Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juni 30, 2022, 11:12:18 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 91
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 72
Total: 72

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Ada yg tau Tentang Teknik Kimia?

Dimulai oleh bukan siapa siapa, Agustus 10, 2009, 10:01:54 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

bukan siapa siapa

aloha semua
saya siswa baru di forumsains.

saya mau tanya pd smuanya?  ???
da yg tau ga apa itu teknik kimia?
di dalamnya mempelajari apa aja?
kiat2nya giman untuk sukse di teknik kimi n prospek ke depannya sperti apa? ;)

terimakasih.. ;)

sorry kebanyakan tanya ;D

silvia

mm...
kalo teknik kimia yg sy tau kayaknya c belajar pengembangan zat- zat kimia, percobaan aksi rekasi kimia, pengolahannya ama teknologi kimiany. Kalo teknik kimia ya jadinya tukang kimianya...
lebih ada ledakan kimianya daripada kuliah kimia biasa

begitulah kira2... :)

untuk sukses jawaban standarlah...belajar yang rajin nak kata mama... ;D

Karno Giyantono

kebayakan teknik kimia masuk ke industri
atau ke perminyakan

banyak duit yah tuh...
"Orang Pintar adalah Orang yang Berusaha Membangun Rumah atau Kehidupan yang Bagus di dunia dan Istana Di Surga"

[move]caranya Belajar dan Bekerja serta Beramal dan Beribadah

raisuien

Teknik kimia (chemical engineering) adalah ilmu teknik atau rekayasa yang mempelajari pemrosesan bahan mentah menjadi barang yang lebih berguna, dapat berupa barang jadi ataupun barang setengah jadi. Ilmu teknik kimia diaplikasikan terutama dalam perancangan dan pemeliharaan proses-proses kimia, baik dalam skala kecil maupun dalam skala besar seperti pabrik. Insinyur teknik kimia yang pekerjaannya bertanggung jawab terhadap perancangan dan perawatan proses kimia pada skala pabrik dikenal dengan sebutan "insinyur proses" (process engineer). Selain itu, insinyur teknik kimia juga terkait dengan penelitian dan pengembangan proses kimia.

Teknik kimia selalu menitikberatkan pekerjaannya untuk menghasilkan proses yang ekonomis. Untuk mencapai tujuan ini, seorang insinyur teknik kimia dapat menyederhanakan atau memperumit aliran proses produksi untuk memperoleh proses yang ekonomis. Selain melalui perancangan aliran proses produksi, seorang insinyur teknik kimia juga dapat menghasilkan proses yang ekonomis dengan merancang kondisi operasi. Beberapa reaksi kimia memiliki laju reaksi yang lebih tinggi pada tekanan atau temperatur operasi yang lebih tinggi. Proses produksi amonia adalah contoh dari pemanfaatan tekanan tinggi. Agar laju pembentukan amonia cepat, reaksi dilangsungkan dalam suatu reaktor bertekanan tinggi.

Proses-proses kimia berlangsung dalam peralatan proses. Peralatan proses umumnya merupakan satu unit operasi. Unit-unit operasi kemudian dirangkaikan untuk melakukan berbagai kebutuhan dari sintesis kimia ataupun dari proses pemisahan. Pada beberapa unit operasi, peristiwa sintesis kimia dan proses pemisahan berlangsung secara bersamaan. Penggabungan dari keduanya ini bisa dilihat dari proses distilasi reaktif.

Ilmu-ilmu yang menjadi dasar dalam teknik kimia, antara lain adalah:

    * Neraca massa
    * Neraca energi
    * Peristiwa perpindahan massa, energi, momentum
    * Reaksi kimia
    * Termokimia
    * Termodinamika

Terdapat pula ilmu-ilmu pendukung yang teknik kimia, antara lain:

    * Mekanika fluida
    * Ilmu tentang material

Selain ilmu dasar dan ilmu pendukung, terdapat pula kemampuan-kemampuan dan pengetahuan-pengetahuan aplikatif yang perlu dikuasai oleh seorang insinyur teknik kimia, antara lain:

    * Pengendalian proses kimia
    * Instrumentasi
    * Perancangan proses kimia
    * Penanganan limbah pabrik
    * Prosedur keselamatan pabrik kimia
    * Evaluasi ekonomi pabrik kimia
    * Manajemen proyek

Teknik Kimia Modern

Pada masa sekarang ini, teknik kimia terlibat dalam proses pengembangan dan proses produksi produk yang sangat beragam. Produk-produk ini meliputi material berunjuk kerja tinggi untuk keperluan antariksa, otomotif, biomedis, elektronik, lingkungan, dan militer. Contoh produk yang dihasilkan adalah serat yang sangat kuat, bahan tekstil, pelekat, material komposit untuk kendaraan, material yang aman digunakan untuk implan, dan obat-obatan.

prospek teknik  kimia kayaknya cukup cerah

sisca, chemistry

klo farmasi...?
farmasi itu ada pembagiannya lge gag....?

o,a klo ambil jurusan farmasi ada gelarnya gag...?
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

Firzal

...ia q jga thn ni ktrima di Kimia MIPA ma teknik...v q pilih teknik...apa lahan kerja teknik kimia masih bagus untuk 3 tahun ke depan??...jujur aza q g pernah mengenal teknik kimia sebelumnya...

Ginji

Kutip dari: sisca, chemistry pada Agustus 13, 2009, 03:29:20 PM
klo farmasi...?
farmasi itu ada pembagiannya lge gag....?

o,a klo ambil jurusan farmasi ada gelarnya gag...?
kalo gak salah inget ada ;D

dan kalo lahan kerja mudah-mudahan aja masih asal mo usaha aja
hwhahaha
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.

raisuien

klo gak salah gelar apoteker begini
S.Farm., Apt.

kayaknya gak ada pembagian lg buat farmasi...

sisca, chemistry

owh,,,
farmasi itu bwt ngeracik obat,,,?
slain itu apa lge...
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

Ginji

yup farmasi itu di bagian buat ngeracik obat tapi gak sekedar racik aja kalo gak salah ada yang lain

sisca, chemistry

[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

Ginji


raisuien

memank buat ngeracik obat
dan kerja di apotek..
tp bukan apotek yg dibuka dokter..
trus nanya dokter klo dokter kasih resep yg salah..
kayaknya sih gitu....

sisca, chemistry

o,,,
gag bisa nyiptain obat cndri...?
hhe...
[move]
~ You are what you eat ~
[/move]

raisuien

kurang taw jg...
tp mungkin bisa..
soalnya obat2 yg beredar kayaknya jg dr bidang farmasi...