Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Desember 02, 2022, 09:20:52 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,639
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 55
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 37
Total: 37

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

kelarutan senyawa non polar

Dimulai oleh faenscy, September 08, 2010, 12:53:58 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

faenscy

kuliah, tp baru smester 1, di makul kimia dasar masi aga ngulang2 sma gt..hehe

nah, tp ada yang aneh lagi stelah aq liat hasil percobaannya..
etanol kok ga larut sama skali ya sama CuSO4? CuSO4 nya wujudnya padatan.. apa wujud zatnya berpengaruh?

trus CH3COOH n etanol yang punya gugus polar n nonpolar brarti dikategorikan pelarut polar atau semipolar?

faenscy

hmm.. stelah saya cari etanol dan CH3COOH termasuk pelarut polar. alasannya karena mengandung gugus hidroksi dan rantai karbonnya masih sederhana. hubungan rantai karbon yang sderhana dan kepolaran molekul apa ya?

lalu, pelarut semipolar itu apa dan contohnya apa?

CuSO4 td jg knp tdk larut dalam etanol?  ???

makasii..

nandaz

...setahu saya ikatan semipolar itu terjadi pada kovalen koordinasi, ini contohnya ion2 amoniak. Untuk mengetahui kelarutan berdasarkan  kepolaran, atau suatu zat dapat larut dalam pelarut polar mirip prinsip "like disolve like". hubungannya rantai karbon dengan kepolaran molekul aku tak tau pasti, biasanya senyawa2 yang banyak mengandung unsur hidroksil akan polar. 
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

nandaz

soal reaksi antara CuSO4 dengan etanol aku pernah mempraktikkannya dulu. CuSO4 adalah padatan berwarna putih. Jika terkena air akan membentuk garam hidrat dan membiru(sewaktu itu etanolku mengandung air). Hasilnya juga tidak larut dalam etanol...
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

faenscy

ow.. iya2..
ni ada sumber yg bilang kalo etanol itu meskipun polar, tetapi kepolarannya rendah, sehingga tidak mampu melarutkan CuSO4 yang merupakan senyawa ion dengan kepolaran tinggi. bner atau tdk alasan itu ya?

galihutomo

Kutip dari: nandaz pada September 27, 2010, 07:31:17 PM
soal reaksi antara CuSO4 dengan etanol aku pernah mempraktikkannya dulu. CuSO4 adalah padatan berwarna putih. Jika terkena air akan membentuk garam hidrat dan membiru(sewaktu itu etanolku mengandung air). Hasilnya juga tidak larut dalam etanol...

@nandaz : trus pada waktu itu alasan yg kmu kemukakan apa? apa spt yg faenscy kemukakan....... :P

faenscy

#21
haha.. klo ga sama, ksi tau y alesannya..

ow iya, klo senyawa kovalen polar larut itu apa bisa mengion jadi ion + dan -?
kalo bisa, brarti yg dkerumuni molekul air (hidrasi) kan ion2nya. kalo ga bisa mengion, yang terhidrasi apa? apa 1 molekul utuh terhidrasi?

dan kalo trnyata kovalen polar bisa mengion, maka CH3COOH akan mengion jadi CH3COO- dan H+.. jika mengion sperti ini, maka gugus hidroksi akan terpisah, berarti apa tidak dapat terbentuk ikatan hidrogen lagi dengan molekul air?

atau sebagian dari CH3COOH yang tidak terdisosiasi yang akan membentuk ikatan hidrogen dengan air?

nandaz

aku cuma bikin makalah aja lewat tabel kelarutan. ngga sampe menjelaskan dengan detail sih...
sebetulnya ngga semua senyawa kovalen dapat jadi + dan -,kecuali yang polar dan senyawa2 tersebut biasanya terionisasi sebagian, karena itu derajad ionisasinya rendah.
ex: CH3COOH + H2O \rightarrow CH3COO- +H3O+
ikatan hidrogen tetap berlangsung pada air kok...
aku tambah +1 IQ si faenscy atas Curiosity nya..
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

faenscy

haha.. ok2.. makasii nandaz..


btw, stelah q cari2 info, trnyata etanol  tdk dapat melarutkan CuSO4 karena meskipun polar, konstanta dielektrik etanol (=30) itu tidak cukup tinggi untuk bisa mengionkan CuSO4.. berbeda dengan air yg konstanta dielektriknya 80, dy bisa mengionkan CuSO4..
krn smakin besar nilai konstanta dielektrik, semakin kecil gaya coulomb yg bkerja di antara ion + n -.. tu sesuai prsamaan :

F= 1/D * q1 q2/ r

D=konstanta dielektrik

prinsip utamanya senyawa ion agar bisa larut kan harus terion dulu baru dikerumuni pelarutnya.. klo g bisa terion g mgkn larut..
gaya antarmolekul etanol dan CuSO4 < gaya elektrostatis antar molekul CuSO4.. jd g bisa larut.. gitu..  ;D

jadi, senyawa ion bisa larut dengan sembarang pelarut polar, tapi hanya dengan pelarut polar yg mampu mengionkannya.. :)

nandaz

wah, thanks infonya...aku juga ngga nyampe mencari tau sejauh itu sih.
meski tahun satu tapi kelihatannya kamu berbakat yah...Om gali tadi kemana yah?
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

faenscy

haha.. aminn.. gara2 penasaran aja, makanya cari info banyak, biar ngerti.. ;D

galihutomo

 :P @nandaz : aq gak kemana2 kok..... tetep kusimak.... nunggu yg lain kasih 'comment' aj...       
(sepiii.... Hhe... tapi ini satu2 forum yang kuikuti....  :D jarang ada khn forum pendidikan...)

@faenscy : Kmu cari info ttg konstanta dielektrik itu dimana ya... klo bisa di downloads ato ada alamatnya di web, minta donk....  ;D

faenscy

[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

di sinii..
nilai konstanta dielektriknya ada yg lbih dari 1, trgntung suhunya..

sbenernya buat kelarutan ini sndiri masi byk yg blm jls.. tp tar bsa cari2 ndiri d klo ada waktu..
makasii byk y bwt info2nya.. haha..