Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Agustus 09, 2022, 05:56:36 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,760
  • Latest: Hormide
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 71
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 45
Total: 45

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Rahasia Perawatan kulit Awet muda yang patut diketahui

Dimulai oleh Fauzi27, Desember 22, 2017, 01:44:36 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Fauzi27

Walau dianjurkan untuk dimulai sejak usia remaja, melakukan perawatan kulit bisa dimulai kapan saja dan berapa pun usia Anda saat ini. Seperti halnya kesehatan tubuh, pesan untuk mencegah lebih baik daripada mengobati juga berlaku untuk kulit Anda. Tujuan lain dari merawat kulit yang juga perlu diingat adalah untuk menunda proses alami penuaan kulit yang normal dan memulai perawatannya sesegera mungkin. Berikut adalah langkah-langkah mudah yang mungkin sudah Anda kenal atau sadari dan betapa besar khasiatnya bagi kesehatan dan keindahan kulit.

Menjaga kelembapan kulit

Mandi setiap hari bisa menghilangkan lemak dari kulit dan membuat kulit kering, apalagi jika Anda gemar mandi menggunakan air panas atau berendam untuk waktu yang terlalu lama. Selain mandi, penggunaan sabun yang terlalu keras, kondisi medis yang dimiliki, dan tentunya faktor penuaan juga bisa membuat kulit kering. Mengatasi kulit kering dengan menjaga kelembapan di dalam kulit bisa dilakukan dengan menghindari sabun yang berbahan iritan, hindari kebiasaan mandi dengan air panas atau mandi terlalu lama, menepuk dan bukan menggosok badan dengan handuk setelah mandi, serta menggunakan pelembap untuk kulit kering.

Pilih makanan bernutrisi tinggi

Kurangi junk food atau fast food dan mulailah perbanyak makanan yang mengandung omega-3, lemak tak jenuh, dan antioksidan seperti vitamin A, C dan E. Dapatkan nutrisi-nutrisi ini dalam wortel, mangga, bayam, jus tomat, jeruk, anggur, papaya, brokoli, kol, ikan, telur, alpukat, dan kacang-kacangan. Kabar baiknya adalah makanan-makanan ini juga bisa mengurangi risiko Anda terkena penyakit jantung dan kanker. Tidak kalah penting, perbanyak minum air putih untuk menjaga hidrasi tubuh dan kelembapan kulit.

Berhenti merokok jika Anda seorang perokok

Tidak hanya buruk untuk kesehatan kulit, merokok juga buruk bagi kesehatan tubuh Anda. Tapi Anda pasti sudah tahu akan hal ini. Yang mungkin belum Anda ketahui adalah merokok dapat merusak kolagen dan suatu serat yang fungsinya memberikan kekuatan dan elastisitas bagi kulit bernama elastin. Merokok juga dapat mengurangi aliran darah ke kulit sehingga kulit kekurangan nutrisi dan oksigen. Ini sebabnya merokok membuat kulit Anda tampak kusam, tua dan keriput.

Gunakan Tabir surya

Gunakan tabir surya setiap dua jam sekali jika Anda berencana berada di luar ruangan lebih lama, khususnya di antara jam sepuluh pagi hingga jam dua siang. Anda bisa memilih losion yang mengandung tabir surya dengan SPF 24. Hal ini untuk melindungi kulit dari radiasi sinar ultraviolet A dan B setiap waktu. Kenakan juga pakaian berlengan panjang namun nyaman, serta topi untuk perlindungan lebih menyeluruh.

Seiring proses perawatan kulit Anda dimulai, Anda mungkin akan menemui beberapa orang berkulit bagus yang membuat Anda merasa tak ada harapan untuk memiliki kulit sehat dan awet muda. Jangan berkecil hati dan jangan menyerah. Beberapa orang memang memiliki kulit bagus yang diturunkan dari kedua orang tua atau keluarganya. Namun Anda tak perlu mencemaskan faktor genetik ini, karena kulit setiap orang berbeda-beda.

Jangan lewatkan, masker alami untuk hilangkan bopeng bekas jerawat >> [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

CustomEO

Untuk perawatan wajah gue biasanya pakai essential oil aja sih, dipakai sebelum mandi juga bisa soalnya itu alami banget tanpa bahan kimia jadi gak ada efek samping sama sekali. Alhamdulillah wajah kinclong neh berkat warisan turun temurun pakai minyak essensial hahaha