Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

April 24, 2024, 03:00:31 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 105
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 121
Total: 121

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

tata nama organik

Dimulai oleh altair, Januari 16, 2011, 03:42:18 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

altair

mau nanya, kalo penamaan IUPAC senyawa
(CH3)2-CH-CH2-O-COO-C2H5
gimana ya?

riandono

hayo... kan ada caranya di buku pelajaran to? :)

sinonim aja ya
isobutil propanoat atau isobutil propionat

altair

@riandono
kalo gugus R-OCOO-R, namanya gugus apa?

riandono

ya udah tak kasih nama IUPACnya
caranya cari di buku ya

2-methylpropyl propanoate


R-O-R  : eter
R-C(=O)-O-R : ester

sisca, chemistry

om dono..
Itu Oksigennya ada 3 biji lo..
Bukan ester donk ya?
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

riandono

OMG, saya salah, ada 3 biji ya

sorry mas altair
thank mbak siska atas koreksinya


oke well, berarti dia termasuk gugus fungsi: ester karbonat

ethyl 2-methylpropyl carbonate


sisca, chemistry

oh..
Kalo ada atom C dan 3 atom O itu langsung karbonat ya om?
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

riandono

ya nggak juga mbak, tergantung struktur gugus fungsi dan kerangka karbonnya juga. tp utk cara mudahnya boleh2 juga :)

Balya

propil isobutoksi karbonat, bener ga ya?
???
aku akan mengenalkan pendahulu ku lagi pada dunia dan akan mengikuti mereka.

sisca, chemistry

[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

Balya

astaga salah,

etil isobutoksi karbonat...

itukan ada unsur o yang mengikat alkil sekalian langsung di atom karbonat...
makanya jadi alkoksi (eter),

atau isobutoksi propanoat...

(koreksi kalau salah)
:)
aku akan mengenalkan pendahulu ku lagi pada dunia dan akan mengikuti mereka.