Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Februari 26, 2021, 11:42:37 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139620
  • Total Topik: 10383
  • Online Today: 46
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 40
Total: 40

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Tips Mengatasi Gangguan Susah Tidur  (Dibaca 9331 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Tips Mengatasi Gangguan Susah Tidur
« pada: Juni 07, 2010, 07:55:42 AM »

Anda pasti pernah merasa gelisah karena tidak dapat tidur meski waktu sudah menunjukkan tengah malam? Meski berusaha memejamkan mata, pikiran Anda terus melayang hingga tak bisa tidur. Alhasil, badan pun lemas di pagi hari dan kepala terasa pusing karena kondisi tubuh masih kurang untuk istirahat. Inilah gejala insomnia yang harus Anda waspadai.

Insomnia dapat diartikan sebagai suatu keadaan yang mana seseorang mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak dapat tidur dengan nyenyak. Rata rata setiap orang pernah mengalami insomnia sekali dalam hidupnya. Bahkan ada yang lebih ekstrim menyebutkan 30 – 50% populasi mengalami insomnia.

Penyebab Insomnia
Insomnia ini bisa disebabkan menyerang semua golongan usia. Meskipun demikian, angka kejadian insomnia akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Hal ini mungkin disebabkan oleh stress yang sering menghinggapi orang yang berusia lebih tua. Disamping itu, perempuan dikatakan lebih sering menderita insomnia bila dibandingkan laki laki.

Selain karena masalah stress, insomnia juga bisa terjadi karena ada masalah pada makanan Anda. Hal lain yang bisa menyebabkan insomnia adalah suasana kamar yang tidak mendukung, cemas, hingga konsumsi kafein yang berlebih.

Tips Mengatasi Susah Tidur / Insomnia

1. Olahraga teratur

Berolah raga teratur. Beberapa penelitian menyebutkan berolah raga yang teratur dapat membantu orang yang mengalami masalah dengan tidur. Olah raga sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan bukan beberapa menit menjelang tidur. Dengan berolah raga, kesehatan anda menjadi lebih optimal sehingga tubuh dapat melawan stress yang muncul dengan lebih baik.

2. Kurangi konsumsi kaffein

Minimalisasikan asupan kafein seperti teh atau kopi. Bila Anda ingin mengkonsumsinya, lakukanlah di pagi hari, atau paling lambat 4 jam sebelum tidur di malam hari. Kafein yang dikonsumsi terlalu dekat dengan waktu tidur hanya akan menghambat datangnya rasa kantuk.

3. Perhatikan waktu makan

Anda mesti memperhatikan waktu makan, beri waktu minimal dua jam sebelum tidur setelah menyantap makanan terakhir makan malam. Jarak makan yang terlalu dekat dengan waktu tidur justru akan meningkatkan metabolisme dan suhu tubuh, sehingga membuat tidur semakin sulit. Dengan cara ini, Anda juga dapat menjaga berat badan, mengingat tidur setelah makan besar akan banyak menyimpan lemak.

Jika benar-benar kelaparan, pilihlah cemilan seperti sereal gandum yang dicampur susu, tofu, bubur gandum, atau roti yang ditaburi wijen. Namun, tetap saja berikan jarak minimal satu jam sebelum tidur karena tryptophan juga membutuhkan waktu untuk merangsang otak.

4. Makanlah makanan berkarbohidrat menjelang tidur

Untuk bisa tidur dengan nyenyak, tubuh Anda membutuhkan trytophan atau yang sering disebut zat penidur. Trytophan, yang merupakan jenis asam lemak, berfungsi menghasilkan serotonin yang dapat mengendurkan syaraf pada pusat otak. Saat otak sudah rileks, Anda akan lebih mudah tertidur dengan kualitas yang baik.

Trytophan banyak terdapat pada makanan berkabohidrat ringan. Kue muffin, biskuit, atau buah bisa dijadikan solusi. Namun jangan terlalu kenyang, pencernaan Anda akan terbebani karena harus bekerja keras mencerna, sehingga istirahat Anda tidak dapat maksimal.

5. Lakukan aktivitas yang membuat Anda nyaman untuk tidur

Anda bisa memulainya dengan menuangkan minyak aromaterapi pada diffuser, mandi air hangat, menyetel lagu favorit atau melapisi tempat tidur dengan selimut yang nyaman. Saat tidur, matikan lampu, matikan hal hal yang menimbulan suara, pastikan anda nyaman dengan suhu ruangan tidur anda. Jauhkan jam meja dari pandangan anda karena benda itu dapat membuat anda cemas karena belum dapat terlelap sementara jarum jam kian larut.

