Na, K, ato Ca?

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Sehat dengan Kacang Hijau
« Jawab #40 pada: Januari 26, 2010, 09:27:31 AM »
Heh..? Tapi bikarbonas tuh jadi obat buat membasakan urin loh... Itu di kuliah kami.

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
Re: Sehat dengan Kacang Hijau
« Jawab #41 pada: Januari 26, 2010, 01:03:47 PM »
garamnya pake logam natrium om syx :D

@hur: iya nih, diajari gitu :) tapi prof aznan bilangnya untuk darah, belum kepikiran kutanya sampe urin :)

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Sehat dengan Kacang Hijau
« Jawab #42 pada: Januari 26, 2010, 09:49:55 PM »
sebenernya yg bikin basa bukan carbonate-nya tapi senyawa basa pembentuk garamnya, misalnya Na.

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
Re: Sehat dengan Kacang Hijau
« Jawab #43 pada: Januari 27, 2010, 04:29:45 AM »
berarti memang bisa kan Mas? :)

Offline r.a.n

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 312
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Tebak saya yang mana..????
Re: Sehat dengan Kacang Hijau
« Jawab #44 pada: Januari 27, 2010, 05:49:44 AM »
Maaf baru nimbrung...

@Astra
Pada DM sering terjadi komplikasi berupa neuropati perifer...biasanya sensorik..jadi sering baal...Untuk kesemutan..itu biasanya diakibatkan mikroangiopati...akibatnya terjadi iskemia..seluler akhirnya respon nyerinya lanjut...tapi buat kesemutan khan butuh repon saraf..???. Ini yang jadi masalah..dikarenakan DM menyerang pembuluh darah perifer dan saraf perifer..maka cenderung mana yang dominan..jika PD maka cenderung nyeri dan kesemutan..jika sarafnya, cenderung untuk baal dan ulkus...


Membasakan..urin...pake kabonat ???..Hmmm..kalo buat tatalaksana asidosis..sering buat  urin..??? ntar deh coba cek laagi...di kepustakaan. Kalo dari pengalaman sih..belum pernah nemu.. ;D ;D ;D
"stem..cell apa BTKV..aduh bingung..???"

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
Teh Hijau

Dimulai oleh syx « 1 2 3 » Kesehatan

36 Jawaban
47905 Dilihat
Tulisan terakhir September 07, 2011, 04:37:27 AM
oleh syx
11 Jawaban
7108 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 23, 2010, 09:25:08 PM
oleh Idad
2 Jawaban
6268 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 18, 2009, 12:57:26 AM
oleh phice
3 Jawaban
8033 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 09, 2018, 11:38:24 PM
oleh spirulinamanfaat
44 Jawaban
37316 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 17, 2016, 05:15:59 AM
oleh LisaNitaria97