Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Oktober 17, 2021, 01:35:25 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 37
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 127
Total: 127

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Air  (Dibaca 26382 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

mr.zero

  • Pengunjung
Air
« pada: Januari 25, 2007, 09:56:43 AM »
pak bu .. saya ada pertanyaan nih tentang asal muasal air . apa asalnya dari tekanan atmosphir yang menyatukan hidrogen dan oksigen :P (H20) atau berasal dari sesuatu yang lain 
segala bantuan terima kasih nih . kebetulan liat nih forum , en jangan jawabnya kayak gini yah .. kan ada tuhan yang menciptakan :p <--- ini sih da tau pak

alinc

  • Pengunjung
Re: asal muasal air
« Jawab #1 pada: Januari 25, 2007, 10:14:25 AM »
air itu bukan dibuat tapi berkembang .. CMIIW
contohnya karena ini sub forum kimia
dari percampuran asam (NAOH) dan HCL
NaOH + HCl ==> H2O <-- air  + NaCl
normalnya setelah menjadi air akan tetap seperti itu tapi bila hydrogen diganti dengan elemen yang lain
2 Na + 2 H2O == > 2 NaOH + H2 tetapi karena  dengan oksigen athmosfere dan panas sangat besar menghasilkan
4 Na + 4 H2O + O2 == > 4 NaOH + 2 H2O  . oleh sebab itu air tidak akan pernah hilang kecuali dengan cara electrolysis.

advisor

  • Pengunjung
Re: asal muasal air
« Jawab #2 pada: Januari 29, 2007, 02:40:52 AM »
air itu bukan dibuat tapi berkembang .. CMIIW
contohnya karena ini sub forum kimia
dari percampuran asam (NAOH) dan HCL
NaOH + HCl ==> H2O <-- air  + NaCl
normalnya setelah menjadi air akan tetap seperti itu tapi bila hydrogen diganti dengan elemen yang lain
2 Na + 2 H2O == > 2 NaOH + H2 tetapi karena  dengan oksigen athmosfere dan panas sangat besar menghasilkan
4 Na + 4 H2O + O2 == > 4 NaOH + 2 H2O  . oleh sebab itu air tidak akan pernah hilang kecuali dengan cara electrolysis.
Lah itu bukannya dibuat namanya dari unsur NaOH + HCL terus jadinya H2O? Atau ada definisi lain yahh

Terus nanya dong, kan sering tuh ada berita sungai A tercemar. Nah, yang dimaksud air tercemar itu gimana yahh?

Maap terkesan noob yahh, abis buta neh soal kimia...

Offline peregrin

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 538
  • IQ: 100
  • Gender: Wanita
  • 'truth' is a lonely thing (J.Gaarder)
Re: asal muasal air
« Jawab #3 pada: Januari 29, 2007, 12:06:25 PM »
Kutip
kan sering tuh ada berita sungai A tercemar. Nah, yang dimaksud air tercemar itu gimana yahh?

Air dikategorikan tercemar kalau tidak memenuhi standard baku kualitas air. Standard kualitas air ini menentukan berapa kadar bakteri dan zat2 kimia yg boleh (sebagian harus) ada di dalam air. Juga bagaimana seharusnya bau dan warna air yg kita pakai. Tujuannya supaya tidak ada zat2 dan bakteri yang dapat membahayakan manusia.
Contoh standar kualitas air dapat dilihat di sini:
http://www.lablink.or.id/Hidro/air-qua.htm


Sekedar tambahan juga utk siklus (asal muasal?) air di bumi:

Siklus Hidrologi adalah sirkulasi air yang tidak pernah berhenti dari atmosfir ke bumi dan kembali ke atmosfir melalui kondensasi, presipitasi, evaporasi dan transpirasi.

Pemanasan air samudera oleh sinar matahari merupakan kunci proses siklus hidrologi tersebut dapat berjalan secara kontinu. Air berevaporasi, kemudian jatuh sebagai presipitasi dalam bentuk hujan, salju, hujan batu, hujan es dan salju (sleet), hujan gerimis atau kabut.

Pada perjalanan menuju bumi beberapa presipitasi dapat berevaporasi kembali ke atas atau langsung jatuh yang kemudian diintersepsi oleh tanaman sebelum mencapai tanah. Setelah mencapai tanah, siklus hidrologi terus bergerak secara kontinu dalam tiga cara yang berbeda:

Evaporasi / transpirasi - Air yang ada di laut, di daratan, di sungai, di tanaman, dsb. kemudian akan menguap ke angkasa (atmosfer) dan kemudian akan menjadi awan. Pada keadaan jenuh uap air (awan) itu akan menjadi bintik-bintik air yang selanjutnya akan turun (precipitation) dalam bentuk hujan, salju, es.

