Forum Sains Indonesia

Ilmu Terapan => Kesehatan => Topik dimulai oleh: raisuien pada Desember 31, 2010, 10:38:22 AM

Judul: Selesma Bisa Berkembang Jadi Bronkitis
Ditulis oleh: raisuien pada Desember 31, 2010, 10:38:22 AM
Selesma atau infeksi saluran napas bagian atas sering disebut awam sebagai sakit flu. Penyakit yang disebabkan oleh virus flu ini bisa berkembang menjadi bronkitis. Waspadai gejalanya.

Sebagaimana setiap orang pernah mengalami selesma (common cough), sebenarnya hampir tiap orang juga pernah mengalami bronkitis. Dalam banyak kasus, penyakit ini terjadi karena infeksi menyebar ke bronki dan menimbulkan batuk yang dalam yang akan mengeluarkan dahak berwarna abu kekuningan dari paru.

Bila Anda mengalami rasa tidak enak di dada yang membuat sulit bernapas atau membatukkan darah atau dahak berwarna kuning atau hijau, segeralah ke dokter.

Hampir pada semua kasus, bentuk bronkitis akut ini membaik dalam beberapa hari tanpa efek yang menetap. Namun, untuk kasus bronkitis yang sering kambuh bisa saja ada hubungannya dengan kondisi kesehatan yang lebih serius.

Karena bronkitis lebih banyak disebabkan oleh virus, dokter tidak mampu berbuat banyak untuk mempercepat kesembuhan. Yang harus dilakukan adalah banyak istirahat, minum cukup air, konsumsi obat untuk demam dan batuk serta menghidnari serangan lain terhadap saluran pernapasan, misalnya asap rokok.

Waspadai jika Anda mengalami demam tinggi dan batuk tidak reda lebih dari dua minggu. Segera ke dokter jika dahak bercampur darah. Dokter mungkin akan melakukan pemeriksaan foto toraks juka pembiakan dahak atau tes lain untuk memastikan tidak adanya penyebab lain.

http://health.kompas.com/read/2010/12/29/12500882/Selesma.Bisa.Berkembang.Jadi.Bronkitis
Judul: Re: Selesma Bisa Berkembang Jadi Bronkitis
Ditulis oleh: Pi-One pada Januari 01, 2011, 04:02:17 AM
Hush! Karena metode pengobatan selesma gak bisa diterapkan pada bronkitis, berarti selesma gak mungkin merupakan penyebab bronkitis.

*Iseng pakai argumen semut-asbun buat membantah HIV sebagai penyebab AIDS tempo hari  ::) :P
Judul: Re: Selesma Bisa Berkembang Jadi Bronkitis
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Januari 01, 2011, 05:00:55 AM
Hahaha..
Mas piwan uda tertular penyakit si semut.
Judul: Re: Selesma Bisa Berkembang Jadi Bronkitis
Ditulis oleh: semut-ireng pada Januari 01, 2011, 10:55:26 AM
Hm,  nanti dulu.   Selesma itu common cough apa common cold  ?

Dan apakah virus yang menyebabkan sama dengan virus yang menyebabkan Flu  ?
Judul: Re: Selesma Bisa Berkembang Jadi Bronkitis
Ditulis oleh: riandono pada Januari 01, 2011, 02:06:39 PM
kayaknya ada beberapa istilah di artikel diatas yg harus diluruskan lagi:
-ga ada istilah common cough yg ada common cold
-salesma berbeda dengan flu/influenza, perbedaannya bisa dilihat di: http://www.publichealthgreybruce.on.ca/Communicable/Influenza/FactSheets/Flu_vs_Colds.htm

mohon dikoreksi bila saya salah
Judul: Re: Selesma Bisa Berkembang Jadi Bronkitis
Ditulis oleh: semut-ireng pada Januari 01, 2011, 06:14:39 PM
yah,  artikel di atas perlu diluruskan,  mengingatkan artikelnya Gallo aja.

