Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Oktober 22, 2021, 04:20:31 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 39
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 28
Total: 28

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: [ask] bagaimana menurut anda sekalian? (soal koligatif)  (Dibaca 8434 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline sukuchi92

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 15
  • IQ: 3
  • Gender: Pria
  • newbie
[ask] bagaimana menurut anda sekalian? (soal koligatif)
« pada: Agustus 26, 2009, 08:52:34 AM »
bila 6,84 gram gula tebu (Mr= 342) dicampurkan dengan 300 gram air, dicampurkan dengan larutan yang mengandung 1,8gram glukosa (Mr=180) dalam 200 gram air, berapakah titik didihnya?
Delta Tb = DeltaTb1+ Delta Tb2
            = Kb.m1+Kb.m2
            = Kb(m1+m2)

disini saya menggunakan p(massa pelarut) yang merupakan massa pelarut total (karena kan sudah dicampur)=0,3Kg+0,2Kg=0,5Kg
tapi menurut guru saya, harus digunakan masing2.
jadi untuk molalitas pertama harus (mol tebu/0,3Kg) dan
molalitas kedua harus (mol glukosa /0.2Kg)

bagaimana menurut anda sekalian?


saya sendiri menggunakan p=0,5Kg karena menurut saya molalitas yang digunakan harus molalitas yang saat dicampur
kalau benar seperti apa yang guru saya katakan, berarti sifat koligatif menjadi sangat tergantung kepada konsentrasi awal larutan sebelum dicampur dan menjadi tidak ekuivalen dengan larutan yang memiliki 6,84 gram gula tebu dan 1,8 gram glukosa dalam 500gram air (padahal larutan campurannya sama)

mohon pendapat dari anda sekalian

n.b. ini saya rada bingung mo taro di forum kimia ato disini soalnya rumus barusan gq ada di buku sma
esfuerzo y la mejora, hasta que pude romper mi propio límite de

effort et améliorer jusqu'à ce que je pourrait briser mon propre limite

sforzo e migliorare fino a quando ho potuto rompere il mio limite

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: [ask] bagaimana menurut anda sekalian? (soal koligatif)
« Jawab #1 pada: Agustus 26, 2009, 11:53:03 AM »
o,,,
ada koq rumus yg kyk gtu,,,

krna males bca jd gni ajah,,,
delta Tb = Kb . (G1 / Mr1 + G2 / Mr2) . 1000 / P1+P2

nah,,,
msukin ajah dech,,,
dpet dech jwbnnya,,,
;D
~ You are what you eat ~

Offline sukuchi92

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 15
  • IQ: 3
  • Gender: Pria
  • newbie
Re: [ask] bagaimana menurut anda sekalian? (soal koligatif)
« Jawab #2 pada: Agustus 27, 2009, 06:02:58 AM »
p1+p2 berarti yang 500gram kan? nah g disalahin pas jawab kyk gitu
tp kyknya uda bener..

thx untuk opininya(mo protes ke guru neh)

Offline sukuchi92

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 15
  • IQ: 3
  • Gender: Pria
  • newbie
Re: [ask] bagaimana menurut anda sekalian? (soal koligatif)
« Jawab #3 pada: Agustus 27, 2009, 07:36:47 AM »
bisa minta tolong gq?
ada gq di internet yang menjelaskan ttg itu?(plg gq link yg ada rumus itu lah)
soalnya takutnya dianggap ngasal ama ne guru...

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: [ask] bagaimana menurut anda sekalian? (soal koligatif)
« Jawab #4 pada: Agustus 27, 2009, 11:34:47 AM »
jwbnnya sama gag ama hasil yg didapet ama gru...?

klo gag sama,,, coba priksa pnya kmu dlu,,,
klo sama,,,,
silahkan protes ama grunya klo disalahkan krna caranya beda,,,,
ho5,,,,
;D
;D
;D

Offline sukuchi92

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 15
  • IQ: 3
  • Gender: Pria
  • newbie
Re: [ask] bagaimana menurut anda sekalian? (soal koligatif)
« Jawab #5 pada: Agustus 27, 2009, 11:40:51 AM »
intinya bedanya cuman 1
dia pake molalitas sebelum dicampur (kan aneh)
gw pake molalitas sesudah dicampur
sebenernya ini rada konyol sih tp itungan kalo uda beda disitu sampe kiamat jg gq bakal sama
padahal yang ditanya kan Tb zat campuran

masalahnya ne guru ngotot ampe nunjuk2 ke buku sumber
padahal sumbernya aj menurut gw gq membenarkan argumen dia
« Edit Terakhir: Agustus 27, 2009, 11:45:44 AM oleh sukuchi92 »

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: [ask] bagaimana menurut anda sekalian? (soal koligatif)
« Jawab #6 pada: Agustus 27, 2009, 11:44:24 AM »
jwbn kmu brapa emangnya....?

