Forum Sains Indonesia

Ilmu Alam => Kimia => Topik dimulai oleh: superstring39 pada November 29, 2007, 10:39:30 PM

Judul: Air
Ditulis oleh: superstring39 pada November 29, 2007, 10:39:30 PM
H2 + 1/2 O2
H2O
Judul: Re: Air
Ditulis oleh: masterchem pada Februari 29, 2008, 07:55:06 AM
Memang apa istimewanya dengan air?
Judul: Re: Air
Ditulis oleh: Vinchemz pada Juli 25, 2008, 06:20:12 AM
Eh, air itu istimewa banget!!
Pelarut yang global..

Coba bayangin kalo air gak polar, mo minum apa lu??

Air itu gak bisa didefinisikan asam atopun basa, karena semua zat yang bersifat asam atau basa dilarutkan di air..

Air bisa dinggap tersusun dari asam dan basa (H+ dan OH-)
Judul: Re: Air
Ditulis oleh: Chemist Shen pada Agustus 30, 2008, 12:01:48 PM
Halo kak Vinchemz..
Owh ya, air itu mempunyai sifat yang unik.. kalo gak salah..
Anomali air.. ada yang bisa menjelaskan??
Judul: Re: Air
Ditulis oleh: ksatriabajuhitam pada Agustus 30, 2008, 12:21:25 PM
...
Anomali air.. ada yang bisa menjelaskan??

salah satunya tentang volume v.s. suhu:
penjelasan fisis-nya ga tau, gejalanya ditunjukan di kurva inset:
(http://www.lsbu.ac.uk/water/images/dens.gif)

air memiliki volume molar terendah pada 3.984°C,
cairan biasa jika didinginkan akan mengerut terus, tapi air setelah sktr 4°C akan memuai lagi....

sifat anomali inilah yang menyelamatkan ikan-ikan di danau di daerah 4 musim ketika musim dingin,
dengan anomali air ini, es akan mengapung di atas danau, dan air di bawah es akan terjaga sekitar 4°C karena air pada suhu tersebut memiliki massa jenis terbesar, sehingga selama musim dingin ikan-ikan tidak mati kedinginan....
Judul: Re: Air
Ditulis oleh: nandaz pada Mei 11, 2009, 10:27:22 AM
.......92% kandungan plasma darah terdiri dari air :), ya kan?
Judul: Re: Air
Ditulis oleh: utusan langit pada Mei 11, 2009, 10:30:40 AM
.......92% kandungan plasma darah terdiri dari air :), ya kan?

