Forum Sains Indonesia

Ilmu Terapan => Kesehatan => Topik dimulai oleh: raisuien pada Januari 20, 2010, 10:31:16 AM

Judul: Sehat dengan Kacang Hijau
Ditulis oleh: raisuien pada Januari 20, 2010, 10:31:16 AM
Kacang hijau merupakan salah satu makanan populer di Indonesia, kacang hijau dapat Anda temui hampir di semua masyarakat kita sebagai salah satu makanan yang sering dikonsumsi. Kacang hijau dapat diolah dalam berbagai makanan yang lezat. Namun hati-hati dalam mengolah kacang hijau supaya Anda tidak kehilangan manfaat nutrisinya.

Kacang hijau termasuk dalam golongan polong-polongan, berbeda dengan jenis kacang-kacangan. Di Indonesia, kacang hijau sudah sangat familiar. Berbagai makanan seperti onde-onde, kolak, bubur dapat terbuat dari kacang hijau. Yang lebih istimewa kacang hijau dapat dijadikan tepung biji kacang hijau atau yang biasa disebut tepung hunkwe. Tepung hunkwe digunakan dalam pembuatan berbagai jenis kue, es krim tradisional, dan mie soun. Kacang hijau juga sangat mudah berkecambah, kecambah kacang hijau biasa kita kenal dengan tauge. Kacang hijau dalam bentuk kecambah mengandung enzim-enzim aktif salah satunya amilase yang membantu dalam metabolisme karbohidrat. Selain rasanya yang gurih dan lezat, kacang hijau dan kecambahnya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

Kandungan Nutrisi Kacang Hijau

* Tinggi protein
Kacang hijau merupakan sumber alternatif protein nabati. Kacang hijau mengandung protein tinggi sebanyak 7 gr/100 gr. Protein yang terkandung memiliki asam amino lengkap. Protein pada kecambah kacang hijau sudah berkurang jumlahnya yaitu hanya 3 gr/100 gr, tetapi asam aminonya sebagian dalam bentuk bebas yang cepat diserap tubuh.

* Tinggi kandungan serat
Kacang hijau memiliki kandungan serat yang tinggi sekitar 7,6 gr/100 gr. Kandungan serat ini mencukupi kebutuhan serat harian Anda sebesar 30%. Serat berguna untuk membantu melancarkan pencernaan dan mencegah konstipasi.

* Rendah karbohidrat
Karbohidrat yang terkandung dalam kacang hijau adalah 19 gr/100 gr. Cukup rendah dan baik untuk dikonsumsi dalam program diet maupun program muscle building

* Mengandung asam lemak esensial
Asam lemak esensial yang terkandung dalam kacang hijau adalah omega-3 (0,9 mg/100 gr) dan omega-6 (119 mg/100 gr). Omega 3 merupakan asam lemak yang berguna untuk menurunkan kolesterol dalam darah.

* Rendah lemak
Sangat baik bagi orang yang ingin menghindari konsumsi lemak tinggi. Kadar lemak yang rendah dalam kacang hijau menyebabkan bahan makanan atau minuman yang terbuat dari kacang hijau tidak mudah tengik, sebab kacang hijau hampir tidak mengandung lemak.* Rendah lemak

* Kaya vitamin
Kacang hijau mengandung asam folat dan vitamin B1 (thiamin) yang tinggi. Asam folat sebanyak 159 µg/100 gr dan thiamin sebesar 0,2 mg/100 gr. Selain itu juga kaya vitamin B lain, seperti riboflavin, B6, asam pantothenat, serta niasin. Vitamin yang terkandung didalamnya membantu meningkatkan energi dan metabolisme.

* Kaya mineral
Kacang hijau kaya akan mineral, dalam 100 gramnya mengandung seperti potasium (266 mg), phosphorus (99 mg), manganese (48 mg), kalsium (27 mg), magnesium (0,3 mg), besi (1,4 mg), zinc (0,8 mg), selenium (2,5 µg).