Offline sukuchi92

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 15
  • IQ: 3
  • Gender: Pria
  • newbie
Re: [ask] bagaimana menurut anda sekalian? (soal koligatif)
« Jawab #7 pada: Agustus 27, 2009, 11:48:38 AM »
pokoknya bedanya neh
jawaban gw
Kb [(n1+n2)/(p1+p2)]


nah jawaban gru gw

Kb [(n1/p1)+(n2/p2)]
kan konyol

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: [ask] bagaimana menurut anda sekalian? (soal koligatif)
« Jawab #8 pada: Agustus 27, 2009, 11:54:22 AM »
" disini saya menggunakan p(massa pelarut) yang merupakan massa pelarut total (karena kan sudah dicampur)=0,3Kg+0,2Kg=0,5Kg "

kmu pke cra gne...?

Offline sukuchi92

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 15
  • IQ: 3
  • Gender: Pria
  • newbie
Re: [ask] bagaimana menurut anda sekalian? (soal koligatif)
« Jawab #9 pada: Agustus 27, 2009, 11:56:19 AM »
yup
sama persis
molalitas harus yang baru dong

nah dia ngeliat di buku apa judulnya saya lupa
ada rumus untuk larutan dengan dua zat terlarut
DeltaTb =DeltaTb1+Delta Tb2

dia masukin gitu aj
konyol kn?

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: [ask] bagaimana menurut anda sekalian? (soal koligatif)
« Jawab #10 pada: Agustus 27, 2009, 12:04:26 PM »
0,3Kg+0,2Kg=0,5Kg

klo setau aq ya bang,,,
kita gag perlu ngubah ke kg,,,
lngsung masukin ajah,,,,
200 dan 300 gr itu,,,,

pokoknya hasilnya,,, 100, 03072 oC

tuch blm aq bulatkan,,,

caranya,,,
Tb = Kb . (mol 1 + mol 2) . 1000/ (P1+P2)
Tb = 0,512 . ( 6,84gr / 324 + 1,8gr / 180 ) . 1000/ 200gr + 300gr
Tb = 0,512 . ( 0,02 + 0,01) . 2
Tb = 0,512 . 0,03 . 2
Tb = 0,03072

delta Tb =  100 oC + Tb
delta Tb = 100,03072 oC

gtu,,,
klo mnrt aq ya,,,,

Offline sukuchi92

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 15
  • IQ: 3
  • Gender: Pria
  • newbie
Re: [ask] bagaimana menurut anda sekalian? (soal koligatif)
« Jawab #11 pada: Agustus 27, 2009, 12:06:47 PM »
@atas
g rasa itu gq perlu dimasalahin (kg ato g)
asal teliti aj klo uda input pake gram
klo kilogram lebih teliti (kalo gw y)
overall itungannya sama kok
hasil akhir sama persis malah


anyway

thanks for the opinion
jadi lebih yakin buat protes ke guru

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: [ask] bagaimana menurut anda sekalian? (soal koligatif)
« Jawab #12 pada: Agustus 27, 2009, 12:11:24 PM »
soal ujian....?

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: [ask] bagaimana menurut anda sekalian? (soal koligatif)
« Jawab #13 pada: Agustus 30, 2009, 04:14:51 AM »
...ini usulku nih, sebaiknya kalian berdua belajar mimetex deh...pusing ngelihat perumusan yang dibuat sejajaran... ;)
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: [ask] bagaimana menurut anda sekalian? (soal koligatif)
« Jawab #14 pada: Agustus 30, 2009, 04:20:45 AM »
ouwh,,,
iya thx y....
jadi tau dech g'mana pakenya,,,
thx infonya,,,
^^

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
8 Jawaban
7638 Dilihat
Tulisan terakhir April 06, 2009, 12:49:36 AM
oleh __wanna_be__
0 Jawaban
2370 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 26, 2009, 08:04:32 AM
oleh sukuchi92
0 Jawaban
3181 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 19, 2011, 11:30:57 AM
oleh rawWARus
19 Jawaban
8962 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 26, 2011, 07:09:51 AM
oleh ?
1 Jawaban
15840 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 16, 2019, 09:10:38 AM
oleh Pi-One