Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juli 06, 2022, 05:57:14 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 67
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 23
Total: 23

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Tips Mengatasi Gangguan Susah Tidur

Dimulai oleh sisca, chemistry, Juni 06, 2010, 04:55:42 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

sisca, chemistry

[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
Anda pasti pernah merasa gelisah karena tidak dapat tidur meski waktu sudah menunjukkan tengah malam? Meski berusaha memejamkan mata, pikiran Anda terus melayang hingga tak bisa tidur. Alhasil, badan pun lemas di pagi hari dan kepala terasa pusing karena kondisi tubuh masih kurang untuk istirahat. Inilah gejala insomnia yang harus Anda waspadai.

Insomnia dapat diartikan sebagai suatu keadaan yang mana seseorang mengalami kesulitan untuk tidur atau tidak dapat tidur dengan nyenyak. Rata rata setiap orang pernah mengalami insomnia sekali dalam hidupnya. Bahkan ada yang lebih ekstrim menyebutkan 30 – 50% populasi mengalami insomnia.

Penyebab Insomnia
Insomnia ini bisa disebabkan menyerang semua golongan usia. Meskipun demikian, angka kejadian insomnia akan meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Hal ini mungkin disebabkan oleh stress yang sering menghinggapi orang yang berusia lebih tua. Disamping itu, perempuan dikatakan lebih sering menderita insomnia bila dibandingkan laki laki.

Selain karena masalah stress, insomnia juga bisa terjadi karena ada masalah pada makanan Anda. Hal lain yang bisa menyebabkan insomnia adalah suasana kamar yang tidak mendukung, cemas, hingga konsumsi kafein yang berlebih.

Tips Mengatasi Susah Tidur / Insomnia

1. Olahraga teratur

Berolah raga teratur. Beberapa penelitian menyebutkan berolah raga yang teratur dapat membantu orang yang mengalami masalah dengan tidur. Olah raga sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan bukan beberapa menit menjelang tidur. Dengan berolah raga, kesehatan anda menjadi lebih optimal sehingga tubuh dapat melawan stress yang muncul dengan lebih baik.

2. Kurangi konsumsi kaffein

Minimalisasikan asupan kafein seperti teh atau kopi. Bila Anda ingin mengkonsumsinya, lakukanlah di pagi hari, atau paling lambat 4 jam sebelum tidur di malam hari. Kafein yang dikonsumsi terlalu dekat dengan waktu tidur hanya akan menghambat datangnya rasa kantuk.

3. Perhatikan waktu makan

Anda mesti memperhatikan waktu makan, beri waktu minimal dua jam sebelum tidur setelah menyantap makanan terakhir makan malam. Jarak makan yang terlalu dekat dengan waktu tidur justru akan meningkatkan metabolisme dan suhu tubuh, sehingga membuat tidur semakin sulit. Dengan cara ini, Anda juga dapat menjaga berat badan, mengingat tidur setelah makan besar akan banyak menyimpan lemak.

Jika benar-benar kelaparan, pilihlah cemilan seperti sereal gandum yang dicampur susu, tofu, bubur gandum, atau roti yang ditaburi wijen. Namun, tetap saja berikan jarak minimal satu jam sebelum tidur karena tryptophan juga membutuhkan waktu untuk merangsang otak.

4. Makanlah makanan berkarbohidrat menjelang tidur

Untuk bisa tidur dengan nyenyak, tubuh Anda membutuhkan trytophan atau yang sering disebut zat penidur. Trytophan, yang merupakan jenis asam lemak, berfungsi menghasilkan serotonin yang dapat mengendurkan syaraf pada pusat otak. Saat otak sudah rileks, Anda akan lebih mudah tertidur dengan kualitas yang baik.

Trytophan banyak terdapat pada makanan berkabohidrat ringan. Kue muffin, biskuit, atau buah bisa dijadikan solusi. Namun jangan terlalu kenyang, pencernaan Anda akan terbebani karena harus bekerja keras mencerna, sehingga istirahat Anda tidak dapat maksimal.

