Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Oktober 20, 2021, 12:09:20 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 77
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 36
Total: 36

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: isomer ?  (Dibaca 15528 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline truf777

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 228
  • IQ: 32
  • Jadi dokter gigi susah yah ?
Re: isomer ?
« Jawab #15 pada: Juni 08, 2010, 10:53:09 AM »
udah lolos kok tes-nya :D
tau jawaban bener apa kgk :D
yang ptg nyos
"I've always wondered if there was a god. And now I know there is --
and it's me." -homer simpson-

Faith means not wanting to know what is true. – Friedrich Nietzsche

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: isomer ?
« Jawab #16 pada: Juni 09, 2010, 01:42:55 AM »
sisca klo jelasin isomer, mulai awal aja...jgn langsung gitu... ==a
iye.. ga pinter ngejelasin.. haha~

@truff : aq juga buat artikelnya nihh....
http://mediabelajaronline.blogspot.com/2010/05/isomer-hidrokarbon.html
mantap nih truf777...
+1 IQ deh buat bung galih.. ^^

udah lolos kok tes-nya :D
tau jawaban bener apa kgk :D
yang ptg nyos
whaa. mantapp.. wkkwkwkwkwk~
kapan makan2nya.?
hahaha~
~ You are what you eat ~

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
Re: isomer ?
« Jawab #17 pada: Juni 09, 2010, 09:28:41 AM »
sisca taunya makan" mlulu...
=.,=
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

Offline truf777

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 228
  • IQ: 32
  • Jadi dokter gigi susah yah ?
Re: isomer ?
« Jawab #18 pada: Juni 09, 2010, 10:00:13 AM »
kerjain 1 soal aja masa makan :D

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: isomer ?
« Jawab #19 pada: Juni 09, 2010, 01:21:25 PM »
whaa,, ga jadi deh sekarang.. tadi lagi laper.. sekarang uda kekeyangan bgt.. sampe ga enak perutne... T.,T

Offline truf777

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 228
  • IQ: 32
  • Jadi dokter gigi susah yah ?
Re: isomer ?
« Jawab #20 pada: Juni 09, 2010, 01:48:41 PM »
olahraga aja :D biar bakar kalori

Offline altair

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 19
  • IQ: 12
  • Gender: Pria
Re: isomer ?
« Jawab #21 pada: Januari 02, 2011, 08:42:21 AM »
isomer ruang.., biasanya alkilnya yg beda beda.. tapi jumlah atom C-nya sama...
contoh isomer ruang :
.png?imgmax=800/]

ini yg cis trans.. cis sepihak.. trans silang..


isomer posisi... biasanya itu ikatan rangkapnya yg pindah2.. (yg beda beda).. tapi jumlah atom C-nya sama...

ISOMER ALKUNA (ini isomer posisi...)

Etuna (C2H2), propena (C3H4) tidak mempunyai isomeri karena hanya ada satu struktur.

Isomer dari butuna (C4H6):

Isomer pentuna (C5H8)


nih nih.. lebih mantap..
monggo.. printt.. >,,<
http://www.chem-is-try.org/materi_kimia/kimia_organik_dasar/isomer_pada_senyawa_organik/stereoisomer_isomer_geometrik/


mau nambahin cis bisa diganti dengan z, misal cis-2-butena jadi z-2-butena
kalo trans bisa diganti ama e, misal trans-2-butena jadi e-2-butena
pernah nemu soal kaya gitu

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: isomer ?
« Jawab #22 pada: Januari 02, 2011, 03:08:04 PM »
ohh...
Jarang keluar mah z sama e..
XD

E = entgegen ~ trans
Z = zusammen ~ cis
Dari bahasa jerman kedua kata itu diambilnya..
entgegen artinya berlawanan
zumsammen artinya bersamaan
:D

Awalan E dan Z biasanya digunakan kalo awalan cis dan trans susah untuk ditentukan.
Seingat saya, dalam penggunaan awalan E dan Z ini ada digunakan aturan prioritas (priority rule) dari Cahn - Ingold - Prelog (CIP). :D
(Untuk jelasnya monggo ditanya sama om google.. hihihihi~ )

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
11854 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 17, 2018, 09:28:59 PM
oleh Suzan671