Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Oktober 17, 2021, 12:17:18 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 37
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 39
Total: 39

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Air  (Dibaca 26380 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline fitrie

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 145
  • IQ: 36
  • Gender: Wanita
  • semua itu hanya karena kasih dan sayang...........
Re: asal muasal air
« Jawab #15 pada: Agustus 30, 2008, 05:28:41 PM »
kalo tentang air, fitri punya ini nih :

Dari manakah air yang membentuk lautan di Bumi itu berasal? Para ahli memiliki beberapa versi tentang hal itu. Salah satu versi yang cukup terkenal adalah bahwa pada saat itu Bumi mulai mendingin akibat mulai berkurangnya aktivitas vulkanik, disamping itu atmosfer bumi pada saat itu tertutup oleh debu-debu vulkanik yang mengakibatkan terhalangnya sinar Matahari untuk masuk ke Bumi. Akibatnya, uap air di atmosfer mulai terkondensasi dan terbentuklah hujan. Hujan inilah (yang mungkin berupa hujan tipe mamut juga) yang mengisi cekungan-cekungan di Bumi hingga terbentuklah lautan. Secara perlahan-lahan, jumlah karbon dioksida yang ada diatmosfer mulai berkurang akibat terlarut dalam air laut dan bereaksi dengan ion karbonat membentuk kalsium karbonat. Akibatnya, langit mulai menjadi cerah sehingga sinar Matahari dapat kembali masuk menyinari Bumi dan mengakibatkan terjadinya proses penguapan sehingga volume air laut di Bumi juga mengalami pengurangan dan bagian-bagian di Bumi yang awalnya terendam air mulai kering. Proses pelapukan batuan terus berlanjut akibat hujan yang terjadi dan terbawa ke lautan, menyebabkan air laut semakin asin.
Pada 3,8 milyar tahun yang lalu, planet Bumi mulai terlihat biru karena laut yang sudah terbentuk tersebut. Suhu Bumi semakin dingin karena air di laut berperan dalam menyerap energi panas yang ada, namun pada saat itu diperkirakan belum ada bentuk kehidupan di Bumi. Kehidupan di Bumi, menurut para ahli, berawal dari lautan (life begin in the ocean). Namun demikian, masih merupakan perdebatan hangat hingga saat ini, kapan tepatnya kehidupan awal itu terjadi dan di bagian lautan yang mana? apakah di dasar laut ataukah di permukaan? Hasil penemuan geologis di tahun 1971 pada bebatuan di Afrika Selatan (yang diperkirakan berusia 3,2 s.d. 4 milyar tahun) menunjukkan adanya fosil seukuran beras dari bakteri primitif yang diperkirakan hidup di dalam lumpur mendidih di dasar laut.
semua itu hanya karena kasih dan sayang...........tidakkah engkau pahami itu.........

Offline ksatriabajuhitam

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • hsw weblog
Re: asal muasal air
« Jawab #16 pada: Agustus 31, 2008, 12:22:35 AM »
ngomong-ngomong masalah air, ada exkperimen kecil tentang air dan kehidupan (udara juga deh):

bahan:
- toples (bukan topless !!!) + tutup nya
- pohon kecil
- tanah
- remah-remahan apa lah, daun bekas, etc

masukan tanah dan remah-remahnya ke toples lalu tanam pohonnya,
siram sedikit air,
tutup toples nya,
udah deh jadi...
 :kribo:
jadi kalo siang pohon menyerap CO2 dan mengeluarkan O2, kalo malem nyerap O2 mengeluarkan CO2
kalo siang airnya menguap dan nempel di dinding dalam toples, kalo malem mengembun lagi
jadilah kita bikin siklus mini.... ;D



btw, ada yanng kepikiran ga kalo air itu ternyata alien yang terdampar di bumi lalu berkembang biak?
(hehe, mari berimajinasi  ::))
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline fitrie