penyebabnya juga beda,

yang menyebabkan selesma juga ngga bisa divaksin seperti HIV :

http://www.diffen.com/difference/Common_Cold_vs_Flu
Judul: Re: Selesma Bisa Berkembang Jadi Bronkitis
Ditulis oleh: riandono pada Januari 03, 2011, 01:39:34 PM
betul prof.. perbedaannya karena virusnya pun berbeda
flu disebabkan virus influenza sedangkan salesma disebabkan rhinovirus
Judul: Re: Selesma Bisa Berkembang Jadi Bronkitis
Ditulis oleh: syx pada Januari 04, 2011, 03:28:23 AM
susah nih. batuk ga ilang juga lebih dari 2 minggu. karena batuk berdahak maka minum kombinasi expectorant-mucolytic, plus minum banyak air putih dan sedot uap air. hasilnya malah ingusan... :D
apa perlu antihistamin nih?
Judul: Re: Selesma Bisa Berkembang Jadi Bronkitis
Ditulis oleh: riandono pada Januari 04, 2011, 04:12:18 AM
hasil pengalaman klinis aja nih bung syx,
pake loratadine plus bromhexin or ambroxol

murah meriah efektif, hehe

Judul: Re: Selesma Bisa Berkembang Jadi Bronkitis
Ditulis oleh: syx pada Januari 05, 2011, 12:47:41 AM
dahak warna ijo itu berasal dari apa? kebetulan ingus warnanya seperti itu. pastinya dahak juga bakal berwarna sama.
Judul: Re: Selesma Bisa Berkembang Jadi Bronkitis
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Januari 05, 2011, 10:27:50 AM
Infeksi sekunder bakteri.. (itu yang wa tau)
Judul: Re: Selesma Bisa Berkembang Jadi Bronkitis
Ditulis oleh: syx pada Januari 05, 2011, 10:19:47 PM
kenapa warnanya ijo? apakah bakterinya berwarna ijo (bukan karena kena radiasi gamma)?
Judul: Re: Selesma Bisa Berkembang Jadi Bronkitis
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Januari 06, 2011, 12:48:31 AM
Ntah yaa..
Gak ada dijelaskan kenapa bakteri warna ijo sedangkan virus biasanya jernih.
Judul: Re: Selesma Bisa Berkembang Jadi Bronkitis
Ditulis oleh: syx pada Januari 06, 2011, 01:33:01 AM
berarti kalo sputum udah berwarna kekuningan sampe ijo ada infeksi bakteri dan perlu bantuan antibiotik buat penanganannya.

SPUTUM COLOR IS THE KEY TO TREATING ACUTE COPD  EXACERBATIONS

BIRMINGHAM, ENGLAND--Just by examining the sputum, it is possible to tell which outpatients with acute exacerbations of chronic obstructive pulmonary disease (COPD) have a respiratory infection likely to require antibiotics. If the sputum is green or yellow, such an infection is probably present. But white or clear sputum suggests that a patient does not have a bacterial respiratory infection.

That was the conclusion of English researchers led by Robert A. Stockley, MD, who recently studied the relationship between sputum color and respiratory infection in 121 outpatients with acute COPD exacerbations.[1] The presence of green or yellow sputum was 94.4% sensitive and 77.0% specific for microbiologic evidence of respiratory infection, the researchers found.

Furthermore, most of the patients with yellow or green sputum had complete symptom resolution and an improvement in their sputum color after antibiotic treatment. "On the other hand, nearly all of the patients with white sputum improved without antibiotics," said Dr. Stockley in an interview with PULMONARY REVIEWS.

Physicians can use this information to better manage COPD exacerbations, which are often treated with antibiotics regardless of whether infection has been proved. "That's unintelligent medicine," stressed Dr. Stockley, a Professor of Medicine at the University of Birmingham in England.

The practice is common, however, because of the difficulty in distinguishing patients with acute COPD who would benefit from antibiotic therapy. "Bacteria are present in the sputum of 30% to 40% of COPD patients who are well versus about 50% to 60% of those with exacerbations, so the two groups really aren't much different," Dr. Stockley explained. Also, the efficacy of antibiotic therapy in acute COPD is unclear, and medical guidelines vary in their recommendations as to when such therapy should be initiated.[2,3,4]