5. Lakukan aktivitas yang membuat Anda nyaman untuk tidur

Anda bisa memulainya dengan menuangkan minyak aromaterapi pada diffuser, mandi air hangat, menyetel lagu favorit atau melapisi tempat tidur dengan selimut yang nyaman. Saat tidur, matikan lampu, matikan hal hal yang menimbulan suara, pastikan anda nyaman dengan suhu ruangan tidur anda. Jauhkan jam meja dari pandangan anda karena benda itu dapat membuat anda cemas karena belum dapat terlelap sementara jarum jam kian larut.

6. Tempat tidur hanya untuk tidur

Bila Anda ingin membaca atau menonton tv sebaiknya lakukan di tempat lain sehingga saat Anda pergi ke tempat tidur, 'alarm' di tubuh Anda segera mengingatkan bahwa ini adalah waktu untuk tidur. Hal ini akan membantu tubuh anda menyesuaikan diri dengan lingkungan tempat tidur. Saat anda berbaring di tempat tidur, maka akan timbul rangsangan untuk tidur.

7. Jernihkan pikiran

Jernihkan pikiran anda. Enyahkan segala kekhawatiran yang menghinggapi pikiran anda. Salah satu cara untuk ini adalah menuliskan semua pikiran anda lewat media blog.

8. Tidur dan bangunlah dalam periode yang teratur

Tidur dan bangunlah dalam periode waktu yang teratur setiap hari. Waktu tidur yang kacau akan mengacaukan waktu tidur anda selanjutnya.

source : [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

syx

kalo ga salah ada tips minum susu anget seblom bobo... (tapi jangan lupa kumur dan sikat gigi setelahnya biar gigi ga rusak). terus ada lagi, sebaiknya suhu ruang diatur senyaman mungkin, jangan minum air terlalu banyak seblom bobo (biar ga bangun bolak-balik ke kamar kecil), dan kaki bisa diselimuti ato pake kaos kaki biar tetep anget.
tips lain adalah tidur dalam kondisi gelap untuk merangsang pembentukan melatonin sehingga tidur bisa lebih nyenyak dan pas bangun bisa lebih fresh.

Huriah M Putra

[move]OOT OOT OOT..!!![/move]

sisca, chemistry

bole dimakan emangne diazepam..?
bukannya masuk ke narkoba2an itu..?
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

syx

ampun dah... ini yang alami, tanpa obat. kalo mo pake yang alami bisa pake pala.

Huriah M Putra

Atau palu..
(sori mod.. hahahaha ;D )

Kenapa kalau sehabis makan siang, kita jadi ingin tidur?
[move]OOT OOT OOT..!!![/move]

Huriah M Putra

@Sisca: Diazepam termasuk golongan psikoaktif, bukan narkoba.
[move]OOT OOT OOT..!!![/move]

Astrawinata G

diazepam juga bisa menyebabkan depresi sistem pernafasan kan? :(

pake palu (kayak yang dianjurkan Mas Hur) juga bisa tidur kok :) alami, murah, berkhasiat nyata, dan efek samping minimal (cuma resiko kematian aja kok...1 aja :P)

pala nya diapain Om Mod? jangan2 "pala" nya dipalu :P (bagi yang ngerti tolong ikut ketawa :D :D :D)
Best Regards,


Astrawinata G

sisca, chemistry

hahahahhaha~
sisca ikut ketawa.. XD

hm..
oh.. psikoaktif.. hmm.. ga mudeng.. ntar deh.. googling aja.. hheehehe~

hm.. oh ya. kenapa habis makan siang jadi ngantuk...
kata pak guru owe, biasanye itu tanda2 hipertensii.??
owe tanya jalan kesimpulannya itu dari mana..
ntah apa dia bilang... :( larii~
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

Astrawinata G

setelah makan organ pencernaan kita butuh energi lebih dan oksigen untuk mencerna makanan. jadi suplai darah di otak dikurangi sedikit dan timbul efek mengantuk,,,,

yang jadi pertanyaan, mengapa hanya pada siang hari? ???
Best Regards,


Astrawinata G

riandono

Palu (Myristica fragrans) diduga memiliki aktivitas cannabinoid-like dan juga amphetamine-like. Tergantung pada cara fraksinasi dan rute pemberiannya.

