Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Januari 29, 2023, 10:17:01 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,651
  • Total Topik: 10,406
  • Online today: 43
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 27
Total: 27

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Tolong Bantuin Dong....

Dimulai oleh raisuien, Januari 22, 2010, 10:31:42 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Huriah M Putra

Lupa lupa lupa...
Disentri mungkin (jawaban pertama)
[move]OOT OOT OOT..!!![/move]

raisuien

Seorang wanita berusia 42 tahun datang ke poliklinik dengan keluhan nyeri pada perut bagian kanan atas, sambil memegangi perut kanannya. Dari keterangan keluarga pasien, wanita tersebut merasa kesakitan sejak 30 menit yg lalu dan sudah sebulan berat badannya terus menurun. Pemeriksaan fisik : keadaan umum tampak kesakitan, kulit ikterik, suhu 38 derajat C, pernapasan 24 X / menit, TD 120/80 mmHg, nadi 98X / menit, BB 72 kg, TB 160 cm

Working Diagnosis ?
Thanx before....

riandono

data CK, SGPT dan SGOT nya ga ada ya?

Astrawinata G

abses hepar....
DD: batu empedu....
butuh more info nih
Best Regards,


Astrawinata G

raisuien

dikasih infonya cuma segitu.. mknya bingung jg...
bisa kolelitiasis / koledolitiasis ???

Astrawinata G

iya, itu Dx dan DD terkuatnya :)
Best Regards,


Astrawinata G

Huriah M Putra

[move]OOT OOT OOT..!!![/move]

raisuien

Bayi berusia 8 hari dibawa ibunya ke poliklinik dengan keluhan anaknya malas minum susu dan tampak tidak aktif sejak berumur 3 hari. Pasien dilahirkan di rumah dan ditolong oleh dukun beranak. Pada saat lahir, bayi langsung menangis. Pada pemeriksaan fisik bayi tampak kuning, hati teraba 3 jari di bawah arcus costa dan 2 jari di bawah processus xyphoideus.
WD ?

thanx before..

Huriah M Putra

#68
Kernikterus?
Akibat inkompatibilitas golongan darah?
Butuh pemeriksaan lebih lanjut..
[move]OOT OOT OOT..!!![/move]

raisuien

Kutip dari: Huriah M Putra pada Juni 26, 2010, 11:43:29 AM
Kernikterus?
Akibat inkompatibilitas golongan darah?
Butuh pemeriksaan lebih lanjut..

apa bisa jg sepsis atau hepatitis neonatal ???

Huriah M Putra

Karna dia ikterus sejak lahir, dan sekarang jadi malas makan, kemungkinan uda sampe otak.
Jadi kernikterus..
Salah satu penyebab ikterus sejak lahir, ya inkompatibilitas golongan darah.
Yang menguatkan diagnosis ya hepatomegaly.

Kalo sepsis, kenapa bisa kuning sejak lahir?
Kalo hepatitis neonatal, gak pernah denger yang gituan tuh..
[move]OOT OOT OOT..!!![/move]

Astrawinata G

"hati teraba 3 jari di bawah arcus costa dan 2 jari di bawah processus xyphoideus"

kalo boleh tahu, batas normalnya dimana?
Best Regards,


Astrawinata G

Huriah M Putra

Kutippada anak normal pinggir bawah hati masih teraba 1 cm di bawah arcus costarum, kanan dan pada bayi teraba 2 cm
Asumsiku kalau sesuatu dimasukkan ke dalam soal yang datanya sangat tidak jelas, maka itu adalah petunjuk.
Setelah dicari2, ternyata bener.
[move]OOT OOT OOT..!!![/move]

Astrawinata G

ooh, kalo boleh tahu batas normalnya berapa Mas?
Best Regards,


Astrawinata G

Huriah M Putra

[move]OOT OOT OOT..!!![/move]