* Kaya enzim aktif
Kacang hijau yang sedang dalam masa perkecambahan. Kaya akan enzim aktif seperti amilase yang meningkatkan penyerapan dan pembentukan energi. Enzim ini rusak pada suhu diatas 400 C, hindari pemanasan dengan suhu tinggi.

* Kaya antioksidan
Kecambah kacang hijau memiliki kandungan fitosterol (15 mg/100 gr) yang berfungsi sebagai antioksidan.

Manfaat Kacang Hijau

* Pertumbuhan dan pembentukan sel-sel baru
Kacang hijau mengandung protein lengkap yang membantu pembentukan sel-sel tubuh, yaitu sel-sel organ, otot, dan otak

* Meningkatkan penyerapan nutrisi
Secara tak langsung peran ini sangat berkaitan dengan efek perbaikan pertumbuhan badan. Penelitian mengungkapkan bahwa defisiensi vitamin B1 menyebabkan waktu pengosongan lambung dan usus dua kali lebih lambat yang mengindikasikan sulitnya proses pencernaan makanan yang terjadi sehingga kemungkinan makanan tersebut tidak dapat diserap dengan baik. Pada kecambah kacang hijau mengandung enzim-enzim aktif yang meningkatkan penyerapan nutrisi dan metabolisme tubuh.

* Memperbaiki saluran pencernaan dan mencegah konstipasi
Kacang hijau mengandung serat tinggi yang berfungsi membersihkan saluran pencernaan, meningkatkan gerak peristaltik usus sehingga mengurangi waktu kotoran menumpuk didalam usus, serat juga berperan dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

* Sumber energi
Vitamin B kompleks bermanfaat untuk membantu proses pertumbuhan. Defisiensi vitamin B dapat mengganggu proses pencernaan makanan dan selanjutnya dapat berdampak buruk bagi pertumbuhan. Vitamin B merupakan bagian dari enzim yang berperan penting dalam oksidasi karbohidrat untuk diubah menjadi energi. Tanpa kehadiran vitamin B tubuh akan mengalami kesulitan dalam mencerna karbohidrat.

* Membantu penyerapan protein di dalam tubuh
Salah satu teori menyebutkan bahwa vitamin B2 dapat membantu penyerapan protein di dalam tubuh. Kehadiran vitamin B2 akan meningkatkan pemanfaatan protein sehingga penyerapannya menjadi lebih efisien.

* Memaksimalkan kerja sistem syaraf
Tanda-tanda pertama orang yang kekurangan vitamin B1 adalah penurunan kerja syaraf. Kegiatan syaraf terganggu salah satu penyebabnya adalah pencernaan karbohidrat yang terhambat. Penelitian pada sekelompok orang yang kurang mengkonsumsi vitamin B1 dalam waktu singkat muncul gejala-gejala tidak mampu memusatkan pikiran dan kurang bersemangat.

* Membantu pembentukan sel-sel tulang
Kacang hijau mengandung kalsium dan phosphor untuk regenerasi sel-sel tulang dan gigi.

* Sebagai antioksidan
Kacang hijau dan kecambahnya mengandung zat antioksidan untuk mencegah penuaan dini dan berbagai penyakit degeratif. Selain itu pula mengandung mineral selenium yang berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah kanker.

* Meningkatkan keaktifan fisiologi tubuh
Mineral-mineral yang terkandung dalam kacang hijau berperan dalam meningkatkan keseimbangan enzim-enzim dalam tubuh. Mineral besi berfungsi menghasilkan sel darah merah, mencegah anemia darah. Zinc membantu membentuk keseimbangan hormon & sistem kelenjar. Manganese sebagai pendukung kerja enzim yang mencerna karbohidrat.
Judul: Re: Sehat dengan Kacang Hijau
Ditulis oleh: Astrawinata G pada Januari 20, 2010, 12:51:53 PM
nic epost gan :)

pertamax....
Judul: Re: Sehat dengan Kacang Hijau
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Januari 21, 2010, 05:42:58 AM
yai.. enak kacang ijo.. hidup...

