Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

April 16, 2024, 12:52:28 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 37
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 42
Total: 42

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

seputar rumuss empiris,, bantuinn dong ^^

Dimulai oleh tennyson, November 27, 2009, 09:03:41 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

tennyson

 ;)tanya yapp,, ni aq mou ujian tp masih blom dong soal yg beginian :: ???

* Berapa gram Mn terdapat dalam 200 gram batu kawi yang mengandung 87% MnO2? (Ar O = 16 ; Mn = 55)

*Brapa gram masing* senyawa berikut diperlukan untuk mendapatkan 100 gram nitrogen?
A. CO(NH2)2
B. (NH4)2HPO4
(Ar H= 1; C=12; O = 16; P =13)

*Suatu bijih besi mengandung besi sebagai Fe3O4. Dari 50 gram bijih tsb dapat diperoleh 2,6 gram besi. tentukan % Fe3O4 dalam bijih tsb. Nb : Ar O = 16 ; Fe = 56.

* Haem0gl0bin dengan masa m0lekul relatif ( Mr ) 68.000 mengandung 0,33% besi. Hitunglah jumlah at0m besi dalam setiap m0lekul haem0gl0bin tsb!

* Klorofil mengandung 2,72% magnesium berdasarkan massanya. anggaplah bahwa tiap m0lekul kl0r0fil mengandung 1 at0m Mg. Berapakah masra m0lekul relatif ( Mr ) klorofil itu? (Ar Mg = 24 )

* Pada pembakaran sempurna 2,3 gram suatu senyawa yang mengandung C,H,dan O ,dihasilkan 4,4 gram CO2 dan 2,7 gram H2O. Tentukanlah rumus empiris senyawa tsb.

* Pada pembakaran sempurna 1,3 gram suatu hidrokarb0n ( CxHy ) dihasilkan 4,4 gram CO2. Massa 5 liter senyawa (T,P) adalah 6,5 gram. Pada T, P yang sama, massa 1 liter oksigen adalah 1,6 gram. tentukan rumuz m0lekul hidrokarb0n tersebut.


yakk,, cukup sekian dan terimakasih ya smua ^^
thakzz bgt atas jawabannya... xD
toP deh yg bisa jawab and bethul !! :)

Media Kimia

cari aja perbandingan mol masing2 unsur. dari situ bisa diketahui rumus empirisnya

sisca, chemistry

* Berapa gram Mn terdapat dalam 200 gram batu kawi yang mengandung 87% MnO2? (Ar O = 16 ; Mn = 55)

-->87/100 . 200gr = 174 gram MnO2
174 gr / 87 = 2 mol
mol Mn  55 / 87 . 2 =1,26 mol
1,26 mol Mn . Mr Mn (55) = 69,3gr..?

bertele2 sih cara aku..
hahahhaha~
tapi bener ga yach.?
uda lama ga ngerjain beginian...
:P
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

sisca, chemistry

* Haem0gl0bin dengan masa m0lekul relatif ( Mr ) 68.000 mengandung 0,33% besi. Hitunglah jumlah at0m besi dalam setiap m0lekul haem0gl0bin tsb!
--> 4....
0,33% = x. 56 / 68.000 . 100%
224,4 =x. 56
x = 4
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

galihutomo

 Berapa gram Mn terdapat dalam 200 gram batu kawi yang mengandung 87% MnO2? (Ar O = 16 ; Mn = 55)

kandungan MnO2 dalam batu kawi -->87/100 . 200gr = 174 gram MnO2

massa Mn dalam MnO2 = perbandingan Mr nya.... (kan asalnya Mr dulunya juga perbandingan massa...yakni massa unsur tertentu dibanding massa 1 /12 .massa unsur  C-12)

55 / 87 . 174 = 110 g

kunjungi donk blog q di :   [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]


galihutomo

* Haem0gl0bin dengan masa m0lekul relatif ( Mr ) 68.000 mengandung 0,33% besi. Hitunglah jumlah at0m besi dalam setiap m0lekul haem0gl0bin tsb!

Mr total besi dalam Hb = 0,33 % . 68.000 = 33/10.000 . 68.000 = 224,4

jumlah besi = Mr total besi/ Mr besi = 224,4/56 = 4

ni bener soal sma ???? materinya sih masuk tapi kok angkanya besar bgt ya.... :)

*Brapa gram masing* senyawa berikut diperlukan untuk mendapatkan 100 gram nitrogen?

CO(NH2)2.....

massa CO(NH2)2 yang dibutuhin = (Mr CO(NH2)2/ [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.] N) x 100 gram = (60/28) x 100 gram = 241,286 gram

sisanya dikerjakan sendiri aja y... tipe soalnya sama semua siiih.... :angel: