Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Mei 16, 2021, 04:04:52 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139631
  • Total Topik: 10391
  • Online Today: 85
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 38
Total: 38

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Telur palsu  (Dibaca 18417 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline dewa ruci

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 313
  • IQ: 33
  • Gender: Pria
Telur palsu
« pada: Oktober 04, 2008, 11:11:42 PM »
Baru-baru ini, produk-produk tiruan China telah menjadi sorotan di Korea . Beberapa media arus utama Korea telah memberitakan proses pembuatan telur-telur tiruan di China , yang telah menggemparkan dan menyebabkan kekhawatiran besar di antara penduduk Korea . Pada 1-2 September lalu, Munhwa Broadcasting Corporation (MBC) menayangkan sebuah dokumenter berjudul, “Hidup tanpa produk-produk buatan China .” Acara tersebut menelusuri kehidupan tiga keluarga di Korea Selatan , AS , dan Jepang yang menolak menggunakan produk-produk buatan China . Tayangan ini juga berbicara mengenai telur-telur buatan yang merajalela di China , acara ini telah menarik perhatian publik Korea .

Menyusul acara tersebut, koran nomor satu Korea, Chosun Ilbo, telah menerbitkan sebuah artikel berjudul “MBC Special mengekspos telur-telur tiruan buatan China,” melaporkan secara rinci bagaimana telur-telur tiruan itu dibuat. Dong-A Ilbo, koran Korea lainnya, pada 14 Agustus 2007 juga telah menerbitkan...

Pengalaman pribadi nih, kejadiannya , Kamis 17 April 2008 (ga tw orangnya siapa)

Semalem gw naek kereta jabodetabek, dikereta ekonomi, ada yang jual telor rebus masih hanget....harganya itu lho yang ga nyangka.. Murrah banget satu butir telur rebus ditengah inflasi kayak begini cuma 500 perak aja...., padahal telur mentah aja di pasar, udah sekitar 1000 perak sontak gw inget, artikel setahun lalu, bahwa di China, sudah pernah heboh soal industri rumah tangga mbikin telur palsu...

Penasaran, gw beli 2000 perak, gw dapet 4 butir, bapak2 sebelah gw beli 5000 perak, dapet 10 butir telur rebus , katanya buat anak2nya di rumah, Mas-mas disebelahnya beli juga sekitar 3 ribu, dia langsung kupas dan makan satu buah, katanya enak kok, rasanya ga busuk...dia tadi khawatir itu telur busuk ( hmm dasar orang lapar semua juga dibilang enak)

Walaupun gw masih agak ragu, tapi gw cicip juga sedikit, untuk sekedar membuktikan bahwa itu bener2 telur palsu, ternyata rasa dan aromanya mirip sekali, walaupun buat orang yang 'Ahli Telur' seperti gw, jelas sekali terasa berbeda.. putih telurnya itu lebih keras
seperti Jelly Nata Decoco, kuning telurnya tidak bulat, cuma sekilas mirip seperti adonan kue, walaupun aromanya mirip telur....dan semua telur yang gw kupas, posisi kuning telurnya itu sama semua, dan tidak ada yang bulat, alias seperti cetakan.

Menurut arikel yang pernah aQUw baca(tpi Lupa dimana), telur palsu di China dibuat dari unsur tawas, yang sangat berbahaya bila dikonsumsi dalam waktu yang lama. Barangkali teman2 ada yang punya akses ke YLKI mungkin bisa dilaporkan segera, apakah ini bener-bener telur Asli ataukah Telur Palsu, mengingat yang mengkonsumsi telur murah ini adalah para pekerja kelas bawah atau masyarakat awam yang tidak tahu apa dampaknya dalam jangka panjang...


busyet,,China ternyata pabrik makanan sintesis..
muLai dAri susu meLamin,tyuz teLur palsu(tawas)..hiiiiyyy seyem...:'(
read in the name of your Lord who created

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.509
  • IQ: 106
  • Gender: Pria
  • K
    • utusan langit
Re: Telur palsu
« Jawab #1 pada: Oktober 06, 2008, 02:43:36 AM »
wah ternyata china tu gitu yah,....
kemaren aku juga denger kalo china mengeksport ikan berformalin ke indonesia,...
hmmf, bener-bener dah tu china,....!!!

