Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juli 02, 2022, 03:13:47 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 66
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 46
Total: 46

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Tanya: Kebiasaan saya yang aneh..

Dimulai oleh StoberiiSlurp, Oktober 27, 2010, 11:05:02 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

StoberiiSlurp

Mohon maaf sebelumnya, saya masih baru di forum ini ^^
Saya mau tanya. sebenarnya kebiasaan aneh ini sudah lama saya alami, bahkan dari kecil.
entah kenapa, saya punya kebiasaan melakukan segala sesuatu dengan hitungan.
memang susah dijelaskan dengan kata-kata. saya beri contohnya saja.
misalnya saya mau mengunci pintu, saat menyentuh kunci entah kenapa saya menyentuhnya berulang-ulang sampai 4 kali atau 8 kali, bahkan bisa sampai 20kalian lebih. saya sadar melakukan itu, tapi karena seperti ada desakan dari dalam diri saya.
kadang saya memaksakan diri untuk tidak menyentuh berulang-ulang, tapi perasaan jadi aneh dan tidak tenang.
saya bingung dengan kebiasaan aneh ini. apa termasuk gangguan atau gimana ya?
saya coba cari informasi di inet, tapi bingung tulis keyword nya. menjelaskan disini saja saya bingung cara menyampaikannya yang pas.
mohon penjelasannya bagi yang pakar dan mengerti. trims..

laZr

Obsessive Compulsive Disorder mungkin?
coba Googling dengan keyword itu...
kalau di Google indonesia, cari Obsesif Kompulsif aja...
dulunya 'bledug' sekarang udah jadi laZr ya...

Keep Moving Forward!!

laZr

dulunya 'bledug' sekarang udah jadi laZr ya...

Keep Moving Forward!!

StoberiiSlurp

setelah baca beberapa info tentang obsesif kompulsif, memang sih beberapa hal kecil serupa seperti yang saya rasayan. seperti ada statement "Karena begitulah otak mereka "menyuruh"nya. Mereka akan melakukannya. Penderita akan merasa lega setelah  melakukan perintah otak."

cuma saya bukan melakukan hal berulang" dalam sehari seperti misalnya membuka menutup pintu berkali" dalam sehari. kalau saya, misal:
- saat ingin meletakkan gelas, saya melakukannya berulang" diwaktu yg bersamaan. jadi gelas saya taro, saya ambil lagi, begitu terus, sambil didalam hati saya menghitung sampai angka yg 'pas' dihati saya. kalo gak gitu, perasaan jadi aneh. oia, tapi tidak selalu saat saya meletakkan gelas, saya melakukan hal ini. kambuh"an..

- bahkan saat melirik, saya melakukannya berkali". dan anehnya semuanya itu harus sesuai dengan angka yang 'pas' dihati saya..
saya benar" merasa janggal dengan perilaku ini. kenapa gak bisa menahan diri untuk gak melakukan hal yang aneh ini..
toloong pencerahannya .. trims..

syx


piya.tr

brarti kena OCD (obsesive compulsive diorder) ya???  itu bsa diobati kug. byasanya obatnya serotonin ilnhibitor

StoberiiSlurp

Kutip dari: syx pada Oktober 28, 2010, 07:22:55 AM
beda dengan latah ya?
beda dengan latah.. saya malah gak latahan sama sekali..

Kutip dari: piya.tr pada Oktober 28, 2010, 07:31:36 AM
brarti kena OCD (obsesive compulsive diorder) ya???  itu bsa diobati kug. byasanya obatnya serotonin ilnhibitor
itu harus check up langsung ke dokter ato bisa langsung konsumsi sendiri obatnya??
kira" perlu ke spesialis gak sih? hanya saja saya lumayan takut kalau harus ke dokter..

adisae

wah baru tau ada penyakit kaya gitu..
aku baca skilas si link yang dikasih ma lazR
disana katanya penyebabnya bisa
- genetik,
- infeksi
- stress,
- hubungan personal yang negatif
kemudian pengobatannya
Pengobatan dapat dilakukan dengan terapi perilaku, terapi kognitif dan pemberian obat obatan..

kalo menurutku s jadi semacam penyakit psikologis y..
terus masalah mau diobati sendiri apa ke dokter s itu pilihan,
ke dokter aja juga masih butuh usaha pribadi yang keras
dari konsistensi minum obat dll..

tapi apa salahnya buat nambah informasi, kalau perlu ga cukup ke satu dokter..second oppinion gitu loh..

internet juga salah satu sumber yang bagus kalau masalah penyakit2 asing kaya gitu..