tapi kalo kebanyakan makan kacang ijo bisa bikin kaki jadi rematik katanya..?
Judul: Re: Sehat dengan Kacang Hijau
Ditulis oleh: Astrawinata G pada Januari 21, 2010, 06:57:48 AM
asam urat mungkin....kan kadar purinnya tinggi
Judul: Re: Sehat dengan Kacang Hijau
Ditulis oleh: raisuien pada Januari 21, 2010, 08:52:52 AM
tapi kalo kebanyakan makan kacang ijo bisa bikin kaki jadi rematik katanya..?

Asam urat sebenarnya merupakan zat buangan metabolisme purin dalam tubuh yang kemudian dibuang melalui urin. Kadar asam urat yang tinggi dalam darah akan menyebar ke dalam rongga-rongga sendi sehingga mengakibatkan peradangan akut/terjadi gout.
Biasanya, serangan akut gout berkaitan dengan konsumsi makanan yang mengandung purin tinggi.
Kadar normal asam urat dalam darah untuk laki-laki adalah 3,4 – 7 mg/dl. Kadar normal asam urat dalam darah untuk wanita adalah 2,4 – 6 mg/dl.
Judul: Re: Sehat dengan Kacang Hijau
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Januari 21, 2010, 12:08:01 PM
ah,, iyah.. asam urat...

asam... apa masuk ke hidrokarbon ya..? hahaha~ asam karboksilat.. ^^" maap OOT.. ;D ;D ;D
*ga usah ditanggepin... *
purin itu hm... purin,, byk di kacang ijo ya..?
Judul: Re: Sehat dengan Kacang Hijau
Ditulis oleh: raisuien pada Januari 21, 2010, 01:06:33 PM
Makanan mengandung banyak purin

* Lauk pauk seperti jeroan, hati, ginjal, limpa, babat, usus, paru dan otak.
* Makanan laut seperti udang, kerang, cumi, kepiting.
* Makanan kaleng seperi kornet dan sarden.
* Daging, telur, kaldu atau kuah daging yang kental.
* Kacang-kacangan seperti kacang kedelai (termasuk hasil olahannya seperti tempe, tauco, oncom, susu kedelai), kacang tanah, kacang hijau, tauge, melinjo, emping.
* Sayuran seperti daun bayam, kangkung, daun singkong, asparagus, kembang kol, buncis.
* Buah-buahan seperti durian, alpukat, nanas, air kelapa.
* Minuman dan makanan yang mengandung alkohol seperti bir, wiski, anggur, tape, tuak.
Judul: Re: Sehat dengan Kacang Hijau
Ditulis oleh: Astrawinata G pada Januari 21, 2010, 03:20:54 PM
asam urat adalah antioksidan alami dalam tubuh kita (asal ga kebanyakan) ;D
Judul: Re: Sehat dengan Kacang Hijau
Ditulis oleh: r.a.n pada Januari 22, 2010, 01:44:50 AM
@Astrawinata
asam urat...jadi anti oksidan...??? bukanya glutathion..yah??? yang merupakan anti oksidan alami... di tubuh

Kutip
Kecambah kacang hijau memiliki kandungan fitosterol (15 mg/100 gr) yang berfungsi sebagai antioksidan.

Mau nanya nih..emang..setiap gugus rangkap cenderung untuk bisa menangkap elektron..bebas.yah....
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.
Judul: Re: Sehat dengan Kacang Hijau
Ditulis oleh: Astrawinata G pada Januari 22, 2010, 04:40:55 AM
asam urat memang menjadi antioksdan, tapi hanya untuk produk sampingan dari sintesisnya :)

dalam katabolisme purin, diperlukan suatu enzim bernama xanthine oxidase yang mengubah hipoxanthine manjadi xanthine (pada adenosin), dan kemudian xanthine menjadi asam urat (pada semua jenis purin). produk sampingannya adalah peroksida (H2O2) yang toksik. nah, asam urat berfungsi untuk menetralkan ini :D makanya jadi endogenous antioxidant...

