Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Mei 16, 2021, 12:33:08 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139631
  • Total Topik: 10391
  • Online Today: 85
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 34
Total: 34

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: tanya tentang asam mefenamat dan antibiotik  (Dibaca 9652 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline nate river

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 149
  • IQ: 22
  • Gender: Wanita
  • I'm an alone lonely loner
tanya tentang asam mefenamat dan antibiotik
« pada: Juli 25, 2011, 03:26:25 AM »
ane punya pertanyaan soal asam mefenamat ma antibiotik.....
ane habis operasi nih....
operasi clavus tapi berhubung ada dua tempat jadi gantian,,minggu prtama satu,,setelah pulih berikutnya satu operasi lagi....
nah yang jadi pertanyaan,,pasca operasi prtama ane kok dapat asam mefenamatnya buanyak bgt (habis dua minggu,,sehari dosis 2 kali)....
operasi yang kedua jga dikasih asam mefenamat lagi (tapi ga sebanyak yg pertama)
konsumsi asam mefenamat kayak gitu masih dalam taraf normal ndak?

ane juga dapat antibiotik....operasi pertama dosisnya sama kayak asam mefenamat yang dah ane ceritain tadi....operasi kedua dosis sehari dua kali tapi cuma habis seminggu dan jenisnya beda....yang kayak gitu bisa bikin resistensi bakteri tertentu ndak ya? ane kok jadi agak ragu nglanjutin minum obatnya....thanks before... :)
hidup itu seperti asimtot...
meski mustahil mencapai titik kesempurnaan, tapi kita akan selalu berusaha mendekati kesempurnaan....

Offline Balya

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 553
  • IQ: 13
  • Gender: Pria
  • Buku lebih berat dari emas
Re: tanya tentang asam mefenamat dan antibiotik
« Jawab #1 pada: Juli 25, 2011, 03:59:19 AM »
masalah resistensi akan timbul jika obat yang dikasih dokter keanda tidak anda habiskan...
Antibiotik memang harus dalam satu minggu, karena lebih dari itu bakalan Expiredate (biasanya amoxilin dan turunannya)...

Sementara asam mefenamat itu analgetik perifer non-narkotik golongan antranilat, ESnya menurut buku tan hoan tjay adalah gangguan asam lambung...
mungkin benar saja pemberian banyak dari AsMef ini, jika itu memang dari dokter....
sebagai ganti parasetamol mungkin (karena kalau baanyak dan jangka waktu lama penggunaannya menyebabkan necrosis hati)
aku akan mengenalkan pendahulu ku lagi pada dunia dan akan mengikuti mereka.

Offline nate river

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 149
  • IQ: 22
  • Gender: Wanita
  • I'm an alone lonely loner
Re: tanya tentang asam mefenamat dan antibiotik
« Jawab #2 pada: Juli 25, 2011, 04:16:09 AM »

Sementara asam mefenamat itu analgetik perifer non-narkotik golongan antranilat, ESnya menurut buku tan hoan tjay adalah gangguan asam lambung...

aih...pantes akhir2 niy q sering muntah2....

Offline Balya

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 553
  • IQ: 13
  • Gender: Pria
  • Buku lebih berat dari emas
Re: tanya tentang asam mefenamat dan antibiotik
« Jawab #3 pada: Juli 25, 2011, 04:48:31 AM »
oh ya...
operasi clavus itu apa ya mas? dibagian tubuh mana yang abnormal dan di opreasinya?

saya kurang tahu mengenai itu?