6. Tempat tidur hanya untuk tidur

Bila Anda ingin membaca atau menonton tv sebaiknya lakukan di tempat lain sehingga saat Anda pergi ke tempat tidur, ‘alarm’ di tubuh Anda segera mengingatkan bahwa ini adalah waktu untuk tidur. Hal ini akan membantu tubuh anda menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tidur. Saat anda berbaring di tempat tidur, maka akan timbul rangsangan untuk tidur.

7. Jernihkan pikiran

Jernihkan pikiran anda. Enyahkan segala kekhawatiran yang menghinggapi pikiran anda. Salah satu cara untuk ini adalah menuliskan semua pikiran anda lewat media blog.

8. Tidur dan bangunlah dalam periode yang teratur

Tidur dan bangunlah dalam periode waktu yang teratur setiap hari. Waktu tidur yang kacau akan mengacaukan waktu tidur anda selanjutnya.

source : netsains.com
~ You are what you eat ~

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Tips Mengatasi Gangguan Susah Tidur
« Jawab #1 pada: Juni 07, 2010, 11:45:34 PM »
kalo ga salah ada tips minum susu anget seblom bobo... (tapi jangan lupa kumur dan sikat gigi setelahnya biar gigi ga rusak). terus ada lagi, sebaiknya suhu ruang diatur senyaman mungkin, jangan minum air terlalu banyak seblom bobo (biar ga bangun bolak-balik ke kamar kecil), dan kaki bisa diselimuti ato pake kaos kaki biar tetep anget.
tips lain adalah tidur dalam kondisi gelap untuk merangsang pembentukan melatonin sehingga tidur bisa lebih nyenyak dan pas bangun bisa lebih fresh.

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Tips Mengatasi Gangguan Susah Tidur
« Jawab #2 pada: Juni 08, 2010, 05:19:37 AM »
Bisa juga pake diazepam.. ;D
OOT OOT OOT..!!!

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Tips Mengatasi Gangguan Susah Tidur
« Jawab #3 pada: Juni 08, 2010, 07:17:42 AM »
bole dimakan emangne diazepam..?
bukannya masuk ke narkoba2an itu..?

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Tips Mengatasi Gangguan Susah Tidur
« Jawab #4 pada: Juni 08, 2010, 07:59:06 AM »
ampun dah... ini yang alami, tanpa obat. kalo mo pake yang alami bisa pake pala.

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Tips Mengatasi Gangguan Susah Tidur
« Jawab #5 pada: Juni 08, 2010, 08:33:46 AM »
Atau palu..
(sori mod.. hahahaha ;D )

Kenapa kalau sehabis makan siang, kita jadi ingin tidur?

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Tips Mengatasi Gangguan Susah Tidur
« Jawab #6 pada: Juni 08, 2010, 09:20:46 AM »
@Sisca: Diazepam termasuk golongan psikoaktif, bukan narkoba.

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
Re: Tips Mengatasi Gangguan Susah Tidur
« Jawab #7 pada: Juni 08, 2010, 02:04:50 PM »
diazepam juga bisa menyebabkan depresi sistem pernafasan kan? :(

pake palu (kayak yang dianjurkan Mas Hur) juga bisa tidur kok :) alami, murah, berkhasiat nyata, dan efek samping minimal (cuma resiko kematian aja kok...1 aja :P)

pala nya diapain Om Mod? jangan2 "pala" nya dipalu :P (bagi yang ngerti tolong ikut ketawa :D :D :D)
Best Regards,


Astrawinata G

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Tips Mengatasi Gangguan Susah Tidur
« Jawab #8 pada: Juni 08, 2010, 02:10:56 PM »
hahahahhaha~
sisca ikut ketawa.. XD

hm..
oh.. psikoaktif.. hmm.. ga mudeng.. ntar deh.. googling aja.. hheehehe~

hm.. oh ya. kenapa habis makan siang jadi ngantuk...
kata pak guru owe, biasanye itu tanda2 hipertensii.??
owe tanya jalan kesimpulannya itu dari mana..
ntah apa dia bilang... :( larii~

Offline Astrawinata G

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.406
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
Re: Tips Mengatasi Gangguan Susah Tidur
« Jawab #9 pada: Juni 08, 2010, 03:14:38 PM »
setelah makan organ pencernaan kita butuh energi lebih dan oksigen untuk mencerna makanan. jadi suplai darah di otak dikurangi sedikit dan timbul efek mengantuk,,,,

yang jadi pertanyaan, mengapa hanya pada siang hari? ???