kalo glutathion memang merupakan antioksidan tubuh juga kok :) endogenous juga. tapi kerjanya lebih luas daripada asam urat.

kalo masalah struktur kimia, ga begitu paham :( yang pasti fito dan kolesterol sama2 punya cincin steroid :)
Judul: Re: Sehat dengan Kacang Hijau
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Januari 22, 2010, 05:41:00 AM
okelah kalo beg beg begitu... hahaha~

jadi.. kok sakit asam urat itu biasanya di kaki..?
Judul: Re: Sehat dengan Kacang Hijau
Ditulis oleh: Astrawinata G pada Januari 22, 2010, 06:14:05 AM
ga selalu di aki sih....tapi memang banyakan di sendi2 jaritangan dan kaki. alasannya ga begitu tau :(
Judul: Re: Sehat dengan Kacang Hijau
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Januari 22, 2010, 06:16:43 AM
okelah kalo beg beg begitu~~

TQ ya... :D ;D ^^"
Judul: Re: Sehat dengan Kacang Hijau
Ditulis oleh: Astrawinata G pada Januari 22, 2010, 06:23:24 AM
oke ^^
Judul: Re: Sehat dengan Kacang Hijau
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Januari 23, 2010, 06:00:31 AM
Asam urat paling banyak berakumulasi di sendi jempol kaki. Alasannya jangan tanya...
Judul: Re: Sehat dengan Kacang Hijau
Ditulis oleh: r.a.n pada Januari 23, 2010, 06:37:59 AM
Lupa..pernah baca dimana...katanya sih diakibatkan daerah ekstrimitas itu suhunya lebih rendah..dari suhu inti tubuh..jadi..pembentukan...asam urat dipengaruhi oleh suhu...soalnya katanya di tubuh dalam bentuk kesetimbangan cuma kalo kebanyakan bisa berikatan dengan kalsium cuma karena masih dalam bentuk kesetimbangan...jadi....nggak masalah cuma kao udah di ekstrimitas..suhunya turun...jadi..nilai kesetimbangan berubah...jadi dia lebih...gampang membentuk kristal...
Tapi penjelasan ini tidak bisa dipertanggungjawabkan....nanti coba saya cari lagi deh kepustakaannya...seingat saya sih itu..
Judul: Re: Sehat dengan Kacang Hijau
Ditulis oleh: Astrawinata G pada Januari 23, 2010, 06:49:44 AM
kebanyakan titik2nya dan tempatnya ga jelas Mas, jadi susah dicerna :(
Judul: Re: Sehat dengan Kacang Hijau
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Januari 23, 2010, 07:27:53 AM
titik dan tempat apa yang gak jelas?
Tempatnya jelas di sendi.. Di sendi2 kecil, di jari tangan dan kaki, paling sering lagi di jari jempol kaki (apa istilahnya? Sub-phalangs ya? Lupa...)
Judul: Re: Sehat dengan Kacang Hijau
Ditulis oleh: r.a.n pada Januari 23, 2010, 07:45:15 AM
Di dalam tubuh, asam urat akan membentuk kristal dengan kalsium. Konsep pembentukannya menganut konsep kesetimbangan. Jadi yang banyak nanti akan mengeser kesetimbangan berlawanan dari reaksi. karena asam urat banyak maka kalsium asam urat juga jadi banyak. Spesifik di daerah jari dan tangan suhunya lebih dingin. Maka nilai kesetimbangannya juga berubah akibatnya krsital yang terbentuk sulit diurai lagi.

