Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

November 30, 2021, 12:13:34 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 39
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 24
Total: 24

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Sembuhkan Diabetes dengan 'Sperma'  (Dibaca 4556 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
Sembuhkan Diabetes dengan 'Sperma'
« pada: Desember 16, 2010, 01:55:50 PM »
Sejumlah ilmuwan di Amerika Serikat mengembangkan teknik produksi insulin menggunakan sel induk sperma. Temuan ini terus disempurnakan agar bermanfaat untuk mengobati orang dengan diabetes tipe 1.

Diabetes terjadi akibat rusaknya sel-sel yang yang memproduksi insulin di pankreas, sehingga tubuh kehilangan kemampuan untuk mengatur kadar gula darah.

Profesor Ian G Gallicanp daro Georgetown University Medical Centre, Washington DC, mengubah prekursor awal untuk sperma manusia, disebut sel induk spermatogonium (SSK), menjadi sel beta-islet.

Sel beta-islet ini memiliki kemampuan menghasilkan insulin, yang umumnya dihasilkan di pankreas. Saat disuntikkan ke tubuh tikus, sel ini berhasil mengatur kadar gula darah di dalam tubuh tikus tersebut.

Seperti dikutip dari laman Guardian, Gallicanp mempresentasikan hasil percobaan timnya di pertemuan tahunan 'American Society for Cell Biology' di Philadelphia.

"Tanpa sel induk, orang dewasa atau embrio dipaksa menghasilkan insulin yang cukup untuk menyembuhkan diabetes pada manusia. Tapi, tapi kami tahu SSK memiliki potensi untuk melakukan apa kami inginkan, dan kami tahu bagaimana mengembangkannya," kata Gallicano.

Gallicanp dan timnya melakukan ekstraksi SSK manusia dari testikel orang yang sudah meninggal. "Dari testikel, sel ini akan membentuk tiga lapisan germ layers dalam beberapa minggu dan akan berkembang menjadi jaringan di dalam tubuh," katanya.

Dari sekitar satu gram jaringan dari testis manusia, peneliti menghasilkan sekitar satu juta sel induk. Sel ini menunjukkan kandungan penanda biologi yang identik dengan sel beta-islet, penghasil insulin.

Sel itulah yang kemudian dicangkokkan ke tubuh tikus percobaan. Tikus ini telah direkayasa tidak memiliki sistem kekebalan tubuh sehingga reaksi perlawanan tubuh terhadap sel asing menurun. Setelah mendapat cangkokan sel itu selama seminggu, tubuh tikus mulai memiliki kemampuan memproduksi insulin untuk mengatur kadar gula darah.

Peneliti masih terus mengembangkan temuannya. Mereka bereksperimen agar manusia, paling tidak pria dengan diabetes tipe 1, dapat menggunakan jaringan testikelnya sendiri untuk memproduksi insulin pengganti. Mereka juga tengah menguji kemampuan sel induk pada sel telur wanita.
Best Regards,


Astrawinata G

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Sembuhkan Diabetes dengan 'Sperma'
« Jawab #1 pada: Desember 16, 2010, 10:32:25 PM »
duh, kirain pendukung oral sex... :D

terkait dengan diabetes, satu pengobatan alternatif dengan bahan cinnamon (kayu manis) telah terbukti kurang efektif untuk mengatasi diabetes. ini berdasarkan uji klinis di UK terhadap asupan 2 g cinnamon per hari dan dilihat efeknya terhadap A1C (glycated hemoglobin), tekanan darah, dan profil lipid. disebutkan dalam pengujian itu tidak ada penurunan A1C pada pasien yang menggunakan cinnamon, meskipun pada penelitian sebelumnya pernah disebutkan cinnamon menurunkan gula darah puasa. tapi, pasien yang tetep percaya masih dipersilahkan menggunakan karena tidak (atau belum) ditemukan adanya efek samping berbahaya pemakaian bahan ini dalam jangka panjang, pun bersama dengan obat antidiabetik yang lebih poten.

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Sembuhkan Diabetes dengan 'Sperma'
« Jawab #2 pada: Desember 17, 2010, 01:22:17 AM »
Wa malah kira sperma jadi pengganti gula.
Kan ada fruktosanya tuh.
hahhaa..
Judul yang menyesatkan.
OOT OOT OOT..!!!

Offline riandono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 622
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
Re: Sembuhkan Diabetes dengan 'Sperma'
« Jawab #3 pada: Desember 17, 2010, 02:52:59 AM »
ntar dicangkoknya kemana? ke testikel juga? apa ke pankreas?

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
Re: Sembuhkan Diabetes dengan 'Sperma'
« Jawab #4 pada: Desember 18, 2010, 02:35:46 PM »
@bung syx: kalau yang pake undur-undur yang dihaluskan (bubuk) ada info ga? pernah nampak di forum kask*s ada yang jual dan terbukti bisa (testimoni sih)

@Prof hur: itu kan spermanya uda dikasih tanda petik....

@bung rian: kalo menurut saya logikanya di pankreas Mas :D

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Sembuhkan Diabetes dengan 'Sperma'
« Jawab #5 pada: Desember 21, 2010, 02:25:16 AM »
sperma kan haploid, bukan diploid... kok bisa dipake jadi sel induk?

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
Re: Sembuhkan Diabetes dengan 'Sperma'
« Jawab #6 pada: Desember 22, 2010, 01:55:10 PM »
yang dipake kan spermatogonium, dan bersifat diploid Mod :)

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Sembuhkan Diabetes dengan 'Sperma'
« Jawab #7 pada: Desember 22, 2010, 10:09:07 PM »
ups, sorry... kurang teliti bacanya. lebih terpengaruh judulnya. :D

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Sembuhkan Diabetes dengan 'Sperma'
« Jawab #8 pada: Desember 23, 2010, 01:45:50 AM »
Setelah liat judul, langsung timbul imajinasi liar.
Gak sempat baca isinya.
hahaha..
Gitu ya om?

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
Re: Sembuhkan Diabetes dengan 'Sperma'
« Jawab #9 pada: Desember 27, 2010, 03:18:22 PM »
ya, gitu Mbok :p

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
Awas, Rokok Bisa Rusak Sperma!

Dimulai oleh budiutomo « 1 2 » Kesehatan

24 Jawaban
16215 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 09, 2012, 09:51:42 AM
oleh binekas
40 Jawaban
23179 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 04, 2011, 03:07:16 PM
oleh Astrawinata G
6 Jawaban
5611 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 22, 2009, 04:27:51 PM
oleh raisuien
3 Jawaban
4048 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 11, 2011, 08:58:31 AM
oleh Astrawinata G
0 Jawaban
1751 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 22, 2014, 07:51:10 AM
oleh RajaSyifa