Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Juli 27, 2021, 03:44:46 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139657
  • Total Topik: 10399
  • Online Today: 124
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 46
Total: 46

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Ulat : "Matamu adalah sarangku ^_^!!"  (Dibaca 13914 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Brilliant

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 61
  • IQ: 32
Ulat : "Matamu adalah sarangku ^_^!!"
« pada: Juli 27, 2008, 03:54:51 PM »
Ngeri banget.....

Hati-hati jika terkena debu di  jalan atau dimana saja, ini telah terjadi
pada seseorang :
Waktu dia jalan dia  pikir kena debu, otomatis matanya dia kucek-kucek.

Setelah beberapa jam matanya agak  merah, lalu dia beri obat tetes mata.
Setelah beberapa hari  koq dibawah matanya masih merah dan agak bengkak.

Semakin  hari dibawah matanya semakin bengkak, lalu dia pergi ke dokter
setelah di  periksa dokter bilang harus dioperasi takutnya ada benjolan apa....??

Setelah dioperasi benjolan tersebut, maka keluarlah ulat....

Dimana awalnya dia pikir matanya terkena debu, namun ternyata  telur ulat.
Makanya hati2x jika banyak debu, kalau sakit  berkelanjutan hubungi dokter terdekat .

Terlampir adalah gambarnya .


"Life is a game, sometimes you win and sometimes you learn"

Offline Melnick

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 381
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Melnick
Re: Ulat : "Matamu adalah sarangku ^_^!!"
« Jawab #1 pada: Juli 28, 2008, 12:09:09 AM »
wew serem wew..  :o
jadi takut deh, soalnya kemaren mata melnick sempet merah  :-\
“Crystals are like people, it is the defects in them which tend to make them interesting!” -Colin Humphreys.

@melissaniken ;D

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Ulat : "Matamu adalah sarangku ^_^!!"
« Jawab #2 pada: Juli 28, 2008, 11:05:49 PM »
kejadian tersebut namanya myasis, yaitu infestasi belatung (larva lalat) ke dalam tubuh ato jaringan hidup. jadi tidak cuma sebatas pada mata tapi juga bisa pada jaringan lain di bawah kulit. kalo ga salah di india pernah ada yg dalam rongga perut! artikel di atas mengambil gambar dari jurnal archives of ophthalmology. pelakunya adalah lalat Dermatobia hominis. jangan kuatir terserang karena serangga ini populasinya di amerika tengah dan selatan. semoga aja ga ke indonesia.



kesalahan pada artikel di atas adalah cara masuk belatung tersebut. belatung tidak disebarkan seperti debu ato karena mengucek mata. ahli serangga menyatakan kalo lalat tersebut memasukkan telur mereka ke serangga lain seperti nyamuk, yang kemudian akan memindahkan telur tersebut ke inang baru berupa mamalia lain termasuk manusia. belatung yg menetas dari telur tersebut selanjutnya bermukim di kulit kepala dan mulai makan.

Pustaka:
Goodman RL et al. Anterior Orbital Myiasis Caused by Human Botfly (Dermatobia hominis). Arch Ophthalmol. 2000;118:1002-1003. [Abstract]

Offline violin

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 102
  • IQ: 34
  • Gender: Wanita
Re: Ulat : "Matamu adalah sarangku ^_^!!"
« Jawab #3 pada: Juli 29, 2008, 01:18:58 AM »
Iya super serem.... :o

Jangan ampe dateng ke Indonesia dech....

Terus kalo belatungnya udah netas n mulai makan,,,

Gimana kondisi inangnya?? ???


Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Ulat : "Matamu adalah sarangku ^_^!!"
« Jawab #4 pada: Juli 29, 2008, 04:53:01 AM »
meskipun belatung umumnya cuma makan jaringan yg mati aja (ada metode pembersihan luka dengan menggunakan belatung), tapi myasis bisa menimbulkan kerusakan jaringan dan rasa sakit. jika terjadi dekat permukaan seringkali diperparah dengan infeksi bakteri.


nasal myasis


ophthalmomyiasis




cutaneous myasis




cutaneous myasis pada payudara


penile myasis




gingival myasis




myasis lebih sering terjadi pada hewan. lalat yang juga pernah dilaporkan menyebabkan myasis pada manusia adalah Chrysomya bezziana, Cochliomyia hominivorax, Phaenicia sericata, Cordylobia anthropophaga, Megaselia sp., Cutebra sp., Hypoderma bovis, dan Oestrous ovis.