Jadi kesimpulannya akibat suhu ekstrimitas lebih rendah maka terjadi perubahan konstanta keseimbangan asam urat. akibatnya gampang membentuk kristal didaerah ekstrimitas. Yah kurang lebih begitu..tapi ini kayaknya dasar kepustakaannya masih harus diuji lagi..jadi butuh  penelusuran kepustakaan gitu deh.. ;D ;D
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.
Judul: Re: Sehat dengan Kacang Hijau
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Januari 23, 2010, 08:01:03 AM
Oya..? Kalau di ginjal, asam urat dan kalsium itu sendiri2 loh..
Judul: Re: Sehat dengan Kacang Hijau
Ditulis oleh: syx pada Januari 23, 2010, 10:22:54 AM
maksudnya sendiri-sendiri? urolithiasis emang sebagian besar garam kalsium karena kelarutannya yang kecil. yang sering adalah kalsium oksalat yang biasanya oksalatnya berasal dari hasil metabolisme vitamin C dosis besar ato banyak makan makanan tertentu dengan kandungan oksalat tinggi (misal bayam).
asam urat punya kelarutan dalam air yang rendah, jadi tanpa membentuk garam kalsium pun sudah cukup untuk membentuk endapan. apalagi kalo tambah kalsium, pasti hasilnya lebih joss lagi endapan batunya.
Judul: Re: Sehat dengan Kacang Hijau
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Januari 23, 2010, 11:06:51 AM
Ooo... Jadi karena kelarutan yang rendah di air.
Soalnya kan batu urat itu selalu sendirian, gak gabung sama kalsium. Kalo kalsium baru suka gabung sama pospat.
Jadi kalo di sendi ceritanya lain lagi lah ya..
Judul: Re: Sehat dengan Kacang Hijau
Ditulis oleh: sisca, chemistry pada Januari 23, 2010, 12:35:09 PM
ei ei ei.,.. murid skolahan mao lewat sekalian tanya..
asam urat itu bentuknya seperti kristal ye..?

truz truz,, asam urat itu termasuk sejenis kapur2an.?

mengendapnya di tempat yg suhunya rendah/dingin ye..?

mengendapnya di saluran darah ato dimane sih..?
Judul: Re: Sehat dengan Kacang Hijau
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Januari 23, 2010, 01:07:15 PM
Asam urat bisa membentuk endapan kristal (cantik lo kalo nengok gambarnya..)
Asam urat situ sejenis asam (namanya juga asam urat)
Gak harus di suhu dingin juga sih.. Contohnya pada ginjal, kalo konsentrasi asam urat tinggi pada urin, maka dia tidak dapat larut semuanya dan membentuk kristal.
Di ginjal, saluran kemih, sendi...
Judul: Re: Sehat dengan Kacang Hijau
Ditulis oleh: Astrawinata G pada Januari 23, 2010, 01:54:18 PM
akhirnya tulisan Mas Ran bisa dibaca T.T
Judul: Re: Sehat dengan Kacang Hijau
Ditulis oleh: r.a.n pada Januari 23, 2010, 11:14:09 PM
@ Astra
He..he makasih.. ;D

@ Huria & Mas Syx
Hmm..ternyata yang dibilang huria bener...memang asam urat di batu ginjal terdeposisi dalam bentuk asam urat...tidak dalam bentuk garam. Setelah liat-liat dibuku,  bener juga yang dibilang Mas Syx...kelarutan asam urat emang rendah..Kalo kata buku sih katanya semua mamalia kecuali manusia dan dalmation nggak punya enzim urikase yang dapat merubah asam urat menjadi allantoin yang larut di dalam air. Jadi kalo di urin dikeluarkan dalam bentuk asam urat atau dalam bentuk garam...Dan ternyata logamnya adalah natrium bukan kalsium..
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.
. sehingga agak sulit terbentuk kristal di urin. Biasanya kalo dalam bentuk kristal di urin biasanya ada unsur batu kalsium oksalatnya...

