Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Oktober 22, 2021, 03:48:10 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 39
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 36
Total: 36

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: penjinak bom dan kode kimia  (Dibaca 9657 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
penjinak bom dan kode kimia
« pada: April 03, 2009, 07:21:26 AM »

whaaaaooow,... awas ada bom yang akan meledak beberapa jam lagi...bom ini cuman mampu dijinakkan dengan petunjuk keberhasilan dalam menjawab soal kimia smu ini....jadi bantu aku selaku tim penjinak bom, dan selamat bergabung detektif.....

ada tiga angka/huruf yang berhubungan dengan senyawa zat dan yang menjadi kode terhentinya bom ini, dan kode itu diperoleh dari menjawab soal yang benar....

SOAL

1.tentang daya ledak dan pembakarannya
  enthalphi pembakaran asetilena adalah: -1300 kj, jika enthalphi pembentukan CO2 dan H2O berturut2 adalah -395 dan -285, maka enthalphi pembentukan asetilena, C2H2 adalah=?

A.-225kj (petunjuk diperoleh Fe)
B.+225kj (petunjuk diperoleh H )
C.-450kj (petunjuk diperoleh F )
D.+450kj (petunjuk diperoleh Al)

2.tentang kelarutan dan konsentrasi ionnya
 bila diketahui Ksp Ag2CrO4= 4 x 10-12, maka konsentrasi ion CrO42- dalam larutan jenuh Ag2CrO4 adalah=?
A.1 x 10-4 M(petunjuk kedua adalah; 2 )
B.0,5x 10-4M(petunjuk kedua adalah;3 )
C.2x 10-4M(petunjuk kedua adalah;1 )

3.tentang elektrolisis zat bom
pada elektrolisis CdSO, dengan menggunakan elektroda karbon, terbentuk endapan Cd sebanyak 2 gram(Ar=112) pada katoda. volume oksigen pada STP yang dihasilkan pada anoda adalah=?
A. 0,5 liter(petunjuk ketiga OH)
B. 0,4 liter(petunjuk ketiga Cl)
C. 0,2 liter(petunjuk ketiga O)

nah, apakah zat yang menjadi kode itu ...cepat lah ;D ;D ;D ;D ;D
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Mtk Kerajaan Mataram

  • Pengunjung
Re: penjinak bom dan kode kimia
« Jawab #1 pada: April 03, 2009, 01:14:46 PM »
1.tentang daya ledak dan pembakarannya
  enthalphi pembakaran asetilena adalah: -1300 kj, jika enthalphi pembentukan CO2 dan H2O berturut2 adalah -395 dan -285, maka enthalphi pembentukan asetilena, C2H2 adalah=?
A.-225kj (petunjuk diperoleh Fe)
B.+225kj (petunjuk diperoleh H )
C.-450kj (petunjuk diperoleh F )
D.+450kj (petunjuk diperoleh Al)
2C + 2O_2 \rightarrow 2CO_2 \Longleftrightarrow 2\times(-395 kJ)=-790 kJ
H_2 + \frac{1}{2}O_2 \rightarrow H_2O \Longleftrightarrow -285 kJ
2CO_2 + H_2O \rightarrow C_2H_2 +2\frac{1}{2}O_2 \Longleftrightarrow +1300 kJ
-----------------------------------------------------------------------------------------
2C + H_2 \rightarrow C_2H_2 \Longleftrightarrow -790 kJ-285 kJ+1300 kJ=+225 kJ

Yang pertama petunjuknya H, ayo digayengkan....

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: penjinak bom dan kode kimia
« Jawab #2 pada: April 04, 2009, 11:55:55 AM »
2C + 2O_2 \rightarrow 2CO_2 \Longleftrightarrow 2\times(-395 kJ)=-790 kJ
H_2 + \frac{1}{2}O_2 \rightarrow H_2O \Longleftrightarrow -285 kJ
2CO_2 + H_2O \rightarrow C_2H_2 +2\frac{1}{2}O_2 \Longleftrightarrow +1300 kJ
-----------------------------------------------------------------------------------------
2C + H_2 \rightarrow C_2H_2 \Longleftrightarrow -790 kJ-285 kJ+1300 kJ=+225 kJ

Yang pertama petunjuknya H, ayo digayengkan....

wuih...petunjuk satu bener.....wah, tinggal beberapa kabel soal lagi yang akan diputuskan... ;D ;D ;D

Offline paladin-x

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 87
  • IQ: 6
  • Gender: Pria
    • Blogging To Money
Re: penjinak bom dan kode kimia
« Jawab #3 pada: Mei 11, 2009, 04:30:58 AM »

2.tentang kelarutan dan konsentrasi ionnya
 bila diketahui Ksp Ag2CrO4= 4 x 10-12, maka konsentrasi ion CrO42- dalam larutan jenuh Ag2CrO4 adalah=?
A.1 x 10-4 M(petunjuk kedua adalah; 2 )
B.0,5x 10-4M(petunjuk kedua adalah;3 )
C.2x 10-4M(petunjuk kedua adalah;1 )

Yang A.1 x 10-4 M(petunjuk kedua adalah; 2 ), Gimana?

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: penjinak bom dan kode kimia
« Jawab #4 pada: Mei 11, 2009, 10:19:34 AM »
Yang A.1 x 10-4 M(petunjuk kedua adalah; 2 ), Gimana?
lanjutin dong....yang ketiga ;D

Offline paladin-x

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 87
  • IQ: 6
  • Gender: Pria
    • Blogging To Money
Re: penjinak bom dan kode kimia
« Jawab #5 pada: Mei 15, 2009, 11:47:22 AM »
yang ketiga moga-moga betul, kalo gak bomnya meledak!
NIH JAWABANNYA
C. 0,2 liter(petunjuk ketiga O)

Kalo digabung dari soal 1-3 jadi H2O

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: penjinak bom dan kode kimia
« Jawab #6 pada: Mei 17, 2009, 02:40:03 AM »
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.


thanks partisipasinya ;D

Offline paladin-x

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 87
  • IQ: 6
  • Gender: Pria
    • Blogging To Money
Re: penjinak bom dan kode kimia
« Jawab #7 pada: Mei 17, 2009, 11:30:28 AM »
ya gitu deh!

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: penjinak bom dan kode kimia
« Jawab #8 pada: Oktober 29, 2009, 12:22:08 PM »
yah,,,
main lagi donk...
baru kebaca ama aku nih.. T.T
~ You are what you eat ~

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: penjinak bom dan kode kimia
« Jawab #9 pada: Oktober 30, 2009, 11:38:10 AM »
...boleh tapi lain kali aja yah kalo aku punya banyak waktu "dikursi ini"...saat ini aku cuman bisa posting yang langsung kejawab aja...kalo mau nambah soal boleh2 aja.

Offline Ginji

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 978
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
Re: penjinak bom dan kode kimia
« Jawab #10 pada: Oktober 30, 2009, 12:22:16 PM »

whaaaaooow,... awas ada bom yang akan meledak beberapa jam lagi...bom ini cuman mampu dijinakkan dengan petunjuk keberhasilan dalam menjawab soal kimia smu ini....jadi bantu aku selaku tim penjinak bom, dan selamat bergabung detektif.....

ada tiga angka/huruf yang berhubungan dengan senyawa zat dan yang menjadi kode terhentinya bom ini, dan kode itu diperoleh dari menjawab soal yang benar....

SOAL

1.tentang daya ledak dan pembakarannya
  enthalphi pembakaran asetilena adalah: -1300 kj, jika enthalphi pembentukan CO2 dan H2O berturut2 adalah -395 dan -285, maka enthalphi pembentukan asetilena, C2H2 adalah=?

A.-225kj (petunjuk diperoleh Fe)
B.+225kj (petunjuk diperoleh H )
C.-450kj (petunjuk diperoleh F )
D.+450kj (petunjuk diperoleh Al)

2.tentang kelarutan dan konsentrasi ionnya
 bila diketahui Ksp Ag2CrO4= 4 x 10-12, maka konsentrasi ion CrO42- dalam larutan jenuh Ag2CrO4 adalah=?
A.1 x 10-4 M(petunjuk kedua adalah; 2 )
B.0,5x 10-4M(petunjuk kedua adalah;3 )
C.2x 10-4M(petunjuk kedua adalah;1 )

3.tentang elektrolisis zat bom
pada elektrolisis CdSO, dengan menggunakan elektroda karbon, terbentuk endapan Cd sebanyak 2 gram(Ar=112) pada katoda. volume oksigen pada STP yang dihasilkan pada anoda adalah=?
A. 0,5 liter(petunjuk ketiga OH)
B. 0,4 liter(petunjuk ketiga Cl)
C. 0,2 liter(petunjuk ketiga O)

nah, apakah zat yang menjadi kode itu ...cepat lah ;D ;D ;D ;D ;D

sepertinya lebih cocok di thread olah otak (soalnya sepi -_-) dan seinget gw pernah ada soal semacam ini.

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: penjinak bom dan kode kimia
« Jawab #11 pada: Oktober 30, 2009, 12:59:53 PM »
aha,, mau..? huehuehuehue~ ini kan soal kimia, masak dimasukin ke room olah otak... ?.?

Offline Ginji

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 978
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
Re: penjinak bom dan kode kimia
« Jawab #12 pada: November 01, 2009, 11:31:02 AM »
aha,, mau..? huehuehuehue~ ini kan soal kimia, masak dimasukin ke room olah otak... ?.?
oh iya -_-" gak sempet liat soalnya semua cuma liat pengantarnya doang

Offline sisca, chemistry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.977
  • IQ: 222
  • Gender: Wanita
  • I'm a medical student now!! :D
    • Click and Find
Re: penjinak bom dan kode kimia
« Jawab #13 pada: November 01, 2009, 11:36:30 AM »
ooalah.

cuma liat bombnya doank sich...
weleh2..

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
1 Jawaban
12313 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 29, 2008, 05:36:56 PM
oleh reborn
32 Jawaban
29053 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 07, 2011, 11:55:08 PM
oleh Toyagz
kode-kode

Dimulai oleh nash Olah Otak

6 Jawaban
3715 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 29, 2009, 10:04:51 AM
oleh Nabih
5 Jawaban
38120 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 29, 2011, 06:09:27 AM
oleh abahsis
0 Jawaban
1472 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 09, 2014, 01:36:36 AM
oleh andeykoiwai