Offline chanda

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 12
  • IQ: 3
  • Gender: Wanita
  • hallo,,,
Re: Telur palsu
« Jawab #2 pada: Oktober 07, 2008, 06:16:45 AM »
wah, takut juga yah...
ada yang tau ga gimana membedakan telur palsu dari telur asli dalam keadaan mentah (tanpa dicicipi),
jadi kalo belanja telur bisa memilah-milah,,,

--cut--
ganyang China...hahaha
emang bisa yah ngeganyang china  :P
rasanya akan sangaaaat berat
Like rose, blossom and dangerous.
You may look at me, but don't try to touch me, unless ...

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Telur palsu
« Jawab #3 pada: Oktober 07, 2008, 11:48:34 PM »
wah ternyata china tu gitu yah,....
kemaren aku juga denger kalo china mengeksport ikan berformalin ke indonesia,...
hmmf, bener-bener dah tu china,....!!!
ya jangan salah bangsa tertentu... bukannya dari dalam negeri sendiri juga banyak terjadi penipuan pake bahan berbahaya?

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.509
  • IQ: 106
  • Gender: Pria
  • K
    • utusan langit
Re: Telur palsu
« Jawab #4 pada: Oktober 08, 2008, 03:15:57 AM »
ya jangan salah bangsa tertentu... bukannya dari dalam negeri sendiri juga banyak terjadi penipuan pake bahan berbahaya?
iya deh iya, eh tapi katanya china juga ngolah sampah lho,... timah-timah yang dari peralatan elektronik sampah, didaur ulang lagi,

tapi untuk indonesia kan produk "bajakannya" untuk konsumsi sendiri,.. nah kalo china?

mungkin ini dampak perekonomian china yang melemah akibat krisis di Amerika, perekonomian indonesia juga melemah lho, bayangin indeks saham gabungan indonesia IHSG kemaren dalam datu hari aja turun 10%, terus rupiah sempet menyentuh nilai terendah tahun ini di Rp 9631 per dollar,  hmmmf,...

akankah semua prusahaan penghalalkan segala cara untuk mengurangi kerugian akibat effect dari krisis di Amerika?

Offline man2tu

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 37
  • IQ: 4
  • Gender: Pria
  • Exalt the Savior! Serve the world!
Re: Telur palsu
« Jawab #5 pada: Oktober 16, 2008, 09:05:58 AM »
krisis global amerika menurut gw gk terlalu pengaruh koq,,..

misalnya kasus susu bermelamin,,..
masalah susu-susu berbahaya ini sebenarnya udh ada sebelum olimpiade beijing,,..
cma ditutupi aj,,....

masalah sebenarnya karena di china quality control kurang n pengusaha2 yg nkl,,..
pengusaha tidak mempedulikan efek samping n pengawasan kurang,,...

walaupum memang mereka memiliki produk yang berteknologi tinggi,,.....

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Telur palsu
« Jawab #6 pada: Oktober 17, 2008, 07:28:03 AM »
masalah pengawasan kurang? kalo masalah melamine ini emang sebelumya ga terpikirkan karena emang melamine bukan bahan makanan. beda ama masalah bahan tambahan dalam makanan seperti pengawet, pewarna, aroma ato kasus bahan obat yang ditambahkan ke dalam sediaan obat tradisional.
pewarna, misalnya, udah sering dipake ama industri makanan. sekarang tinggal awasi mana yang boleh dikonsumsi ato tidak.
obat sintesis ditambahkan ke dalam obat tradisional biasanya juga bisa diprediksi sesuai dengan khasiat obat tradisionalnya, dengan menambah obat yang berkhasiat sama ato memiliki efek samping 'menguatkan' khasiat obat tradisional. misalnya obat pegel linu, kalo mo nambahi pasti obat golongan NSAID ato kortikosteroid.
nah, kalo melamine? ini sama sekali tidak diduga sebelumnya...