yang nggak punya darah? wkwkwkw
setahu saya dalam teori urey m.h berasal dari air itu berasal dari bubur kehidupan,..
lihat percobaan Miller dan Urey,.. yang menurut teori mereka sebenarnya m.h berasal dari bubur kehidupan (disebut : air),
Judul: Re: Air
Ditulis oleh: syx pada Juli 16, 2010, 07:03:42 AM
mo nanya mengenai anomali air. kan ceritanya volume air akan menurun terus hingga 4 C, abis itu mulai naik lagi. kok bisa naik lagi? penggelembungan volume ini berasal dari mana? sampe minus berapa derajat kenaikan ini berlanjut?
Judul: Re: Air
Ditulis oleh: Voidlessboy pada Juli 21, 2010, 02:51:01 AM
Unsolved problem
Judul: Re: Air
Ditulis oleh: nandaz pada Juli 21, 2010, 11:11:06 AM
mo nanya mengenai anomali air. kan ceritanya volume air akan menurun terus hingga 4 C, abis itu mulai naik lagi. kok bisa naik lagi? penggelembungan volume ini berasal dari mana? sampe minus berapa derajat kenaikan ini berlanjut?
maaf, monseur...itu bukan volume saja, tetapi volume molar(Vm)...yaitu volume yang diisi oleh satu mol zat Vm=\frac{M}{\rho}(rumusan fisika biasanya ada pada pers gas ideal),..pada dasarnya setiap zat mengalami peningkatan massa jenis setiap penurunan suhu...
Volume sebuah benda akan Menyusut dg massa yg sama dikarenakan Massa jenis dari benda tersebut bertambah Besar, contohnya balon yang diisi udara dimalam lebih kecil dibanding siang, karena suhu siang lebih tinggi dari malam atau massa jenis udara siang(suhu tinggi) lebih rendah pada malam(suhu rendah) \rho=\frac m~V
...Kecuali air, air pada suhu 4Celsius sampai 0 Celcius air akan Memuai (Volume Makin Besar) dikarenakan Massa jenis air mengecil. Hal ini “menyimpang”(anomali) dg sifat zat pd umumnya yg massa jenisnya membesar bila suhu diturunkan.
Sebagai bukti. Jika air kita masukkan ke dalam plastik dan diikat erat, setelah itu dimasukkan ke dalam frezzer kulkas dan membeku menjadi batu es, setelah dikeluarkan dan mencair, plastiknya akan mengendur karena pada saat mulai membeku (Penurunan Suhu), Volume air memuai  dan menyebabkan kantong plastik tersebut melar..Saat kembali mencair pada suhu Kamar, Volume air kembali seperti semula, sehingga kantong air tampak kendur.
Judul: Re: Air
Ditulis oleh: syx pada Juli 23, 2010, 08:24:02 AM
pemelaran ato penyusutan itu ada hubungannya dng jarak antar molekul? misalnya dng adanya energi (suhu) maka jarak antara molekul merenggang hingga suatu saat tidak bisa mempertahankan bentuknya akibat gaya tarik antar molekul mengecil.
Judul: Re: Air
Ditulis oleh: nandaz pada Juli 23, 2010, 10:48:20 AM
..benar, sepintas menyerupai benda padat yang bila dipanaskan yang menyebabkan pemuain. Dan hasil pemuaian tersebut ada jarak antara molekul, karena atom2 dalam benda bervibrasi sangat kencang hingga ada terbentuk rentangan diantara atom lain, air juga begitu...saat suhunya kembali semula juga kembali menyusut :kribo:
Judul: Re: Air
Ditulis oleh: syx pada Juli 24, 2010, 12:18:10 AM
nah, gimana dng air pada suhu di bawah 4? apa ada peregangan jarak ini? sampe berapa jauh?
Judul: Re: Air
Ditulis oleh: Takagi Fujimaru pada Juli 24, 2010, 01:41:59 AM
..pada dasarnya setiap zat mengalami peningkatan massa jenis setiap penurunan suhu...
Nah, kalau begitu mengapa es jika ditaruh di air kenapa es berada di atas dan air di bawah? Kan benda yg massa jenisnya lebih besar berada di bawah? Dan dari kata bung nandaz, harusnya massa jenis es lebih besar daripada air...
hmmmmmmmm... *berpikir keras*
Judul: Re: Air
Ditulis oleh: nandaz pada Juli 24, 2010, 08:52:37 AM
nah, gimana dng air pada suhu di bawah 4? apa ada peregangan jarak ini? sampe berapa jauh?
tadi kan dijelaskan kalo air memiliki keunikan sendiri dan berbeda dengan zat lain apa bila diberi kalor..kata2ku barusan salah tulis(awalnya kupikir seperti itu :-[), seharusnya tidak serupa diawalnya...pada air bersuhu 4 C sampe 0 C, air mengalami pemuaian volum ketika kalor dikurangi(ngga masuk diakal juga) dan bila kalor diberi air mengalami pengerutan, saat didinginkan(dibiarkan) air menyusut sampe 4 C, nah kalo kita dinginkan lagi air malah memuai sampe suhunya 0 C, dan kalo terus didinginkan sampe dibawah suhu 0 air ya membeku...
..pada dasarnya setiap zat mengalami peningkatan massa jenis setiap penurunan suhu...
Nah, kalau begitu mengapa es jika ditaruh di air kenapa es berada di atas dan air di bawah? Kan benda yg massa jenisnya lebih besar berada di bawah? Dan dari kata bung nandaz, harusnya massa jenis es lebih besar daripada air...
hmmmmmmmm... *berpikir keras*
...baiknya kita jelaskan dari air itu sendiri ya,
   Air merupakan senyawa kimia. Senyawa dapat diartikan sebagai gabungan dari beberapa unsur kimia (atom). Rumus kimia air adalah H2O, yang berarti gabungan dari 2 atom Hidrogen (H) dan 1 atom Oksigen (O).
Gabungan dari 2 buah atom atau lebih disebut molekul.
H2O dapat kita sebut sebagai satu molekul air...
(http://www.uni-duesseldorf.de/MathNat/Biologie/Didaktik/Wasserhaushalt/dateien/3_transp/3_wasser/bilder/1_molver.gif)
molekul air
....Molekul air bersifat dipol (memiliki 2 kutub), yang bermuatan negatif di oksigen atom , dan positif pada Hidrogen atom
(http://www.nyu.edu/pages/mathmol/textbook/dimer.gif)
Sehingga terjalin ikatan antara molekul air, yang dikenal dengan ikatan Hidrogen.