Offline nate river

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 149
  • IQ: 22
  • Gender: Wanita
  • I'm an alone lonely loner
Re: tanya tentang asam mefenamat dan antibiotik
« Jawab #4 pada: Juli 25, 2011, 01:48:52 PM »
clavus itu nama bekennya mata ikan....
tempatnya di kaki atau tangan....
tapi punya saya di kaki kiri ma kanan
niy ada link tentang penyakitnya....
saya nyari yang gambarnya ndak begitu menjijikan,,jadi maaph kalo cuman dari wikipedia....  ;D

http://en.wikipedia.org/wiki/Clavus_%28medicine%29

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: tanya tentang asam mefenamat dan antibiotik
« Jawab #5 pada: Juli 25, 2011, 11:31:51 PM »
masalah resistensi akan timbul jika obat yang dikasih dokter keanda tidak anda habiskan...
Antibiotik memang harus dalam satu minggu, karena lebih dari itu bakalan Expiredate (biasanya amoxilin dan turunannya)...
alasan pemberian dalam waktu satu minggu adalah lebih karena mencegah resistensi bakterinya aja. kalo masalah expired, itu tergantung pada bentuk sediaan. bentuk sediaan padat seperti tablet dan kapsul tidak ada masalah sampe tanggal expired yang tercantum di kemasan. tetapi bentuk seperti sirup kering, jika disimpan dalam kondisi kering bisa disimpan sampai tanggal expired yang tercantum di kemasan. tetapi jika sudah direkonstitusi (ditambahkan air menjadi sirup) maka harus habis dalam jangka waktu pendek, umumnya 5-6 hari. ini karena biasanya bahan tersebut tidak stabil dengan adanya air. makanya dibuat dalam bentuk kering untuk kemudian saat akan dipakai direkonstitusi.

NSAID tidak ada yang aman. kecuali paracetamol, semuanya punya potensi menyebabkan pendarahan saluran cerna. paracetamol yang disebut paling aman pun tidak bisa dikatakan aman karena berpotensi masalah seperti yang disebutkan balya dalam jangka waktu lama dan dalam dosis besar. penelitian terbaru malah menyebutkan kemungkinan hubungan antara paracetamol dan kanker darah. tapi, jangan takut minum obat. dokter pasti sudah memperhitungkan risk and benefitnya.

Offline Balya

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 553
  • IQ: 13
  • Gender: Pria
  • Buku lebih berat dari emas
Re: tanya tentang asam mefenamat dan antibiotik
« Jawab #6 pada: Juli 26, 2011, 01:33:08 AM »
alasan pemberian dalam waktu satu minggu adalah lebih karena mencegah resistensi bakterinya aja. kalo masalah expired, itu tergantung pada bentuk sediaan. bentuk sediaan padat seperti tablet dan kapsul tidak ada masalah sampe tanggal expired yang tercantum di kemasan. tetapi bentuk seperti sirup kering, jika disimpan dalam kondisi kering bisa disimpan sampai tanggal expired yang tercantum di kemasan. tetapi jika sudah direkonstitusi (ditambahkan air menjadi sirup) maka harus habis dalam jangka waktu pendek, umumnya 5-6 hari. ini karena biasanya bahan tersebut tidak stabil dengan adanya air. makanya dibuat dalam bentuk kering untuk kemudian saat akan dipakai direkonstitusi.

yang ini lebih lengkap,thanks om Syx...
:)

Offline nate river

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 149
  • IQ: 22
  • Gender: Wanita
  • I'm an alone lonely loner
Re: tanya tentang asam mefenamat dan antibiotik
« Jawab #7 pada: Juli 26, 2011, 03:19:34 AM »
makasih ya wat infonya....saya amat sangat terbantu  :D

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
Tanya (lagi) uji asam amino (protein)

Dimulai oleh Aditya Nugraha Kimia

4 Jawaban
15424 Dilihat
Tulisan terakhir April 17, 2008, 05:58:59 PM
oleh reborn
9 Jawaban
194772 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 24, 2013, 04:45:41 AM
oleh Monox D. I-Fly
13 Jawaban
5678 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 20, 2010, 11:51:25 AM
oleh sisca, chemistry
9 Jawaban
170325 Dilihat
Tulisan terakhir November 24, 2012, 02:49:59 PM
oleh skuler
2 Jawaban
2508 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 10, 2014, 01:20:03 AM
oleh __________