Offline riandono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 622
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
Re: Tips Mengatasi Gangguan Susah Tidur
« Jawab #10 pada: Juni 08, 2010, 03:28:18 PM »
Palu (Myristica fragrans) diduga memiliki aktivitas cannabinoid-like dan juga amphetamine-like. Tergantung pada cara fraksinasi dan rute pemberiannya.

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Tips Mengatasi Gangguan Susah Tidur
« Jawab #11 pada: Juni 08, 2010, 04:14:11 PM »
diazepam juga bisa menyebabkan depresi sistem pernafasan kan? :(
Kalau overdosis tentunya..

pala nya diapain Om Mod? jangan2 "pala" nya dipalu :P (bagi yang ngerti tolong ikut ketawa :D :D :D)
krik krik krik.......

Palu (Myristica fragrans) diduga memiliki aktivitas cannabinoid-like dan juga amphetamine-like. Tergantung pada cara fraksinasi dan rute pemberiannya.
Palu punya nama latin?
Pala kali maksudnya mas...
Kalo cannabinoid kan menekan, bisa deh jadi tidur.
Kalo amphetamine kan merangsang, malah makin jor2an donk..

hm.. oh ya. kenapa habis makan siang jadi ngantuk...
kata pak guru owe, biasanye itu tanda2 hipertensii.??
owe tanya jalan kesimpulannya itu dari mana..
ntah apa dia bilang... :( larii~
Pak guru sisca kayaknya suka ngasih jawaban yang aneh2 trus gak ada penjelasan lanjut ya?
Ada yang bisa memikirkan hubungan hipertensi dengan ngantuk sehabis makan?
Saya tidak bisa.....
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.

Offline riandono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 622
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
Re: Tips Mengatasi Gangguan Susah Tidur
« Jawab #12 pada: Juni 08, 2010, 04:41:41 PM »
wakaka... iya salah tulis, maksudnya pala

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: Tips Mengatasi Gangguan Susah Tidur
« Jawab #13 pada: Juni 09, 2010, 12:14:21 AM »
hm.. oh ya. kenapa habis makan siang jadi ngantuk...
kata pak guru owe, biasanye itu tanda2 hipertensii.??
owe tanya jalan kesimpulannya itu dari mana..
ntah apa dia bilang... :( larii~
Pak guru sisca kayaknya suka ngasih jawaban yang aneh2 trus gak ada penjelasan lanjut ya?
Ada yang bisa memikirkan hubungan hipertensi dengan ngantuk sehabis makan?
Saya tidak bisa.....
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.


spoilernya itu lo.. ga nahan.. XDDD haha~
ok ok ok...
ntah ya.. biar saya bongkar2 catatan dulu.. siapa tau ada sisca tulis penjelasannya...
...................
ah..
setelah bongkar2.. emang ga ada penjelasannya..
cuma dibilang, apabila setelah makan mengantuk, itu tanda2 hipertensi.. .^^"
kemaren ada yg tanya kenapa bisa begitu..
emang ga dikasi penjelasan yg lebih gimana gitu...
jadi ya uda deh.. hwehwehwehwehwe~ ^^"

apa mungkin ya... dibilang gitu karna..
setelah makan, makanan di bakar..
tubuh kekurangan oksigen, ngantuk...  hasil pencernaan diedarkan lewat pemb.darah...
karna ngantuk tidur orangnya,,,
ga ada aktivitas yg membutuhkan byk energi...
sehingga, hasil pencernaan ga byk dipake.. berakumulasi2
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.
, akhirnya membentuk endapan di pemb.darah..
darah tersumbat..
hipertensi deh..
TARANGGG..!!!
hahahahahhaha~
(bisa gitu ya.? XDD)

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Tips Mengatasi Gangguan Susah Tidur
« Jawab #14 pada: Juni 09, 2010, 12:48:49 AM »
( ^_^')
mungkin maksudnya hipotensi? ngantukan kan salah satu tanda hipotensi, meskipun orang ngantukan belum pasti hipotensi.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
7220 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 12, 2008, 03:47:14 AM
oleh insan sains
6 Jawaban
5201 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 18, 2009, 08:15:07 AM
oleh reborn
10 Jawaban
5928 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 11, 2010, 12:25:03 AM
oleh syx
15 Jawaban
4833 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 28, 2010, 09:09:22 PM
oleh Takagi Fujimaru
2 Jawaban
2634 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 03, 2011, 09:30:00 AM
oleh Farabi