Es, Ikan
Air memiliki sifat yang unik dibandingkan dengan zat lain, umumnya benda lain memiliki masa jenis (Rho) yang besar dalam bentuk padat, tapi tidak dengan air.
Pada suhu 4 °C air memiliki masa jenis TERBESAR, pada bentuk cair. Bila suhu diturunkan masa jenisnya kembali MENGECIL,
Fenomena ini dikenal dengan sifat anomali air...
(http://schulen.eduhi.at/riedgym/physik/10/waerme/temperatur/dichte.gif)
(http://schulen.eduhi.at/riedgym/physik/10/waerme/temperatur/anomal5.gif)
ket; Dichte= masa jenis   v= volumen

Air akan mulai membeku jika molekulnya tidak memiliki lagi cukup energi untuk melepaskan diri dari ikatan atom hidrogen (H). Pada 0°C mulailah terbentuk ikatan-ikatan yang kuat, dimana setiap atom Oksigen (O) secara tetraedris dikelilingi oleh 4 atom Hidrogen(H).
(http://www.uni-duesseldorf.de/MathNat/Biologie/Didaktik/Wasserhaushalt/dateien/3_transp/3_wasser/bilder/5_eiskri.gif)
   Yang pada mulanya ikatan molekul air tidak erat, akhirnya menjadi suatu kristal yang bolong2 (cluster).
Akibatnya air dalam fase padat (es) ini mengambil bentuk volume yang besar. Pertambahan volumenya hingga mencapai 10% masa jenisnya juga berkurang 10% (menjadi lebih ringan)..
   
  Perbandingan struktur air dan es
Struktur air(dibawah)
Setiap molekul terhubung ke 3-4 molekul yang lain melalui ikatan hidrogen
(http://www.nyu.edu/pages/mathmol/textbook/water_hbond.gif)(http://www.nyu.edu/pages/mathmol/textbook/wat_10A.gif)

Struktur es(dibawah)
Setiap molekul terhubung ke 4 molekul yang lain melalui ikatan hidrogen.
Struktur es memilikitingkat kepadatan/masa jenis (density) yang lebih rendah
(http://www.nyu.edu/pages/mathmol/textbook/hbond_ice.gif)(http://www.nyu.edu/pages/mathmol/textbook/ice_10A.gif)
...itulah kenapa es (padat) dapat mengapung pada permukaan air :)
(http://www.uni-duesseldorf.de/MathNat/Biologie/Didaktik/Wasserhaushalt/dateien/3_transp/3_wasser/bilder/5_eisw.jpg)
   Sifat anomali air, menyebabkan suhu didasar sungai atau laut tidak kurang dari 4 C sehingga tidak terjadi proses pembekuan total
(http://schulen.eduhi.at/riedgym/physik/10/waerme/temperatur/anoan.gif)
Animasi pengaruh perubahan suhu luar terhadap suhu air.
  Titik beku 0 C hanyalah berlaku pada air tawar (air yang tidak terkena campuran zat lain).
Pada air laut titik beku dipengaruhi oleh kandungan kadar garam .
Kandungan kadar garam lautan tidaklah sama. Garam dapat menurunkan titik beku air.
Titik beku pada air laut dengan kadar garam sebanyak 3,5% adalah sekitar - 1,9C
Perbedaan kadar garam didalam lautan juga meyebabkan air laut dapat bersirkulasi.

.....Selain itu ikan (di daerah kutub) tubuhnya dilengkapi dengan Protein yang dapat mencegah terjadinya pembentukan kristal es di sel darahnya, yang dikenal dengan Antifreeze-Proteine (AFP)...tanpa adanya AFP darah ikan akan membeku pada temperatur -0,9C.

   Dua hal ini menyebabkan kenapa ikan masih dapat hidup dalam suhu air laut didaerah kutub yang berkisar -1,8  C...
Judul: Re: Air
Ditulis oleh: hawari pada Agustus 19, 2010, 01:20:39 AM
gabung lg ne...
air istiwewa bngt. pelarut universal.. dan sebagai salah satu komponen makhluk hidup untuk melangsungkan hidup.