Infiltrasi / Perkolasi ke dalam tanah - Air bergerak ke dalam tanah melalui celah-celah dan pori-pori tanah dan batuan menuju muka air tanah. Air dapat bergerak akibat aksi kapiler atau air dapat bergerak secara vertikal atau horizontal dibawah permukaan tanah hingga air tersebut memasuki kembali sistem air permukaan.

Air Permukaan - Air bergerak diatas permukaan tanah dekat dengan aliran utama dan danau; makin landai lahan dan makin sedikit pori-pori tanah, maka aliran permukaan semakin besar. Aliran permukaan tanah dapat dilihat biasanya pada daerah urban. Sungai-sungai bergabung satu sama lain dan membentuk sungai utama yang membawa seluruh air permukaan disekitar daerah aliran sungai menuju laut.

Air permukaan, baik yang mengalir maupun yang tergenang (danau, waduk, rawa), dan sebagian air bawah permukaan akan terkumpul dan mengalir membentuk sungai dan berakhir ke laut. Proses perjalanan air di daratan itu terjadi dalam komponen-komponen siklus hidrologi yang membentuk sisten Daerah Aliran Sungai (DAS).

Jumlah air di bumi secara keseluruhan relatif tetap, yang berubah adalah wujud dan tempatnya.
 
Free software [knowledge] is a matter of liberty, not price. To understand the concept, you should think of 'free' as in 'free speech', not as in 'free beer'. (fsf)

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: asal muasal air
« Jawab #4 pada: Januari 29, 2007, 12:13:16 PM »
Muantapss ;D Thanks, baca2 dulu ahh. Siklus hidrologi  padahal di SMA dulu pernah dapet kayaknya, tapi lupa haha...
« Edit Terakhir: Januari 29, 2007, 12:16:05 PM oleh Admin »

alinc

  • Pengunjung
Re: asal muasal air
« Jawab #5 pada: Januari 29, 2007, 12:51:20 PM »
Kutip
Air dikategorikan tercemar kalau tidak memenuhi standard baku kualitas air. Standard kualitas air ini menentukan berapa kadar bakteri dan zat2 kimia yg boleh (sebagian harus) ada di dalam air. Juga bagaimana seharusnya bau dan warna air yg kita pakai. Tujuannya supaya tidak ada zat2 dan bakteri yang dapat membahayakan manusia.
Contoh standar kualitas air dapat dilihat di sini:
lablink.or.id/Hidro/air-qua.htm


Sekedar tambahan juga utk siklus (asal muasal?) air di bumi:

Siklus Hidrologi adalah sirkulasi air yang tidak pernah berhenti dari atmosfir ke bumi dan kembali ke atmosfir melalui kondensasi, presipitasi, evaporasi dan transpirasi.

Pemanasan air samudera oleh sinar matahari merupakan kunci proses siklus hidrologi tersebut dapat berjalan secara kontinu. Air berevaporasi, kemudian jatuh sebagai presipitasi dalam bentuk hujan, salju, hujan batu, hujan es dan salju (sleet), hujan gerimis atau kabut.

Pada perjalanan menuju bumi beberapa presipitasi dapat berevaporasi kembali ke atas atau langsung jatuh yang kemudian diintersepsi oleh tanaman sebelum mencapai tanah. Setelah mencapai tanah, siklus hidrologi terus bergerak secara kontinu dalam tiga cara yang berbeda:

Evaporasi / transpirasi - Air yang ada di laut, di daratan, di sungai, di tanaman, dsb. kemudian akan menguap ke angkasa (atmosfer) dan kemudian akan menjadi awan. Pada keadaan jenuh uap air (awan) itu akan menjadi bintik-bintik air yang selanjutnya akan turun (precipitation) dalam bentuk hujan, salju, es.

Infiltrasi / Perkolasi ke dalam tanah - Air bergerak ke dalam tanah melalui celah-celah dan pori-pori tanah dan batuan menuju muka air tanah. Air dapat bergerak akibat aksi kapiler atau air dapat bergerak secara vertikal atau horizontal dibawah permukaan tanah hingga air tersebut memasuki kembali sistem air permukaan.

Air Permukaan - Air bergerak diatas permukaan tanah dekat dengan aliran utama dan danau; makin landai lahan dan makin sedikit pori-pori tanah, maka aliran permukaan semakin besar. Aliran permukaan tanah dapat dilihat biasanya pada daerah urban. Sungai-sungai bergabung satu sama lain dan membentuk sungai utama yang membawa seluruh air permukaan disekitar daerah aliran sungai menuju laut.

Air permukaan, baik yang mengalir maupun yang tergenang (danau, waduk, rawa), dan sebagian air bawah permukaan akan terkumpul dan mengalir membentuk sungai dan berakhir ke laut. Proses perjalanan air di daratan itu terjadi dalam komponen-komponen siklus hidrologi yang membentuk sisten Daerah Aliran Sungai (DAS).