Sputum can be:
1. Bloody (often found in tuberculosis) (Hemoptysis)
2. Rusty colored - usually caused by pneumococcal bacteria (in pneumonia)
3. Purulent - containing pus. The color can provide hints as to effective treatment in Chronic Bronchitis Patients[3]:
    - a yellow-greenish (mucopurulent) color suggests that treatment with antibiotics can reduce symptoms. Green color is caused by Neutrophil Myeloperoxidase.
    - a white, milky, or opaque (mucoid) appearance often means that antibiotics will be ineffective in treating symptoms.
4. Foamy white - may come from obstruction or even Edema
Judul: Re: Selesma Bisa Berkembang Jadi Bronkitis
Ditulis oleh: riandono pada Januari 06, 2011, 03:29:43 AM
artikel yg bagus bung, thx sharenya
Judul: Re: Selesma Bisa Berkembang Jadi Bronkitis
Ditulis oleh: syx pada Januari 06, 2011, 10:14:54 PM
kemaren ke dokter paru... salah satu obat yang diresepkan adalah levofloxacin. waktu saya informasikan saya sudah gunakan azithromycin dokternya bilang levo lebih efektif karena azithro cuma sampe di daerah pernapasan atas aja, ga sampe ke paru. nah? ini kan beda dng apa yang saya dapatkan.
berdasarkan literatur, kadar azithro dalam cairan atau jaringan di paru relatif tinggi, bahkan dalam sputum. azithro sendiri disebut sebagai salah satu antibiotik yang disarankan untuk bronchitis acute dng indikasi adanya infeksi bakteri. kadar dalam jaringan paru sekitar 4 mcg/g dalam jangka waktu 76-92 jam setelah pemberian dosis tunggal per oral 250 mg.
levofloxacin juga bagus karena mampu berpenetrasi dengan baik ke jaringan paru. kadar dalam jaringan paru 2-5x lebih tinggi ketimbangn dalam plasma, berkisar antara 2.4 - 11.3 mcg/g dalam jangka waktu 24 jam setelah pemberian dosis tunggal per oral 500 mg. tapi kalo pake fluoroquinolone yang bikin ngeri ini resiko tendon rupture. makanya saya lebih milih pake azithro aja ketimbang levofloxacin. gimana pendapat yang lain?
Judul: Re: Selesma Bisa Berkembang Jadi Bronkitis
Ditulis oleh: Im pada Januari 07, 2011, 03:06:31 AM
cari yang cocok aja....
Judul: Re: Selesma Bisa Berkembang Jadi Bronkitis
Ditulis oleh: riandono pada Januari 07, 2011, 09:51:32 AM
@im: yg anda maksud cocok itu gmn?

@syx
diagnosisnya apa bung?
Kalo antibiotik pilihan buat lower respiratory umumnya pake gol b-lactam, fluroquinolon dan makrolida.
Obat pilihan anda: makrolida dan obat pilihan dokter: fluroquinolon saya kira sama2 bisa dipertanggung jawabkan. Cuma argumen dokter anda aja yg saya rasa tidak tepat!


Kalo sudah dilakukan kultur saya kira akan lebih mudah lagi memilih obatnya:
ini ada saya kutipkan rekomendasi pemilihan obat buat bronkitis, dr DiPiro et al (2005)
rekomendasi ini tentunya telah berdasarkan evaluasi efikasi dan keamanannya.
Judul: Re: Selesma Bisa Berkembang Jadi Bronkitis
Ditulis oleh: syx pada Januari 08, 2011, 12:20:36 AM
dokternya cuma nyebutin kemungkinan alergi aja dng tambahan infeksi bakteri berdasarkan informasi warna dahak. kalo dugaan saya lebih ke arah acute bronchitis karena awalnya flu, pilek dan batuk berdahak. semula sputum tidak berwarna lama kelamaan kuning ke ijo. kalo ngeliat daftar dari riandono cukup pake amox, amox-clavulanate, atau macrolide.
emang pake azithro dan levofloxacin dari segi efektivitas sama aja, tapi dari segi ADR rada ngeri kalo musti pake fluoroquinolone. jadi kalo dari segi keamanan keliatannya azithro lebih menang.
obat lain dari dokter juga ga saya minum. obat racikan mengandung codein, kortikosteroid (methylprednisolone), antihistamin (ranitidine), dan apa lagi saya tidak terlalu perhatikan. pertimbangan saya batuknya tidak berat hingga mengganggu atau pun nafas tidak terlalu sesak. saya masih perlu mekanisme batuk untuk mengeluarkan dahak. antihistamin juga malah bisa mengentalkan dahak sehingga bisa menyulitkan proses pengeluaran dahak. yang penting minum banyak air dan kalo perlu terapi uap untuk membantu pengenceran dahak.
hari kedua setelah minum antibiotika batuk sudah mereda, ingus dan dahak mulai jernih lagi dengan sedikit warna kekuningan. hari ini batuk sudah berkurang banget... belum cek ingus karena blom terkumpul juga dari pagi sampe waktu nulis ini.
Judul: Re: Selesma Bisa Berkembang Jadi Bronkitis
Ditulis oleh: riandono pada Januari 08, 2011, 05:16:54 AM
ow... kok pake ranitidine ya?
Ranitidine kan antagonis H2, bukan H1 untuk alergi saluran nafas. Atau mungkin bung syx waktu konsultasi ada keluhan peptic ulcer?
Kodein juga sepertinya tidak perlu kalo batuknya ga mengganggu bgt
 