Buat info aja, dikepustakaan sih katanya cuma 5-10% dari total batu yang diderita oleh kebanyakan pasien. Asam urat memang sulit larut dalam urine dan gampang membentuk kristal yang ujung-ujungnya bisa jadi batu. Faktornya biasanya pH urine yang terlalu asam dibawah 6, volume urin yang jumlahnya sedikit (<2 liter/ hari) atau dehidrasi dan hiperurikosuria atau kadar asam urat yang tinggi

Untuk kristal asam urat yang murni, di foto polos abdomennya...itu nggak ada gambaran apa-apa..Jadi kalo nggak ada kontra indikasi biasanya kita lakukan Intravenous Pyeolgraphy (IVP) untuk melihat fungsi, anatomis serta level obstruksi pada saluran kemih...Nanti biasanya ada semacam penyempitan aliran kontras...biasa kita bilang filling defect..Dan kalo batunya kecil itu biasanya terjadi penyangatan..(enhancement)


Nah kalo udah ketahuan batunya sebesar apa dan menyumbat setinggi apa, baru kita bisa melakukan pemilihan terapi yang sesuai bisa dengan di"tembak" (ESWL) atau kita ektraksi per kutan tanpa operasi besar (PCNL)..atau kita "buka" ginjalnya untk angkat batunya sampai kita angkat ginjalnya ..(nefroktomi)...Tergantung,..besar batu, usia sampai ketahanan tubuh pasien...dan khusus di Indonesia adalah BIAYA...
Judul: Re: Sehat dengan Kacang Hijau
Ditulis oleh: Astrawinata G pada Januari 24, 2010, 02:45:55 AM
pernah dengar, yang menyebabkan terjadinya rasa sakit akibat gout itu adalah respon imun sendiri. ketika ada benda asing dalam sendi, akan terjadi respon imun dan makrofag mencoba memakan kristal tersebut. naun karena kristal itu keras, jadi sel makrofag yang pecah dan enzim2 proteolitiknya keluar. begitu kena ke sendi, ligamen dll akan terurai oleh enzim tersebut, sehingga timbul rasa sakit yang amat sangat, dan bisa jadi deformitas sendi :)
Judul: Re: Sehat dengan Kacang Hijau
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Januari 24, 2010, 05:05:03 AM
Bisa juga dengan terapi hidrasi.. Minta pasien untuk minum banyak2, biar batunya keluar sendiri. Tapi itu kalo ukuran batunya kecil dan letaknya rendah.

Yak.. Emank gitu gout.
Judul: Re: Sehat dengan Kacang Hijau
Ditulis oleh: r.a.n pada Januari 24, 2010, 05:09:27 AM
kalo ingin bicara nyeri...yah..yang dibilang bung Astra bener...tapi nyeri itu wajib ada komponen sarafnya...Seandainya dia menderita DM mungkin nyerinya tidak terlalu hebat...Yang jelas sih karena respon inflamasi di sekitar sendi...
Judul: Re: Sehat dengan Kacang Hijau
Ditulis oleh: Astrawinata G pada Januari 24, 2010, 09:14:48 AM
@huri: terapi hidrasi emang uda diakui ya gan?

@ran: mungkin pasien DM malah lebih gila lagi sakitnya, uda nyeri akibat gout, ditambah rasa terbakar, rasa ditusuk, rasa kesemutan, dll :)
Judul: Re: Sehat dengan Kacang Hijau
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Januari 24, 2010, 10:18:54 AM
Terapi hidrasi tuh karanganku sendiri, biar keren. Sebenarnya itu 'observasi' namanya.
Trus ada dibilang prof. Lelo soal makan NSAID, minum air banyak2, trus minum furosemide, habis itu loncat2 di tempat. Tapi itu cara dulu, sekarang gak dibuat lagi.
Judul: Re: Sehat dengan Kacang Hijau
Ditulis oleh: Astrawinata G pada Januari 24, 2010, 10:26:49 AM
hhehehe, emangnya gunanya loncat2 itu buat apa? :) trus observasi darimana gan?
Judul: Re: Sehat dengan Kacang Hijau
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Januari 24, 2010, 10:51:31 AM
Loncat2 katanya buat bantu batunya turun, biar gak sakit tuh fungsi NSAID, furosemide itu diuretik buat buang2 air agar batunya terdorong keluar, minum air banyak2 ya supaya gak dehidrasi aja..