n moga cepet sembuh ;)

Huriah M Putra

Terlihat seperti OCD.
Bisa dikonsultasikan dengan dokter kesehatan jiwa (bukan brarti hanya untuk orang gila lo..).
Nanti dokter jiwanya yang akan menentukan diagnosa pasti dan memberikan terapi.
[move]OOT OOT OOT..!!![/move]

StoberiiSlurp

hmm, begitu ya.. tapi saya kok rada takut gitu ya, mau periksa ke dokter..
masih muda tapi harus chek ke dokter kejiwaan.
dulu saya kira ini hanya hal kecil saja, tapi lama-kelamaan saya merasa terganggu dengan kebiasaan ini.
overall, terima kasih atas semua info dan sarannya.
saya jadi tau jenis penyakit yang mungkin saya idap. dan mudah"an bisa sembuh :)
thanks .. ^^

Astrawinata G

kalau tidak salah dulu (sewaktu saya masih kecil) saya juga memiliki kebiasaan yang mirip dengan Anda. kayaknya ingin melakukan sesuatu terhadap segala kegiatan yang saya lakukan (kalo anda kan menghitung, saya sendiri sudah lupa :P)

kenapa saya sudah lupa? karena akhirnya sembuh sendirinya :) alihkan saja pikiran Anda, dan coba untuk melawannya walau sepertinya ada ketidak puasan, nanti lama2 bisa berkurang sendirinya :)
Best Regards,


Astrawinata G

StoberiiSlurp

Kutip dari: Astrawinata G pada Oktober 28, 2010, 04:32:14 PM
kalau tidak salah dulu (sewaktu saya masih kecil) saya juga memiliki kebiasaan yang mirip dengan Anda. kayaknya ingin melakukan sesuatu terhadap segala kegiatan yang saya lakukan (kalo anda kan menghitung, saya sendiri sudah lupa :P)

kenapa saya sudah lupa? karena akhirnya sembuh sendirinya :) alihkan saja pikiran Anda, dan coba untuk melawannya walau sepertinya ada ketidak puasan, nanti lama2 bisa berkurang sendirinya :)
jadi ada kemungkinan bisa sembuh dengan sendirinya?? seingat saya, kebiasaan ini sudah dari saya kecil..
terkadang saya melakukannya tanpa sadar. tapi saat saya sadar, jika saya paksa hentikan, perasaan jadi aneh dan 'nyesek' tidak tenang.. jadi harus diselesaikan sampai 'genap'
tapi terima kasih atas infonya. semoga kebiasaan saya ini bisa segera hilang .. ^^

laZr

itu tetap masalah obsesif kompulsif sih...
kamu terobsesi untuk melakukan sesuatu dalam jumlah tertentu...
hubungi psikolog kamu aja sih, kalau kamu ngerasa terganggu dengan behaviournya kamu...

saya juga pernah punya OCD, tapi karena saya terlalu banyak main game tipe tertentu...
setelah saya lama gak main game itu, OCDnya saya berkurang...
tanpa ke psikolog juga sih...
makanya coba identifikasi sendiri penyebab OCD kamu...
dulunya 'bledug' sekarang udah jadi laZr ya...

Keep Moving Forward!!

StoberiiSlurp

kalau sama bener" OCD, saya juga masih kurang paham penyebabnya kenapa.
mungkin karena sudah benar" jadi kebiasaan hidup saya. semua yang saya lakukan selalu saya hitung dalam hati.
anda menyembuhkan OCD anda tanpa obat atau terapi apapun?

laZr

intinya sih, OCD itu adanya tendensi dari kita untuk melakukan sesuatu seperti obsesif...
nah, ketika kita melakukan sesuatu, pasti kepikirannya itu terus, dan sering cemas kalau gak dilakukan...
saya dulu OCDnya lompat, meskipun imajinasi...
setiap ada yang dilihat sebagai barrier, pasti saya bayangin untuk dilompati...

saya sering nyoba untuk melawan tendensi itu, meskipun sering jadi cemas, tapi lama-lama jadi normal juga...
meskipun sampai sekarang masih ada sedikit sisanya sih, tapi gak terlalu terganggu sama behaviour yang sekarang...

tanpa terapi, time healing gitu...
saya juga lupa prosesnya bisa mengurangi OCDnya..
tapi kalau udah agak parah, mending ke dokter aja untuk mencari metode terapi yang tepat..
dulunya 'bledug' sekarang udah jadi laZr ya...

Keep Moving Forward!!