Judul: Re: Selesma Bisa Berkembang Jadi Bronkitis
Ditulis oleh: syx pada Januari 08, 2011, 05:31:07 AM
dokternya ga nanya ada peptic ulcer ato tidak... saya juga ga punya pectic ulcer. ntar saya coba cek lagi komposisi lainnya apa. saya inget ada ranitidine itu karena terasa janggal juga.
Judul: Re: Selesma Bisa Berkembang Jadi Bronkitis
Ditulis oleh: Astrawinata G pada Januari 08, 2011, 02:13:11 PM
kemaren ke dokter paru... salah satu obat yang diresepkan adalah levofloxacin. waktu saya informasikan saya sudah gunakan azithromycin dokternya bilang levo lebih efektif karena azithro cuma sampe di daerah pernapasan atas aja, ga sampe ke paru. nah? ini kan beda dng apa yang saya dapatkan.
berdasarkan literatur, kadar azithro dalam cairan atau jaringan di paru relatif tinggi, bahkan dalam sputum. azithro sendiri disebut sebagai salah satu antibiotik yang disarankan untuk bronchitis acute dng indikasi adanya infeksi bakteri. kadar dalam jaringan paru sekitar 4 mcg/g dalam jangka waktu 76-92 jam setelah pemberian dosis tunggal per oral 250 mg.
levofloxacin juga bagus karena mampu berpenetrasi dengan baik ke jaringan paru. kadar dalam jaringan paru 2-5x lebih tinggi ketimbangn dalam plasma, berkisar antara 2.4 - 11.3 mcg/g dalam jangka waktu 24 jam setelah pemberian dosis tunggal per oral 500 mg. tapi kalo pake fluoroquinolone yang bikin ngeri ini resiko tendon rupture. makanya saya lebih milih pake azithro aja ketimbang levofloxacin. gimana pendapat yang lain?

kok saya malah menganggap levo lebih bagus dari azit ya? ??? mencapai kadar yang lebih tinggi (bisa sampai 11mcg/g) dalam waktu yang lebih cepat daripada levo....mohon bimbingannya ;)
Judul: Re: Selesma Bisa Berkembang Jadi Bronkitis
Ditulis oleh: syx pada Januari 09, 2011, 02:14:04 AM
dosisnya beda tuh... ga tau berapa kadar dalam jaringan paru azithro jika dosisnya sama 500 mg.
Judul: Re: Selesma Bisa Berkembang Jadi Bronkitis
Ditulis oleh: riandono pada Januari 09, 2011, 10:49:20 AM
kalo dilihat dari potensinya, berarti lebih potensial azitromisin, karena dosisnya hanya 250 satu kali sehari. Sedangkan levo 500 satu kali sehari atau amox 500 tiga kali sehari.
kayaknya bagus nggak nya pilihan antibiotik ga hanya tergangantung potensi, tp bagaiamana rasio efikasi dan safety. dan faktor2 lain seperti sosioekonomi dsb.