Pustaka:
Ng K et al. A case of oral myiasis due to Chrysomya bezziana. Hong Kong Med J. 2003 Dec;9(6):454-6. [Abstract]
Manfrim et al. Nasal Myiasis: Case Report and Literature Review. International Archives of Otorhinolaryngology 2007; 11(1) [Full text]
Contreras-Ruiz J, Arenas-Guzmán R, Vega-Memije ME, Castillo-Díaz M. Furunculoid Myasis Due to Dermatobia hominis: A Case Imported to the Mexican Capital's Federal District from Costa Rica. Gac Med Mex 2004; 140 (1): 81-84 [Abstract]
Gutta R, Vega L, Louis P. Traumatic Wound Myiasis: An Unusual Finding in Maxillofacial Trauma . Journal of Oral and Maxillofacial Surgery 2007 Oct; 65(10): 2083 - 2086.
Alkorta Gurrutxaga M, Beristain Rementeria X, Cilla Eguiluz G, Tuneu Valls A, Zubizarreta Salvador J. Cordylobia anthropophaga cutaneous myiasis. Rev Esp Salud Publica. 2001 Jan-Feb;75(1):23-9.


 

Offline ifniadi

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 6
  • IQ: 0
  • Gender: Pria
  • Saling Mengingati Agar Menjadi Lebih Baik
Re: Ulat : "Matamu adalah sarangku ^_^!!"
« Jawab #5 pada: Juli 29, 2008, 05:22:24 AM »
wuiiiihhhhhhhh.....serem banget penyakitnya.

Na udjubillahimindjalik....semoga AllahSWT menjauhkan nya dari kita semua...amin.

Offline Melnick

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 381
  • IQ: 37
  • Gender: Wanita
  • Melnick
Re: Ulat : "Matamu adalah sarangku ^_^!!"
« Jawab #6 pada: Juli 29, 2008, 09:51:51 AM »
aww serem banget  :(

wuiiiihhhhhhhh.....serem banget penyakitnya.

Na udjubillahimindjalik....semoga AllahSWT menjauhkan nya dari kita semua...amin.

amin . amin banget..  :)

Offline workaholic

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 152
  • IQ: 33
  • Gender: Wanita
Re: Ulat : "Matamu adalah sarangku ^_^!!"
« Jawab #7 pada: Juli 29, 2008, 10:42:42 AM »
idihhh jijay bgt ni si briliant n syx...pic-nya bikin gw mo muntah aja ngeliatnya
blehh...mual ihhh...
Life is Precious. Life is all about choices and chances..
So LIVE your LIFE to the fullest :)

Offline wonderfull wind

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 90
  • IQ: 7
  • Gender: Wanita
    • winds blo9
Re: Ulat : "Matamu adalah sarangku ^_^!!"
« Jawab #8 pada: Juli 29, 2008, 01:16:37 PM »
Liat piCnya Kaya Lagi liat film horror,, NyeRemin abiss,,,,

Jadi PaRno Niy,, beLatung sgede gitu ko bisa hidup di mata siy?? Klo habis ketempelan sesuatu yg mencurigakan (nyamuk, debu, dsb) trus dioles2 pake alkohol ngaruh ga siy??

Klo Lagi jalan sering kelilipan niy,, jd ngeri  :(
Akal itu mentri yang menasehati, hati itu adalah raja yang menentukan, harta itu adalah satu tamu yang akan pergi, dan kesenangan itu satu masa yang ditinggalkan. (anonim)

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Ulat : "Matamu adalah sarangku ^_^!!"
« Jawab #9 pada: Juli 29, 2008, 10:57:02 PM »
idihhh jijay bgt ni si briliant n syx...pic-nya bikin gw mo muntah aja ngeliatnya
blehh...mual ihhh...
lah? ini kan topic ilmiah...? jadi ya ditampilkan apa adanya.

Jadi PaRno Niy,, beLatung sgede gitu ko bisa hidup di mata siy?? Klo habis ketempelan sesuatu yg mencurigakan (nyamuk, debu, dsb) trus dioles2 pake alkohol ngaruh ga siy??

Klo Lagi jalan sering kelilipan niy,, jd ngeri  :(
asal jangan mata dikasi alkohol aja. sekali lagi bukan karena klilipan debu.

Offline wonderfull wind

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 90
  • IQ: 7
  • Gender: Wanita
    • winds blo9
Re: Ulat : "Matamu adalah sarangku ^_^!!"
« Jawab #10 pada: Juli 30, 2008, 12:37:18 PM »
Eh bkn krn kelilipan,, n di Indonesia ga ada kan?? syukur deh kalo gitu,,




Offline Brilliant

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 61
  • IQ: 32
Re: Ulat : "Matamu adalah sarangku ^_^!!"
« Jawab #11 pada: Juli 30, 2008, 02:37:48 PM »
Gua aja geli liat belatung, amit amit deh...  ???

Offline tansill

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
Re: Ulat : "Matamu adalah sarangku ^_^!!"
« Jawab #12 pada: September 09, 2010, 08:11:48 AM »
O M G
haizzzzz..... liat aja uda merinding  T____T

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
4684 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 19, 2007, 06:52:02 AM
oleh advisor
4 Jawaban
9954 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 29, 2015, 10:15:14 AM
oleh Farabi
4 Jawaban
6678 Dilihat
Tulisan terakhir April 11, 2009, 07:03:45 AM
oleh biobio
25 Jawaban
10663 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 21, 2011, 06:01:16 AM
oleh excelboy
0 Jawaban
182074 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 16, 2017, 08:42:28 AM
oleh ulatkandang818