Apanya observasi dari mana? Observasi tuh maksudnya gak diberikan perlakuan apa2, dipelototi aja. Jadi suruh pasiennya banyak minum, moga2 bisa keluar sendiri.
Judul: Re: Sehat dengan Kacang Hijau
Ditulis oleh: Astrawinata G pada Januari 24, 2010, 01:28:44 PM
oh ini masalahnya batu di ginjal ya? :P kirain gout di sendi punya bang....
Judul: Re: Sehat dengan Kacang Hijau
Ditulis oleh: syx pada Januari 25, 2010, 10:52:12 PM
Jadi kalo di urin dikeluarkan dalam bentuk asam urat atau dalam bentuk garam...Dan ternyata logamnya adalah natrium bukan kalsium..
bentuk garam kelarutannya lebih tinggi dari bentuk asamnya... bahkan garam kalsium.
kalo ngeliat pKa asam urat ada 2, yaitu pKa1=5.4 dan pKa2=10.3... maka perlu suasana basa untuk membentuk asam urat menjadi bentuk terionkan untuk membentuk garam. urin ato cairan tubuh di bawah pH 5.4 bisa menyebabkan pengendapan asam urat jika kadarnya melampaui batas kelarutannya.
Judul: Re: Sehat dengan Kacang Hijau
Ditulis oleh: Astrawinata G pada Januari 26, 2010, 04:27:02 AM
jadi dengan demikian kita suruh makan bikarbonas aja biar cepat larut dan keluar ;D
Judul: Re: Sehat dengan Kacang Hijau
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Januari 26, 2010, 05:59:55 AM
Bisa juga....
Dengan membasakan urin, maka asam urat akan banyak yang larut.
Tapi ada beberapa zat yang tidak larut pada keadaan basa, jadi harus dikontrol.
Judul: Re: Sehat dengan Kacang Hijau
Ditulis oleh: Astrawinata G pada Januari 26, 2010, 06:15:57 AM
tapi kalau darahnya terlalu basa, jadi alkalosis kan? bahaya juga :P manatau pasiennya semangat kali minumnya, biar cepat sembuh :P
Judul: Re: Sehat dengan Kacang Hijau
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Januari 26, 2010, 06:25:05 AM
Bisa sampe sebasa apa sih cuman minum bikarbonas? Tanya ama om syx sang apoteker.
Judul: Re: Sehat dengan Kacang Hijau
Ditulis oleh: syx pada Januari 26, 2010, 07:23:32 AM
bicarbonate mana bisa membasakan urin? di plasma pastinya bakal diurai jadi CO2 dan air. pembentuk garamnya apa nih? Na, K, ato Ca?
Judul: Re: Sehat dengan Kacang Hijau
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Januari 26, 2010, 09:27:31 AM
Heh..? Tapi bikarbonas tuh jadi obat buat membasakan urin loh... Itu di kuliah kami.
Judul: Re: Sehat dengan Kacang Hijau
Ditulis oleh: Astrawinata G pada Januari 26, 2010, 01:03:47 PM
garamnya pake logam natrium om syx :D

@hur: iya nih, diajari gitu :) tapi prof aznan bilangnya untuk darah, belum kepikiran kutanya sampe urin :)
Judul: Re: Sehat dengan Kacang Hijau
Ditulis oleh: syx pada Januari 26, 2010, 09:49:55 PM
sebenernya yg bikin basa bukan carbonate-nya tapi senyawa basa pembentuk garamnya, misalnya Na.
Judul: Re: Sehat dengan Kacang Hijau
Ditulis oleh: Astrawinata G pada Januari 27, 2010, 04:29:45 AM
berarti memang bisa kan Mas? :)
Judul: Re: Sehat dengan Kacang Hijau
Ditulis oleh: r.a.n pada Januari 27, 2010, 05:49:44 AM
Maaf baru nimbrung...