Judul: Re: Selesma Bisa Berkembang Jadi Bronkitis
Ditulis oleh: Astrawinata G pada Januari 09, 2011, 01:53:34 PM
oke deh :) thanks Om Mod dan Rian :D
Judul: Re: Selesma Bisa Berkembang Jadi Bronkitis
Ditulis oleh: syx pada Januari 18, 2011, 02:17:58 AM
ada yang pernah coba pake oseltamivir ato zanamivir untuk obati flu berat?
Judul: Re: Selesma Bisa Berkembang Jadi Bronkitis
Ditulis oleh: riandono pada Januari 18, 2011, 02:39:38 AM
wah saya sampe sekarang aja blm pernah liat obatnya  :)
Judul: Re: Selesma Bisa Berkembang Jadi Bronkitis
Ditulis oleh: syx pada Januari 18, 2011, 03:31:21 AM
sepertinya ga lazim ya... katanya sih benefitnya terbatas banget, musti diberikan dalam jangka waktu 48 jam setelah onset gejala muncul, kalo telat percuma. analogi yang diberikan seperti kebakaran di halaman belakang rumah yang berbatasan dengan hutan nasional. api mudah dikontrol kalo masi berada di dalam pagar halaman, kerusakan juga masi minimal. tapi kalo sudah keluar pagar dan menyebar bakal jadi kebakaran hutan yang sulit dikendalikan. infeksi flu mudah dikendalikan kalo masi di 'halaman belakang', tapi kalo udah 'melompat pagar' dan menyebar ke saluran napas, terapi bakal sulit dan infeksi akan terus berlanjut.
Judul: Re: Selesma Bisa Berkembang Jadi Bronkitis
Ditulis oleh: riandono pada Januari 18, 2011, 03:57:15 AM
jd inget dulu menkes membatasi penggunaan tamiflu khusus pada pasien H1N1 yang berat aja.
Judul: Re: Selesma Bisa Berkembang Jadi Bronkitis
Ditulis oleh: syx pada Januari 18, 2011, 04:30:01 AM
... tamiflu itu oseltamivir ya? antivirus flu yang disetujui FDA juga oseltamivir dan zanamivir. lainnya masih dalam tahap pengembangan dan blom ada persetujuan FDA untuk produksi massal. susah juga nih virus flu. saban senen pasti rada kambuh batuknya gara-gara saban weekend olahraga dan begadang nonton bola.
Judul: Re: Selesma Bisa Berkembang Jadi Bronkitis
Ditulis oleh: riandono pada Januari 18, 2011, 07:13:41 AM
iya betul tamiflu itu oseltamivir.
kayaknya untuk flu seasonal meskipun self limited, penggunaan antivirus gol. adamantane masih efektif
Judul: Re: Selesma Bisa Berkembang Jadi Bronkitis
Ditulis oleh: syx pada September 17, 2011, 07:10:30 AM
emang ga ada obat yang aman... azithromycin ternyata ada bahayanya juga:

August 24, 2011 — Azithromycin given daily for 1 year in addition to usual treatment reduces exacerbations and improves quality of life in selected patients with chronic obstructive pulmonary disease (COPD) but causes hearing decrements in a small percentage of patients, according to the results of a randomized controlled trial reported in the August 25 issue of the New England Journal of Medicine.
Judul: Re:Selesma Bisa Berkembang Jadi Bronkitis
Ditulis oleh: nate river pada April 26, 2012, 11:35:08 AM
saya sudah 4 kali batuk darah. Pertama darah segar banyak, lalu lama kelamaan sedikit dan jadi coklat warnanya. Tapi tiap periksa ke dokter selalu diagnosanya cuma radang tenggorokan....
jadinya kalau batuknya pas lagi parah cuman saya minumin obat2 bebas...hihihi
Judul: Re:Selesma Bisa Berkembang Jadi Bronkitis
Ditulis oleh: riandono pada Mei 03, 2012, 02:19:02 PM
ga nanya ke dokternya, radang tenggorokannya karena apa? virus atau bakteri kah? atau yg lainnya?
Judul: Re:Selesma Bisa Berkembang Jadi Bronkitis
Ditulis oleh: nate river pada Mei 15, 2012, 07:36:28 AM
@mas riandono : karena saya ndak puas periksa di dokter umum,,saya langsung mendaftar ke rumah sakit paru dengan rujukan puskesmas setempat...saya diambil gambar photo thorax ma tes saluran pernapasan....
diagnosis dokter positif bronkitis....tapi syukurlah sekarang sudah sembuh teman....  :D