Jumlah air di bumi secara keseluruhan relatif tetap, yang berubah adalah wujud dan tempatnya.
 
tq bro atas penjelasanya  ;)

mr.zero

  • Pengunjung
Re: asal muasal air
« Jawab #6 pada: Januari 30, 2007, 12:20:33 PM »
Lah itu bukannya dibuat namanya dari unsur NaOH + HCL terus jadinya H2O? Atau ada definisi lain yahh

Terus nanya dong, kan sering tuh ada berita sungai A tercemar. Nah, yang dimaksud air tercemar itu gimana yahh?

Maap terkesan noob yahh, abis buta neh soal kimia...

mungkin maksud nya kalau dibuat/diciptakan , itu terlalu ke religion, di science kan pakenya evolusi , berkembang , etc

swaziland

  • Pengunjung
Tanya tentang air
« Jawab #7 pada: Desember 29, 2007, 08:38:23 AM »
mau tanya neh tentang air... :)

Kenapa air ga bisa dibakar ya..? malahan buat padamin api... padahalkan unsur air itu sendiri dari Hidrogen dan Oksigen... yang kedua-duanya bahan yang sangat mudah terbakar....

Kenapa bisa gitu ya...?  ???

coz selama ini belum pernah nemu jawabannya.....  :-[ :-[

davedevil_368

  • Pengunjung
Re: Tanya tentang air
« Jawab #8 pada: Januari 17, 2008, 03:08:45 AM »
Karena air berumus H2O bersifat inert,Mas.Dari strukturnya yang sederhana tidak mungkin diuraikan jadi lebih sederhana.kalo yang anda maksud dibakar adalah peristiwa oksidasi maka H2O bisa di oksidasi menjadi H2O2 dengan direaksikan dengan oksigen pada fase gas dan tekannan tinggi.Thanks

Vinchemz

  • Pengunjung
Re: asal muasal air
« Jawab #9 pada: Juli 26, 2008, 07:20:50 AM »
Kalo berdasarkan teori terbentuknya bumi, air itu berasal dari gas H2 dan O2  yang dikeri energi dari halilintar dan sinar kosmis terus terbentuklah air..

Air juga terbentuk karena hasil dari metabolisme organisme heterotrof..

Vinchemz

  • Pengunjung
Re: Tanya tentang air
« Jawab #10 pada: Juli 29, 2008, 03:29:13 AM »
Itulah namanya perubahan Kimia.. Sifatnya pun berubah..

Air itu sebenarnya cuma menurunkan suhu reaksi sehingga kondisi dibawah energi akvitasi..
Api itu terjadi karena ada 3 hal:
Bahan bakar, lupa, dan lupa..

Salah satu cara memadamkan api adalah dengan menghalangi oksigen dalam pembakaran..
Pernah liat pemadam memadamkan api make buih2??
Nah, itu mengandung banyak CO_2..

Offline eky

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 441
  • IQ: 20
  • Gender: Pria
  • growing up
Re: Tanya tentang air
« Jawab #11 pada: Juli 29, 2008, 04:08:52 AM »
ouh .. gitu toh ..
keren juga penjelasannya ..
jadi tambah ngerti sayah .. :D

Vinchemz

  • Pengunjung
Re: Tanya tentang air
« Jawab #12 pada: Juli 29, 2008, 06:46:53 AM »
Iya, semoga yang lain bisa menambahkan..

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Tanya tentang air
« Jawab #13 pada: Juli 29, 2008, 11:40:31 PM »
Api itu terjadi karena ada 3 hal:
Bahan bakar, lupa, dan lupa..
bahan bakar, energi panas dan oksidator (misalnya oksigen)

Offline tj_david

  • Bebas tak terbatas
  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 38
  • IQ: 3
  • Gender: Pria
Re: asal muasal air
« Jawab #14 pada: Agustus 07, 2008, 02:29:52 AM »
Hai semua, aku newbie nih...
Wah aku setuju sama yang baru masuk ugm, met jadi maba ya
dengan tambahan energi maka dapat terjadi reaksi fusi antara unsur-unsur H dan O ;D
tul ga?
Tanda tangan

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
18 Jawaban
8792 Dilihat
Tulisan terakhir September 18, 2009, 06:57:23 AM
oleh syx
air mata

Dimulai oleh nandaz « 1 2 » Biologi

16 Jawaban
20694 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 16, 2009, 03:53:01 AM
oleh nandaz
Air dan Kertas

Dimulai oleh syx « 1 2 » Kimia

16 Jawaban
11519 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 24, 2009, 11:39:57 PM
oleh Idad
3 Jawaban
5524 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 26, 2010, 08:17:48 AM
oleh biobio
9 Jawaban
23548 Dilihat
Tulisan terakhir September 06, 2016, 06:06:42 AM
oleh ytridyrevsielixetuls