Huriah M Putra

Kutip dari: Astrawinata G pada Juni 07, 2010, 11:04:50 PM
diazepam juga bisa menyebabkan depresi sistem pernafasan kan? :(
Kalau overdosis tentunya..

Kutip dari: Astrawinata G pada Juni 07, 2010, 11:04:50 PM
pala nya diapain Om Mod? jangan2 "pala" nya dipalu :P (bagi yang ngerti tolong ikut ketawa :D :D :D)
krik krik krik.......

Kutip dari: riandono pada Juni 08, 2010, 12:28:18 AM
Palu (Myristica fragrans) diduga memiliki aktivitas cannabinoid-like dan juga amphetamine-like. Tergantung pada cara fraksinasi dan rute pemberiannya.
Palu punya nama latin?
Pala kali maksudnya mas...
Kalo cannabinoid kan menekan, bisa deh jadi tidur.
Kalo amphetamine kan merangsang, malah makin jor2an donk..

Kutip dari: sisca, chemistry pada Juni 07, 2010, 11:10:56 PM
hm.. oh ya. kenapa habis makan siang jadi ngantuk...
kata pak guru owe, biasanye itu tanda2 hipertensii.??
owe tanya jalan kesimpulannya itu dari mana..
ntah apa dia bilang... :( larii~
Pak guru sisca kayaknya suka ngasih jawaban yang aneh2 trus gak ada penjelasan lanjut ya?
Ada yang bisa memikirkan hubungan hipertensi dengan ngantuk sehabis makan?
Saya tidak bisa.....
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.
[move]OOT OOT OOT..!!![/move]

riandono

wakaka... iya salah tulis, maksudnya pala

sisca, chemistry

Kutip dari: Huriah M Putra pada Juni 08, 2010, 01:14:11 AM
Kutip dari: sisca, chemistry pada Juni 07, 2010, 11:10:56 PM
hm.. oh ya. kenapa habis makan siang jadi ngantuk...
kata pak guru owe, biasanye itu tanda2 hipertensii.??
owe tanya jalan kesimpulannya itu dari mana..
ntah apa dia bilang... :( larii~
Pak guru sisca kayaknya suka ngasih jawaban yang aneh2 trus gak ada penjelasan lanjut ya?
Ada yang bisa memikirkan hubungan hipertensi dengan ngantuk sehabis makan?
Saya tidak bisa.....
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.


spoilernya itu lo.. ga nahan.. XDDD haha~
ok ok ok...
ntah ya.. biar saya bongkar2 catatan dulu.. siapa tau ada sisca tulis penjelasannya...
...................
ah..
setelah bongkar2.. emang ga ada penjelasannya..
cuma dibilang, apabila setelah makan mengantuk, itu tanda2 hipertensi.. .^^"
kemaren ada yg tanya kenapa bisa begitu..
emang ga dikasi penjelasan yg lebih gimana gitu...
jadi ya uda deh.. hwehwehwehwehwe~ ^^"

apa mungkin ya... dibilang gitu karna..
setelah makan, makanan di bakar..
tubuh kekurangan oksigen, ngantuk...  hasil pencernaan diedarkan lewat pemb.darah...
karna ngantuk tidur orangnya,,,
ga ada aktivitas yg membutuhkan byk energi...
sehingga, hasil pencernaan ga byk dipake.. berakumulasi2
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.
, akhirnya membentuk endapan di pemb.darah..
darah tersumbat..
hipertensi deh..
TARANGGG..!!!
hahahahahhaha~
(bisa gitu ya.? XDD)
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

syx

( ^_^')
mungkin maksudnya hipotensi? ngantukan kan salah satu tanda hipotensi, meskipun orang ngantukan belum pasti hipotensi.