@Astra
Pada DM sering terjadi komplikasi berupa neuropati perifer...biasanya sensorik..jadi sering baal...Untuk kesemutan..itu biasanya diakibatkan mikroangiopati...akibatnya terjadi iskemia..seluler akhirnya respon nyerinya lanjut...tapi buat kesemutan khan butuh repon saraf..???. Ini yang jadi masalah..dikarenakan DM menyerang pembuluh darah perifer dan saraf perifer..maka cenderung mana yang dominan..jika PD maka cenderung nyeri dan kesemutan..jika sarafnya, cenderung untuk baal dan ulkus...


Membasakan..urin...pake kabonat ???..Hmmm..kalo buat tatalaksana asidosis..sering buat  urin..??? ntar deh coba cek laagi...di kepustakaan. Kalo dari pengalaman sih..belum pernah nemu.. ;D ;D ;D
Judul: Re: Sehat dengan Kacang Hijau
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Januari 27, 2010, 09:00:35 AM
Eh? Pembahasan DM itu yang mana ya?
Ulkus tuh masalah di saraf ya? Bukan PD?
Judul: Re: Sehat dengan Kacang Hijau
Ditulis oleh: Astrawinata G pada Januari 27, 2010, 02:18:51 PM
ulkus kan masalahnya di pembuluh darah dan KGD :)
@mas raisuien: kalo rasa terbakar, dll itu murni neuropathy kan Mas? :)
Judul: Re: Sehat dengan Kacang Hijau
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Januari 28, 2010, 03:34:54 PM
Yep yep... Neuropathy.
Sama dengan rasa kebas2, kesemutan de el el.

Eh, kapan sih tiba2 bahas DM?
Judul: Re: Sehat dengan Kacang Hijau
Ditulis oleh: r.a.n pada Januari 29, 2010, 02:32:19 PM
kalo bahas kaki DM..itu awalnya callus dulu...di metatarsal falang I..nah itu pasiennya nggak terasa...akibat neuropati..akhirnya jadi ulkus. Ditambah perfusinya jelek akhirnya sembuhnya susah campur gula yang tinggi akhirnya sembuhnya makin susah diakibatkan gula merupakan bahan baku buat kuman...ya udah makin menjadi-jadi deh tuh ulkus

Kesimpulannya:

Neuropati + mikroangiopati + gula = Ulkus DM kronos..(ato biasa disebut kaki diabetes)

Dikaitkan lagi sama nyeri pada gout..kalo DM yang neuropatinya dominan biasanya tidak nyeri..paling yang khas adanya tofus.

Buat info aja..kalo yang neuropati aja itu kusta..kalo yang PD aja itu buerger disease..tapi galo gabungan..itu biasanya DM
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.
Judul: Re: Sehat dengan Kacang Hijau
Ditulis oleh: Astrawinata G pada Januari 30, 2010, 01:12:58 PM
apakah kacang ijo berguna untuk orang DM? :D maksa banget...

btw buerger disease, di sebelah rumah w ada yang kena tuh :) ya ga Mas Huri? :D
Judul: Re: Sehat dengan Kacang Hijau
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Januari 30, 2010, 01:32:05 PM
Kacang ijo sangat berguna buat orang DM.. Bayangin aja kalau gak makan kacang ijo, pasti mati kelaparan.

Eh..? Yak.. Buerger disease....
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.
Judul: Re: Sehat dengan Kacang Hijau
Ditulis oleh: Astrawinata G pada Januari 31, 2010, 03:10:13 AM
tanpa kacang ijo juga akan hidup tuh :P
kayaknya kita dua selalu yang buat thread jadi OOT deh.....ckckckck
Judul: Re: Sehat dengan Kacang Hijau
Ditulis oleh: r.a.n pada Januari 31, 2010, 03:17:19 AM
Hidup..kacang ijo...LHa.. ??? ???
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.
Judul: Re: Sehat dengan Kacang Hijau
Ditulis oleh: syx pada Februari 01, 2010, 09:51:49 PM
DM sudah ada topiknya... thanks.