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 145
  • IQ: 36
  • Gender: Wanita
  • semua itu hanya karena kasih dan sayang...........
Re: asal muasal air
« Jawab #17 pada: Agustus 31, 2008, 05:31:42 AM »
ngomong-ngomong masalah air, ada exkperimen kecil tentang air dan kehidupan (udara juga deh):

bahan:
- toples (bukan topless !!!) + tutup nya
- pohon kecil
- tanah
- remah-remahan apa lah, daun bekas, etc

masukan tanah dan remah-remahnya ke toples lalu tanam pohonnya,
siram sedikit air,
tutup toples nya,
udah deh jadi...
 :kribo:
jadi kalo siang pohon menyerap CO2 dan mengeluarkan O2, kalo malem nyerap O2 mengeluarkan CO2
kalo siang airnya menguap dan nempel di dinding dalam toples, kalo malem mengembun lagi
jadilah kita bikin siklus mini.... ;D


kira2 siklusnya sempurna ato suatu saat mengalami kerugian yah  ??? ???

Offline zonsopgang

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 93
  • IQ: 24
  • Gender: Pria
  • Dream Theater is my dream theater
Air
« Jawab #18 pada: Oktober 14, 2008, 07:05:12 AM »
Ada yg tau cara menyaring unsur zat besi dari air gak, kan gak bagus tus kalo minum air yg tercemar besi, cos dirumah gw penyulingan air belum sempurna
Playing a lion being led to a cage
I turn from surreal to seclusion
From love to disdain
From belief to delusion
From a thief to a beggar From a god to God save me

Offline izna

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 108
  • IQ: 13
  • Gender: Wanita
  • HaDapi DeNgan SeNyuman,..
Re: Air
« Jawab #19 pada: Oktober 15, 2008, 02:05:09 AM »
Ada yg tau cara menyaring unsur zat besi dari air gak, kan gak bagus tus kalo minum air yg tercemar besi, cos dirumah gw penyulingan air belum sempurna

ehm...menyaring air ya?
kebetulan dirumah saya ada sejenis aqua, bentuknya seperti dispenser
akan tetapi aqua tersebut berfungsi atau digunakan untuk menyaring air,
ya mungkin bisa dibilang semacam penyulingan air,..
dalam atau isi dari aqua tersebut terdapat batu-batu yang disusun berlapis-lapis,
saya kurang tahu jenis batu apa? batunya berwarna,...
lapisan paling atas ukuran batunya paling besar dan makin ke bawah ukuran batunya makin kecil,
seperti kerikil,
ya mungkin saja Anda juga bisa menggunakan aqua seperti itu untuk menyaring air di rumah Anda... ;D
DeNgan CiNta HiDup jaDi InDah, DeNgan iLmu HiDup jaDi MuDah, DeNgan iMan HiDup jaDi TerArah

Offline Syaputra Irwan

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 0
  • Gender: Pria
Re: Air
« Jawab #20 pada: Desember 25, 2008, 04:03:32 PM »
Ada yg tau cara menyaring unsur zat besi dari air gak, kan gak bagus tus kalo minum air yg tercemar besi, cos dirumah gw penyulingan air belum sempurna
gimana pakai Arang aktif (actived carbon). karbon aktif kan absorben.

Offline soni sascori

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 115
  • IQ: 20
  • Gender: Pria
Re: Air
« Jawab #21 pada: Januari 22, 2009, 01:30:09 PM »
bagus lagi pake resin penukar ion,,,,,
n_COn

Offline dewa ruci

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 313
  • IQ: 33
  • Gender: Pria
Re: Air
« Jawab #22 pada: Januari 23, 2009, 01:29:27 PM »
kasih magnet ajja..ntar kan ion2 besi tu akan tertarik pada magnet..hehe
read in the name of your Lord who created

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
18 Jawaban
8792 Dilihat
Tulisan terakhir September 18, 2009, 06:57:23 AM
oleh syx
air mata

Dimulai oleh nandaz « 1 2 » Biologi

16 Jawaban
20694 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 16, 2009, 03:53:01 AM
oleh nandaz
Air dan Kertas

Dimulai oleh syx « 1 2 » Kimia

16 Jawaban
11519 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 24, 2009, 11:39:57 PM
oleh Idad
3 Jawaban
5524 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 26, 2010, 08:17:48 AM
oleh biobio
9 Jawaban
23548 Dilihat
Tulisan terakhir September 06, 2016, 06:06:42 AM
oleh ytridyrevsielixetuls