Offline Ginji

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 978
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
Re: Telur palsu
« Jawab #7 pada: Oktober 22, 2008, 07:59:13 AM »
Ada cara membedakan antara telur palsu ama yang asli (bukan pencinta telur sih)

Offline man2tu

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 37
  • IQ: 4
  • Gender: Pria
  • Exalt the Savior! Serve the world!
Re: Telur palsu
« Jawab #8 pada: Oktober 28, 2008, 08:03:22 AM »
Ada gmbr telur palsunya g?

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
Re: Telur palsu
« Jawab #9 pada: Oktober 30, 2008, 03:41:38 AM »
Mau Tahu bagaimana cara membuat telur palsu? ikutin kursusnya:


Untuk membuat telur putih, beberapa jenis bahan, termasuk semacam bubuk dan tawas, dicampurkan – EAST WEEK

‘Kuning telur’ dibentuk pada cetakan. ‘Air ajaib’ mengandung kalsium khlorida juga digunakan – EAST WEEK

Selaput keras dibentuk dengan menuangkan parafin dan sejenis cairan pada telur lalu didiamkan untuk kering – EAST WEEK

kalo udah jadi:




Offline Qms

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 1
Re: Telur palsu
« Jawab #10 pada: Oktober 30, 2008, 04:21:42 AM »
Baru dibantah tadi pagi di berita.
Yang ditemukan di Surabaya kemaren bukan telur palsu tapi telur gagal tetas.

Menurut dokter, dikonsumsi gapapa

Offline man2tu

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 37
  • IQ: 4
  • Gender: Pria
  • Exalt the Savior! Serve the world!
Re: Telur palsu
« Jawab #11 pada: Oktober 31, 2008, 07:54:13 AM »
Wah...
gw bca di kompas telur dari cina mengandung melamin jg kya susu cina..

n mang ble dikonsumsi..
kecuali jumlah besar..

parah nch.... >:(

Offline sheilasibugar

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 11
  • IQ: 0
Re: Telur palsu
« Jawab #12 pada: Oktober 31, 2008, 10:49:04 AM »
parahhhhparahhh.......sak telor telor pun dipalsuin...

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Telur palsu
« Jawab #13 pada: November 12, 2008, 06:16:43 AM »
Baru dibantah tadi pagi di berita.
Yang ditemukan di Surabaya kemaren bukan telur palsu tapi telur gagal tetas.

Menurut dokter, dikonsumsi gapapa
kalo ga salah ada makanan di filipina namanya balot yang berupa telur belom netas. jadi isinya anak ayam.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Telur palsu
« Jawab #14 pada: November 27, 2008, 12:29:42 AM »
usaha pemalsuan ternyata umurnya udah lama banget. tahun 1202 King James sampe bikin undang-undang untuk mencegah pemalsuan tepung untuk roti yang banyak terjadi di eropa, khususnya di inggris. saat itu tepung roti dicampur dengan kapur.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
5 Jawaban
4655 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 17, 2008, 08:30:37 AM
oleh biobio
7 Jawaban
8226 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 31, 2011, 10:16:07 PM
oleh syx
10 Jawaban
5733 Dilihat
Tulisan terakhir September 16, 2011, 10:02:05 PM
oleh syx
8 Jawaban
15500 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 05, 2012, 11:29:00 PM
oleh exile_rstd
0 Jawaban
63752 Dilihat
Tulisan terakhir November 05, 2016, 02:51:25 AM
oleh Ryant A D P